Reforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan. Sektor swasta telah rnengupayakan berbagai rnacarn cara untuk rneningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya jika sebuah organisasi swasta rnenghasilkan produk pelayanan berupa barang, rnaka standarisasi prod uk merupakan cara yang banyak ditempuh untuk menjamin bahwa produk-produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang baik. Tentu saja untuk menghasilkan produk dengan standar kualitas yang baik tersebut sektor swasta juga menerapkan standar bagaimana produk-produk tersebut dihasilkan. Hal ini misalnya, dapat dilihat dari bagaimana para produsen mobil seperti Toyota, Mercedes Benz, General Motor dan lain-lain berusaha menerapkan standar produk yang memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga setiap produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sama.
arah kebijaksanaanreformasi birokrasi dalanRPJPN 2005-2025.Tahun 2005 bidang pembangunan dititik beratkan dalam bidang sosial budaya dan kehidupan beragama,bidang ekonomi,bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknologi,bidang sarana dan pra sarana,bidang politik,bidang pertahanan keamanan,bidang hukum dan aparatur,bidang wilayah dan tata ruang,bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup, tahun 2025 tercipta Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Pembangunan aparatur Negara di lakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur Negara dan untuk mewujudkan tata pemerintah yang baik,dipusat maupun didaerah agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan dibidang lainnya.
sasaran reformasi birokrasi sebagaimana termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
Reformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
setelah terbentuknya birokrasi yang bersih( anti kkn),efisien dan hemat,transparan dalam segala hal,dan melayani masyarakat.jika semua itu terlaksana dengan baik maka akan tercipta indonesia yang maju,adil dan makmur.
2025 Di tahun tersebut reformasi birokkrasi dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi. Itu sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Grand Design Reformasi Birokrasi.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN.. pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat.
Reformasi birokrasi akan terlaksana jika pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bebas dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta masyarakat yang adi makmur dan sejahtera.
Tujuan utama pelaksanaan reformasi birokrasi adalah untuk meningkatkaan profesionalitas, kinerja yang tinggi, dan selalu tepat waktu.
jadi repormasi dapat terlaksana dengn baik jika pemerintah mampu membasmi Korupsi,Kolusi dan Nepotisme, meningkatkan disiplin kerja, serta meningkatkan pelayanan publuk dengan baik dan bersungguh - sungguh sehinnga dapat terwujudnya negara yang sejahtra, makmur,dan maju yang berlandaskan pada pancasila dan undang - undang dasar 1945.
Reformasi Birokrasi dapat terlaksana apabila pelaku birokrasi mampu memiliki kesadaran mengenai kepentingan birokrasi secara umum, bukan birokrasi secara internal yang mengarah kepada kepentingan individu.
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah di Indonesia pada dasarnya dimulai sejak akhir tahun 2006 yang dilakukan melalui pilot project di Kementerian Keuangan, Mahkamah Agung, dan Badan Pemeriksa Keuangan. Sejak itu, dikembangkan konsep dan kebijakan Reformasi Birokrasi yang komprehensif yang ditetapkan dengan Peraturan Presiden No.81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, dan Permenpan-rb No. 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014. Selain itu, diterbitkan pula 9 (sembilan) Pedoman dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi yang ditetapkan dengan Permenpan-rb No. 7 sampai dengan No. 15 yang meliputi pedoman tentang Pengajuan dokumen usulan sampai dengan mekanisme persetujuan pelaksanaan reformasi birokrasi dan tunjangan kinerja.
Pelaksanaan reformasi birokrasi di masing-masing instansi pemerintah dilakukan berdasarkan kebijakan/program/kegiatan yang telah digariskan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi dan Road Map reformasi Birokrasi, serta berbagai pedoman pelaksanaannya. Selanjutnya, pelaksanaan reformasi birokrasi memerlukan sistem monitoring dan evaluasi yang solid dan kredibel dan dapat mencerminkan suatu sistem pengukuran yang objektif, dan pengguna dapat menerima dan menindaklanjuti hasil dari sistem tersebut. Dalam rangka itu, ditetapkan Permenpanrb No. 1 Tahun 2012 tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan untuk operasionalisasinya ditetapkan Permenpanrb No. 31 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Secara Online.
