Birokrasi berasal dari kata bureaucracy
(bahasa inggris bureau +
cracy), diartikan sebagai suatu organisasi yang
memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang
berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi
yang sifatnya administratif maupun militer.
Kamus
Bahasa Indonesia : Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah
berpegang pada hirarki dan jenjang jabatan. Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban,
serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak
liku-likunya dan sebagainya.
Ciri-ciri
Birokrasi :
1.
Adanya pelaksanaan prinsip-prinsip organisasi dengan sepenuhnya
2. Adanya peraturan-peraturan
yang benar- benar ditaati
3. Para pejabat terikat
disiplin
4. Para pejabat diangkat
berdasarkan syarat-syarat teknis yang dinyatakan
melalui ujian dan ijazah
5. Adanya pemisahan yang tegas
antara urusan dinas dengan urusan pribadi.
Prinsif Birokrasi: Organisasi mengikuti prinsip
hirarki, operasi-operasinya
terencana dengan baik, petugas yang ideal melakukan kerja secara formalitas, pengangkatan pegawai atas dasar kualifikasi teknis dan
tidak mudah terkena PHK yang sewewenang, dan birokrasi memiliki tingkat daya hasil yang tertinggi.
Materi selanjutnya KLIK DI SINI
FUNSI-FUNGSI YANG LAIN DARI ADMINSTRSI
BalasHapusa. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk
hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Di
dalam pengorganisasian terdapat adanya pembagian tugas-tugas,
wewenang dan tanggung jawab secara terperinci menurut bidang-bidang
dan bagian-bagian, sehingga terciptalah adanya hubungan-hubungan kerjasama yang harmonis dan lancar menuju pencapaian tujuan yang telah
ditetapkan.
b. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
Bimbingan dan pengarahan harus dilakukan secara continue agar seluruh
kegiatan selalu terarah pada pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.
Bimbingan (direction) berarti memelihara, menjaga dan
memajukan organisasi melalui setiap personel, baik secara struktural
maupun fungsional agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari usaha mencapai tujuan.
c. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif manakala koordinasi sering dilakukan.
Menurut Sutisna, koordinasi ialah proses mempersatukan
sumbangan-sumbangan dan orang-orang, bahan dan sumber-sumber lain
ke arah tercapainya maksud-maksud yang telah ditetapkan. Sedangkan
menurut Purwanto, koordinasi adalah aktivitas membawa orang-orang,material, pikiran-pikiran, teknik-teknik dan tujuan-tujuan ke dalam
hubungan yang harmonis dan produktif dalam mencapai suatu tujuan.
FUNSI-FUNGSI YANG LAIN DARI ADMINSTRSI
BalasHapusa. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk
hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Di
dalam pengorganisasian terdapat adanya pembagian tugas-tugas,
wewenang dan tanggung jawab secara terperinci menurut bidang-bidang
dan bagian-bagian, sehingga terciptalah adanya hubungan-hubungan kerjasama yang harmonis dan lancar menuju pencapaian tujuan yang telah
ditetapkan.
b. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
Bimbingan dan pengarahan harus dilakukan secara continue agar seluruh
kegiatan selalu terarah pada pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.
Bimbingan (direction) berarti memelihara, menjaga dan
memajukan organisasi melalui setiap personel, baik secara struktural
maupun fungsional agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari usaha mencapai tujuan.
c. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif manakala koordinasi sering dilakukan.
Menurut Sutisna, koordinasi ialah proses mempersatukan
sumbangan-sumbangan dan orang-orang, bahan dan sumber-sumber lain
ke arah tercapainya maksud-maksud yang telah ditetapkan. Sedangkan
menurut Purwanto, koordinasi adalah aktivitas membawa orang-orang,material, pikiran-pikiran, teknik-teknik dan tujuan-tujuan ke dalam
hubungan yang harmonis dan produktif dalam mencapai suatu tujuan.
Fungsi- fungsi lain Administrasi adalah:
BalasHapus-Controlling atau pengawasan dan pengendalian (wasdal) adalah proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
- Motivating yaitu Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dilakukan dengan maksud agar para pekerja melaksanakan tugas tugasnya dengan semaksimal mungkin.
- Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan.
STAFFING
BalasHapusPraktek menemukan, mengevaluasi dan menetapkan suatu hubungan kerja dengan karyawan pada suatu projek dan memberhentikannya pada saat sudah tidak dibutuhkan. Sehingga pekerja yang ditetapkan sesuai dengan bidang dan ahlinya.
