11 Oktober 2017

Pertemuan 1 dan 2 MA DAKK (Konversi 2017)



ELEARNING MATRIKULASI DASAR AKK

SELAMAT DATANG DI ELEARNING MATRIKULASI DASAR AKK
MATERI 1 DAN 2

Anda yang mengikuti elearning ini WAJIB mengisi absensi akademik pada jadwal kuliah hari RABU malam, jam 18.30-22.00, dan wajib melaporkan kehadiran pada elearning-elerning yang terjadual, pada kolom komentar yang diisi nama saudara dan pernyataan hadir.
Untuk memulai e-learning silahkan klik disini

30 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Erita Meylani
    NPM : 17410039P
    HADIR

    BalasHapus
  4. NAMA : DWI ANGGARWATI
    NPM : 17410036P

    BalasHapus
  5. Nama : fitroh cahyaningtyas
    Npm : 17410040P
    Hadir

    BalasHapus
  6. NAMA : TRI YULIANI
    NPM : 17410046P
    HADIR

    BalasHapus
  7. Nama : Susmalini
    NPM: 17410045p
    Hadir

    BalasHapus
  8. Nama : Intan Kurnia Putri
    Npm : 17410042P
    Hadir

    BalasHapus
  9. NAMA : DWI ANGGARWATI
    NPM : 17410036P
    TUGAS ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN
    1. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Pelayanan kesehatan saat ini sebagai bentuk nyata peran birokrasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat masih sangat kurang ideal. contoh pelaku birokrasi belum inovatif melakukan program-program pelayanan kesehatan sehingga pelaksanaan tugas tugas pelayanan kesehatan berlangsung apa adanya, dan kurang memperoleh kebebasan menjalankan kewenangan sesuai kebutuhan riil.
    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yand diselenggaran pemerintah?

    Birokrasi yang baik adalah kunci utama untuk mencapai tujuan suatu lembaga pemerintah, jika suatu lembaga pemerintah memiliki birokrasi yang baik maka sudah tentu lembaga pemerintah tersebut dapat dikatakan sukses dalam mengatur rumah tangganya.
    Tetapi telah menjadi rahasia umum bahwa pelayanan kesehatan di instansi pemerintah selama ini lamban, ruwet, tidak efisien, dan bahkan menjengkelkan. Secara ideal pelayanan kesehatan yang dilaksanakan harus sedapat mungkin mendorong kreativitas, prakarsa, serta peran serta masyarakat dalam pembangunan. Sehingga kedepanya birokrasi di Indonesia bisa benar-benar melayani masyarakat .

    3. Bagaiman penerapan administrasi di berbagai instansi dewasa ini?
    Penerapan administrasi pada Lembaga /institusi dewasa ini selalu berupaya lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Maka dari itu untuk meningkatkan keberhasilan suatu lembaga/ institusi seorang administrator terus mengasah kemampuan dan pengetahuan tentang administrasi lembaga dengan baik.
    4. Apakah administrasi sama dengan managemen?

    Administrasi adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Sedangkan,
    Manajemen adalah proses perencanaan dan pengorganisasian dalam administrasi .
    Maka dari itu administrasi tidak sama dengan managemen karena managemen salah satu unsur yang terdapat dalam administrasi.

    5. Bagaiman organisai yang sehat menurut saudara?

    Organisasi yang sehat menurut saya adalah yang selalu mempunyai target reformasi dari masa ke masanya. Contohnya:
    • Bersih dari praktik KKN
    • Efisien dan hemat dalam mempergunakan sumber daya yang terbatas
    • Transparan, sehingga anggotanya bisa mengakses semua informasi yang menyaangkut organisasi.
    • Organisasi tersebut senantiasa bertujuan melayani keperluan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya

    BalasHapus
  10. Nama : Elva Nuryanti
    Npm : 17410048P
    Hadir

    BalasHapus
  11. Nama : Desi maya Lestari
    Npm : 17410035P
    HADIR
    bagaimana penerapan ditatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    1. penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan masih mengacu pada kebijakan oleh atasan tidak mengacu pada kebutuhan masyarakat, hal inilah yang menyebabkan pelayanan kesehatan belum maksimal terutama untuk kalangan masyarakat menengah kebawah.

    2. bagaimana penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    penerapan birokrasi oleh pemerintah masih sentralisasi, hal ini disebabkan birokrasi pemerintah bekerja dan berkembang dalam lingkungan yang kondusif, pendelegasian wewenang yang tidak jelas dan sangat bergantung pada pimpinan tertinggi. hubungan antar jenjang diwarnai oleh pola hubungan pribadi.

    3.bagaimana penerapan administrasi diberbagai institusi dewasa ini?
    penerapan administrasi di institusi pada umumnya belum terstruktur sesuai dengan aturan semestinya. hal inilah yang menyababkan penyimpangan penyimpangan administrasi di institusi institusi.

    4. Apakah administrasi sama dengan managemen?
    Tidak Sama.
    - Managemen -> suatu proses yang dilakukan untuk mengatur dan mengarahkan SDM yang ada untuk mencapai tujuan.
    - Administrasi -> perencanaan, pengendalian,pengorganisasian agar tercapai tujuan yang ditetapkan/diinginkan.

    5. Bagaimana organisasi yang sehat menurut Saudara?
    Organisasi yang sehat adalah organisasi yang tidak mementingkan kepentingan pribadi/golongan,tidak tersentralisasi dan mau menerima saran, kritik,serta masukan masukan yang tujuannya membangun organisasi tersebut.