sasaran reformasi birokrasi sebagaimana termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
Reformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana jika para pelaku birokrasi bersih / bebas dari KKN, efisien dan hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.
apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
menurut saya birokrasi reformasi akan terlaksana apabila target reformasi birokrasi nya tercapai dan dilaksanakan saat ini juga oleh semua pihak baik dari pemerintahan,aparat penyelenggara maupun masyarakat dan diri kita pribadi sehingga tercipta kerja sama atau birokrasi yg sehat antara satu sama lainny.
terlaksana jika pemerintah mampu membasmi Korupsi,Kolusi dan Nepotisme dan peraturan-peraturan yang benar- benar ditaati,para pejabat terikat disiplin,para pejabat diangkat berdasarkan syarat-syarat teknis yang dinyatakan melalui ujian dan ijazah.melayani dan tidak meminta dilayani tetapi melayani masyarakat.
Reformasi birokrasi di Indonesia lambat laun sudah mulai terlaksana, sudah mulai ada perubahan meskipun belum berubah secara total. Contohnya saat ini dalam pengurusan izin -izin sudah berada dalam satu tempat atau satu atap dalam Kantor perizinan terpadu, penerimaan PNS sudah melalui sistem online, pembuatan SIM sudah bisa bisa di SIM Keliling, pembayaran Pajak kendaraan bisa di samsat keliling. Kita tetap harus mempunyai yakin bahwa reformasi birokrasi di Indonesia akan berjalan baik, minimal kita mulai dari kita yang bekerja di sektor pelayanan kesehatan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus mudah, cepat dan baik. Terimakasih atas materinya Pak.
Reformasi Birokrasi yang baik akan tercapai jika pemerintah mempunyai SDM yang bagus, kemudian praktik KKN sudah tidak terjadi, bekerja untuk melayani masyarakat bukan melayani penguasa dan yang paling utama dalam penerapan dan agar tercapai birokrasi yang baik adalah keterbukaan yang seluas-luasnya atau yang sering kita sebut dengan transparansi.
Reformasi birokrasi dapat diartikan sebagai perubahan secara mendasar, baik mind set, maupun culture set penyelenggara negara dari mentalitas, yang bersifat mengawasi, mengontrol dan menguasai masyarakat (colonial paradigm), menjadikan penyelenggara Negara (birokrasi) yang pro kepada Good public service serta tata kelola pemerintahan yang dapat meminimalisir terjadinya tindakan KKN baik pada tingkat suprastruktur dan infrastruktur penyelenggara Negara, dan penegakan supremasi hukum.
Sejauh ini reformasi birokrasi di Indonesia dapat dikatakan jauh dari kata berhasil atau jalan di tempat. Reformasi birokrasi dapat terlaksana ketika birokrasi itu sendiri berada dalam posisi netral, atau setidaknya birokrasi mempunyai kemandirian sebagai lembaga yang tetap tegak membela kepentingan umum yang lebih meningkatkan diri sebagai “abdi masyarakat”.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana jika para pelaku birokrasi bersih / bebas dari KKN, efisien dan hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi. Tahun berapa reformasi birokrasi di Indonesia akan terlaksana ??? wallahu a'lam bishowab…
Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN, pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat, hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi. Terima kasih atas materinya pak
kalau mau birokrasi berjalan baik ada kalanya para pelaku birokrasi lebih mementingkan masyarakat dan dgn SDM yang sesuai dengan bidang yang digelutinya serta tetap mengabdi kepada negara
reformasi dapat terlaksana dengan baik jika pemerintah mampu menghapuskan Korupsi,Kolusi dan Nepotisme dinegara ini, dan meningkatkan disiplin kerja, serta meningkatkan pelayanan publik dengan baik.
Reformasi birokrasi akan baik apabila pemerintah mampu mengatasi KKN dan persoalan-persoalan menyangkut kepentingan, diutamakan kepentingan pada masyarakat bukan pada kepentingan kelompok.
arah kebijaksanaan reformasi birokrasi dalan RPJPN 2005-2025.Tahun 2005 bidang pembangunan dititik beratkan dalam bidang sosial budaya dan kehidupan beragama,bidang ekonomi,bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknologi,bidang sarana dan pra sarana,bidang politik,bidang pertahanan keamanan,bidang hukum dan aparatur,bidang wilayah dan tata ruang,bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup, tahun 2025 tercipta Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Pembangunan aparatur Negara di lakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur Negara dan untuk mewujudkan tata pemerintah yang baik,dipusat maupun didaerah agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan dibidang lainnya.
