16 Oktober 2013

PERILAKU ORNANISASI DAN KEPEMIMPINAN



MATERI PERTEMUAN 6 :PERILAKU ORNANISASI DAN KEPEMIMPINAN

Perilaku Organisasi:
o      Studi perilaku manusia dalam sebuah organisasi, dengan menggunakan ilmu pengetahuan tentang bagaimana manusia bertindak dalam organisasi.

o    Suatu teori yang memandang organisasi dari segi perilaku anggota organisasi, Perilaku itu pada mulanya berorientasi pada sendiri, akan tetapi karena pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri, selalu hidup dalam kelompok, perilaku mereka berkembang menjadi perilaku organisasi the behaviour theory of organization) teori ini berpendapat bahwa baik atau tidaknya, berhasil tidaknya organisasi mencapai sasaran yang telah ditetapkan berasal dari para anggotanya.

o   Masalah utama. yang dihadapi organisasi adalah bagaimana mengarahkan para anggota untuk berfikir, bersikap, bertingkah laku atau berperilaku sebagai manusia organisasi yang baik,

o   Tingkah laku, yang sedikitnya terbagi kedalam tiga jenis perilaku yaitu:perilaku formal; prilaku informal dan perilaku non formal.

Kepemimpinan
Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam sebuah organisasi. Pemimpin diprluknuntuk menentukan tujuan, mengalokasikan sumberdaya yangblangka memfokuskan perhatian pada tujuan-tujuan perusahaan, mengkoordinasikanperubahan, membina kontak antar pribadi dengan pengikutnya, menetapkan arahyang benar atau yang paling baik bila kegagalan terjadi. Semata-mata merupakankenyataan hiduplah bahwa kelompok-kelompok dengan pemimpin dapatmelakukan hal-hal tersebut secara lebih efisien dan lebih benar daripada kelompoktanpa pemimpi.

Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

Hari ini e-learning sampai di sini, jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan baik, dan tugas untuk pertmuan terakhir  (pertemuan yang akan datang) Saudara diminta untuk membuat makalah yang isinya sesuai dengan silabus. Terima kasih. Sukses selalu.

57 komentar:

  1. Pemimpin yang keatas dia bijaksana kebawah dia adil pak menurut saya pemimpin yang mengerti akan keinginan bawahaanya lebih ke mencontohkan dahulu apa yang dia inginkan baru bawahan akan mengikuti lebih mengerti bawahannya dan tidak bersifat otoriter dan sukanya memerintah,lebih ke sejajaran posisi tidak selalu merasa dia saja yang harus didengarkan lebih ke pada musyawarah dalam setiap keputusan. kira-kira sekarang yang seperti pak Jokowi gubernur Jakarta.

    BalasHapus
  2. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    menurut saya pemimipin yang baik yang mempunyai kriteria sbb :

    1.Visioner
    Pemimpin yang baik memiliki visi. Pemimpin yang baik tahu di mana tujuan mereka dan mereka memimpin orang-orang menuju visi yang sama yang mereka miliki untuk kehidupan mereka, komunitas, atau bahkan suatu bangsa. Mereka tidak hanya melihat hal-hal apa, tetapi pada apa hal-hal bisa dilakukan.

    2. Bergairah
    Pemimpin yang baik bukan orang pasif. Mereka biasanya sangat bergairah dalam apa pun yang mereka lakukan. Apakah itu olahraga atau bisnis, pemimpin sangat terfokus dan beberapa dari mereka bahkan dikonsumsi oleh gairah mereka.

    3. Bijaksana
    Pemimpin yang baik adalah bijak dan cerdas. Menjadi seorang pemimpin sering berarti bahwa mereka dibutuhkan untuk membuat keputusan penting pada berbagai titik dalam pelayanan mereka. Memiliki kebijaksanaan untuk membuat keputusan yang tepat sangat penting dalam memastikan keberhasilan organisasi.

    4. Perhatian
    Mereka memiliki Perhatian bagi pengikut mereka. Sementara mereka memahami mereka memiliki tujuan untuk mengejar, mereka terus-menerus melihat ke belakang dan merawat orang-orang yang mengikuti mereka. Mereka bukan orang-orang egois yang hanya memikirkan kebutuhan mereka sendiri dan kemewahan, mereka juga memiliki hati untuk orang-orang di bawah mereka juga.

    5. Karismatik
    Pemimpin yang baik adalah karismatik, mereka adalah orang-orang yang menarik dan mereka menarik orang kepada mereka oleh kepribadian mereka yang bersinar. Entah itu cara mereka berbicara, atau keunggulan mereka melayani kebutuhan dari orang-orang, para pemimpin memiliki X-faktor yang orang merasa tertarik kepadanya.

    6. Berkomunikasi dengan baik
    Mereka sangat pandai orasi dan berbicara. Mereka sangat berpengalaman dalam berbicara di depan umum dan mereka dapat mempengaruhi dan menginspirasi orang dengan hal-hal yang mereka katakan. Dengan kemampuan ini, tidak mengejutkan bahwa mereka biasanya dapat mengumpulkan pengikut yang baik.

    7. Gigih
    Mereka terus-menerus dalam mencapai tujuan mereka. Mereka memahami bahwa mencapai tujuan dapat dipelajari dari berbagai kegagalan. Meskipun begitu, mereka melihat bahwa manfaat mencapai tujuan lebih besar daripada kemunduran yang mereka alami. Hal ini membuat mereka orang sangat gigih.

    8. Integritas
    Pemimpin yang baik memiliki integritas. Mereka berarti apa yang mereka katakan, dan mereka mengatakan apa yang mereka maksud. Mereka adalah orang-orang yang menepati janji dan mereka tidak memainkan permainan dua berwajah politik yang banyak orang lain lakukan. Dengan demikian, orang-orang menganggap mereka dapat dipercaya dan mereka memberikan komitmen mereka untuk para pemimpin sebagai hasilnya.

    9. Berani
    Mereka berani. Winston Churchill mengatakan bahwa keberanian adalah keutamaan di mana semua sisa kebajikan orang lain . Selain hanya memiliki mimpi pipa, pemimpin yang baik cukup berani untuk mengejar setelah itu. Ketakutan yang nyata, tetapi seorang pemimpin yang berani mengejar mereka meskipun ketakutan.

    10. Berdisiplin
    Pemimpin yang baik sangat disiplin dalam mengejar tujuan mereka. Sementara kebanyakan orang akan mudah terganggu atau putus asa, pemimpin yang baik mendisiplinkan diri mereka untuk tetap fokus dan tetap stabil meskipun keadaan.

    BalasHapus
  3. Nanik Listiawati FKM

    Pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah Seorang pemimpin yang disamping memiliki kapabilitas, karakter dan integritas, juga memiliki ketulusan hati untuk memperhatikan rakyatnya. Seseorang yang mampu membuat rakyat merasa nyaman walaupun dalam keadaan sulit sekalipun. Ia mampu membangkitkan semangat warganya untuk bersama-sama bekerja keras sebagai wujud komitmen kebangsaannya. Untuk itu ia harus mampu menjadi panutan, pemimpin yang leading by examples menjadi sumber inspirasi dan menjadi seorang pemimpin yang mampu menciptakan resonansi pada orang yang dipimpinnya.

    BalasHapus
  4. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    menurut saya...
    1. Kembangkan setiap karyawan. Setiap Leader yang baik selalu mengembangkan karyawannya. Dengan SDM yang kuat, tujuan yang ingin dicapai perusahaan pun akan lebih mudah dicapai. sebab itulah pemimpin yang hebat selalu mengembangkan anak buahnya.

    2.Sikap positif dan menginspirasi. Leader itu harus selalu punya sikap positif. Ini penting agar tim anda tetap termotivasi. Menciptakan suasana yang positif juga sangat baik untuk meningkatkan produktivitas tim anda.

    3.Mampu mendelegasi. Delegasi tugas amat penting bagi seorang pemimpin. Pemimpin harus bisa mendelegasikan tugasnya pada orang yang tepat. Agar pemimpin bisa belajar untuk mempercayai timnya. Selain itu agar pemimpin bisa fokus mengerjakan tugas yang lebih penting.

    4.Komunikasi. Kemampuan komunikasi amat penting bagi Leader atau seorang pemimpin. Sehingga pesan yang disampaikan bisa jelas. Kemampuan berkomunikasi yang jelas ini juga penting agar pemimpin bisa menyelarasakan semua anggota timnya menuju tujuan yang diinginkan.

    5.Cepat menangani masalah. Ketika muncul masalah, segera seorang pemimpin mencari jalan pemecahannya. Agar masalah itu cepat tertangani dan mendapat solusinya. Sehingga masalah yang muncul tak sampai berlarut-larut.

    6.Humoris. Seorang pemimpin(Leader) yang hebat itu biasanya juga dilengkapi dengan sense of humor yang baik. Mereka bisa membuat timnya tetap tertawa sekalipun mungkin sedang dilanda masalah. Ini penting agar masalah yang timbul tidak menjadi beban, namun tetap bisa diselesaikan dengan hati senang.

    7.Percaya diri. Seorang pemimpinyang baik itu punya rasa percaya diri yang baik. Di saat-saat genting sekalipun, seorang pemimpin bisa mengangkat moral timnya sehingga masalah yang muncul bisa diatasi dengan baik.