    BalasHapus
  12. Nama : Ade Debian
    Npm :17410032
    Hadir

    TUGAS

    jawaban no1
    birokrasi di pelayanan kesehatan sekarang cenderung membaik dengan adanya persatuan ahli kesehatan sesuai dengan propesi dan bidangnya masing-masing kemudian birokrasi pelayanan kesehatan bisa dilihat dengan adanya badan pelayanan bpjs yang dapat meringankan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu namun tetap mendapast pelayanan yang di inginkan dan pembaruan ilmu pengetahuan bagi petugas kesehatan dengan adanya seminar yang teroganisir dari pusat sampai ke daerah .
    Jawaban no 2
    Kesehatan adalah pelayanan publik yang bersifat mutlak dan erat kaitannya dengankesejahteraan masyarakat. Untuk semua pelayanan yang bersifat mutlak, negara dan aparaturnya berkewajiban untuk menyediakan layanan yang bermutu dan mudah didapatkan setiap saat. Salah satu wujud nyata penyediaan layanan publik di bidang kesehatan adalah adanya Puskesmas. Tujuan utama dari adanya Puskesmas adalah menyediakan layanan kesehatan yang bermutu namun dengan biaya yanng relatif terjangkau untuk masyarakat, terutama masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah.
    jawaban no 3
    Administrasi yang baik adalah kunci utama untuk mencapai tujuan suatu lembaga, jika suatu lembaga memiliki pengadministrasian yang baik maka sudah tentu lembaga tersebut dapat dikatakan sukses dalam mengatur rumah tangganya. Demikian pula seluruh birokrasi pemerintahan terutama segi kepegawaian. Karena merekalah yang pada akhirnya menjadi pelaksana dari kegiatan-kegiatan pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.yang nantinya sampai pada pelayanan publik yang di peruntukan untuk masyrakat.
    Jawaban N0 4
    Administrasi berasal dari Bahasa Latin Administrare yang berarti membantu atau melayani. Dalam arti sempit sebagai keseluruhan pencatatan secara tertulis dan penyusunan sistematis dari keterangan-keterangan yang ada agar mempermudah memperoleh inti dari suatu keterangan. Kegiatan dalam hal ini yaitu serangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap kerja sama. Dalam arti luas, administrasi merupakan keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam rangka mencapaiu tujuan secara efektif dan efisien. Dengan tiga ciri pokok :
    Administrasi merupakan proses yang berarti terdiri atas serangkaian kegiatan, yang dimulai sejak adanya dua orang atau lebih bersepakat melakukan kerjsama dalam bidang tertentu. Dalam hal ini adalah bidang pendidikan mengelola sekolah dan segala aspek lainnya.
    Terdapat dua orang atau lebih yang bekerja sama.
    Setiap kerjasama dalam adminsitrasi dilakukan dalam rangka mencapai tujuan dan efisiensi. Tujuan itu ditetapkan sebelumnya berdasar kesepakatan bersama di antara pihak-pihak yang bekerja sama.
    Manajemen :
    proses pendayagunaan semua orang dan fasilitas. Hal ini agar proses kerjasama (dalam administrasi) dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien tentunya dengan melibatkan semua orang dan fasilitas.Manajemen merupakan kajian administrasi ditinjau dari segi prosesnya. Manajemen merupakan proses yang terdiri atas kegiatan-kegiatan dalam upaya mencapai tujuan kerja sama (administrasi) secara efisien.
    Jawaban no 5
    Organisasi yang sehat adalah suatu organisasi yang terbentuk untuk mencapai suatu tujuan yang berguna baik bagi dirinya dan orang lain suatu organisasi juga hendeaknya dapat dipahami dan diterima oleh angota organisasi yang di mana dalam peranannya harus bertangung jawab atas hak dan kewajiban yang di berikan oleh struktur organisasi tersebut dan juga kepala organisasi hendaknya dapat menerima saran dan masukan dari anggota organisasi agar suatu organisasi dapat bertahan lama.

    BalasHapus
  13. NAMA : AHLUL FIKRI KURNIA
    NPM : 17410033P


    1. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Penerapan Birokarasi di tatanan pelayanan kesehatan Belum Sederhana, prosedur/tata cara pelayanan diselenggarakan masih berbelit-belit. dan tidak Efesien, banyak persyaratan yang tidak berkaitan langsung tetap diminta.

    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    Penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah juga sama Belum Sederhana, prosedur/tata cara pelayanan diselenggarakan masih berbelit-belit. dan tidak Efesien, di tambah dengan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
    Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan badan bentukan pemerintah yang menjamin urusan sosial termasuk kesehatan rakyat Indonesia. Akan tetapi, kenyataan yang ada bertolak belakang dengan tujuan BPJS untuk menjamin kesehatan rakyat. Banyak sekali pasien peserta BPJS kesehatan yang telantar, ditolak oleh rumah sakit, dan akhirnya meninggal dunia. Hal ini terjadi karena salah satu tujuan BPJS untuk ”desentralisasi” pasien, agar pasien tersebar ke rumah sakit kelas C dan D tidak tercapai.
    Sistem yang dibuat oleh BPJS sendirilah yang menyebabkan hal itu. Kebijakan perbedaan tarif untuk pelayanan di rumah sakit kelas A, B, C dan D memiliki perbedaan tarif yang sangat besar. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan rumah sakit kelas C dan D enggan untuk merawat pasien BPJS dan lebih memilih untuk merujuk ke rumah sakit kelas A dan B. Sementara okupansi di rumah sakit kelas A dan B sudah penuh dan harus menunggu, hanya mendapatkan pemeriksaan laboratorium, CT-Scan, X-Ray berulang-ulang, dan tidak terobati.

    3. Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Penerapan administrasi sudah cukup karena sudah dapat membantu perusahaan/institusi dalam memberikan data/informasi yang diperlukan oleh pimpinan perusahaan dan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya.

    4. Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Manajemen adalah suatu proses/kegiatan/usaha pencapaian tujuan tertentu melalui kerjasama dengan orang lain. Dan dapat pula dikatakan bahwa manajemen merupakan inti daripada administrasi, karena memang manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada administrasi. Dengan perkataan lain dikatakan bahwa administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatan-kegiatannya yang dapat dibedakan.