Birokrasi akan terwujud apabila negara sudah bersih dari yang namanya KKN.Pemerintah dan masyarakat saling menjalin hubungan yang baik dan transparan. Bukan hal yang mudah untuk mewujudkan birokrasi, KKN masih merajalela dan seperti tradisi.Selalu turun temurun tidak berujung.Mulailah dari diri sendiri dan sekarang juga, jadikan diri yang berbirokrasi.Kalaw bukan diri kita,lalu siapa?
setelah terbentuknya birokrasi yang bersih( anti kkn),efisien dan hemat,transparan dalam segala hal,dan melayani masyarakat.jika semua itu terlaksana dengan baik maka akan tercipta indonesia yang maju,adil dan makmur.
Reforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan. Sektor swasta telah rnengupayakan berbagai rnacarn cara untuk rneningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya jika sebuah organisasi swasta rnenghasilkan produk pelayanan berupa barang, rnaka standarisasi prod uk merupakan cara yang banyak ditempuh untuk menjamin bahwa produk-produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang baik. Tentu saja untuk menghasilkan produk dengan standar kualitas yang baik tersebut sektor swasta juga menerapkan standar bagaimana produk-produk tersebut dihasilkan. Hal ini misalnya, dapat dilihat dari bagaimana para produsen mobil seperti Toyota, Mercedes Benz, General Motor dan lain-lain berusaha menerapkan standar produk yang memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga setiap produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sarna.
dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
Reforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan. Sektor swasta telah rnengupayakan berbagai rnacarn cara untuk rneningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya jika sebuah organisasi swasta rnenghasilkan produk pelayanan berupa barang, rnaka standarisasi prod uk merupakan cara yang banyak ditempuh untuk menjamin bahwa produk-produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang baik. Tentu saja untuk menghasilkan produk dengan standar kualitas yang baik tersebut sektor swasta juga menerapkan standar bagaimana produk-produk tersebut dihasilkan. Hal ini misalnya, dapat dilihat dari bagaimana para produsen mobil seperti Toyota, Mercedes Benz, General Motor dan lain-lain berusaha menerapkan standar produk yang memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga setiap produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sarna. Sebenarnya pemerintah juga telah berusaha untuk merespon hal tersebut, misalnya dengan mengubah struktur kelembagaan. Akan tetapi, struktur tersebut dalam suatu tatanan kelembagaan seringkali hanya menjadi wadah bagi kepentingan para aparatur birokrasi dan kurang berperan di dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan. Aspek lain yang sama pentingnya dengan struktur adalah aturan atau mekanisme bagaimana aparatur birokrasi harus bekerja, berperilaku dan bersikap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Agar jutaan aparat birokrasi yang tersebar dalam berbagai struktur di pusat sampai di daerah mampu memberikan pelayanan publik dengan kualitas yang sama bagusnya itulah, maka diperlukan suatu standar pelayanan.
Menurut saya Reformasi Birokrasi akan terlaksana Apabila : 1. Tidak ada kesenjangan antara pejabat yang ada didaerah dengan pejabat yang dipusat. 2. KPK telah dibubarkan karena tidak ada lagi yang korupsi 3. Apabila untuk menduduki suatu jabatan tertentu tidak ada lagi unsur KKN. 4. Para wakil rakyat menyadari fungsi dan kewajibaannya dalam membela hak-hak rakyat bukan menjadi pecundang.
Birokrasi akan terwujud apabila negara sudah bersih dari yang namanya KKN.Pemerintah dan masyarakat saling menjalin hubungan yang baik dan transparan. Bukan hal yang mudah untuk mewujudkan birokrasi, KKN masih merajalela dan seperti tradisi.Selalu turun temurun tidak berujung.Mulailah dari diri sendiri dan sekarang juga, jadikan diri yang berbirokrasi.Kalaw bukan diri kita,lalu siapa?