    BalasHapus
  5. EFRIDAYATI NPM 13410034P

    Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    Yakni seorang pemimpin yang beragama, amanah, jujur, itegritas tinggi, berani, disiplin, pandai, mempunyai visi dan misi, bijaksana, adil dalam segala hal, tegas dalam mengambil keputusan guna kebaikan semua pihak tampa melihat perbedaan kepercayaan/agama, golongan, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  6. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    menurut saya yaitu pemimpin yang memiliki mind set dan perilaku untuk membantu karyawan mencapai kinerja dan prestasi maksimal dengan cara-cara persuasif. Pimpinan hanya boleh menggunakan kekuasaannya dalam hal membuat keputusan dan mengarahkan karyawan ke visi, misi, dan tujuan organisasi. Tapi dalam hubungan kerja sehari-hari, pimpinan haruslah berperan sebagai orang tua yang membimbing setiap karyawan melalui sikap baik dan kasih sayang

    BalasHapus
  7. 1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    A. Keinginan untuk menerima tanggung jawab
    B. Mencapai tujuan yang realistis
    C. Bekerja keras dan bekerja cerdas
    D. Bersikap obyektif
    E. Dapat menentukan skala prioritas
    F. Kemampuan untuk komunikasi
    G. Berorientasi ke masa depan
    H. Mampu membimbing
    I. Berlaku secara bijak dengan kekuasaan

    BalasHapus
  8. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    Seorang pemimpin selalu bekerja dengan visi yang kuat, menciptakan gairah kerja, yang mendukung dan membantu orang-orang tumbuh dan berkembang, dan menjadi lebih baik dari apa yang mereka lakukan. Pemimpin yang sukses selalu cerdas menginspirasi dan memotivasi orang, mendorong harapan, kreativitas, kepercayaan diri, ambisi dan kasih sayang.

    Memimpin (leadership) ada­­lah inti pokok manajemen. Ma­najemen akan menjadi baik dan berdayaguna tinggi bila ke­pemimpinannya dapat beker­ja efek­tif dan efesien. Pekerjaan me­mimpin pada dasarnya meng­­gerakkan manajemen satu orga­nisasi untuk mencapai tu­juan bersama. Pakar mana­jemen sering menyatakan bah­wa hakikatnya kepe­mimpinan itu adalah kemampuan mem­ba­ngun hubungan yang baik antar­ele­men kepemimpinan (human re­lation). Hubungan harmonis an­tarelemen pimpinan, pemim­pin dengan bawahan, dan semua hu­bungan kerja (stakeholder) ada­lah rukun (tiang utama) un­tuk berhasilnya salah satu order ke­pemimpinan.

    BalasHapus
  9. menurut saya, pemimpin yang memiliki jiwa yang jujur dan tidak membeda-bedakan antar karyawan, pemimpin yang mampu mengerti dan memahami karakter semua karyawan atau bawahannya, yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Pemimpin yang luwes tegas dan sigap dalam menganggapi masalah yang terjadi, Serta pemimpin yang selalu menjadi motivator terhadap bawahannya.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. 1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    yaitu pemimpin yang tegas bijaksana dan cerdas serta pemimpin yang rendah hati,dikarnakan jika pemimpin sudah memiliki semua itu maka sesuatu yang dipimpinya akan berhasil dan maju dikarnakan pemimpin tersebut dapat memimpin dengan tegas dan dia tidak akan bimbang dalam mengambil keputusan serta pemimpin pula harus cerdas dalam memimpin dan mengambil keputusan agar dalam kepemimpinanya tidak salah, serta pemimpin juga harus memiliki sifat rendah hati,dikarnakan jika pemimpin tidak rendah hati maka sesuatu yang dipimpinya akan kurang berhasil mencapai tujuan.

    BalasHapus
  12. 1. Keinginan untuk menerima tanggung jawab
    Seorang pemimpin harus menerima tanggung jawab. Oleh sebab itu, seorang pemimpin harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang dipunyai dan mengetahui setiap resiko dari setiap pekerjaan. Belajarlah menjadi pemimpin dengan tidak mengulang kesalahan yang sama, dan mulai sekarang belajar menerima tanggung jawab.
    2. Mencapai tujuan yang realistis
    Seorang pemimpin dalam menetapkan tujuan harus wajar dan dapat dilaksanakan. Pengertian wajar dan dapat dilaksanakan adalah keinginan tersebut masih dalam kemampuan untuk dilaksanakan. Kita harus membuat tujuan yang realistis, dapat dicapai dan terus ditingkatkan. Mulailah belajar memimpin dengn membuat tujuan yang realistis sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.
    3. Bekerja keras dan bekerja cerdas
    Seorang pemimpin harus bekerja keras dan rajin. Pemimpin pasti menjadi contoh, apabila dia malas, sering terlambat, maka anak buahnya akan mengikuti. Bagi pemimpin, bekerja keras tidak cukup. Seorang pemimpin juga harus bekerja dengan cerdas, yaitu bekerja dengan strategi dan otak, bukan dengan otot saja.
    4. Bersikap obyektif
    Seorang pemimpin harus bersikap obyektif yaitu mengambil keputusan berdasarkan fakta, dan data serta rasioanl, dan bukan emosional serta bias. Seorang pemimpin tidak boleh gampang marah dan pilih kasih, memihak salah satu dan lain-lain. Pemimpin harus mengayomi seluruh anak buahnya, dan harus menempatkan setiap anak buahnya dalam kedudukan yang sama. Pemimpin harus mempunyai alat ukur yang sama untuk menentukan keberhasilan dan kegagalan setiap anak buahnya dan tidak menggunakan standar ganda.
    5. Dapat menentukan skala prioritas
    Kita mengetahui bahwa apa yang kita miliki sangat terbatas, dan keinginan kita tidak terbatas. Oleh sebab itu kita harus menentukan prioritas. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak semua keinginan dapat dilaksanakan. Yang terpenting dari seorang pemimpin adalah dapat membuat keputusan yang dapat diterima semua pihak. Bagaimana membuat skala prioritas, yaitu yang terpenting bagi organisasi dalam jangka panjang.
    6. Kemampuan untuk komunikasi
    Seorang pemimpin mencapai tujuan melaui orang lain. Oleh sebab itu, setiap pemberian informasi, perintah atau permintaan harus dapat dimengerti dengan baik oleh orang lain. Seorang pemimpin harus dapat menyampaikan gagasannya kepada orang lain dengan jelas baik lewat tulisan, ucapan atau perbuatan.. Mulailah menjadi pemimpin dengan belajar berkomunikasi dengan orang lain. Jangan takut berbicara, tetapi berbicaralah dengan baik dan benar, sehingga orang suka kepada Anda.
    7. Berorientasi ke masa depan
    Seorang pemimpin tidak boleh hanya berorientasi jangka pendek. Seorang pemimpin harus berpikir jangka panjang, berpikir bagaimana kondisi untuk 5 – 10 tahun mendatang. Seorang pemimpin dengan menggunakan data dan fakta dapat memprediksi keadaan masa mendatang, dan untuk menang, seorang pemimpin mempersiapkan dari sekarang.
    8. Mampu membimbing
    Seorang pemimpin harus mempunyai sifat untuk membimbing dan mengarahkan anak buah. Ketrampilan ini sangat dibutuhkan karena kemampuan anak buah dan masalah yang dihadapi berbeda-beda. Kemampuan membimbing dan mengarahkan perlu dikembangkan dan ditingkatkan sehingga setiap anak buah mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai. Seorang pemimpin juga harus mampu memberikan motivasi kepada anak buahnya sehingga anak buahnya ingin bekerja keras setiap hari.
    9. Berlaku secara bijak dengan kekuasaan
    Banyak pemimpin besar yang akhirnya jatuh karena tidak bijak menggunakan kekuasaan. Kekuasaan yang besar cenderung sewenang-wenang dan korup. Inilah awal keruntuhan dari kepemimpinan. Apabila kita ingin menjadi orang sukses, sudah sepantasnya kita mengendalikan nafsu untuk tidak sewenang-wenang dan korup. Mulailah belajar dengan bijak terhadap kekuasaan pada diri sendiri dan organisasi.

    BalasHapus
  13. 1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    - Membuat orang lain nyaman untuk terus terang
    Kita sering melihat pemimpin yang terasa “seram” karena titel dan kekuasaan mereka. Nah, pemimpin yang sukses mampu mengalihkan perhatian terhadap diri mereka, dan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat.
    - Mengambil keputusan
    Pemimpin sukses adalah pengambil keputusan yang ahli. Mereka bisa melakukannya dengan memfasilitasi dialog, agar para kolega dapat meraih kesimpulan strategis, atau mereka bisa melakukannya sendiri.
    - Menantang orang untuk berpikir
    Pemimpin sukses memahami kemampuan serta kelemahan kolega mereka. Mereka menantang kolega untuk berpikir, dan membantu mereka untuk lebih mengembangkan kemampuan.
    - Dapat diandalkan
    Pemimpin sukses membiarkan dirinya diatur oleh kolega. Perhatikan: diatur, bukan dikendalikan.
    - Memberi contoh
    Memberi contoh terdengar gampang, tapi kenyataannya banyak pemimpin yang gagal di hal yang satu ini. Nah, pemimpin sukses memberi dan melaksanakan contoh yang mereka berikan.
    - Senantiasa memberi masukan
    Pemimpin sukses selalu memberi masukan kepada bawahan dan juga mau menerima masukan.
    - Bertanya dan mencari nasihat
    Pemimpin sukses melemparkan pertanyaan dan mencari nasihat setiap waktu. Dari luar, mereka sepertinya tahu segalanya.
    - Mengatasi masalah, tanpa menunda
    Pemimpin sukses segera mengatasi masalah langsung ke akarnya. Mereka tidak menunda-nunda masalah. Kalau ada masalah, mereka juga tidak kabur. Mereka tahu bahwa orang bisa maju bila melakukan hal yang orang lain tidak suka.
    - Memperkokoh hubungan
    Pemimpin yang sukses tidak berfokus mempertahankan “kerajaannya” — justru sebaliknya, mereka mengembangkan wilayah dengan memperkokoh hubungan yang saling menguntungkan.
    - Menikmati tanggung jawab
    Pemimpin sukses memang menyukai jadi pemimpin. Bukan karena kekuasaan yang didapat, tapi karena dampak bermanfaat yang bisa mereka ciptakan.

    BalasHapus
  14. 1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    1.Pemimpin memiliki visi
    Pemimpin yang baik memiliki visi. Pemimpin yang baik tahu di mana tujuan mereka dan mereka memimpin orang-orang menuju visi yang sama yang mereka miliki untuk kehidupan mereka, komunitas, atau bahkan suatu bangsa. Mereka tidak hanya melihat hal-hal apa, tetapi pada apa hal-hal bisa dilakukan.