DIRECTING
Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
COORDINATING
Bagaimana seluruh kepentingan dan tujuan organisasi disatukan dan diharmoniskan dengan sinkronisasi waktu serta tempat.
REPORTING
Bagaimana menginformasikan pertanggungjawaban.
BUDGETING
Bagaimana merencanakan keuangan, pembiayaan, perhitungan uang keluar masuk serta pengawasan yang dilaksanakan.
FUNGSI - FUNGSI ADMINISTRASI
BalasHapusSelain dari Controling, Motivating dan Evaluating terdapat fungsi - fungsi pokok dari administrasi antara lain:
a. Perencanaan atau Planning
Perencanaan merupakan salah satu syarat mutlak bagi setiap
kegiatan administrasi. Tanpa perencanaan, pelaksanaan suatu kegiatan
akan mengalami kesulitan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang
diinginkan.
Langkah-langkah tersebut meliputi:
1) Menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai
2) Meneliti masalah atau pekerjaan yang akan dilakukan
3) Mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan
4) Menentukan tahap atau rangkaian kegiatan
5) Merumuskan bagaimana masalah-masalah itu akan dipecahkan dan
bagaimana pekerjaan-pekerjaan itu akan diselesaikan
b. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk
hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Di
dalam pengorganisasian terdapat adanya pembagian tugas-tugas,
wewenang dan tanggung jawab secara terperinci menurut bidang-bidang
dan bagian-bagian, sehingga terciptalah adanya hubungan-hubungan kerjasama yang harmonis dan lancar menuju pencapaian tujuan yang telah
ditetapkan.
c. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
Bimbingan dan pengarahan harus dilakukan secara continue agar seluruh
kegiatan selalu terarah pada pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.
Bimbingan (direction) berarti memelihara, menjaga dan
memajukan organisasi melalui setiap personel, baik secara struktural
maupun fungsional agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari usaha
d. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta efektif manakala koordinasi sering dilakukan.
d. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif manakala koordinasi sering dilakukan.
Fungsi-fungsi yang lain dari administrasi antara lain yaitu :
BalasHapus1. Pengorganisasian (organizing)
Aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
b. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
c. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif.
d. Controling (pengawasan )
yaitu proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
e. Motivating
Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
f. Evaluating
yaitu aktifitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi.
Fungsi- fungsi lain Administrasi adalah:
BalasHapus1)Controlling atau pengawasan dan pengendalian adalah proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
2)Motivating yaitu Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dilakukan dengan maksud agar para karyawan melaksanakan tugas-tugasnya dengan semaksimal mungkin.
3) Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan.
Fungsi administrasi :
BalasHapus1. MOTIVATING :kemampuan membujuk orang-orang mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan dengan penuh semangat.
2. EVALUATING : aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan
3.CONTROLING : proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
(1) perencanaan,
BalasHapusAdinistrasi dan manajemen membutuhka selalu diawali dnegan funsgi perencanaan atau planning. Dalam tahap perencanaan ini administrator berkegiatan untuk merumuskan, memilih, dan menetapkan apa saja aktifitas-aktifitas sumber daya yang akan dilaksanakan dan mungkin yang akan digunakan dimasa datang untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
(2) pengorganisasian,
Pengorganisasian merupakan kegiatan dimana aktivitasnya berisi tentang menyusun dan membentuk hubungan kerja antar pribadi ataupun kelompok, sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam menempuh tujuan yang sudah ditetapkan.
(3) penyusunan,
Fungsi yang ketiga adalah kepegawaian. Setara dengan fungsi-fungsi sebelumnya, kepegawaian mempunyai fungsi yang sangat penting dimana kepegawaian adalah pengisian sesuatu bidang atau unit dengan personal yang akan melaksanakan tugas kegiatannya.
(4) pengarahan,
Pengarahan (directing) merupakan pengarahan yang diberikan kepada anggota organisasi, sehingga mereka menjadi karyawan yang berpengerahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan organisasi. Directing juga mencakup kegiatan yang dirancang untuk memberikan orientasi kepada pegawai antara lain informasi tentang hubungan antar bagian, antar pribadi, kebijaksanaan, dan tujuan organisasi.
