15 Mei 2013

VISI


Berikan komentar Saudara, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.Isilah di KOLOM KOMENTAR
Untuk Materi selankutnya KLIK DISINI

48 komentar:

  1. Kebijakan yang ada belum sepenuhnya sampai kepada sasaran terutama untuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau tidak hanya dalam hal pelayanan kesehatan tetapi juga dari sektor yang lain .
    contoh perilaku masy.yg blm sesuai dengan harapan masih ada ibu melahirkan yg ditolong oleh dukun,
    masyarakat masih menggunakan sungai untuk pembuangan dll

    BalasHapus
  2. Menurut saya kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran.

    Perilaku yang tidak mendukung program promosi kesehatan salah satunya ada pada poin "kemandirian masyarakat untuk hidup sehat", contohnya masyarakat masih enggan mengolah sampah organik misalnya menjadi pupuk organik.

    BalasHapus
  3. kebijakan tersebut menurut saya belum sampai atau tepat pada sasaran karena perilaku masyarakat masih ada belum sesuai dengan harapan misalnya: masih adanya prilaku yang kurang mendukung untuk tercapainya keinginan untuk meningktkan derajat kesehatan masyarakat misalnya sudah ada kebijakan kawasan bebas rokok namun masih ada saja warga masyarakat yang masih meroko disembarang tempat, pada keluarga sebaiknya melakukan PHBS yang ada 10 indikator namun masih ada kelurga yang bulum melkasanakan PHBS dalam kelurga atupun dirinya sendiri.

    BalasHapus
  4. Menurut pendapat saya kebijakan tersebut belum tepat sasaran dikarenakan masih adanya daerah-daerah terpencil jauh dari akses pelayanan kesehatan yang masih didapati kasus pasien yang belum tertangani dengan cepat.
    Contoh perilaku maasyarkat yang belum sesuai dengan harapan seperti masih adanya masyarakat yang lebih percaya berobat kepada dukun, Masih adanya masyarakat yang memanfaatkan sungai untuk MCK, dan lain-lainya

    BalasHapus
  5. Kebijakan tersebut belum sepenuhnya mencapai sasaran.
    Masih banyak masyarakat kita yang perilaku kesehatannya sangat kurang (mis: membuang sampah sembarangan, tidak menjaga kebersihan lingkungan, melahirkan dibantu oleh dukun). kemudian dilihat dari Pelayanan kesehatan, masih banyak masyarakat didaerah terpencil yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan, masih belum terjangkau oleh program promosi kesehatan.

    BalasHapus
  6. menurut saya kebijakan tersebut belum sesuai dengan harapan,karena kesehatan adil dan merata sepenuhya di lapangan belum tercapai sampai ke desa-desa terpencil.karena masih banyak sekali masyarakat di desa terpencil yang belum terjangkau dan masyarakat dari kalangan menengah kebawah masih sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

    BalasHapus
  7. belum sampai atau belum tepat sasaran karena perilaku masyarakat masih ada belum sesuai dengan harapan misalnya: masih adanya prilaku yang kurang mendukung untuk tercapainya keinginan untuk meningktkan derajat kesehatan masyarakat misalnya sudah ada kebijakan kawasan bebas rokok namun masih ada saja warga masyarakat yang masih merokok disembarang tempat, pada keluarga sebaiknya melakukan PHBS yang ada 10 indikator namun masih ada kelurga yang bulum melkasanakan PHBS dalam kelurga atupun diri sendiri.

    BalasHapus
  8. Mernurut saya kebijakan program promkes tsb memang sudah sampai pada sasarnnya, dimana fokus kegiatan program kesehatan saat ini lebih kepada upaya preventif dan promotif dengan dukungan dana yang terlihat cukup, tapi target ang diinginkan masih jauh, dimana masih banyak ditemui kejadian penyakit yang lebih banyak disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk hidup dengan pola PHBS,contohnya demam berdarah karena kurangnya kesadaran masyrakat untuk melakukan PHBS, diare karena kurang sadarnya masyarakat terutama kel ekonomi lemah untuk terbiasa cuci tangan dengan sabun, TB paru karena kondisi rumah yang kurang baik