    2. Bijaksana
    Pemimpin yang baik adalah bijak dan cerdas. Menjadi seorang pemimpin sering berarti bahwa mereka dibutuhkan untuk membuat keputusan penting pada berbagai titik dalam pelayanan mereka. Memiliki kebijaksanaan untuk membuat keputusan yang tepat sangat penting dalam memastikan keberhasilan organisasi.

    3. Perhatian
    Mereka memiliki Perhatian bagi pengikut mereka. Sementara mereka memahami mereka memiliki tujuan untuk mengejar, mereka terus-menerus melihat ke belakang dan merawat orang-orang yang mengikuti mereka. Mereka bukan orang-orang egois yang hanya memikirkan kebutuhan mereka sendiri dan kemewahan, mereka juga memiliki hati untuk orang-orang di bawah mereka juga.

    4. Karismatik
    Pemimpin yang baik adalah karismatik, mereka adalah orang-orang yang menarik dan mereka menarik orang kepada mereka oleh kepribadian mereka yang bersinar. Entah itu cara mereka berbicara, atau keunggulan mereka melayani kebutuhan dari orang-orang, para pemimpin memiliki X-faktor yang orang merasa tertarik kepadanya.

    5. Berkomunikasi dengan baik
    Mereka sangat pandai orasi dan berbicara. Mereka sangat berpengalaman dalam berbicara di depan umum dan mereka dapat mempengaruhi dan menginspirasi orang dengan hal-hal yang mereka katakan. Dengan kemampuan ini, tidak mengejutkan bahwa mereka biasanya dapat mengumpulkan pengikut yang baik.

    6. Gigih
    Mereka terus-menerus dalam mencapai tujuan mereka. Mereka memahami bahwa mencapai tujuan dapat dipelajari dari berbagai kegagalan. Meskipun begitu, mereka melihat bahwa manfaat mencapai tujuan lebih besar daripada kemunduran yang mereka alami. Hal ini membuat mereka orang sangat gigih.

    7. Berani
    Mereka berani. Winston Churchill mengatakan bahwa keberanian adalah keutamaan di mana semua sisa kebajikan orang lain . Selain hanya memiliki mimpi pipa, pemimpin yang baik cukup berani untuk mengejar setelah itu. Ketakutan yang nyata, tetapi seorang pemimpin yang berani mengejar mereka meskipun ketakutan.

    8. Berdisiplin
    Pemimpin yang baik sangat disiplin dalam mengejar tujuan mereka. Sementara kebanyakan orang akan mudah terganggu atau putus asa, pemimpin yang baik mendisiplinkan diri mereka untuk tetap fokus dan tetap stabil meskipun keadaan.

    BalasHapus
  15. ARI WINARTO

    1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    Pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah pemimpin yang memiliki kemampuan dalam berinteraksi atau berkomunikasi yang baik serta mau menerima kritik dan saran yang positif serta membangun, memiliki visi dan misi yang tidak hanya dimengerti oleh dirinya tetapi juga dimengerti oleh seluruh anggota yang dipimpinnya, pemimpin yang terbuka, jujur dan adil.

    BalasHapus
  16. Pemimpin yg dpt diterima semua pihak adlh pemimpin yg bijaksana, adil, cerdas, punya sikap positif, disiplin, mampu memberi teladan bagi bawahannya, arif, tidak otoriter, tidak egois dan berani gigih serta karismatik

    BalasHapus
  17. Pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak, yaitu:
    1.Pemimpin yang bijak adalah orang yang merasa tidak pernah segan dalam memberikan apresiasi, pujian atau sanjungan terhadap orang lain, baik bawahannya, relasi mitranya ataupun lawannya sekaligus. Jiwa sportivitas dan objektivitas menunjukkan bahwa kita berjiwa besar dan cerdas dalam memberikan penghargaan buat orang lain yang telah melaksanakan tugas dengan baik, meskipun dalam wujud satu langkah kecil
    2. memiliki kearifan dan kebijaksanaan dalam menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah. Seorang pemimpin harus mampu menjadi penengah dan penyelesai masalah (problem solver), bukan problem maker (pembuat masalah). Konflik adalah bagian dari kehidupan. Setiap konflik yang lahir, pemimpin harus mampu menyelesaikan secara adil, menjadi mediator dan negosiator yang baik serta penengah yang jujur. Serta menjadi juru runding yang memiliki integritas yang kuat, sehingga semua orang akan merasakan kemenangan bersama.
    3. Pemimpin tidaklah kaku, namun dia harus memiliki jiwa humoris yang proporsional. Artinya humoris yang pada tempatnya. Pemimpin juga harus memiliki nilai seni yang tinggi dan bersahaja. Bukanlah sikap yang ditunjukkan secara arogan, emosional dan egois. Pemimpin harus dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi semua orang dan memberikan perilaku, tutur kata dan sikap yang lembut dan bijaksana.
    4. Pemimpin tidak dapat ditentukan secara fisik, karena yang menentukan kepemimpinan kita adalah karakter dan nilai (values) dalam diri kita. Pemimpin harus memiliki jiwa memaafkan dan rekonsiliasi.

    BalasHapus
  18. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    1. Pemimpin yang dapat diterima semua pihak harus harus memiliki KEJUJURAN yang tinggi sehingga apa yang dilakukan bertujuan untuk kebaikan semua pihak dan tanpa menyembunyikan segala sesuatu yang dapat merusak tatanan organisasi.
    2. Seorang pemimpin harus memiliki KEADILAN, Prinsip keadilan juga merupakan hal mutlak dimiliki pemimpin; hal yang juga akan menjadi kesepakatan bersama tentang kriteria pemimpin yang dibutuhkan. Secara definitif, keadilan adalah "memenuhi hak-hak orang lain". Keadilan dapat juga didefinisikan sebagai "menjalankan tugas masing-masing dan tidak campur tangan dalam tugas selainnya".Secara praktis, seorang pemimpin yang adil adalah yang selalu menetapkan keputusan berdasarkan undang-undang ataupun hukum yang berlaku dan selalu berpihak serta membela kaum lemah.
    3. Pemimpin yang CERDAS akan menghasilkan kebijakan-kebijakan cerdas, yang tentu saja setelah melalui analisis-analisis mendalam. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, dia tentu saja tidak akan mengalami kesulitan ketika menganalisis segala macam persoalan sangat rumit sekalipun, untuk kemudian menemukan strategi menyelesaikannya.
    4. Dibutuhkan keberanian untuk menciptakan proses penegakan hukum yang tegas. Karena itu ke depan pemimpin kita harus BERANI menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Keberanian ini tentunya harus didukung oleh track record yang baik dari yang bersangkutan dalam masalah hukum.
    5. Pemimpin yang memiliki rasa TANGGUNG JAWAB tinggi.

    BalasHapus
  19. pemimpin baik dan benar adalah:
    . Membuat orang lain nyaman untuk terus terang
    Kita sering melihat pemimpin yang terasa “seram” karena titel dan kekuasaan mereka. Nah, pemimpin yang sukses mampu mengalihkan perhatian terhadap diri mereka, dan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat. Mereka jagoan dalam membuat orang lain nyaman untuk terus terang dan berbagi pandangan. Para pemimpin sukses justru mampu menciptakan suasana yang ramah dan akrab.

    2. Mengambil keputusan
    Pemimpin sukses adalah pengambil keputusan yang ahli. Mereka bisa melakukannya dengan memfasilitasi dialog, agar para kolega dapat meraih kesimpulan strategis, atau mereka bisa melakukannya sendiri. Mereka fokus “membuat sesuatu terwujud” sepanjang waktu — sebuah pengambilan keputusan yang menyuburkan kemajuan perusahaan. Para pemimpin sukses tidak membuang-buang waktu di masalah yang mengganggu momentum. Mereka tahu caranya mengambil 30 keputusan dalam 30 menit.

    3. Komunikasikan target
    Pemimpin sukses juga ahli komunikasi, dan ini sungguh terasa ketika mereka sedang berbicara mengenai “target kerja”. Mereka mengingatkan kolega mereka tentang nilai-nilai perusahaan dan target — memastikan visi mereka benar-benar dapat dipahami dan diterjemahkan dalam langkah nyata.

    Saya pernah punya bos yang sering mengomunikasikan harapan dia terhadap bawahannya. Dengan begitu, kami jadi bisa fokus dan tetap berjalan sesuai jalur. Prosedur sederhana yang dia lakukan — yakni menyampaikan harapan — terbukti meningkatkan kinerja kami dan membantu kami mengetahui siapa saja di antara kawan-kawan yang tidak dapat memenuhi standar.

    4. Menantang orang untuk berpikir
    Pemimpin sukses memahami kemampuan serta kelemahan kolega mereka. Mereka menantang kolega untuk berpikir, dan membantu mereka untuk lebih mengembangkan kemampuan. Jenis pemimpin seperti ini amat piawai dalam mendorong perkembangan pegawai, sehingga orang tidak mudah terlena serta terus tumbuh.

    Jika Anda tidak berpikir, Anda berarti tidak belajar hal yang baru. Jika Anda tidak belajar, berarti Anda tidak berkembang — dan lama-lama Anda akan jadi tidak penting di pekerjaan.

    5. Dapat diandalkan
    Pemimpin sukses membiarkan dirinya diatur oleh kolega. Perhatikan: diatur, bukan dikendalikan. Pemimpin membuktikan diri dapat diandalkan sehingga para bawahan jadi yakin bahwa mereka akan dibantu ketika dalam kesulitan.

    Dengan membimbing dan mendukung pegawai, sikap dapat diandalkan juga menunjukkan bahwa bos tidak cuma peduli dengan kariernya, tapi juga karier pegawai.

    6. Memberi contoh
    Memberi contoh terdengar gampang, tapi kenyataannya banyak pemimpin yang gagal di hal yang satu ini. Nah, pemimpin sukses memberi dan melaksanakan contoh yang mereka berikan. Mereka tahu bahwa mereka diamati oleh bawahan.