    5. Bagaimana organisasi yang sehat menurut Saudara?
    Organisasi memilik identitas yang jelas, Suatu organisasi yang baik memiliki identitas yang jelas, seperti namanya, latar belakang berdirinya, anggaran dasar/anggaran rumah tangga, bergerak di suatu bidang tertentu, dan alamatnya jelas
    Memiliki anggota yang kuantitas dan identitasnya jelas, Di dalam organisasi yang baik, terdapat suatu struktur yang memiliki pembagian dan tugas yang jelas.
    Mengacu pada manajemen yang baik : Planning –> perencanaan, Action –> aksi, Evaluation –> evaluasi .Tiga hal tersebut lah yang digunakan dalam setiap
    Memiliki manfaat bagi lingkungan, Organisasi yang baik tidak hanya memberikan keuntungan dan manfaat bagi anggota-anggotanya, tapi juga manfaat yang positif bagi lingkungan.

    BalasHapus
  14. Nama:Desi Maya lestari
    NPM : 17410035P
    HADIR

    1. Penerapan Birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan masih mengacu pada kebijakan oleh atasan tidak mengacu pada kebutuhan masyarakat, hal inilah yang menyebabkan pelayanan kesehatan belum maksimal terutama untuk kalangan masyarakat menengah kebawah.
    2. Penerapan birokrasi oleh pemerintah masih sentralisasi,hal ini d sebabkan birokrasi pemerintah bekerja dan berkembang dalam lingkungan yang kondusif,pendelegasian wewenang yang tidak jelas dan sangat bergantung pada pimpinan tertinggi. Hubungan antar jenjang diwarnai oleh pola hub pribadi.
    3. Penerapan administrasi di institusi pada umumnya belum terstruktur sesuai dengan aturan semestinya. Hal inilah yg menyebabkan penyimpangan administrasi di institusi.
    4. Tidak sama.
    Management; suatu proses yang dilakukan untuk mengatur dan mengarahkan SDM yang Ada untuk mencapai tujuan.
    Administrasi ; perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, agar tercapai tujuan yang di tetapkan.
    5. Organisasi yang sehat adalah organisasi yang tidak mementingkan kepentingan pribadi/ golongan, tidak tersentralisasi dan Mau menerima saran, kritik, serta masukan yang tujuannya membangun organisasi tersebut.terjalinnya hubungan yang baik antar anggota organisasi tersebut, terbuka dan transparant.

    BalasHapus
  15. NAMA : TRI YULIANI
    NPM : 17410046P
    HADIR

    TUGAS ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAM KESEHATAN
    1. Bagaimana penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan dewasa ini ?
    Penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan saat ini masih kurang baik dan tidak ideal.
    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselanggarakan oleh pemerintah ?
    Untuk mencapai tujuan suatu lembaga pemerintah diperlukan birokrasi yang baik, jika birokrasi yang dimiliki lembaga pemerintahan sudah baik maka pelayanan kesehatan juga akan baik, akan tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa pelayanan kesehatan di instansi pemerintahan selama ini masih sangat jauh dari yang diharapkan karena selama ini pelayanan yang diberikan masih kurang efisien, lamban, ruet, dan menjengkelkan. Sehingga kedepanya diharapkan penerapan birokrasi di tatatan pelayanan kesehatan menjadi lebih baik efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan pada masyarakat terutama bagi masyarakat menengah kebawah.
    3. Bagaimana penerapan administrasi di berbagai instansi dewasa ini ?
    Penerapan administrasi berbagai instansi dewasa ini masih belum efektif, masih banyak terjadi penyimpangan karena belum terstruktur sebagaimana mestinya.
    4. Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Tidak sama. Administrasi dan manajemen berbeda, administrasi diperuntukkan untuk menentukan tujuan inti atau menetapkan kebijakan, sedangkan manajemen untuk pelaksanaan kegiatan guna mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan. Administrasi berada pada level yang berbeda, dan manajemen merukapan salah satu dari unsur administrasi.
    5. Bagaimana organisasi yang sehat menurut saudara?
    Menurut saya organisasi yang sehat adalah organisasi yang mempunyai tujuan yang jelas serta manajemen yang baik, selain itu menurut saya organisasi yang baik adalah jika semua elemen menyatu dan bisa berinteraksi untuk mencapai sasaran/tujuan bersama, tidak mementingkan kepentingan pribadi dan mau bekerjasama, saling menghormati, menerima kritik dan saran yang membangun serta bertanggungjawab pada kewajiban dan kewenangan masing-masing. Serta ditunjang dengan peralatan yang memadai.

    BalasHapus
  16. Nama : Santri Mareta
    Npm : 17410044 P
    Hadir

    Soal

    1. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Dalam Hakekatnya birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan saat ini sudah banyak mengalami pergeseran yang sedikit lebih baik namun belum terasa berarti kepada pengguna pelayanan,sejatinya segala penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan seharusnya bisa menyentuh kebawah tanpa membuat batasan batasan diskriminatif pada penguna layanan.dari segi tatanan birokrasinya dipelayanan kesehatan sudah tertib namun dalam pelaksanaan dan hasil pengevaluasi monitoring akan mengalami kendala sebab lemahnya aturan dalam memonitoring hasil dari penerapan birokrasi pelayanan kesehatan tersebut.

    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh
    pemerintah?
    birokrasi dilakukan dengan melihat dimensi etika yang berkaitan dengan skill based issues yang selama ini kurang tersentuh sebagai wacana perubahan. Terlebih di Indonesia dimana masyarakatnya adalah masyarakat paternalistik yang banyak bergantung pada dimensi para pemimpin sebagai panutan, termasuk didalamya dalam melakukan tugas penyelenggaraan negara. Dalam konteks ini etika merupakan nilai-nilai moral yang mengikat seseorang atau sekelompok orang dalam mengatur sikap, perilaku tindakan dan ucapannya dalam melaksanakan tugas, kewenangan dan fungsinya. Suatu profesi selalu memerlukan landasan etika yang menjadi acuan untuk bertindak anggotanya sehingga citra, kehormatan dan eksisitensinya terjaga.
    Penerapan birokrasi pelayanan yang diselengarakan oleh pemerintah khususnya pelayanan kesehatan dalam upaya pemberdayaan aparatur negara dapat dilakukan dengan membenahi SDM dan sistem yang ada di dalamnya. Untuk menuju ke arah itu sistem birokrasi harus dibenahi. Menuntut adanya aparat yang mempunyai skill yang memadai, ramah, berpengetahuan luas, ditunjang alat yang canggih, dan tak lupa dengan etika serta jiwa pengasih yang harus yang dipegang erat-erat guna menjadikan birokrasi pelayanan professional sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat luas.