Merubah paradigma birokrasi Indonesia bukan perkara mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Reformasi birokrasi yang sejak sepuluh tahun lalu didengungkan belum ada hasil nyata yang dirasakan. Sedangkan sistem birokrasi reformasi sekarang belum sepenuhnya sempurna. Ini masalah tradisi yang harus dihentikan. Kalau bisa diperlambat kenapa harus dipercepat, itulah anekdot tradisi birokrasi yang sewajarnya dihentikan. Mental-mental pekerja birokrasi sebaiknya dibangun kembali. Posisi mereka itu adalah abdi negara dan pelayan masyarakat. Mereka digaji oleh uang rakyat. Nah sewajarnya harus mau melayani masyarakat dengan benar dan cepat.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN, pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat, hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi. Terima kasih atas materinya pak
jika birokrasi sudah berjalan sesuai fungsinya, sistem yang berjalan, memiliki sumber daya yang mempunyai sifat bersih dan mampu bekerja memperbaiki sistem yang salah selama ini maka target reformasi bisa sedikit demi sedikit tercapai atau paling tidak menunjukkan tanda tanda perbaikan
Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN.. pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat.
Reformasi Birokrasi dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN dan kita sebagai masyarakat indonesia juga harus sama-sama mendukung/menciptakan birokrasi yang baik dan sehat,dimulai dari diri sendiri..
sasaran reformasi birokrasi sebagaimana termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
Reformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana jika para pelaku birokrasi bersih / bebas dari KKN, efisien dan hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.Reformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
Reforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan. Sektor swasta telah rnengupayakan berbagai rnacarn cara untuk rneningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya jika sebuah organisasi swasta rnenghasilkan produk pelayanan berupa barang, rnaka standarisasi prod uk merupakan cara yang banyak ditempuh untuk menjamin bahwa produk-produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang baik. Tentu saja untuk menghasilkan produk dengan standar kualitas yang baik tersebut sektor swasta juga menerapkan standar bagaimana produk-produk tersebut dihasilkan. Hal ini misalnya, dapat dilihat dari bagaimana para produsen mobil seperti Toyota, Mercedes Benz, General Motor dan lain-lain berusaha menerapkan standar produk yang memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga setiap produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sama.
BalasHapus2014
BalasHapusapa itu?
Hapusarah kebijaksanaanreformasi birokrasi dalanRPJPN 2005-2025.Tahun 2005 bidang pembangunan dititik beratkan dalam bidang sosial budaya dan kehidupan beragama,bidang ekonomi,bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknologi,bidang sarana dan pra sarana,bidang politik,bidang pertahanan keamanan,bidang hukum dan aparatur,bidang wilayah dan tata ruang,bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup, tahun 2025 tercipta Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Pembangunan aparatur Negara di lakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur Negara dan untuk mewujudkan tata pemerintah yang baik,dipusat maupun didaerah agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan dibidang lainnya.
BalasHapusterimakasih juga pak
BalasHapussasaran reformasi birokrasi sebagaimana termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
BalasHapusReformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussetelah terbentuknya birokrasi yang bersih( anti kkn),efisien dan hemat,transparan dalam segala hal,dan melayani masyarakat.jika semua itu terlaksana dengan baik maka akan tercipta indonesia yang maju,adil dan makmur.
BalasHapus2025
BalasHapusDi tahun tersebut reformasi birokkrasi dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi. Itu sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Grand Design Reformasi Birokrasi.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN..
BalasHapuspemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat.
Reformasi birokrasi akan terlaksana jika pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bebas dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta masyarakat yang adi makmur dan sejahtera.
BalasHapusTujuan utama pelaksanaan reformasi birokrasi adalah untuk meningkatkaan profesionalitas, kinerja yang tinggi, dan selalu tepat waktu.
BalasHapusjadi repormasi dapat terlaksana dengn baik jika pemerintah mampu membasmi Korupsi,Kolusi dan Nepotisme, meningkatkan disiplin kerja, serta meningkatkan pelayanan publuk dengan baik dan bersungguh - sungguh sehinnga dapat terwujudnya negara yang sejahtra, makmur,dan maju yang berlandaskan pada pancasila dan undang - undang dasar 1945.
Reformasi Birokrasi dapat terlaksana apabila pelaku birokrasi mampu memiliki kesadaran mengenai kepentingan birokrasi secara umum, bukan birokrasi secara internal yang mengarah kepada kepentingan individu.
BalasHapusjika kinerja dan kualitas sumber daya aparatur sudah tinggi.
BalasHapusPelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah di Indonesia pada dasarnya dimulai sejak akhir tahun 2006 yang dilakukan melalui pilot project di Kementerian Keuangan, Mahkamah Agung, dan Badan Pemeriksa Keuangan. Sejak itu, dikembangkan konsep dan kebijakan Reformasi Birokrasi yang komprehensif yang ditetapkan dengan Peraturan Presiden No.81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, dan Permenpan-rb No. 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014. Selain itu, diterbitkan pula 9 (sembilan) Pedoman dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi yang ditetapkan dengan Permenpan-rb No. 7 sampai dengan No. 15 yang meliputi pedoman tentang Pengajuan dokumen usulan sampai dengan mekanisme persetujuan pelaksanaan reformasi birokrasi dan tunjangan kinerja.
BalasHapusPelaksanaan reformasi birokrasi di masing-masing instansi pemerintah dilakukan berdasarkan kebijakan/program/kegiatan yang telah digariskan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi dan Road Map reformasi Birokrasi, serta berbagai pedoman pelaksanaannya. Selanjutnya, pelaksanaan reformasi birokrasi memerlukan sistem monitoring dan evaluasi yang solid dan kredibel dan dapat mencerminkan suatu sistem pengukuran yang objektif, dan pengguna dapat menerima dan menindaklanjuti hasil dari sistem tersebut. Dalam rangka itu, ditetapkan Permenpanrb No. 1 Tahun 2012 tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan untuk operasionalisasinya ditetapkan Permenpanrb No. 31 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Secara Online.
sasaran reformasi birokrasi sebagaimana termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
BalasHapusReformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
MAKASIH PAK....
jika pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bebas dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
BalasHapusReformasi birokrasi dapat terlaksana jika para pelaku birokrasi bersih / bebas dari KKN, efisien dan hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.
BalasHapusapabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
BalasHapusmenurut saya birokrasi reformasi akan terlaksana apabila target reformasi birokrasi nya tercapai dan dilaksanakan saat ini juga oleh semua pihak baik dari pemerintahan,aparat penyelenggara maupun masyarakat dan diri kita pribadi sehingga tercipta kerja sama atau birokrasi yg sehat antara satu sama lainny.
BalasHapusterlaksana jika pemerintah mampu membasmi Korupsi,Kolusi dan Nepotisme dan peraturan-peraturan yang benar- benar ditaati,para pejabat terikat disiplin,para pejabat diangkat berdasarkan syarat-syarat teknis yang dinyatakan melalui ujian dan ijazah.melayani dan tidak meminta dilayani tetapi melayani masyarakat.
BalasHapusReformasi birokrasi di Indonesia lambat laun sudah mulai terlaksana, sudah mulai ada perubahan meskipun belum berubah secara total.
BalasHapusContohnya saat ini dalam pengurusan izin -izin sudah berada dalam satu tempat atau satu atap dalam Kantor perizinan terpadu, penerimaan PNS sudah melalui sistem online, pembuatan SIM sudah bisa bisa di SIM Keliling, pembayaran Pajak kendaraan bisa di samsat keliling.
Kita tetap harus mempunyai yakin bahwa reformasi birokrasi di Indonesia akan berjalan baik, minimal kita mulai dari kita yang bekerja di sektor pelayanan kesehatan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus mudah, cepat dan baik.
Terimakasih atas materinya Pak.
Reformasi Birokrasi yang baik akan tercapai jika pemerintah mempunyai SDM yang bagus, kemudian praktik KKN sudah tidak terjadi, bekerja untuk melayani masyarakat bukan melayani penguasa dan yang paling utama dalam penerapan dan agar tercapai birokrasi yang baik adalah keterbukaan yang seluas-luasnya atau yang sering kita sebut dengan transparansi.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusReformasi birokrasi dapat diartikan sebagai perubahan secara mendasar, baik mind set, maupun culture set penyelenggara negara dari mentalitas, yang bersifat mengawasi, mengontrol dan menguasai masyarakat (colonial paradigm), menjadikan penyelenggara Negara (birokrasi) yang pro kepada Good public service serta tata kelola pemerintahan yang dapat meminimalisir terjadinya tindakan KKN baik pada tingkat suprastruktur dan infrastruktur penyelenggara Negara, dan penegakan supremasi hukum.