    7. Mengukur dan menghargai kinerja
    Pemimpin hebat selalu punya “denyut” terhadap kinerja bisnis dan orang-orang yang bekerja keras. Mereka tidak hanya memperhatikan angka-angka, tapi juga secara aktif menghargai kerja keras orang — apa pun hasil akhirnya. Pemimpin sukses tidak pernah sebelah mata memandang pegawai yang bekerja keras “karena memang sudah seharusnya”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8. Senantiasa memberi masukan
      Pemimpin sukses selalu memberi masukan kepada bawahan dan juga mau menerima masukan. Caranya? Dengan menciptakan suasana kerja yang penuh rasa percaya. Mereka sendiri sudah memahami betapa pentingnya masukan, sejak awal karier mereka dulu.

      9. Bongkar-pasang tim dengan benar
      Para pemimpin hebat tahu benar kemampuan dan keahlian bawahan. Sehingga, mereka sangat cermat dalam menentukan “formasi pemain”. Mereka mengetahui pegawai mana yang harus ditugaskan untuk mengatasi situasi tertentu.

      10. Bertanya dan mencari nasihat
      Pemimpin sukses melemparkan pertanyaan dan mencari nasihat setiap waktu. Dari luar, mereka sepertinya tahu segalanya. Tetapi dari dalam, mereka sebenarnya haus pengetahuan dan selalu mencari cara mempelajari hal baru karena mereka ingin meningkatkan kemampuan mereka dengan nasihat orang lain.

      11. Mengatasi masalah, tanpa menunda
      Pemimpin sukses segera mengatasi masalah langsung ke akarnya. Mereka tidak menunda-nunda masalah. Kalau ada masalah, mereka juga tidak kabur. Mereka tahu bahwa orang bisa maju bila melakukan hal yang orang lain tidak suka.

      12. Energi dan perilaku positif
      Pemimpin sukses menciptakan budaya kerja yang positif sehingga para bawahan termotivasi bekerja. Mereka disukai dan dihargai. Mereka tidak mau momentum terganggu oleh kegagalan.

      13. Menjadi guru
      Banyak pegawai mengeluh, bos mereka tidak mau lagi mengajari mereka. Tetapi pemimpin sukses tidak pernah berhenti mengajari bawahannya, sebab mereka sendiri juga haus pengetahuan. Pemimpin sukses akan meluangkan waktu untuk membimbing kolega mereka serta mendukung pegawai yang memang terbukti mampu untuk maju.

      14. Memperkokoh hubungan
      Pemimpin yang sukses tidak berfokus mempertahankan “kerajaannya” — justru sebaliknya, mereka mengembangkan wilayah dengan memperkokoh hubungan yang saling menguntungkan. Pemimpin sukses berbagi hasil kesuksesan untuk menciptakan momentum dengan mereka yang ada di sekeliling.

      15. Menikmati tanggung jawab
      Pemimpin sukses memang menyukai jadi pemimpin. Bukan karena kekuasaan yang didapat, tapi karena dampak bermanfaat yang bisa mereka ciptakan. Bila Anda sudah meraih posisi senior, ini berarti Anda harus melayani orang lain dan Anda baru bisa melakukannya bila benar-benar menyukai pekerjaan.

      Hapus
  20. jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    yaitu: Seorang pemimpin selalu bekerja dengan visi yang kuat, menciptakan gairah kerja, yang mendukung dan membantu orang-orang tumbuh dan berkembang, dan menjadi lebih baik dari apa yang mereka lakukan. Pemimpin yang sukses selalu cerdas menginspirasi dan memotivasi orang, mendorong harapan, kreativitas, kepercayaan diri, ambisi dan kasih sayang.

    BalasHapus
  21. Pemimpin yang baik dan diterima oleh semua pihak adalah pemimpin yang mempunyai visi dalam masa kepemimpinannya,bersikap bijksana,tangguh jawab,disiplin,gigih,berani bertanggung jawab atas segala keputusan yang dibuat,dan selau berkomunikasi secara baik terhdap org2 yang dipimpin oleh dirinya.

    BalasHapus
  22. Menurut saya pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah pemimpin yg mempunyai jiwa leadership yang bagus, mampu membangun komunikasi yang baik dengan bawahannya, aspiratif dan tegas serta bijaksana dalam pengambilan keputusan, mampu mengayomi tanpa bersikap otoriter

    BalasHapus
  23. Pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah Seorang pemimpin yang disamping memiliki kapabilitas, karakter dan integritas, juga memiliki ketulusan hati untuk memperhatikan rakyatnya. Seseorang yang mampu membuat rakyat merasa nyaman walaupun dalam keadaan sulit sekalipun. Ia mampu membangkitkan semangat warganya untuk bersama-sama bekerja keras sebagai wujud komitmen kebangsaannya. Untuk itu ia harus mampu menjadi panutan, pemimpin yang leading by examples menjadi sumber inspirasi dan menjadi seorang pemimpin yang mampu menciptakan resonansi pada orang yang dipimpinnya.

    BalasHapus
  24. pemimpin yang dapat di terima oleh semua pihak adalah , pemimpin yang jujur, bertanggung jawab, disiplin , pemimpin yang dapat bekerjasama dengan baik, pemimpin yang visioner( pemimpin yang berfikir ke depan ) ,pemimpin yang peduli, dan pemimpin yang adil

    BalasHapus
  25. pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah
    1. pemimpin yang mampu menerima,mengetahui, menjalankan semua tanggungjawab yang telah diberikan kepadanya
    2.pemimpin yang mampu mengajak, memaksimalkan bawahannya untuk bekerja sama dalam melaksanakan perencanaan yang ada
    3.pemimpin yang terbuka yang menempatkan visi dan misi adalah tanggung jawab bersama tidak sekedar hubungan atasan dan bawahan saja
    4. pemimpin yang jujur kepada tuhan, dirinya, serta bawahannya

    BalasHapus
  26. Pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    Menurut saya sudah lama bangsa Indonesia merindukan pemimpin yang adil, bijaksana dan memahami bahasa rakyatnya. Dia harus memiliki konsep kepemimpinan yang tidak antipati terhadap rakyat yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dapat menjadi teladan bagi masyarakat, bercita-cita tinggi demi kesejahteraan dunia. Pemimpin harus sabar dan setia, bertindak adil, berwibawa, bertindak tanpa pamrih dan setia kepada Negara serta bangsa.

    Pemimpin harus dapat menciptakan susasana gembira, damai dan mampu memberikan solusi saat rakyatnya bermasalah. Pemimpin harus berwibawa dan tidak menakutkan serta membagikan rezeki kepada rakyat secara merata. Pemimpin harus mampu tegakkan keadilan. Dalam hal ini, pemimpin harus mampu tegakkan keadilan dalam pemberantasan korupsi yang sudah merajalela. Sipapun yang melanggar undang undang harus dipidana setimpal dengan kesalahannnya.

    Pemimpin itu harus sabar dan berwawasan luas. Mampu meredam berbagai masalah bangsa , tanggap, pemaaf dan mententramkan jiwa rakyat. Pemimpin harus mampu memberikan anugerah kepada umat berupa sumber daya alam dan mineral, tumbuhan, hewan, demi kesejahteraan umat manusia. Dengan anugerah itu rakyat dapat merasakan kemakmuran dan terciptalah kedamaian

    BalasHapus
  27. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?


    Mempunyai karisma
    Pemimpin yang mempunyai karisma akan memudahkan mengarahkan staf atau pengikutnya.
    Pemimpin yang tidak berkarisma akan kesulitan mengarahkan staf atau pengikutnya.
    Mempunyai integritas
    Pemimpin harus mempunyai integritas dalam memimpin. Pemimpin harus setia terhadap nilai-nilai yang ditanamkan kepada pengikutnya
    Mempunyai dedikasi
    Pemimpin yang berdedikasi akan mengerjakan visinya dengan kerja keras dan penuh semangat. Dedikasi yang dia kerjakan akan ditularkan kepada stafnya
    Bisa mengambil keputusan
    Pemimpin harus bisa dan berani mengambil keputusan secara cermat. Untuk dapat mengambil keputusan secara cermat pemimpin harus memperhatikan banyak aspek dalam memutuskan.
    Mau membantu
    Pemimpin yang baik harus mau membantu memecahkan masalah yang dihadapinya
    Bekerja tidak hanya memerintah
    Pemimpin yang baik mau mengerjakan hal-hal yang dihadapi stafnya. Tentu saja dia akan mengerjakan sesuai porsi yang dia bisa kerjakan.
    Mau mendengarkan
    Pemimpin yang baik harus mau mendengarkan masukan dan keluhan dari stafnya. Pemimpin tidak harus setuju terhadap pendapat dari staf, tetapi harus menghargai setiap pendapat.

    BalasHapus
  28. Berorientasi ke masa depan
    Berlaku secara bijak dengan kekuasaan
    Pemimpin yang bijak
    memiliki kearifan dan kebijaksanaan dalam menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah
    Pemimpin tidaklah kaku, namun dia harus memiliki jiwa humoris yang proporsional

    BalasHapus
  29. RIA YUNITA / 13410057P / FKM. KONVERSI

    1.Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak!

    Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan.

    Pemimpin yang diterima oleh semua pihak adalah pemimpin yang memiliki kecerdasan tinggi di atas kecerdasan rata – rata, memiliki komunikasi dan hubungan sosial yang baik, memiliki kinerja yang optimal, dapat menerima masukan dari orang lain, memiliki perhatian yang tinggi kepada bawahan terhadap hasil yang tinggi pula, memiliki kewibawaan, bersikap fleksibel terhadap situasi yang ada, serta amanah dalam menjalankan kepemimpinannya.

    BalasHapus
  30. Menurut saya pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah pemimpin yang mengutamakan kepentingan orang banyak dan menyampingkan kepentingkan pribad, mampu menjalin komunikasi yang baik terhadap relasi dan bawahannya, memiliki pendirian tegas dan bertagunggjawab akan semua progja yang di laksanakan. menajdi inspirasi bagi para bawahannya dan yang utama memiliki sikap kepemimpinan.