    3. Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Administrasi dalam insitusi sudah banyak kemajuan cendrung lebih cepat untuk mendapatkan informasi bila diperlukan baik untuk riset ,penelitian atau untuk keperluan institusi itu sendiri.kevalidan data administrasi sangat menentukan keberhasilan lembaga institusi menjadi lebih baik ke depan.tertib administarsi dan administartornya yang baik adalah kunci keberhasilan suatu institusi menjadi berkembang kedepan dimana seorang pimpinan harus ikut andil dalam pengawasan administrasi tersebut.

    4. Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Administrasi tidaklah sama dengan manajemen dimana jelas ada perbedaan di keduanya. Ditinjau dari deskripsinyaa arti dari adminitrasi adalah proses untuk melakukan dan mengerjakan secara lebih dari 2 untuk berkerjasama memiliki tujuan yang sama, sedangkan manajemen adalah bagian dari unsur adminstrasi dalam artinya sebagai pelaksanaan untuk menjalankan adminitrasi tersebut.manajamen adalah bagian dari adminstrasi sehingga ditarik kesimpulan adminsitrasi adalah proses pembentukan untuk menuju suatu tujuan dimana ada unsur manajemen dalam proses pelaksanaan setelah tujuan yang sama tercapai.

    5. Bagaimana organisasi yang sehat menurut Saudara?

    Organisasi yang sehat menurut saya adalah sebuah organisasi yang didalam mempunyai visi misi , tujuan dan tata nilai yang jelas diimbangi dengan pegawai dan pimpinan yang memiliki skil yang sesuai kompetensinya dan memiliki aturan-aturan yang jelas mengikat serta disiplin dan berwawasan luas sehingga kelak organisasi yang dibentuk berkembang kedepan dengan selalu mengupdate skil dan ilmu didalam organisasi sehingga organisasi yang sehat bisa dinikmati oleh masyarakat .

    BalasHapus
  17. Sam Hariyanto
    NPM : 17410043P

    1.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Menurut pendapat saya sebuah penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan dewasa ini sudah cukup baik, namun perlu adanya perhatian, pengawasan dan kerjasama yang baik antara pemberi pelayanan kesehatan, pemerintah dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola pelayanan kesehatan yang baik dan berkesinambungan.

    2.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang diwilayah tertentu, tentunya pelayanan kesehatan harus mematuhi dan menjalankan birokrasi yang diterapkan oleh pemerintah.
    Adapun penerapan birokrasi yang dilakukan pemerintah diantaranya adalah:
    a.Membuat peraturan yang harus ditaati para pejabat terkait disiplin
    b.Melakukan pembinaan kepada masyarakat
    c.menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya iklim pelayanan yang memadai
    d.menyusun dan menetapkan standar pelayanan

    3.Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Penerapan administrasi di berbagai institusi sudah lebih baik, karena setiap institusi mempunyai perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian yang sudah tersusun sesuai dengan tujuan yang diharapkan setiap institusi tersebut.

    4.Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Administrasi tentunya tidak sama dengan manajemen, karna pada dasarnya fungsi administrasi adalah konsep untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijakan umum, sedangkan manajemen lebih kepada yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan

    5.Bagaimana organisasi yang sehat menurut Saudara?
    Organisasi yang sehat adalah organisasi yang memiliki anggota didalamnya, dimana keanggotaan tersebut mempunyai struktur organisasi yang jelas dari atasan hingga bawahan. Sebuah organisasi yang sehat tentunya harus pula memiliki nama organisasi, lambang organisasi serta mempunyai lokasi yang jelas untuk anggota organisasi tersebut melakukan aktifitas rutin setiap harinya.

    BalasHapus
  18. Nama : fitroh cahyaningtyas
    Npm : 17410040P

    1. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini? Masih sangat kurang ideal atau kurang baik karna dimana pelayanan kesehatan masih tidak mengoptimalkan pelayanan bagi seleruh masyarakat, pelayanan masih saja melihat kasta tinggi rendah ekonomi seseorang, yang menyebabkan minimnya pelayanan kesehatan bagi kalangan ekonomi menegah kebawah.

    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggaran pemerintah? Pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah masih kurang nya pelayanan yg optimal bagi seluruh masyarakat seperti BPJS masyarakat yg menggunkaan BPJS rata-rata bahakan masyarakat kalangan ekonomi menengah kebawah yg masih membedakan pelayanan kesehatan masyarakat yg menggunakan BPJS bahakan tidak adanya pelayanan yg baik bagi masyarakat yg menggunkana BPJS.

    3. Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini? Sudah cukup baik,karna Seluruh institusi pasti memliki administrasi, jika  berjalan dengan baik atau tidak berbelit dalam administrasi maka seluruh tujuan institusi tsb akan tercapai dengan baik.

    4. Apakah administrasi sama dengan managemen?
    Administrasi tidak sama dengan managemen karena managemen salah satu unsur yang terdapat dalam administrasi.


    5. Bagaiman organisai yang sehat menurut saudara? Organisasi yang sehat yang tidak mementingkan dirisendiri yang memiliki tujuan ataupun capain berasama, yang mengahasilkan hasil yang postip bagi seluruh anggota dan orang lain.

    BalasHapus
  19. Sam Hariyanto
    NPM : 17410043P
    Hadir Pak

    1.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Menurut pendapat saya sebuah penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan dewasa ini sudah cukup baik, namun perlu adanya perhatian, pengawasan dan kerjasama yang baik antara pemberi pelayanan kesehatan, pemerintah dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola pelayanan kesehatan yang baik dan berkesinambungan.

    2.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang diwilayah tertentu, tentunya pelayanan kesehatan harus mematuhi dan menjalankan birokrasi yang diterapkan oleh pemerintah.
    Adapun penerapan birokrasi yang dilakukan pemerintah diantaranya adalah:
    a.Membuat peraturan yang harus ditaati para pejabat terkait disiplin
    b.Melakukan pembinaan kepada masyarakat
    c.menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya iklim pelayanan yang memadai
    d.menyusun dan menetapkan standar pelayanan

    3.Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Penerapan administrasi di berbagai institusi sudah lebih baik, karena setiap institusi mempunyai perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian yang sudah tersusun sesuai dengan tujuan yang diharapkan setiap institusi tersebut.

    4.Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Administrasi tentunya tidak sama dengan manajemen, karna pada dasarnya fungsi administrasi adalah konsep untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijakan umum, sedangkan manajemen lebih kepada yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan

    5.Bagaimana organisasi yang sehat menurut Saudara?
    Organisasi yang sehat adalah organisasi yang memiliki anggota didalamnya, dimana keanggotaan tersebut mempunyai struktur organisasi yang jelas dari atasan hingga bawahan. Sebuah organisasi yang sehat tentunya harus pula memiliki nama organisasi, lambang organisasi serta mempunyai lokasi yang jelas untuk anggota organisasi tersebut melakukan aktifitas rutin setiap harinya.

    BalasHapus
  20. Nama : Erita Meylani
    NPM : 17410039P

    1.Bagaimana Penerapan Birokrasi Di Tatanan Pelayanan Kesehatan Dewasa Ini ?
    Jawab :
    Jika dilihat dari pelayanan kesehatan kurang baik, karena para petugas masih banyak yang mengacu pada peraturan atasan sehingga tidak sedikit kebutuhan pasien tidak terpenuhi, apa lagi masih sering terjadi kesenjangan sosial di pelayanan kesehatan

    2.Bagaimana Penerapan Birokrasi Di Tatanan Pelayanan Kesehatan Yang Diselenggarakan Oleh Pemerintah ?
    Jawab :
    Birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pamerintah kurang maksimal contohnya dalam pelayanan BPJS, banyak sekali kendala yang dirasakan baik masyarakat maupun tenaga kesehatan itu sendiri, BPJS terlalu rumit dengan persyaratan yang ditetapkan pamerintah bahkan tidak sedikit pelayanan kesehatan berjalan lamban.

    3.Bagaimana Penerapan Administrasi Di Berbagai Institusi Dewasa Ini :
    Jawab :
    Jika dilihat dari beberapa institusi penerapan administrasi sudah berjalan cukup baik, contohnya dalam sebuah universitas. Dalam sebuah universitas sudah tertata dengan rapih bagian-bagian setiap individu untuk melakukan pekerjaannya sesuai bagiannya, ada bagian Tata Usaha dimana berfungsi sebagai pusat administrasi meliputi catat-mencatat, pembukuan ringan dan sebagainya yang bersipat teknis ketatausahaan.

    4.Apakah Administrasi Sama Dengan Manajemen ?
    Jawab :
    Jika dilihat dari pengertian kedua nya memiliki kesamaan, dimana administrasi memiliki arti kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang ( 2 orang atau lebih) untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan. Sedangkan manajemen memiliki arti sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja sebagai team. Namun jika ditinjau dari fungsinya Keduanya memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Karena administrasi tidak hanya berfungsi sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian. Tetapi administrasi berfungsi juga sebagai (reporting/pelaporan) berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan memberikan keterangan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi baik secara lisan maupun tertulis.

    5.Bagaimana Organisasi Yang Sehat Menurut Sodara ?
    Jawab :
    Menurut saya Organisasi yang sehat organisasi yang tidak menyimpang dengan tujuan awalnya, yang memiliki visi dan misi yang jelas, dan didalam organanisasi setiap anggota wajib menghargai pendapat setiap orang, organisasi yang sehat organisasi yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggotanya untuk berkembang dalam bentuk yang positif.

    BalasHapus
  21. Nama : ERIKA DWI PERMANA
    NPM : 17410038P
    HADIR

    TUGAS AKK (ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN)
    1. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Jawab:
    Unit pelayanan di Indonesia meliputi rumah sakit, sekolah, kantor koperasi, bank rakyat tingkat desa, kantor atau unit pelayanan lainnya yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Rumah sakit tergolong unit pelayanan kesehatan yang melayani masyarakat keseluruhan tanpa memandang hierarki. Namun pada kenyataannya saat ini unit pelayanan telah berubah konsep menjadi menganut paham birokrasi Weberian yang berarti bahwa kekuasaan ada pada setiap hirarki jabatan. Hal ini disinyalir menjadi masalah utama yang harus segera diatasi agar rakyat tidak menjadi imbas atas penyimpangan yang terjadi. Unit pelayanan yang seharusnya berperan dalam hal melayani berubah status menjadi dilayani. Seperti diketahui pada kenyataannya, rumah sakit minta rakyat kecil memahami saat rakyat kecil belum segera mendapat jaminan pelayanan ketika sekarat hampir menimpanya. Sedangkan kalangan atas tanpa diminta pun, rumah sakit akan segera memberikan fasilitas yang terbaik. Perkara ini yang kemudian menjadikan keresahan di kalangan bawah.
    Reformasi birokrasi pelayanan khususnya pelayanan kesehatan dalam upaya pemberdayaan aparatur negara dapat dilakukan dengan membenahi SDM dan sistem yang ada di dalamnya. Untuk menuju ke arah itu sistem birokrasi harus dibenahi. Menuntut adanya aparat yang mempunyai skill yang memadai, ramah, berpengetahuan luas, ditunjang alat yang canggih, dan tak lupa dengan etika serta jiwa pengasih yang harus yang dipegang erat-erat guna menjadikan birokrasi pelayanan professional sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat luas. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Reformasi birokrasi pelayanan bertujuan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga dapat memberikan kesejahteraan dan rasa keadilan pada masyarakat banyak.

    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    Jawab:
    Pemerintah menjamin tidak ada birokrasi yang rumit bagi masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan. Dalam hal ini pemerintah menyelenggarakan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang dikelola oleh BPJS kesehatan. BPJS kesehatan merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dibentuk pemerintah untuk memberikan Jaminan Kesehatan untuk Masyarakat. BPJS mengusung konsep gotong royong dalam sistem asuransi kesehatan ini, sehingga masyarakat yang sehat hendaknya mendaftarkan dirinya ke BPJS sebelum sakit guna membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan dana perawatan kesehatan dari BPJS.Namun bagi sebagian orang birokrasi untuk mendapatkan pelayanan melalui program JKN ini sangat sulit, di karenakan belum mengetahui alur yang harus dilalui.
    3.Bagaimana penerapan Administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Jawab:
    Penerapan Administrasi sangatlah penting sebagai dokumentasi bagi sebuah instansi dalam mencapai tujuan. Setiap Instansi mempunyai penerapan standar administrasi tersendiri yang mungkin bagi sebagian orang yang belum mengetahui sistem administrasinya akan terasa sangat rumit.
    4. Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Jawab:
    Administrasi dan manajemen sangatlah berbeda satu sama lain. administrasi diperuntukkan untuk menentukan tujuan inti atau menetapkan kebijakan, sedangkan manajemen untuk pelaksanaan kegiatan guna mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan.

    Pada sebuah organisasi atau perusahaan, administrasi dan manajemen memiliki level yang berbeda. Manajemen berada di level atas dengan posisi jajaran manajer. Level ini seringkali disebut sebagai level pengambil keputusan. Administrasi berada pada level operasional, dimana melaksanakan apa yang diperintahkan oleh para pengambil keputusan.
    5. Bagaimana organisasi yang sehat menurut saudara?
    Jawab:
    Menurut saya organisasi yang sehat adalah dapat tercapainya tujuan organisasi melalui administrasi dan manajemen yang baik.

    BalasHapus
  22. Susmalini
    NPM : 17410045 p
    Mata Kuliah : Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
    Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Menurut saya : Penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa berkembang kearah yang lebih baik, hal ini dengan adanya tuntutan akreditasi baik itu rumah sakit pemerintah maupun swasta, juga di puskesmas-puskesmas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan di tetapkan standar operasional prosedur dan di tetapkan standar pelayanan minimal untuk setiap pelayanan kesehatan baik di rumah sakit pemerintah maupun non pemerintah, sehingga pelayanan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dapat berfungsi dengan baik.
    Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang di selenggarakan oleh pemerintah?
    Menurut saya penerapan birokrasi yang di selenggarakan pemerintah di tatanan pelayanan kesehatan dewasa sudah cukup baik , dengan adanya aturan yang di tetapkan BPJS yang harus melalui fasilitas kesehatan pratama selanjutanya rumah sakit tipe C dan barulah ke rumah sakit tipe B dan selanjutnya rumah sakit tipe A. Hal ini di lakukan bertujuan agar pasien terdistribusi dengan baik, hanya saja pada prakteknya hendaknya masih perluh di perbaiki karena kebijakan ini banyak terjadi keluhan pada masyarakat karena pada rumah sakit tertentu yang mempunyai keterbatasan tenaga kesehatan khususnya dokter membuat daftar antrian yang panjang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tertentu. Di perluhkan kesabaran dan yang cukup untuk mengantri di tempat pelayanan kesehatan tersebut.

    Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Menurut saya penerapan administrasi dewasa ini semakin baik dengan adanya administrasi yang baik maka akan tercipta pelayanan kesehatan baik. Contoh diterapkan system komputerisasi, sehingga memudahkan kita untuk mencari data pasien, pegawai dan lain sebagainya.

    Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Administrasi adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang (2 orang atau lebih) untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
    Manajemen adalah sebuah proses yang di lakukan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara bekerjasama dalam team
    Menurut saya administrasi dan manajemen berbeda kalo manajemen cenderung pada proses kerja samanya. Sedangakan administrasi menitik beratkan pada kerjasama team tersebut.


    Bagaimana organisasi yang sehat menurut saudara?

    Menurut saya organisasi yang sehat adalah organisasi yang mempunyai tujuan yang jelas dan manajemen yang baik serta pegawai yang kompeten di bidangnya, serta di dukunga oleh sarana dan prasarana yang memadai.

    BalasHapus
  23. Nama : Danang Virgiawan Pratama
    NPM : 17410034P

    1. Birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan sudah cukup baik dikarenakan masyarakat bawah sudah bisa menikmati kesehatan meskipun pelayanan yang diberikan berbeda antara masyarakat kelas bawah dan atas sehingga masih perlu adanya pengawasan dari pemerintah.
    2. Penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan pemerintah cukup mudah contohnya adalah puskesmas karena setiap puskesmas memiliki tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan baik dari segi lingkungan maupun prilaku masyarakat dan pemerintah biasanya melakukan kerjasama dengan rumah sakit daerah dalam menyelenggarakan sebuah program seperti donor darah dan pengobatan katarak gratis.
    3. Penerapan administrasi dalam berbagai institusi sudah baik seperti adanya pendataan usia dalam anggota keluarga pada suatu tempat yang dalam hal ini desa. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh pejabat desa untuk mengetahui berapa jumlah balita dan lansia yang ada pada suatu tempat. Sehingga program posyandu dan poswindu tepat sasaran.
    4. Administrasi berbeda dengan manajemen, karena luang lingkup admisnistrasi lebih luas dari pada manajemen yaitu administrasi berarti proses mengelola keseluruhan organisasi secara efektif.
    5. Organisasi yang sehat adalah organisasi yang memiliki struktur dan saling terbuka antara anggota organisasi untuk kemajuan yang lebih baik bagi masyarakat melalui organisasi tersebut.

    BalasHapus
  24. NAMA : DWI SUPRAPTI
    NPM : 17410037P
    HADIR
    TUGAS ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN
    1. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Unit pelayanan kesehatan saat ini masih belum optimal , pelayanan kesehatan yang seharusnya melayani masyarakat keseluruhan tanpa memandang hierarki. Namun pada kenyataannya saat ini unit pelayanan telah berubah konsep menjadi menganut paham birokrasi Weberian yang berarti bahwa kekuasaan ada pada setiap hirarki jabatan. Hal ini disinyalir menjadi masalah utama yang harus segera diatasi agar rakyat tidak menjadi imbas atas penyimpangan yang terjadi. Unit pelayanan yang seharusnya berperan dalam hal melayani berubah status menjadi dilayani. Seperti diketahui pada kenyataannya, rumah sakit minta rakyat kecil memahami saat rakyat kecil belum segera mendapat jaminan pelayanan ketika sekarat hampir menimpanya. Sedangkan kalangan atas tanpa diminta pun, rumah sakit akan segera memberikan fasilitas yang terbaik. Perkara ini yang kemudian menjadikan keresahan di kalangan bawah.
    2. Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yand diselenggaran pemerintah?

    Penyelenggaraan birokrasi pelayanan kesehatan berdasarkan undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan bahwa pelayanan kesehatan terdiri atas pelayanan kesehatan perseorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan sebagaimana dimaksud meliputi kegiatan dengan pendekatan promotif
    , preventif, kuratif dan rehabilitatif.

    3. Bagaimana penerapan administrasi di berbagai instansi dewasa ini?
    Penerapan administrasi diberbagai instansi dewasa ini belum optimal namun cendrung lebih cepat, dikarenakan masalah internal organisasi yang tak kunjung mengalami perubahan, prilaku pelayanan yang buruk telah mendarah daging, ego sektoral baik internal maupun antar instansi dalam satu lingkaran pemerintah daerah, menambah kompleks pelayanan menuju prima.
    Faktor ego sektoral tercermin pada banyaknya kebijakan-kebijakan yang lahir guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya, sehingga banyak terbitan aturan yang satu sama lain tumpang tindih dan tidak selaras, setiap sektor baik tingkat pusat maupun daerah.

    4. Apakah administrasi sama dengan managemen?
    Admistrasi tidak sama dengan managemen .
    Garis batas antara administrasi dan manajemen sangat tipis dan tidak jelas. Mereka kelihatannya serupa, tetapi sangat berbeda satu sama lain. Administrasi berarti proses mengelola keseluruhan organisasi secara efektif. Manajemen adalah tindakan menyelesaikan pekerjaan melalui yang lainnya. Kita sering kali mudah bingung antara keduanya. Namun, titik perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa manajemen dapat dipertanggungjawabkan terhadap administrasi.

    5. Bagaiman organisai yang sehat menurut saudara ?
    Organisasi yang sehat adalah organisasi yang memiliki cirri-ciri sebagai berikut :
    1. Organisasi harus memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya; para anggotanya memiliki KTA (kartu tanda anggota).
    2. Organisasi harus memiliki pula identitas yang jelas tentang keberadaannya dalam masyarakat; Artinya, jelas di mana alamat kantornya. Ada pula nama, lambang, dan tujuan organisasi yang termuat dalam AD (anggaran dasar) dan ART (anggaran rumah tangga.
    3. Organisasi harus memiliki pemimpin serta susunan manajemen yang juga jelas pembagian tugasnya;
    4. Dalam setiap aktivitas organisasi harus mengacu pada manajemen yang sehat; Misalnya, ada tiga tahapan dalam menjalankan roda organisasi, yaitu planning (perencanaan), action (pelaksanaan), dan evaluation (penilaian)
    5. Organisasi harus mendapat tempat di hati masyarakat sekitarnya; Artinya, organisasi itu dirasakan benar manfaatnya bagi masyarakat. Maka, kegiatan organisasi dituntut untuk mengakar kepada kebutuhan anggota khususnya, bahkan untuk masyarakat di sekelilingnya.

    BalasHapus
  25. Indah rinfilia. NPM : 17410041p. Hadir. Tugas. 1)Pelayanan kesehatan saat ini penerapannya belum efektifprosedur dan aturan -aturan pelayanan seringkali menyulitkan dan tidak efisien. 2)penerapan birokrasi dirayakan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan pemerintah juga belum efektif.pelayanan terkadang kurang maksimal,lamban dan menyulitkan. 3)penerapan administrasi sudah membaik meskipun masih ditemukan penyimpangan. 4)tidak sama,management adalah membuat aturan,kebijakan dan mengatur SDM untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 5)Organisasi yang sehat adalah organisasi yang memiliki anggota yang jelas identitas serta kuantitasnya,serta organisasi tersebut jelas keberadaannya dalam masyarakat,memiliki management dan administrasi yang jelas serta terjalinnya hubungan yang harmonis antara sesama anggota.

    BalasHapus
  26. Nama : yuli yandara
    Npm : 17410047p
    Mata Kuliah : Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

    1.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Jawab :
    Menurut saya, Penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa berkembang kearah yang lebih baik, hal ini dengan adanya tuntutan akreditasi baik itu rumah sakit pemerintah maupun swasta, juga di puskesmas-puskesmas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan di tetapkan standar operasional prosedur dan di tetapkan standar pelayanan minimal untuk setiap pelayanan kesehatan baik di rumah sakit pemerintah maupun non pemerintah, sehingga pelayanan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dapat berfungsi dengan baik.

    2.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    Jawab :
    Menurut saya, Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang diwilayah tertentu, tentunya pelayanan kesehatan harus mematuhi dan menjalankan birokrasi yang diterapkan oleh pemerintah.
    Adapun penerapan birokrasi yang dilakukan pemerintah diantaranya adalah:
    a.Membuat peraturan yang harus ditaati para pejabat terkait disiplin
    b.Melakukan pembinaan kepada masyarakat
    c.menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya iklim pelayanan yang memadai
    d.menyusun dan menetapkan standar pelayanan

    3.bagaimana penerapan administrasi diberbagai institusi dewasa ini ?
    Jawab :
    Menurut saya, penerapan administrasi yang baik adalah kunci utama untuk mencapai tujuan suatu lembaga pemerintah, jika suatu lembaga pemerintah memiliki birokrasi yang baik maka sudah tentu lembaga pemerintah tersebut dapat dikatakan sukses dalam mengatur rumah tangganya.

    4.apakah administrasi sama dengan manajemen ?
    Jawab :
    Menurut saya, perbedaan antara administrasi dan manajemen sangat tipis dan tidak jelas, mereka kelihatan serupa tetapi sangat berbeda satu sama lain. Administrasi adalah proses menvelola suatu organisasi oleh sekelompok orang, kewenangannya level atas, wilayah operasinya memiliki control penuh atas aktivitas organisasi serta menentukan siapa yang melakukan pekerjaan ?bagaimana pekerjaan tersebut diselesaikan ? Sedangkan manajemen adalah cara yang teratur dari mengelola orang dan berbagai hal dari suatu bisnis organisasi, kewenangannya level menengah dan bawah. Wilayah operasinya bekerja di bawah administrasi serta menentukan apa yang harus di selesaikan ? Dan kapan pekerjaan tersebut terselesaikan ?.

    5.Bagaimana organisasi yang sehat menurut saudara ?
    Jawab :
    Menurut saya, organisasi yang sehay itu adalah organisasi yang budaya, iklim dan praktek-praktek kerjanya mampu menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan keselamatan karyawan dan juga efektivitas organisasi. dengan organisasi yang sehat, karyawan merasa dibargai. Terwujudnya organisasi yang sehat akan meningkatkan kepuasan kerja. Menurunnya tingkat absensi dan keluar masuk karyawan, meningkatkan kinerja pekerja dan juga meningkatkan kesehatan fisik, mental, spiritual,dan kesejahteraan karyawan. Pada gilirannya hal ini akan berdampak positif bagi kinerja keuangan perusahaan dalam jangka panjang.

    BalasHapus
  27. Nama : elva nuryanti
    Npm :17410048p
    Hadir
    Jawaban no 1
    1.bagaimana penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan dewasa ini
    1.penerapan birokrasiditatanan pelayanan
    kesehatan ada 2 cara pelaksanaan , yakni efisiensi
    operasional dan efisiensi alokatif Suatu
    program dimaknai sebagai efisien secara operasional apabila penye-
    lenggaraan aktivitas program pelayanan dapat meningkatkan akun-
    tabilitas pemerintah lokal, rentang dan tingkatan birokrasi y*g lebih
    ringkas, dan pemanfaatan sumberdaya secara rasional sesuai dengan
    kondisi lokal sehingga dapat memenuhi kriteria efektif, dengan mem-
    bandingkan sumeberdaya yang ada dengan manfaat pelayan€ut kese-
    hatan. Efisien secara alokatif terjadi ketika pelayanan kesehatan yffig
    tersedia sesuai dengan preferensi atau kebutuhan lokal masyarakat.

    2.Jawaban no 2
    untuk berubah sikap dan perilaku agar dapat melayani masyarakat dengan baik. Perubahan -perubahan sosial yang terjadi baik yang berlangsung cepat (revolusi) maupun yang berlangsung dengan lambat (evolusi) menuntut pada organisasi birokrasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan tersebut, sebab perubahan selalu mengandung unsur perbedaan.
    3.jawaban no 3
    1. Pengembangan struktur organisasi untuk melaksanakan program kepegawaian termasuk didalamnya tugas dan tanggung jawab dari setiap pegawai yang ditentukan dengan jelas dan tegas.
    2. Penggolongan jabatan yang sistematis dan perencanaan gaji yang adil dengan mempertimbangkan adanya saingan yang berat dari sektor swasta.

    3. Penarikan tenaga kerja yang baik

    4.apakah administrasi sama dengan manajemen
    Jawab:
    dalam penerapan adminstrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan
    2. adminmistrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi
    3. administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen sebagai salah satu unsurt dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifar operasional melainkan mengatur tindakan -tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya

    5.bgmna organisasi yg sehat
    Jawab
    1.Organisasi harus memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya
    2.Organisasi harus memiliki pula identitas yang jelas tentang keberadaannya dalam masyarakat; Artinya, jelas di mana alamat kantornya.
    3.Organisasi harus memiliki pemimpin serta susunan manajemen yang juga jelas pembagian tugasnya; Masing-masing bagian, divisi, maupun seksi juga aktif memainkan perannya.
    .4.Organisasi harus mendapat tempat di hati masyarakat sekitarnya; Artinya, organisasi itu dirasakan benar manfaatnya bagi masyarakat.

    BalasHapus
  28. Nama : intan kurnia putri
    NPM : 17410042P
    Hadir

    1.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan dewasa ini?
    Menurut saya sebuah penerapan birokrasi ditatanan pelayanan kesehatan dewasa ini sudah cukup baik, namun perlu adanya perhatian, kerjasama yang baik antara pemberi pelayanan kesehatan, pemerintah dan masyarakat. Agar adanya tercipta tata kelola pelayanan kesehatan yang baik dan berkesinambungan.

    2.Bagaimana penerapan birokrasi di tatanan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah?
    Adapun penerapan birokrasi yang dilakukan pemerintah diantaranya adalah:
    a.Membuat peraturan yang harus ditaati para pejabat terkait disiplin
    b.Melakukan pembinaan kepada masyarakat
    c.menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya iklim pelayanan yang memadai
    d.menyusun dan menetapkan standar pelayanan

    3.Bagaimana penerapan administrasi di berbagai institusi dewasa ini?
    Penerapan administrasi di berbagai institusi sudah lebih baik, karena setiap institusi mempunyai perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian yang sudah tersusun sesuai dengan tujuan yang diharapkan setiap institusi tersebut.

    4.Apakah administrasi sama dengan manajemen?
    Administrasi tentunya tidak sama dengan manajemen, karna pada dasarnya fungsi administrasi adalah konsep untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijakan umum, sedangkan manajemen lebih kepada yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan

    5.Bagaimana organisasi yang sehat menurut Saudara?
    Organisasi yang sehat menurut saya organisasi yang memiliki anggota didalamnya, sperti struktur organisasi yang jelas dari atasan hingga bawahan.

    BalasHapus
  29. Hanivah tri H
    NPM: 17410050p
    Hadir

    BalasHapus
  30. Hanivah tri H
    NPM: 17410050p
    Hadir

    BalasHapus