(5) pengkoordinasian,
(6) pelaporan,
(7) penganggaran,
Pembiayaan adalah kegiatan yang berisi tentang dana dan anggaran. Pembiayaan sekolah adalah kegiatan mendapatkan biaya serta mengelola anggaran pendapatan dan belanja pendidikan menengah. Kegiatan ini dimulai dari perencanaan biaya, usaha untuk mendapatkan dana yang mendukung rencana itu, penggunaan, serta pengawasan penggunaan anggaran tersebut.
(8) pergerakan,
Penggerakan atau istilah pembimbingan menurut the Liang Gie merupakan aktifitas seorang manager dalam pemerintahan, menugaskan, menjuruskan, mengarahkan, dan menuntun karyawan atau personnel organisasi untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Terry menjelaskan actuating merupakan usaha untuk menggerkan anggota kelompok sedemikian rupa sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran organisasi.
(9) pengawasan,
Kegiatan pengawasan ini dilakukan agar prilaku personalia organisasi mengarah ke tujuan organisasi, bukan semata-mata ke tujuan individual; dan agar tidak terjadi penyimpangan yang berarti antara rencana dengan pelaksanaan. Dengan demikian jelaslah controlling mencakup kelanjutan tugas untuk melihat apakah kegiatan-kegiatan dilaksanakan sesuai rencana. Melalui pengawasan yang efektif, roda organisasi, implementasi rencana, kebijakan, dan upaya pengendalian mutu dapat dilaksanakan dengan lebih baik
(10) penilaian.
Evaluasi sebagai fungsi administrasi pendidikan adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai di mana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Evaluasi mengetahui berhasil atau tidaknya suatu program, diperlukan adanya penilaian atau evaluasi. Tiap penilaian berpegang pada rencana tujuan yang hendak dicapainya
STAFFING
BalasHapusPraktek menemukan, mengevaluasi dan menetapkan suatu hubungan kerja dengan karyawan pada suatu projek dan memberhentikannya pada saat sudah tidak dibutuhkan. Sehingga pekerja yang ditetapkan sesuai dengan bidang dan ahlinya.
DIRECTING
Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
COORDINATING
Bagaimana seluruh kepentingan dan tujuan organisasi disatukan dan diharmoniskan dengan sinkronisasi waktu serta tempat.
REPORTING
Bagaimana menginformasikan pertanggungjawaban.
BUDGETING
Bagaimana merencanakan keuangan, pembiayaan, perhitungan uang keluar masuk serta pengawasan yang dilaksanakan.
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
BalasHapusDirecting adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
Coordinating merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai itu antara lain dengan memberi intruksi, perintah, mengadakan pertemuan untuk memberikan kejelasan bimbingan dan nasihat, dan mengadakan coaching dan bila perlu memberi teguran.
Reporting dalam manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secara lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.
Budgeting adalah suatu kegiatan yang mengelola dan perencanaan berkelanjutan terhadap keuangan/anggaran.
Fungsi-fungsi yang lain dari administrasi antara lain yaitu :
BalasHapus1. Pengorganisasian (organizing)
Aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
b. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
c. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib sertaefektif.
d. Controling (pengawasan )
Yaitu proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
1. Motivating ( Pengerakan) ialah kemampuan membujuk orang-orang mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan dengan penuh semangat.
BalasHapus2. Actuating ( Penggerakan ) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi.
3. Controling adalah proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
Fungsi Sekunder Administrasi:
BalasHapus1. Tata Usaha
Berfungsi Meringankan pekerjaan pimpinan dan memberikan pelayanan.
Kegiatan tata usaha pada umumnya adalah: Daftar hadir/absensi, dokumentasi data, agenda arsip dan expedisi (pencatatan).
2. Keuangan (financial)
Kegiatan perencanaan masalah keuangan di dalam penganggaran dan pemeriksaan keuangan pengelolaan pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana.
3. Personalia (Kepegawaian)
Keseluruhan orang yang dipekerjaan dalam badan tertentu untuk melaksanakan kegiatan dalam organisasi.
4. Perlengkapan (Logistik)
Kriteria perlengkapan: Barang habis pakai dan barang tahan lama Barang bergerak dan barang tidak bergerak. Proses pengelolaan: Pengadaan-inventaris-distribusi-penyimpanan-pemeliharaan dan penghapusan.
5. Humas (public relation)
Tugas pokok: Menyebarluaskan informasi, menyiapkan bahan yang akan dikomunikasikan pimpinan, menyusun/mengembangkan rencana pelayanan masyarakat dan menjelaskan informasi yang telah disampaikan oleh pimpinan.