    BalasHapus
  31. Bijaksana
    Pemimpin yang baik adalah bijak dan cerdas. Menjadi seorang pemimpin sering berarti bahwa mereka dibutuhkan untuk membuat keputusan penting pada berbagai titik dalam pelayanan mereka. Memiliki kebijaksanaan untuk membuat keputusan yang tepat sangat penting dalam memastikan keberhasilan organisasi.Komunikasi. Kemampuan komunikasi amat penting bagi Leader atau seorang pemimpin. Sehingga pesan yang disampaikan bisa jelas. Kemampuan berkomunikasi yang jelas ini juga penting agar pemimpin bisa menyelarasakan semua anggota timnya menuju tujuan yang diinginkan.Bekerja keras dan bekerja cerdas
    Seorang pemimpin harus bekerja keras dan rajin. Pemimpin pasti menjadi contoh, apabila dia malas, sering terlambat, maka anak buahnya akan mengikuti. Bagi pemimpin, bekerja keras tidak cukup. Seorang pemimpin juga harus bekerja dengan cerdas, yaitu bekerja dengan strategi dan otak, bukan dengan otot saja.Gigih
    Mereka terus-menerus dalam mencapai tujuan mereka. Mereka memahami bahwa mencapai tujuan dapat dipelajari dari berbagai kegagalan. Meskipun begitu, mereka melihat bahwa manfaat mencapai tujuan lebih besar daripada kemunduran yang mereka alami. Hal ini membuat mereka orang sangat gigih.Dibutuhkan keberanian untuk menciptakan proses penegakan hukum yang tegas. Karena itu ke depan pemimpin kita harus BERANI menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Keberanian ini tentunya harus didukung oleh track record yang baik dari yang bersangkutan dalam masalah hukum.

    BalasHapus
  32. 1. Keinginan untuk menerima tanggung jawab
    Seorang pemimpin harus menerima tanggung jawab. Oleh sebab itu, seorang pemimpin harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang dipunyai dan mengetahui setiap resiko dari setiap pekerjaan. Belajarlah menjadi pemimpin dengan tidak mengulang kesalahan yang sama, dan mulai sekarang belajar menerima tanggung jawab.
    2. Mencapai tujuan yang realistis
    Seorang pemimpin dalam menetapkan tujuan harus wajar dan dapat dilaksanakan. Pengertian wajar dan dapat dilaksanakan adalah keinginan tersebut masih dalam kemampuan untuk dilaksanakan. Kita harus membuat tujuan yang realistis, dapat dicapai dan terus ditingkatkan. Mulailah belajar memimpin dengn membuat tujuan yang realistis sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.
    3. Bekerja keras dan bekerja cerdas
    Seorang pemimpin harus bekerja keras dan rajin. Pemimpin pasti menjadi contoh, apabila dia malas, sering terlambat, maka anak buahnya akan mengikuti. Bagi pemimpin, bekerja keras tidak cukup. Seorang pemimpin juga harus bekerja dengan cerdas, yaitu bekerja dengan strategi dan otak, bukan dengan otot saja.
    4. Bersikap obyektif
    Seorang pemimpin harus bersikap obyektif yaitu mengambil keputusan berdasarkan fakta, dan data serta rasioanl, dan bukan emosional serta bias. Seorang pemimpin tidak boleh gampang marah dan pilih kasih, memihak salah satu dan lain-lain. Pemimpin harus mengayomi seluruh anak buahnya, dan harus menempatkan setiap anak buahnya dalam kedudukan yang sama. Pemimpin harus mempunyai alat ukur yang sama untuk menentukan keberhasilan dan kegagalan setiap anak buahnya dan tidak menggunakan standar ganda.
    5. Dapat menentukan skala prioritas
    Kita mengetahui bahwa apa yang kita miliki sangat terbatas, dan keinginan kita tidak terbatas. Oleh sebab itu kita harus menentukan prioritas. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak semua keinginan dapat dilaksanakan. Yang terpenting dari seorang pemimpin adalah dapat membuat keputusan yang dapat diterima semua pihak. Bagaimana membuat skala prioritas, yaitu yang terpenting bagi organisasi dalam jangka panjang.
    6. Kemampuan untuk komunikasi
    Seorang pemimpin mencapai tujuan melaui orang lain. Oleh sebab itu, setiap pemberian informasi, perintah atau permintaan harus dapat dimengerti dengan baik oleh orang lain. Seorang pemimpin harus dapat menyampaikan gagasannya kepada orang lain dengan jelas baik lewat tulisan, ucapan atau perbuatan.. Mulailah menjadi pemimpin dengan belajar berkomunikasi dengan orang lain. Jangan takut berbicara, tetapi berbicaralah dengan baik dan benar, sehingga orang suka kepada Anda.
    7. Berorientasi ke masa depan
    Seorang pemimpin tidak boleh hanya berorientasi jangka pendek. Seorang pemimpin harus berpikir jangka panjang, berpikir bagaimana kondisi untuk 5 – 10 tahun mendatang. Seorang pemimpin dengan menggunakan data dan fakta dapat memprediksi keadaan masa mendatang, dan untuk menang, seorang pemimpin mempersiapkan dari sekarang.
    8. Mampu membimbing
    Seorang pemimpin harus mempunyai sifat untuk membimbing dan mengarahkan anak buah. Ketrampilan ini sangat dibutuhkan karena kemampuan anak buah dan masalah yang dihadapi berbeda-beda. Kemampuan membimbing dan mengarahkan perlu dikembangkan dan ditingkatkan sehingga setiap anak buah mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai. Seorang pemimpin juga harus mampu memberikan motivasi kepada anak buahnya sehingga anak buahnya ingin bekerja keras setiap hari.
    9. Berlaku secara bijak dengan kekuasaan
    Banyak pemimpin besar yang akhirnya jatuh karena tidak bijak menggunakan kekuasaan. Kekuasaan yang besar cenderung sewenang-wenang dan korup. Inilah awal keruntuhan dari kepemimpinan. Apabila kita ingin menjadi orang sukses, sudah sepantasnya kita mengendalikan nafsu untuk tidak sewenang-wenang dan korup. Mulailah belajar dengan bijak terhadap kekuasaan pada diri sendiri dan organisasi.

    BalasHapus
  33. M Halfani Solikhin:

    Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    1. Pemimpin yang bijak adalah orang yang merasa tidak pernah segan dalam memberikan apresiasi, pujian atau sanjungan terhadap orang lain, baik bawahannya, relasi mitranya ataupun lawannya sekaligus. Jiwa sportivitas dan objektivitas menunjukkan bahwa kita berjiwa besar dan cerdas dalam memberikan penghargaan buat orang lain yang telah melaksanakan tugas dengan baik, meskipun dalam wujud satu langkah kecil.
    2. Pemimpin yang bijak adalah seorang pemimpin mampu memberikan perintah maupun tugas kepada bawahannya dengan tegas dan lugas. Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab sesuai dengan fungsinya akan memudahkan kita bekerja secara team work yang solid. Pemimpin harus memiliki keyakinan yang memiliki kebenaran. Kuncinya adalah keimanan yang kuat kepada Allah SWT sebagai penciptanya.
    3. Kepemimpinan akan terwujud jika kita memiliki kearifan dan kebijaksanaan dalam menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah. Seorang pemimpin harus mampu menjadi penengah dan penyelesai masalah (problem solver), bukan problem maker (pembuat masalah). Konflik adalah bagian dari kehidupan. Setiap konflik yang lahir, pemimpin harus mampu menyelesaikan secara adil, menjadi mediator dan negosiator yang baik serta penengah yang jujur.
    4. Pemimpin tidaklah kaku, namun dia harus memiliki jiwa humoris yang proporsional. Artinya humoris yang pada tempatnya. Pemimpin juga harus memiliki nilai seni yang tinggi dan bersahaja. Bukanlah sikap yang ditunjukkan secara arogan, emosional dan egois. Pemimpin harus dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi semua orang dan memberikan perilaku, tutur kata dan sikap yang lembut dan bijaksana.
    5. Pemimpin tidak dapat ditentukan secara fisik, karena yang menentukan kepemimpinan kita adalah karakter dan nilai (values) dalam diri kita. Pemimpin harus memiliki jiwa memaafkan dan rekonsiliasi. Kita harus mengerti kapan kita harus memaafkan atau meminta maaf meskipun tidak melakukan kesalahan. Maaf bukanlah arti menyerah, namun jiwa besar dalam memberikan perlindungan buat orang lain.

    BalasHapus
  34. Pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak, yaitu:
    1. Keinginan untuk menerima tanggung jawab
    2. Mencapai tujuan yang realistis
    3. Bekerja keras dan bekerja cerdas
    4. Bersikap obyektif
    5. Dapat menentukan skala prioritas
    6. Kemampuan untuk komunikasi
    7. Berorientasi ke masa depan
    8. Mampu membimbing
    I. Berlaku secara bijak dengan kekuasaan

    BalasHapus
  35. 1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    Dapat diterima oleh semua pihak adalah harapan yang di gantungkan seorang Pemimpin dalam menjalankan tugas sehari hari,baik owner,atasan ,atau sub ordinat sangat berharap bahwa goal yang di bebankan tercapai dengan mulus,clean dan clear.
    Sebagai orang yang di percaya oleh perusahaan/organisasi dalam menjalankan roda organisasi/usaha diharapkan pemimpin memiliki sedikit lebih baik dari sub ordinatnya dalam kecerdasan intelektual ,emosional maupun dalam hal power.
    Hal ini di karenakan tuntutan yang mengharuskan sang Pemimpin mampu menggerakan “expertise” anak buah ,menemukan orang orang yang kompeten ,mampu menjual mimpi mimpi yang realistis sekaligus mengorganisasikan team agar semua berjalan lancar. Pemimpin kreatif,disiplin dengan daya driven/power yang tinggi,memiliki “sensemaking” serta enterpreneurship yang tinggi .Pemimpin mampu memecahkan kebuntuan,mampu menggerakan organisasi,mampu membuat terobosan terobosan baru serta inovasi inovasi baru yang real,
    Pemimpin musti berlaku bijak dengan memberikan bingkai bingkai yang jelas terarah dan terukur bukan malah menjadikan Trouble Maker.