BalasHapusSejauh ini reformasi birokrasi di Indonesia dapat dikatakan jauh dari kata berhasil atau jalan di tempat. Reformasi birokrasi dapat terlaksana ketika birokrasi itu sendiri berada dalam posisi netral, atau setidaknya birokrasi mempunyai kemandirian sebagai lembaga yang tetap tegak membela kepentingan umum yang lebih meningkatkan diri sebagai “abdi masyarakat”.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana jika para pelaku birokrasi bersih / bebas dari KKN, efisien dan hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.
BalasHapusTahun berapa reformasi birokrasi di Indonesia akan terlaksana ??? wallahu a'lam bishowab…
Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN, pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat, hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak
kalau mau birokrasi berjalan baik ada kalanya para pelaku birokrasi lebih mementingkan masyarakat dan dgn SDM yang sesuai dengan bidang yang digelutinya serta tetap mengabdi kepada negara
BalasHapusreformasi dapat terlaksana dengan baik jika pemerintah mampu menghapuskan Korupsi,Kolusi dan Nepotisme dinegara ini, dan meningkatkan disiplin kerja, serta meningkatkan pelayanan publik dengan baik.
BalasHapusReformasi birokrasi akan baik apabila pemerintah mampu mengatasi KKN dan persoalan-persoalan menyangkut kepentingan, diutamakan kepentingan pada masyarakat bukan pada kepentingan kelompok.
BalasHapusarah kebijaksanaan reformasi birokrasi dalan RPJPN 2005-2025.Tahun 2005 bidang pembangunan dititik beratkan dalam bidang sosial budaya dan kehidupan beragama,bidang ekonomi,bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknologi,bidang sarana dan pra sarana,bidang politik,bidang pertahanan keamanan,bidang hukum dan aparatur,bidang wilayah dan tata ruang,bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup, tahun 2025 tercipta Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Pembangunan aparatur Negara di lakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur Negara dan untuk mewujudkan tata pemerintah yang baik,dipusat maupun didaerah agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan dibidang lainnya.
BalasHapusBirokrasi akan terwujud apabila negara sudah bersih dari yang namanya KKN.Pemerintah dan masyarakat saling menjalin hubungan yang baik dan transparan. Bukan hal yang mudah untuk mewujudkan birokrasi, KKN masih merajalela dan seperti tradisi.Selalu turun temurun tidak berujung.Mulailah dari diri sendiri dan sekarang juga, jadikan diri yang berbirokrasi.Kalaw bukan diri kita,lalu siapa?
BalasHapussetelah terbentuknya birokrasi yang bersih( anti kkn),efisien dan hemat,transparan dalam segala hal,dan melayani masyarakat.jika semua itu terlaksana dengan baik maka akan tercipta indonesia yang maju,adil dan makmur.
BalasHapusReforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan. Sektor swasta telah rnengupayakan berbagai rnacarn cara untuk rneningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya jika sebuah organisasi swasta rnenghasilkan produk pelayanan berupa barang, rnaka standarisasi prod uk merupakan cara yang banyak ditempuh untuk menjamin bahwa produk-produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang baik. Tentu saja untuk menghasilkan produk dengan standar kualitas yang baik tersebut sektor swasta juga menerapkan standar bagaimana produk-produk tersebut dihasilkan. Hal ini misalnya, dapat dilihat dari bagaimana para produsen mobil seperti Toyota, Mercedes Benz, General Motor dan lain-lain berusaha menerapkan standar produk yang memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga setiap produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sarna.
BalasHapusdapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
BalasHapusReforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan. Sektor swasta telah rnengupayakan berbagai rnacarn cara untuk rneningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya jika sebuah organisasi swasta rnenghasilkan produk pelayanan berupa barang, rnaka standarisasi prod uk merupakan cara yang banyak ditempuh untuk menjamin bahwa produk-produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang baik. Tentu saja untuk menghasilkan produk dengan standar kualitas yang baik tersebut sektor swasta juga menerapkan standar bagaimana produk-produk tersebut dihasilkan. Hal ini misalnya, dapat dilihat dari bagaimana para produsen mobil seperti Toyota, Mercedes Benz, General Motor dan lain-lain berusaha menerapkan standar produk yang memiliki akurasi yang sangat tinggi sehingga setiap produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sarna.
BalasHapusSebenarnya pemerintah juga telah berusaha untuk merespon hal tersebut, misalnya dengan mengubah struktur kelembagaan. Akan tetapi, struktur tersebut dalam suatu tatanan kelembagaan seringkali hanya menjadi wadah bagi kepentingan para aparatur birokrasi dan kurang berperan di dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan. Aspek lain yang sama pentingnya dengan struktur adalah aturan atau mekanisme bagaimana aparatur birokrasi harus bekerja, berperilaku dan bersikap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Agar jutaan aparat birokrasi yang tersebar dalam berbagai struktur di pusat sampai di daerah mampu memberikan pelayanan publik dengan kualitas yang sama bagusnya itulah, maka diperlukan suatu standar pelayanan.
Menurut saya Reformasi Birokrasi akan terlaksana Apabila :
BalasHapus1. Tidak ada kesenjangan antara pejabat yang ada didaerah dengan pejabat yang dipusat.
2. KPK telah dibubarkan karena tidak ada lagi yang korupsi
3. Apabila untuk menduduki suatu jabatan tertentu tidak ada lagi unsur KKN.
4. Para wakil rakyat menyadari fungsi dan kewajibaannya dalam membela hak-hak rakyat bukan menjadi pecundang.
Birokrasi akan terwujud apabila negara sudah bersih dari yang namanya KKN.Pemerintah dan masyarakat saling menjalin hubungan yang baik dan transparan. Bukan hal yang mudah untuk mewujudkan birokrasi, KKN masih merajalela dan seperti tradisi.Selalu turun temurun tidak berujung.Mulailah dari diri sendiri dan sekarang juga, jadikan diri yang berbirokrasi.Kalaw bukan diri kita,lalu siapa?
BalasHapusMerubah paradigma birokrasi Indonesia bukan perkara mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Reformasi birokrasi yang sejak sepuluh tahun lalu didengungkan belum ada hasil nyata yang dirasakan. Sedangkan sistem birokrasi reformasi sekarang belum sepenuhnya sempurna. Ini masalah tradisi yang harus dihentikan. Kalau bisa diperlambat kenapa harus dipercepat, itulah anekdot tradisi birokrasi yang sewajarnya dihentikan. Mental-mental pekerja birokrasi sebaiknya dibangun kembali. Posisi mereka itu adalah abdi negara dan pelayan masyarakat. Mereka digaji oleh uang rakyat. Nah sewajarnya harus mau melayani masyarakat dengan benar dan cepat.
BalasHapusReformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN, pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat, hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak
jika birokrasi sudah berjalan sesuai fungsinya, sistem yang berjalan, memiliki sumber daya yang mempunyai sifat bersih dan mampu bekerja memperbaiki sistem yang salah selama ini maka target reformasi bisa sedikit demi sedikit tercapai atau paling tidak menunjukkan tanda tanda perbaikan
BalasHapusReformasi birokrasi dapat terlaksana bila pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN..
BalasHapuspemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat.
Menurut saya Reformasi birokrasi dapat terlaksana bila:
BalasHapus1. Pelaku birokrasi itu sendiri bisa menciptakan sistem yang bersih dari Unsur-Unsur KKN.
2. Pemerintah dan rakyat saling bekerjasama sehingga tercipta birokrasi yang sehat.
3. Hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal.
4. Melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan.
Dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.
Reformasi Birokrasi dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN dan kita sebagai masyarakat indonesia juga harus sama-sama mendukung/menciptakan birokrasi yang baik dan sehat,dimulai dari diri sendiri..
BalasHapussasaran reformasi birokrasi sebagaimana termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatnya kualitas pelayanan publik, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
BalasHapusReformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
Reformasi birokrasi dapat terlaksana jika para pelaku birokrasi bersih / bebas dari KKN, efisien dan hemat dalam menggunakan Sumber Daya terbatas, transfaran dalam segala hal, melayani masyarakat dan adanya wewenang dalam pengambilan keputusan pada pimpinana unit kerja terdepan atau dengan kata lain reformasi birokrasi akan terlaksana jika target reformasi birokrasi terpenuhi.Reformasi birokrasi harus berorientasi pada hasil atau outcomes oriented, terukur, efisien, efektif, realistis, konsisten, sinergi, inovatif, kepatuhan, dan dimonitor.
BalasHapus