Fungsi- fungsi lain Administrasi adalah:
BalasHapus-Controlling atau pengawasan dan pengendalian (wasdal) adalah proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
- Motivating yaitu Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dilakukan dengan maksud agar para pekerja melaksanakan tugas tugasnya dengan semaksimal mungkin.
- Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan.
Fungsi - fungsi administrasi lainnya:
BalasHapusa.Bimbingan atau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakanpemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatanadministratif.
Bimbingan dan pengarahan harus dilakukan secara continue agar seluruhkegiatan selalu terarah pada pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.Bimbingan (direction) berarti memelihara, menjaga dan
memajukan organisasi melalui setiap personel, baik secara strukturalmaupun fungsional agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari usahamencapai tujuan
b.Penggerakan (Motivating)
Penggerakan ialah keseluruhan proses pemberian motif bekerja kepada para bawahan sedemikan rupa sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan organisasi dengan efisien dan ekonomis.
“Motivating” secara implisit berarti bahwa pimpinan organisasi berada di tengah-tengah para bawahannya dan dengan demikian dapat memberikan bimbingan, instuksi, nasehat dan koreksi jika diperlukan.
c.Penilaian (evaluating)
Penilaian adalah proses pengukuran dan pembandingan hasil-hasil pekerjaan yang telah dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hakekat dari penilaian adalah:
Controlling
BalasHapusProses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
Actuating
Yaitu berarti usaha mendapatkan hasil dengan penggerakan orang lain. Istilah ini jauh lebih “lunak” lagi jiak dibandingkan dengan istilah commanding atau directing. “Kelunakan” ini menurut pendapat penulis sangat dipengaruhi oleh kondisi masyarakat Amerika yang semakin demokratis serta pengertian para ilmuan yang jauh lebih mendalam lagi tentang pentingnya peranan manusia dalam proses administrasi dan manajemen.
Motivating
Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dilakukan dengan maksud agar para pekerja melaksanakan tugas tugasnya dengan semaksimal mungkin.
Evaluating
Adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan
Fungsi Lain Administrasi adalah :
BalasHapus1. Actuating ( Penggerakan ) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi.
2. Controling ( Pengawasan ) adalah proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
3.Motivating ( Pemberian motivasi ) adalah suatu dorongan dari dalam diri atau rangsangan; yang lebih tepatnya adalah suatu Hasrat Hati dari suatu keinginan yang diinginkan.
4.Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan.
1. Motivating ( Pengerakan) ialah kemampuan membujuk orang-orang mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan dengan penuh semangat.
BalasHapus2. Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan
3.Controling adalah proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
1. Tata Usaha
Berfungsi Meringankan pekerjaan pimpinan dan memberikan pelayanan.
Kegiatan tata usaha pada umumnya adalah: Daftar hadir/absensi, dokumentasi data, agenda arsip dan expedisi (pencatatan).
2. Keuangan (financial)
Kegiatan perencanaan masalah keuangan di dalam penganggaran dan pemeriksaan keuangan pengelolaan pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana.
3. Personalia (Kepegawaian)
Keseluruhan orang yang dipekerjaan dalam badan tertentu untuk melaksanakan kegiatan dalam organisasi.
4. Perlengkapan (Logistik)
Kriteria perlengkapan: Barang habis pakai dan barang tahan lama Barang bergerak dan barang tidak bergerak. Proses pengelolaan: Pengadaan-inventaris-distribusi-penyimpanan-pemeliharaan dan penghapusan.
5. Humas (public relation)
Tugas pokok: Menyebarluaskan informasi, menyiapkan bahan yang akan dikomunikasikan pimpinan, menyusun/mengembangkan rencana pelayanan masyarakat dan menjelaskan informasi yang telah disampaikan oleh pimpinan.
1. motivating adalah :kemampuan membujuk,merayu,mendorong orang-orang mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan dengan penuh semangat.
BalasHapus2. evaluating : kegiatan untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan untuk mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan.
3.controling : proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
Fungsi administrasi yang lain :
BalasHapus1 Staffing :Praktek menemukan, mengevaluasi dan menetapkan suatu hubungan kerja dengan karyawan pada suatu projek dan memberhentikannya pada saat sudah tidak dibutuhkan. Sehingga pekerja yang ditetapkan sesuai dengan bidang dan ahlinya.