    BalasHapus
  36. menurut saya yaitu pemimpin yang memiliki mind set dan perilaku untuk membantu karyawan mencapai kinerja dan prestasi maksimal dengan cara-cara persuasif. Pimpinan hanya boleh menggunakan kekuasaannya dalam hal membuat keputusan dan mengarahkan karyawan ke visi, misi, dan tujuan organisasi. Tapi dalam hubungan kerja sehari-hari, pimpinan haruslah berperan sebagai orang tua yang membimbing setiap karyawan melalui sikap baik dan kasih sayang

    BalasHapus
  37. 1. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    Pemimpin yang disukai banyak pihak itu yang mulai dari hati, pikiran, perkataan hingga tindakan seorang pemimpin yang patut diteladani oleh setiap anggota tim, bukannya sekadar menjadi bahan diskusi atau teori.
    * lkhlas, mendasari kepemimpinannya dengan rasa mencintai sesamanya serta
    sarana beribadah kepada Tuhan. la tidak mengharapkan pujian, mengabaikan
    cacian, tidak pernah dendam. la menjalankan kewajibannya yaitu melayani
    orang-orang yang dipimpinnya.
    * Amanah & tanggung jawab dalam melakukan semua yang bersangkutan dengan
    para anggotanya.
    * Teguh pendirian, tetap profesional dan tak tergelincir pada masalah KKN yang
    marak saat ini. Bukan hanya korupsinya, tapi juga kolusi dan nepotisme.
    * Sabar, pemimpin yang penyabar mampu menangani setiap permasalahan
    dengan rasional.
    * Tidak sombong atas kedudukan yang sedang ia peroleh dan jujur
    * Pemimpin perlu terus mengasah dirinya dengan ilmu dan mengamalkan dalam
    bentuk keterampilan dan pengalaman.
    * Mahir berkomunikasi, bahasa komunikasi yang baik bisa membuat seorang
    pemimpin dipandang menarik. Kala menghukum/mengritik nada bicaranya tidak
    terasa pedas dan menyakitkan, bahkan justru bisa mendorong semangat anak
    buahnya untuk memperbaiki diri.
    * Berhati-hati dan tidak ceroboh dalam membuat keputusan.
    * Mengutamakan kepentingan bersama dari kepentingan dirinya sendiri.
    * Berwawasan jauh, pemimpin yang berwawasan jauh senantiasa terencana dan
    terkontrol keputusan serta tindakannya. la tidak pernah berpikir jalan pintas serta
    sentiasa mempertimbangkan keuntungan jangka panjang bagi anggota timnya.


    BalasHapus
  38. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    Seorang pemimpin selalu bekerja dengan visi yang kuat, menciptakan gairah kerja, yang mendukung dan membantu orang-orang tumbuh dan berkembang, dan menjadi lebih baik dari apa yang mereka lakukan. Pemimpin yang sukses selalu cerdas menginspirasi dan memotivasi orang, mendorong harapan, kreativitas, kepercayaan diri, ambisi dan kasih sayang.

    Memimpin (leadership) ada­­lah inti pokok manajemen. Ma­najemen akan menjadi baik dan berdayaguna tinggi bila ke­pemimpinannya dapat beker­ja efek­tif dan efesien. Pekerjaan me­mimpin pada dasarnya meng­­gerakkan manajemen satu orga­nisasi untuk mencapai tu­juan bersama. Pakar mana­jemen sering menyatakan bah­wa hakikatnya kepe­mimpinan itu adalah kemampuan mem­ba­ngun hubungan yang baik antar­ele­men kepemimpinan (human re­lation). Hubungan harmonis an­tarelemen pimpinan, pemim­pin dengan bawahan, dan semua hu­bungan kerja (stakeholder) ada­lah rukun (tiang utama) un­tuk berhasilnya salah satu order ke­pemimpinan.

    BalasHapus
  39. NM. Trankko Negara, menjawab

    Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    a. pemimpin yang dapat diterima semua pihak ialah pemimpin yang diberi amanah atau dipilih melalui musyawarah bersama suatu organisasi. pemimpin yang dipilih melalui asas langsung, umum, bebas, rahasia dan aktif.

    b. pemimpin dengan kriteria diatas harus memiliki sifat jujur dan sikap terbuka sehingga apa yang diamanahkan akan berjalan dan dijalankan dengan penuh tanggungjawab tanpa ada hal-hal yang ditutup-tutupi dan melibatkan masyarakat organisasi dalam mencapai tujuannya.

    c. pemimpin yang beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT. pemimpin yang demikian yang akan baik dalam memimpin karenia dia bersedia memimpin dirinya dijalan taqwa.

    d. pemimpin yang bijaksana dalam mengambil keputusan dan bersahaja dalam bersikap, sehingga jauh dari kata berlebih-lebihan dan kepemimpinannya.

    e. pemimpin yang memahami bawahannya yang menjadi penggerak organisasi, yang memiliki visi dan misi yang benar serta mampu menggerakan organisasi dengan kecakapan dan komunikasinya.

    f. pemimpin yang mampu menjadi teladan bagi bawahanya, yang menggerakan dengan contoh bukan hanay dengan ucapan.

    BalasHapus
  40. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    menurut saya seorang pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak adalah pemimpin yang :
    1. Komunikatif karena Kemampuan berkomunikasi yang jelas ini juga penting agar pemimpin bisa menyelarasakan semua anggota timnya menuju tujuan yang diinginkan,
    2. Humoris artinya Seorang pemimpin (Leader) yang hebat itu biasanya juga dilengkapi dengan sense of humor yang baik. Mereka bisa membuat timnya tetap tertawa sekalipun mungkin sedang dilanda masalah. Ini penting agar masalah yang timbul tidak menjadi beban, namun tetap bisa diselesaikan dengan hati senang.
    3. Sikap positif dan menginspirasi artinya Leader itu harus selalu punya sikap positif. Ini penting agar tim anda tetap termotivasi. Menciptakan suasana yang positif juga sangat baik untuk meningkatkan produktivitas tim
    4. Percaya diri Seorang pemimpinyang baik itu punya rasa percaya diri yang baik. Di saat-saat genting sekalipun, seorang pemimpin bisa mengangkat moral timnya sehingga masalah yang muncul bisa diatasi dengan baik.

    BalasHapus
  41. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    Pemimpin yang diterima oleh semua pihak adalah Pemimpin yang beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT, Pemimpin yang memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab serta bijak dalam mengambil keputusan, Jika ada permasalahanpun dapat diselesaikan dengan musyawarah mufakat

    BalasHapus
  42. Menurut saya pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak yaitu pemimpin yang memiliki kriteria sbb:
    1. Pemimpin yg beragama
    2. Jujur
    3. Berjiwa leadership yang penuh tanggung jawab
    4. Bijaksana
    6. Mampu membangun komunikasi yang baik dengan bawahannya dan lingkungan kerja
    7. Inspiratif
    8. Tegas dan Adil dalam pengambilan keputusan
    9. Tidak bersikap otoriter
    10. Penyabar

    BalasHapus
  43. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    Seorang pemimpin agar dapat diterima oleh semua pihak harus memiliki sifat/karakteristik sebagai berikut :

    1. Berkemampuan berkomunikasi yang baik.
    Kemampuan komunikasi amat penting bagi Pemimpin atau seorang pemimpin. Sehingga pesan yang disampaikan bisa jelas. Kemampuan berkomunikasi yang jelas ini juga penting agar pemimpin bisa menyelarasakan semua anggota timnya menuju tujuan yang diinginkan.

    2. Cepat dalam menangani masalah.
    Ketika muncul masalah, segera seorang pemimpin mencari jalan pemecahannya. Agar masalah itu cepat tertangani dan mendapat solusinya. Sehingga masalah yang muncul tak sampai berlarut-larut.

    3. Bersikap positif dan inspirator.
    Pemimpin itu harus selalu punya sikap positif. Ini penting agar tim anda tetap termotivasi. Menciptakan suasana yang positif juga sangat baik untuk meningkatkan produktivitas tim anda.

    4. Memiliki rasa percaya diri.
    Seorang pemimpinyang baik itu punya rasa percaya diri yang baik. Di saat-saat genting sekalipun, seorang pemimpin bisa mengangkat moral timnya sehingga masalah yang muncul bisa diatasi dengan baik.

    5. Berkemampuan mendelegasikan.
    Delegasi tugas amat penting bagi seorang pemimpin. Pemimpin harus bisa mendelegasikan tugasnya pada orang yang tepat. Agar pemimpin bisa belajar untuk mempercayai timnya. Selain itu agar pemimpin bisa fokus mengerjakan tugas yang lebih penting.

    6. Berusaha mengembangkan bawahan.
    Setiap Pemimpin yang baik akan berusaha mengembangkan bawahannya. Dengan SDM yang kuat, tujuan yang ingin dicapai perusahaan pun akan lebih mudah dicapai.

    7. Kadang perlu bersikap humoris.
    Seorang pemimpin(Pemimpin) yang hebat itu biasanya juga dilengkapi dengan sense of humor yang baik. Mereka bisa membuat timnya tetap tertawa sekalipun mungkin sedang dilanda masalah. Ini penting agar masalah yang timbul tidak menjadi beban, namun tetap bisa diselesaikan dengan hati senang.

    BalasHapus
  44. pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak :
    adalah pemimpin yang mempunyai sifat jujur yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan dalam organisasi atau perusahaan, yang mementingkan kepentingan organisasi diatas kepentingan pribadi atau golongan, disamping itu pemimpin yang bijaksana, mempunyai wawasan yang luas, dan berkomitmen, berkemampuan, dan berintegritas, pemimpin yang melayani, humle/rendah hati dan bisa memberi contoh yang baik kepada yang dipimpin merupakan contoh pemimpin yang dibisa diterima oleh semua pihak

    BalasHapus
  45. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    1. Integritas kepada orang lain Integritas atau memberikan kesetiaan atau kepedulian kepada orang lain atau bawahan, berarti dia harus mempertahankan nilai-nilai dan moral yang dipercayai kepada orang lain. Integritas akan menunjukkan kepada orang lain akan komitmen terhadap satu hal dan bukan sebagai orang yang tulalit.
    2. Memelihara orang lain Inti dari proses memelihara orang lain yakni bermaksud memberi perhatian tulus kepada orang lain. Maka dari itu, pemimpin yang baik yakni pemimpin yang bisa memberikan perhatian dan rasa aman kepada orang yang dipimpin, namun tetap dengan cara yang mendidik.
    3. Percaya terhadap kemampuan orang lain Seorang pemimpin yang baik harus bisa bersikap bijaksana dengan memberikan kepercayaan terhadap kemampuan orang lain karena setiap orang akan senang jika mereka merasa dipercaya dan banyak orang akan mengerjakan apa saja untuk memenuhi kepercayaan tersebut. Maka dari itu, pemimpin yang baik ialah pemimpin yang bisa memberikan kepercayaan kepada orang yang dipimpin sesuai dengan kemampuan dan wilayah kerjanya, namun dia harus bisa menyampaikan terlebih dahulu dengan jelas apa yang harus bawahannya lakukan.
    4. Mendengar apa yang disampaikan orang lain Pemimpin yang baik harus selalu siap mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan orang lain di sekitarnya, ketika hal tersebut dilakukan, sesungguhnya dia telah membangun hubungan terhadap orang lain dan mereka (rakyat/masyarakat) akan merasa dihargai. Karena pada dasarnya setiap orang pasti ingin dirinya dihargai, maka dari itu, sebagai pemimpin harus memberikan hal itu. Jika seorang pemimpin tersebut tidak bisa memberiknnya, jangan pernah berharap dia akan dihargai apalagi dicintai.
    5. Kemampuan memahami orang lain Sesungguhnya cara paling halus dan jitu untuk mempengaruhi dan mengambil hati orang lain adalah dengan memahami dan mendengarkan apa yang dia sampaikan, karena setiap orang sebenarnya ingin didengar, dihormati dan dipahami. Ketika orang melihat bahwa mereka dipahami, mereka akan merasa dimotivasi dan dipengaruhi secara positif. Maka dari itu, sebagai pemimpin, mampu memberikan sepenuhnya apa yang sudah menjadi hak rakyat tanpa harus melalaikan pendidikan untuk mereka sadar akan kewajiban mereka juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6. Mengembangkan bakat orang lain Sebagai pemimpin yang baik, sebaiknya bisa mengembangkan bakat milik orang lain dengan cara membiayai pelatihan serta meberikan beasiswa atau apa pun yang sejenisnya. Karena kalaupun dia sukses di kemudian hari, dia akan menjadi penerus bangsa dan bisa membanggakan bangsa ini dan sekaligus bisa menjadi aset atau yang sejenisnya bagi kemajuan suatu bangsa.
      7. Menjadi arah (navigator) bagi orang lain Sebagai pemimpin yang baik dia harus bisa menjadi arah bagi orang lain dengan maksud mengidentifikasi tempat tujuan. Ketika seseorang memiliki potensi pribadinya maka ia memerlukan arah untuk mengembangkan potensi tersebut. Dengan mengarahkan orang lain kepada kesuksesan, tanpa pemimpin sadari, dia pun telah melatih dirinya dan orang lain untuk menjadi pribadi yang lebih sukses. Ilmunya bisa meningkat, pengalamannya bertambah, kemampuannya semakin luas, relasi atau jaringannya bertambah dan kebaikannya pun berlipat ganda. Sungguh sebuah multiple effect yang luar biasa.
      8. Berhubungan dengan orang lain Dianalogikan pada rangkaian gerbong kereta api dan apa yang terjadi. Gerbong itu berada di atas rel, dimuati barang-barang, mempunyai tujuan dan rute. Tapi gerbong ini tidak memiliki arah jika tidak dihubungkan dengan lokomotif. Sama halnya ketika kita membawa orang pergi, ke mana mereka harus pergi?, di mana keberadaannya?, ini hanya akan diketahui jika kita memiliki hubungan dengan banyak pihak, (maksudnya seorang pemimpin harus mempunyai arah dan tujuan yang jelas). Relationship dan multiple link adalah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin jika ia ingin timnya dan dirinya sukses. Semakin banyak relasi dan semakin luas jaringan yang dia miliki maka semakin besar peluang yang dia raih.
      9. Memperlengkapi orang lain Artinya seorang pemimpin mempercayakan orang lain dengan sebuah keputusan penting, karena dengan sikap seperti itu maka orang yang diberi kepercayaan tersebut dengan senang mendukungnya. Dan ketika seorang pemimpin memberi wewenang kepada orang lain maka dia telah meningkatkan kemampuan orang lain tanpa menurunkan kemampuannya. Maksudnya jika seorang pemimpin telah mampu mendelegasikan tugas dengan baik kepada bawahannya, berarti ia telah membuat langkah cerdas dalam kerjanya, tugas yang tercapai lebih banyak dan lebih cepat. Bawahannya semakin pintar dan pada akhirnya tujuan bersama pun tercapai dengan hasil terbaik. Namun syarat sebelum pendelegasian adalah berikan penjelasan dan ilmu sampai orang yang kita delegasikan tersebut paham benar tentang apa yang harus ia lakukan.
      10. Memproduksi orang berpengaruh Artinya bagaimana seorang pemimpin bisa mengubah orang lain agar ia menjadi pengikut seperti dirinya. Pada akhirnya dia akan mampu menciptakan orang-orang berpengaruh yang kelak akan menciptakan orang-orang sepertinya juga. Dan terus seperti itu. Sehingga dalam lingkungan atau koridor kepemimpinannya, semua personil, elemen dan pihak memiliki kemampuan sepertinya dan melakukan seperti apa yang dia inginkan tanpa harus selalu diperintah.
      11. Mampu menjadi mediator Karakter ini harus dan wajib dimiliki oleh seorang Pemimpin, karena sesuai dengan tugasnya, maka seorang Pemimpin harus memiliki kemampuan sebagai mediator.
      12. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik Seorang pemimpin harus memiliki kriteria ini supaya apa yang menjadi keluhan atau masalah rakyat bisa segera diatasi tanpa ada kesalahan penyampaian maksud dan tujuan. Jika seorang Pemimpin adalah seorang yang pasif, maka berbagai masalah yang dihadapi rakyat tidak akan bisa teratasi.

      Hapus
    2. EKO LISTIONO/ NPM 13410035P

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    menurut saya pemimipin yang baik yang mempunyai kriteria sbb :

    1.Visioner
    Pemimpin yang baik memiliki visi. Pemimpin yang baik tahu di mana tujuan mereka dan mereka memimpin orang-orang menuju visi yang sama yang mereka miliki untuk kehidupan mereka, komunitas, atau bahkan suatu bangsa. Mereka tidak hanya melihat hal-hal apa, tetapi pada apa hal-hal bisa dilakukan.

    2. Bergairah
    Pemimpin yang baik bukan orang pasif. Mereka biasanya sangat bergairah dalam apa pun yang mereka lakukan. Apakah itu olahraga atau bisnis, pemimpin sangat terfokus dan beberapa dari mereka bahkan dikonsumsi oleh gairah mereka.

    3. Bijaksana
    Pemimpin yang baik adalah bijak dan cerdas. Menjadi seorang pemimpin sering berarti bahwa mereka dibutuhkan untuk membuat keputusan penting pada berbagai titik dalam pelayanan mereka. Memiliki kebijaksanaan untuk membuat keputusan yang tepat sangat penting dalam memastikan keberhasilan organisasi.

    4. Perhatian
    Mereka memiliki Perhatian bagi pengikut mereka. Sementara mereka memahami mereka memiliki tujuan untuk mengejar, mereka terus-menerus melihat ke belakang dan merawat orang-orang yang mengikuti mereka. Mereka bukan orang-orang egois yang hanya memikirkan kebutuhan mereka sendiri dan kemewahan, mereka juga memiliki hati untuk orang-orang di bawah mereka juga.

    5. Karismatik
    Pemimpin yang baik adalah karismatik, mereka adalah orang-orang yang menarik dan mereka menarik orang kepada mereka oleh kepribadian mereka yang bersinar. Entah itu cara mereka berbicara, atau keunggulan mereka melayani kebutuhan dari orang-orang, para pemimpin memiliki X-faktor yang orang merasa tertarik kepadanya.

    6. Berkomunikasi dengan baik
    Mereka sangat pandai orasi dan berbicara. Mereka sangat berpengalaman dalam berbicara di depan umum dan mereka dapat mempengaruhi dan menginspirasi orang dengan hal-hal yang mereka katakan. Dengan kemampuan ini, tidak mengejutkan bahwa mereka biasanya dapat mengumpulkan pengikut yang baik.

    7. Gigih
    Mereka terus-menerus dalam mencapai tujuan mereka. Mereka memahami bahwa mencapai tujuan dapat dipelajari dari berbagai kegagalan. Meskipun begitu, mereka melihat bahwa manfaat mencapai tujuan lebih besar daripada kemunduran yang mereka alami. Hal ini membuat mereka orang sangat gigih.

    8. Integritas
    Pemimpin yang baik memiliki integritas. Mereka berarti apa yang mereka katakan, dan mereka mengatakan apa yang mereka maksud. Mereka adalah orang-orang yang menepati janji dan mereka tidak memainkan permainan dua berwajah politik yang banyak orang lain lakukan. Dengan demikian, orang-orang menganggap mereka dapat dipercaya dan mereka memberikan komitmen mereka untuk para pemimpin sebagai hasilnya.

    9. Berani
    Mereka berani. Winston Churchill mengatakan bahwa keberanian adalah keutamaan di mana semua sisa kebajikan orang lain . Selain hanya memiliki mimpi pipa, pemimpin yang baik cukup berani untuk mengejar setelah itu. Ketakutan yang nyata, tetapi seorang pemimpin yang berani mengejar mereka meskipun ketakutan.

    10. Berdisiplin
    Pemimpin yang baik sangat disiplin dalam mengejar tujuan mereka. Sementara kebanyakan orang akan mudah terganggu atau putus asa, pemimpin yang baik mendisiplinkan diri mereka untuk tetap fokus dan tetap stabil meskipun keadaan.

    BalasHapus
  48. Baik pak, menurut saya pemimpin yang dapat diterima semua pihak ialah pemimpin dengan jiwa kharismatik kepemimpinannya, memberikan contoh baik yang bermula dari dirinya, tidak menggunakan kekuasaan atau powernya, mampu mendengarkan problem atau masalah masalah yang dialami bawahan atau staffnya dengan bijak dan mampu memberikan solusi kearah positif, selalu menjadi contoh dalam bertindak bagi bawahannya, tidak arogan, amanah, bersikap dingin dalam menghadapi masalah-masalahnya, lebih menjunjung tinggi asaz kebersamaan, sosial , kerja sama dan integritas timnya.
    Mungkin beberapa ciri diatas menjadi salah satu sifat atau ciri seorang pemimpin yang dapat diterima semua pihak pak.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak ?

    Pemimpin yang amanah, bijaksana, yang dapat membina kontak antar pribadi dengan pengikutnya sehingga menimbulkan sifat kekeluargaan, melindungi anak buahnya, mementingkan kepentingan anak buatnya diatas kepentingan sendiri, memiliki visi dan misi yang jelas guna mencapai tujuan dari sebuah pekerjaan, mengalokasikan sumberdaya yang ada serta memfokuskan perhatian pada tujuan-tujuan perusahaan, mengkoordinasikan perubahan, menetapkan arah yang benar atau yang paling baik bila kegagalan terjadi.

    BalasHapus
  52. Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?
    Kegiatan manusia secara bersama-sama selalu membutuhkan kepemimpinan. Untuk berbagai usaha dan kegiatannya diperlukan upaya yang terencana dan sistematis dalam melatih dan mempersiapkan pemimpin baru. Oleh karena itu, banyak studi dan penelitian dilakukan orang untuk mempelajari masalah pemimpin dan kepemimpinan yang menghasilkan berbagai teori tentang kepemimpinan. Teori kepemimpinan merupakan penggeneralisasian suatu seri perilaku pemimpin dan konsep-konsep kepemimpinannya, dengan menonjolkan latar belakang historis, sebab-sebab timbulnya kepemimpinan, persyaratan pemimpin, sifat utama pemimpin, tugas pokok dan fungsinya serta etika profesi kepemimpinan

    BalasHapus
  53. HABIB NASUTION
    NPM 13410040P

    Coba jelaskan pemimpin yang bagaimana yang dapat diterima oleh semua pihak?

    Pemimpin adalah sosok yang diandalkan dalam suatu komunitas, dihormati, dikagumi, dicintai, dan disayangi oleh rakyatnya. Tetapi tidak dapat dipungkiri, banyak pemimpin yang mendapatkan apresiasi yang sebaliknya, mereka dihina, dibenci, dan direndahkan oleh masyarakat yang ia pimpin. Sehingga tidak perlu heran jika sosok pemimpin dijadikan indikator baik buruknya suatu komunitas yang dipimpinnya.

    Seorang pemimpin mempunyai kewajiban yang pokok mengayomi dan menyejahterakan rakyat yang ia pimpin. Oleh sebab itu rakyat dalam memilih pemimpin tidak boleh sembarangan dan mementingkan kehidupan pribadinya, karena kepemimpinan tersebut menyangkut kehidupan orang banyak. Dalam memilih pemimpin harus ditelaah terlebih dahulu dan potensi yang ia miliki, sikap dan kepribadiannya sehari-hari, dan aspek-aspek lainnya.
    Untuk menjadi seorang pemimpin yang diidamkan rakyat harus memenuhi minimal 12 kriteria sebagai berikut,
    1. Bertaqwa
    Seorang Pemimpin harus memiliki pengetahuan religius yang cukup agar dapat mengendalikan hawa nafsu dalam menjalankan jabatannya.
    2. Berwawasan luas
    Seorang pemimpin harus memiliki intelegensi yang baik agar dapat menentukan cara (strategi) efektif untuk menyelesaikan masalah.
    3. Jujur
    Kejujuran dalam artian memberikan informasi yang sesuai fakta kepada masyarakat.
    4. Displin
    seorang pemimpin harus dapat menjadi role model/panutan bagi bawahannya. Oleh karena itu seorang pimpinan harus dapat mempertahankan perilaku disiplin agar disegani oleh bawahannya.
    5. Memiliki etos kerja yang tinggi
    Dengan semangat kerja yang tinggi seorang pemimpin akan mampu menghadapi tugas-tugasnya sebagai pemimpin.
    6. Tanggung jawab
    Seorang pemimpin tidak hanya bertanggung jawab pada rakyatnya, melainkan akan mempertanggungjawabkan apa yang terjadi atas rakyatnya di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa.
    7. Peka
    Seorang pemimpin harus peka terhadap kritik serta keluhan rakyatnya.
    8. Bersikap adil
    sikap berkeseimbangan antara dua ektrimitas serta realitas dalam memahami tabiat manusia, baik dengan menolak kemewahan maupun aksetisme yang berlebihan.
    9. Mengutamakan diplomasi
    Seorang pemimpin harus mampu menanamkan sikap diplomat sejati dalam menyelesaikan permasalahan.
    10. Inovatif
    Seorang pemimpin juga harus mampu menciptakan gagasan baru dalam menjalankan roda pemerintahan.
    11. Berani
    Keberanian menjadi modal dasar untuk menjaga stabilitas bangsa dan negara. Tidak hanya pertahanan tapi juga berani mengambil keputusan.
    12. Tanggap

    Semua kriteria diatas adalah sebuah gagasan yang dapat dijadikan acuan. Tetapi yang terjadi saat ini tentunya sangat susah untuk menemukan pemimpian yang mempunyai keduabelas karakter diatas. Tetapi yang menjadi kunci adalah, agar pemimpin tersebut dapat diterima oleh semua kalangan adalah pemimpin yang bertaqwa, bersahaja, jujur, bersih, amanah dan mengutamakan kepintingan rakyat diatas kepentingan apapun.

    BalasHapus
  54. Pemimpin merupakan sebuah amanah, yg secara tidak langsung harus bertanggung jawab terhadap apa yg diamanahkan, yaitu pekerjaan, bawahan, kebijakan, dsb. untuk itu pemimpin harus mempunyai karakter sebagai berikut agar dapat diterima oleh semua pihak :
    1. Keinginan untuk menerima tanggung jawab
    Seorang pemimpin harus menerima tanggung jawab. Oleh sebab itu, seorang pemimpin harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang dipunyai dan mengetahui setiap resiko dari setiap pekerjaan. Menjadi pemimpin dengan tidak mengulang kesalahan yang sama, dan mulai sekarang belajar menerima tanggung jawab.
    2. Mencapai tujuan yang realistis
    Seorang pemimpin dalam menetapkan tujuan harus wajar dan dapat dilaksanakan. Pengertian wajar dan dapat dilaksanakan adalah keinginan tersebut masih dalam kemampuan untuk dilaksanakan. Harus membuat tujuan yang realistis, dapat dicapai dan terus ditingkatkan.
    3. Bekerja keras dan bekerja cerdas
    Seorang pemimpin harus bekerja keras dan rajin. Pemimpin pasti menjadi contoh, apabila dia malas, sering terlambat, maka anak buahnya akan mengikuti. Bagi pemimpin, bekerja keras tidak cukup. Pemimpin juga harus bekerja dengan cerdas, yaitu bekerja dengan strategi dan otak, bukan dengan otot saja.
    4. Bersikap obyektif
    Seorang pemimpin harus bersikap obyektif yaitu mengambil keputusan berdasarkan fakta, dan data serta rasioanl, dan bukan emosional serta bias. Seorang pemimpin tidak boleh gampang marah dan pilih kasih, memihak salah satu dan lain-lain. Pemimpin harus mengayomi seluruh anak buahnya, dan harus menempatkan setiap anak buahnya dalam kedudukan yang sama. Pemimpin harus mempunyai alat ukur yang sama untuk menentukan keberhasilan dan kegagalan setiap anak buahnya dan tidak menggunakan standar ganda.
    5. Dapat menentukan skala prioritas
    Kita mengetahui bahwa apa yang kita miliki sangat terbatas, dan keinginan kita tidak terbatas. Oleh sebab itu kita harus menentukan prioritas. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak semua keinginan dapat dilaksanakan. Yang terpenting dari seorang pemimpin adalah dapat membuat keputusan yang dapat diterima semua pihak. Bagaimana membuat skala prioritas, yaitu yang terpenting bagi organisasi dalam jangka panjang.
    6. Kemampuan untuk komunikasi
    Seorang pemimpin mencapai tujuan melaui orang lain. Oleh sebab itu, setiap pemberian informasi, perintah atau permintaan harus dapat dimengerti dengan baik oleh orang lain. Seorang pemimpin harus dapat menyampaikan gagasannya kepada orang lain dengan jelas baik lewat tulisan, ucapan atau perbuatan..
    7. Berorientasi ke masa depan
    Seorang pemimpin tidak boleh hanya berorientasi jangka pendek. Seorang pemimpin harus berpikir jangka panjang, berpikir bagaimana kondisi untuk 5 – 10 tahun mendatang. Seorang pemimpin dengan menggunakan data dan fakta dapat memprediksi keadaan masa mendatang, dan untuk menang, seorang pemimpin mempersiapkan dari sekarang.
    8. Mampu membimbing
    Seorang pemimpin harus mempunyai sifat untuk membimbing dan mengarahkan anak buah. Ketrampilan ini sangat dibutuhkan karena kemampuan anak buah dan masalah yang dihadapi berbeda-beda. Kemampuan membimbing dan mengarahkan perlu dikembangkan dan ditingkatkan sehingga setiap anak buah mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai. Seorang pemimpin juga harus mampu memberikan motivasi kepada anak buahnya sehingga anak buahnya ingin bekerja keras setiap hari.
    9. Berlaku secara bijak dengan kekuasaan
    Banyak pemimpin besar yang akhirnya jatuh karena tidak bijak menggunakan kekuasaan. Kekuasaan yang besar cenderung sewenang-wenang dan korup. Inilah awal keruntuhan dari kepemimpinan. Apabila kita ingin menjadi orang sukses, sudah sepantasnya kita mengendalikan nafsu untuk tidak sewenang-wenang dan korup. Mulailah belajar dengan bijak terhadap kekuasaan pada diri sendiri dan organisasi.

    BalasHapus