    BalasHapus
  9. menurut saya kebijakan tersebut belum sampai sasaran.
    contohnya masyrakat masih banyak masrakat kurang sadar penting membuang sampah pada tempatnya,Masih banyaknya ibu-ibu yang kurang menyadari pentingnya pemeriksaan kehamilan menyebabkan tidak terdeteksinya faktor-faktor resiko tinggi yang mungkin dialami oleh mereka

    BalasHapus
  10. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuhnya sampai kepada sasaran.terutama di daerah terpencil. yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan.
    Prilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan adalah : kemandirian masyarakat untuk hidup sehat belum sepenuhnya terlaksana, contohnya masih ada keluarga/masyarakat yang belum melakukan PHBS,

    BalasHapus
  11. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai pada sasaran yang diinginkan, faktanya adalah dulu kita punya "Indonesia Sehat 2010" tetapi karena belum tercapai maka sekarang ada program Indonesia Sehat selanjutnya, menurut saya hal yang paling utama apabila kita ingin mencapai sasaran untuk berhasilnya visi tersebut adalah perubahan terhadap perilaku masyarakat itu sendiri dan pemerintah dapat menyediakan SDM yang berkualitas sesuai dengan keahliannya.

    BalasHapus
  12. belum mencapai sasaran masih banyaknya masyarakat yang belum terjangkau pelayanan kesehatan yang belum memadai selain itu pembangunan juga tidak merata.
    contoh prilaku: perilaku Keluarga sadar gizi belum tercapai,masyarakat yg belum melakukan PHBS,msh ada bumil yg tidak memeriksakan kehamilan ke pelayanan keshatan terdekat

    BalasHapus
  13. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuh nya sampai kepada sasaran yang kita harapkan dikarenakan masih adanya daerah-daerah yang terisolasil jauh dari akses pelayanan kesehatan yang masih terkordinir sepenuh nya bahkan sama sekali belum mendapatkan pelayanan kesehatan sama sekali salah satu nya kurang mengerti nya masyarakat tentang penting nya hidup sehat serta banyak sekali kasus-kasus pasien yang belum tertangani dengan cepat sehingga mengakibatkan kematian karna kurang nya sarana dan perasarana yang efektif.
    Contoh perilaku maasyarkat yang belum sesuai dengan harapan seperti masih adanya masyarakat yang lebih percaya berobat kepada dukun,bahkan masyarakat beranggapan bahwa penyakit yang diderita nya akan sembuh dengan sendiri nya tanpa melakukan pengobatan atau medical cekup .

    BalasHapus
  14. sependapat dengan yang diatas,.. masih banyak daerah2 pedesaan yang pola pikirnya masih susah untuk di rubah seperti melahirkan tidak pada bidan, mck di sungai dll, masih banyak para lelaki/para orang tua yang tidak melakukan PHBS seperti merokok di ruangan, t4 pekerjaan dll,..

    BalasHapus
  15. Menurut saya, kebijakan tersebut belum sepenuhnya tercapai.
    Karena kita masih sering melihat berita baik di televisi ataupun di sekitar kita tinggal masih ada masyarakat miskin yang kesulitan dalam mencari pengobatan, terutama dalam kondisi penyakit mereka yang tergolong sudah parah, sehingga membutuhkan banyak biaya. Tak jarang bahkan ada yang ditolak oleh rumah sakit, sehingga menyebabkan penyakitnya tambah parah bahkan sampai menyebabkan meninggal.

    BalasHapus
  16. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai kepada sasaran, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil atau didaerah pedalaman, mereka masih sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, karena sulitnya akses untuk menuju ke daerah tersebut sehingga butuh waktu yang lama bagi mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.
    Sedangkan perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat menimbulkan penyakit diare akibat tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah sembarangan.

    BalasHapus
  17. Visi untuk membangun masyarakat sehat secara merata, bermutu, serta berwawasan belum tercapai karena kurang nya dukungan dan partisipasi masyarakat akan penting
    nya kesehatan, bagi diri maupun lingkungan disekitar. Misalnya masih banyak masyarakat yang menggukan jamban di sungai-sungai, buang sampah tidak pada tempat nya, rumah – rumah yang belum ada aliran air limbah dsb.

    BalasHapus
  18. Menurut Saya Kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah tersebut dalam rangka meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat baik itu pelayanan kesehatan dan lain sebagainya Belum tepat sasaran atau belum sampai karena bila kita tinjau dari MDGs saja masalah pengentasan kemiskinan masih dalam prioritas utama. Masyarakat didaerah sulit belum bisa terjangkau sepenuhnya misaalnya saja masalah sarana transfortasi, didaerah sulit sampai saat ini belum terjamah pembangunan di segala bidang.

    Contoh Prilaku masyarakat : Masih banyak masyarakat yang melahirkan dengan dukun, BAB disembarang tempat (Disungai, diladang dll), Merokok disembarang tempat (Belum PHBS) dll

    BalasHapus
  19. Menurut saya kebijakan pemerintah belum mencakup, menyeluruh dan tepat sasaran karena SDM yang kurang mendukung & masyarakat belum terdorong untuk mandiri dan berprilaku sehat (PHBS).
    contoh masih banyaknya konsumsi miras di masyarakat

    BalasHapus
  20. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai kepada sasaran, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil atau didaerah pedalaman, mereka masih sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.
    contoh prilaku: perilaku masyarakat belum melakukan PHBS,msh ada bumil yg tidak memeriksakan kehamilan ke pelayanan kesehatan terdekat

    BalasHapus
  21. Menurut saya kebijakan tersebut belum sesuai dengan harapan,karena kesehatan adil dan merata sepenuhnya dilapangan belum tercapai daerah-daerah terpencil,seperti program JAMKESMAS masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaatnya bahkan yang memang betul-betul membutuhkan program pelayanan "JAMKESMAS" tidak memiliki kartunya dan tidak tahu cara mendapatkannya.

    BalasHapus
  22. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai kepada sasaran, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil atau didaerah pedalaman, mereka masih sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, karena sulitnya akses untuk menuju ke daerah tersebut sehingga butuh waktu yang lama bagi mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

    BalasHapus
  23. menurut saya kebijakan tersebut memang baik tetapi sampai saat ini belum terlaksana secara merata dikarnakan banyak nya perbedaan yang terlalu siknifikan seperti dari faktor pendidikan, ekonomi ,lingkungan masyarakat yang tidak mendukung , kesenjangan sosial , tingkah laku manusia yg belum sadar akan penting nya promkes bagi diri sendiri, kluarga, maupun sekitarnya, budaya juga ikut menjadi salah satu faktornya. dan seharusnya pemerintah lebih menjadi aktif tuk mempromosikan agar tecapai nya visi. sehingga masyarakat lebih bersemangat untuk sama- sama mengapai visi membangun masyarakat hidup sehat

    BalasHapus
  24. Menurut saya kebijakan pemerintah untuk mencapai Indonesia sehat belum sepenuhnya sampai kepada sasaran terutama untuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau tidak hanya dalam hal pelayanan kesehatan tetapi juga dari sektor yang lain .
    contoh: perilaku masy.yg blm sesuai dengan harapan masih ada ibu melahirkan yg ditolong oleh dukun, masih adanya masyarakat yang belum mempunyai sarana sanitasi dalam rumah tangganya seperti jamban keluarga, sarana air bersih, SPAL.

    BalasHapus
  25. menurut saya kebijakan tersebut belum keseluruhan mengenai sasaran karena masih ada masyarakat indonesia yang belum merasakan dan belum menerapkan misi tersebut.
    contoh : PHBS yang masih banyak masyarakat belum menerapkannya di dalam rumahnya ndiri meskipun terkadang mereka tahu bahwa pentingnya PHBS bagi kesehatan.

    BalasHapus
  26. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuhnya sampai pada sasaran yang diharapkan, masih ada masyarakat yang belum menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih.
    Contohnya kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya.

    BalasHapus
  27. menurut pendapat saya kebijakan tersebut belum sampai sasaraan karena informasi dan akses pelayanan kesehatan belum merata. masih banyak daerah yg susah dijangkau dan menjangkau pelayanan kesehataan.

    BalasHapus
  28. Menurut pendapat saya, Kebijakan yang ada belum sepenuhnya sampai kepada sasaran terutama untuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau tidak hanya dalam hal pelayanan kesehatan tetapi juga dari sektor yang lain .
    contohmasih banyak masyarakat yang lebih percaya berobat ke dukun, masih banyak masyarakat yang menggunakan sungai untuk keperluan sehari-hari, dll

    BalasHapus
  29. menurut pendapat saya kebijakan tersebut belum sampai sasaraan karena informasi dan akses pelayanan kesehatan belum merata. masih banyak daerah yg susah dijangkau dan menjangkau pelayanan kesehataan.
    dan juga blm menerapkan prilaku PHBS msh bisa buang smapah sembarangan

    BalasHapus
  30. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuhnya mencapai sasaran karena masih banyak masyarakt belum menyadari sepenuhnya pentingnya memelihara lingkungan sehingga masih ada masyarakt yang membuang sampah sembarangan dan di wilayah terpencil masih da masyarakat menggunakan jamban cemplung

    BalasHapus
  31. belum sampai atau belum tepat sasaran karena perilaku masyarakat masih ada belum sesuai dengan harapan misalnya: masih adanya prilaku yang kurang mendukung untuk tercapainya keinginan untuk meningktkan derajat kesehatan masyarakat misalnya sudah ada kebijakan kawasan bebas rokok namun masih ada saja warga masyarakat yang masih merokok disembarang tempat, pada keluarga sebaiknya melakukan PHBS yang ada 10 indikator namun masih ada kelurga yang bulum melkasanakan PHBS dalam kelurga atupun diri sendiri.

    BalasHapus
  32. Menurut pendapat saya kebijakan tersebut belum memenuhi sasaran krna perilaku masyarakat sekarang yang masih kurang,contohnya:perilaku masyarakat yang masih merokok disemabrang tepat dan tidak mengetahui bahaya dari merokok tersebut.

    BalasHapus
  33. menurut saya kebijakan tersebut memang baik tetapi sampai saat ini belum terlaksana secara merata dikarnakan banyak nya perbedaan yang terlalu siknifikan seperti dari faktor pendidikan, ekonomi ,lingkungan masyarakat yang tidak mendukung , kesenjangan sosial , tingkah laku manusia yg belum sadar akan penting nya promkes bagi diri sendiri, kluarga, maupun sekitarnya, budaya juga ikut menjadi salah satu faktornya. dan seharusnya pemerintah lebih menjadi aktif tuk mempromosikan agar tecapai nya visi. sehingga masyarakat lebih bersemangat untuk sama- sama mengapai visi membangun masyarakat hidup sehat

    BalasHapus
  34. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuhnya sampai kepada sasaran.terutama di daerah terpencil. yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan.
    Prilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan adalah : kemandirian masyarakat untuk hidup sehat belum sepenuhnya terlaksana, contohnya masih membuang sampah disungai sehingga menyebabka masalah kesehatan lainnya.

    BalasHapus
  35. Situasi sistem kesehatan di Indonesia saat ini masih mempunyai berbagai tantangan berat. Ada masalah pemerataan pelayanan kesehatan, perencanaan kesehatan yang tidak tepat sasaran, pelaksanaan yang terdesak waktu, belum baiknya kesinambungan dan integrasi antar program kesehatan. Secara geografis masih terdapat ketimpangan antar regional dalam pelayanan kesehatan. Sebagai catatan di tahun 2014 program BPJS akan berjalan dengan asumsi sudah terjadi pemerataan pelayanan kesehatan.

    Contoh Prilaku masyarakat : Masih banyak masyarakat yang melahirkan dengan dukun, BAB disembarang tempat (Disungai, diladang dll), Merokok disembarang tempat (Belum PHBS) dll

    BalasHapus
  36. menurut saya belum tercapai, karena banyak target di bidang kesehatan yg belum tercapai, sebagai contoh pemerataan pelayanan kesehatan, masih banyak daerah terpencil yg belum mendapatkan pelayanan kesehatan, belum adanya tenaga kesehatan, dll

    BalasHapus
  37. Menurut saya, belum sepenuhnya kebijakan yang telah ada telah sampai kepada sasaran terutama untuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau tidak hanya dalam hal pelayanan kesehatan tetapi juga dari sektor yang lain .

    contoh perilaku masyarakat yg blm sesuai dengan harapan yaitu masih ada masyarakat yang membuang sampah di sungai.

    BalasHapus
  38. Menurut pendapat saya belum tercapai,Karena ada beberapa sasaran yang belum mencapai target dan permasalahan kesehatan didaerah-daerah terpencil yang masih belum terjangkau dalam pelayanan kesehatan maka sepenuhnya belum dikatakan berhasil.
    Contohnya : Persalinan ditolong dukun didaerash terpencil,Merokok ditempat umum,membuang sampah tidak pada tempatnya dll.

    BalasHapus
  39. Menurut saya kebijakan tersebut belum tepat pada sasaran karena pelayanan kesehatan belum terlaksana secara merata terutama pada wilayah yang sulit dijangkau seperti daerah terpencil.

    Contoh perilaku masyarakat : Masih banyak masyarakat yang melahirkan dengan dukun, BAB disembarang tempat (Disungai,dll)

    BalasHapus
  40. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai kepada sasaran, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil atau didaerah pedalaman.
    contoh: perilaku masyarakat belum melakukan PHBS,msh ada bumil yg tidak memeriksakan kehamilan ke pelayanan kesehatan tetapi ke dukun

    BalasHapus
  41. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuhnya sampai pada sasaran, karena masih banyak daerah2 yang belum merata mendapatkan pelayanan kesehatan. Baik SDM ataupun sarana dan prasarana kesehatan. Contohnya masih banyak daerah terpencil yg belum ada bidan desanya sehingga bila saat bersalin masyarakat mendatangi dukun.Hal ini terjadi bukan hanya karena prilaku masyarakat yg tidak bisa diubah mengenai kepercayaan mereka terhadap dukun, tapi juga karna faktor keterbatasan pelayanan kesehatan.

    Pada dasarnya masyarakat sudah sadar akan kesehatan,namun prilaku sehat sulit untuk di jalankan.Contoh lain adalah masyarakat sebagian besar sudah faham dengan bahaya penyedap,makanan siap saji namun masih banyak yg mengkonsumsi makanan siap saji dan bahkan menambahkan penyedap di dalam masakannya.Bahkan kita sebagai orang kesehatan pun msih banyak yg mengkonsumsinya.

    BalasHapus
  42. Mernurut saya kebijakan program kesehatan tsb memang sudah sampai pada sasarnnya, banyak program sudah dijalankan termasuk penggunaan anggaran yang tidak sedikit, hanya saja masih banyak ditemui kejadian penyakit yang lebih banyak disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk hidup dengan pola PHBS,contohnya diare karena kurang sadarnya masyarakat untuk terbiasa cuci tangan dengan sabun

    BalasHapus
  43. Menurut saya kebijakan tersebut belum sepenuhnya mencapai sasaran karena masih banyak masyarakt belum menyadari sepenuhnya pentingnya memelihara lingkungan sehat.
    Contoh Prilaku masyarakat : Masih banyak masyarakat yang melahirkan dengan dukun, BAB disembarang tempat (Disungai, diladang dll), Merokok disembarang tempat (Belum PHBS) dll

    BalasHapus
  44. menurut saya belum tercapai secara keseluruhan karena masih bayak daerah yang derajat kesehatan nya masih rendah dan ini adalah salah satu tugas dari pemerintah agar pembangunan kesehatan merata di indonesia.

    BalasHapus
  45. kebijakan tersebut menurut saya belum sampai pada sasaran, karena masyarakat banyak yang belum tahu dan belum mengerti tentang pentingnya hidup sehat

    BalasHapus
  46. saya setuju pendapat diwi dan mustofa
    kebijakan itu belom sampai pada sasaran, karena masih banyak di daerah-daerah yang derajat kesehatannya masih rendah, karena kurang pengetahuan untuk hidup sehat.

    BalasHapus
  47. menurut saya, kebijakan tersebut blum tepat pada sasaran yang di tuju pak..

    BalasHapus
  48. kebijakan itu belum sepenuhnya tercapai pak,karna masih banyak kebijakan yg lain-lain nya blm tercapai.
    contohnya : masih banyak masyarakat yg kurang menjaga lingkungannya sendiri,padalan jika di fikir2 lingkungan itu pun bila tidak di jaga dan tidak di rawat maka danpaknya pun akan kembali kepada masyarakat itu sendir.

    BalasHapus