2. Directing : Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
3. Coordinating : bagaimana seluruh kepentingan dan tujuan organisasi disatukan dan diharmoniskan dengan sinkronisasi waktu serta tempat.
4. Reporting : bagaimana menginformasikan pertanggungjawaban
5. Budgeting : bagaimana merencanakan keuangan, pembiayaan, perhitungan uang keluar masuk serta pengawasan yang dilaksanakan.
a. Perencanaan atau Planning
BalasHapusPerencanaan merupakan salah satu syarat mutlak bagi setiap
kegiatan administrasi. Tanpa perencanaan, pelaksanaan suatu kegiatan
akan mengalami kesulitan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang
diinginkan.
b. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk
hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan
c. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
d. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif manakala koordinasi sering dilakukan.
Fungsi-fungsi yang lain dari administrasi antara lain yaitu :
BalasHapus1. Pengorganisasian (organizing)
Aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
b. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
c. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif.
d. Controling (pengawasan )
yaitu proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
e. Motivating
Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
f. Evaluating
yaitu aktifitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi.
Fungsi Sekunder Administrasi:
BalasHapus1. Tata Usaha
Berfungsi Meringankan pekerjaan pimpinan dan memberikan pelayanan.
Kegiatan tata usaha pada umumnya adalah: Daftar hadir/absensi, dokumentasi data, agenda arsip dan expedisi (pencatatan).
2. Keuangan (financial)
Kegiatan perencanaan masalah keuangan di dalam penganggaran dan pemeriksaan keuangan pengelolaan pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana.
3. Personalia (Kepegawaian)
Keseluruhan orang yang dipekerjaan dalam badan tertentu untuk melaksanakan kegiatan dalam organisasi.
4. Perlengkapan (Logistik)
Kriteria perlengkapan: Barang habis pakai dan barang tahan lama Barang bergerak dan barang tidak bergerak. Proses pengelolaan: Pengadaan-inventaris-distribusi-penyimpanan-pemeliharaan dan penghapusan.
5. Humas (public relation)
Tugas pokok: Menyebarluaskan informasi, menyiapkan bahan yang akan dikomunikasikan pimpinan, menyusun/mengembangkan rencana pelayanan masyarakat dan menjelaskan informasi yang telah disampaikan oleh pimpinan
Fungsi administrasi lainnya yaitu :
BalasHapus1. Actuating ( Penggerakan ) merupakan suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi.
2. Controling ( Pengawasan ) merupakan proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang tepat.
3.Motivating ( Pemberian motivasi ) merupakan suatu dorongan dari dalam diri atau rangsangan; yang lebih tepatnya adalah suatu Hasrat Hati dari suatu keinginan yang diinginkan.
4.Evaluating ( Penilaian ) merupakan aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan.
selain sebagai perencanaan, administrasi juga mempunyai Fungsi yang lain yaitu:
BalasHapusa.Staffing
Praktek menemukan, mengevaluasi dan menetapkan suatu hubungan kerja dengan karyawan pada suatu projek dan memberhentikannya pada saat sudah tidak dibutuhkan. Sehingga pekerja yang ditetapkan sesuai dengan bidang dan ahlinya.
b.Directing
Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
c.Coordinating
Bagaimana seluruh kepentingan dan tujuan organisasi disatukan dan diharmoniskan dengan sinkronisasi waktu serta tempat.
d.Reporting
Bagaimana menginformasikan pertanggungjawaban.
e.Budgeting
Bagaimana merencanakan keuangan, pembiayaan, perhitungan uang keluar masuk serta pengawasan yang dilaksanakan.
Fungsi-fungsi yang lain dari administrasi antara lain yaitu :
BalasHapus1. Pengorganisasian (organizing)
Aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
b. Bimbingan alau Pengarahan (direction)
Apabila suatu organisasi sudah terbentuk dan berfungsi, setiap
personal sudah melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan wewenang
dan tangung jawab masing-masing, maka diperlukan tindakan pemberian
bimbingan dan pengarahan sebagai salah satu kegiatan administratif.
c. Koordinasi (coordination)
Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk kegiatan bersama untuk
mencapai tujuan bersama akan bisa berjalan secara teratur dan tertib serta
efektif.
d. Controling (pengawasan )
yaitu proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi.
e. Motivating
Kemampuan membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
f. Evaluating
yaitu aktifitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi.