1 Oktober 2013

MATERI : 3. MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN



MATERI : 3. MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN

a. Pengertian manajemen
George R. Terry dalam bukunya   “Principles of Management” menyampaikan pendapatnya : “manajemen adalah suatu proses yang membeda-bedakan atas ; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utilizing in each both science and art, and followed in order to accomplish predetermined objectives)

Berdasarkan beberapa pengertian manajemen di atas, dapat dikatakan bahwa manajemen memiliki beberapa ciri antara lain :
1)      Manajemen diarahkan untuk mencapai tujuan
2)      Manajemen sebagai proses; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan, pengarahan dan pengawasan
3)      Tersedia sumber daya;  manusia, material dan sumber lain
4)      Mendayagunakan atau menggerakkan sumber daya tersebut secara efisien dan efektif
5)      Terdapat orang yang menggerakkan sumber daya tersebut (manajer)
6)      Penerapan manajemen berdasarkan ilmu dan juga seni atau keahlian yang harus dimiliki oleh manajer

b. Pengertian manajemen pelayanan kesehatan

Pelayanan kesehatan yang diberikan adalah pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan keperawatan. Pelayanan yang dilakukan di Rumah sakit meliputi; gawat darurat, rawat jalan dan rawat inap, sedangkan di Pukesmas hanya pelayanan; gawat darurat (kearah pertolongan pertama) dan rawat jalan.
Sejalan dengan reformasi dibidang kesehatan melalui Paradigma Sehat, pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun di Puskesmas lebih difokuskan pada upaya promosi kesehatan (promotif) dan pencegahan (preventif) dengan tidak mengabaikan upaya kuratif-rehabilitatif.  Selain itu,  pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas bukan hanya kepada individu (pasen), tetapi juga keluarga dan masyarakat, sehingga pelayanan kesehatan yang dilakukan merupakan pelayanan kesehatan yang paripurna (komprehensif dan holistik).

PARADIGMA PELAYANAN KESEHATAN

a.     

Paradigma menurut penjelasan ini adalah suatu langkah yang bersifat fundamental yang harus dijalankan dalam mencapai tujuan yang diginkan. Paradigma kesehatan Indonesia semula yang bersifat tradisional menjadi progresif. Dengan paradigma ini diharapkan Indonesia sehat akan tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

b.      Konten (Perbedaan paradigma kesehatan sebagai berikut :
 
Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut. Selain Paradigma di atas juga masih ada beberapa yang penting untuk dikaji. Perhatikan slide berikut ini.


Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
c.      
      Paradigma Indonesia Sehat

Lebih spesifik cita-cita kesehatan Indonesia dapat diperhatikan slide berikut ini.

Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
Untuk mencapai cita-cita Indonesia sehat, berikut ini adalah kebijakan negara yang harus dijalankan oleh semua departemen termasuk lembaga pemerintah non departemen. Perhatikan visinya.

 
Berikan komentar Saudara, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
Selain hal-hal diatas, perilaku pelayanan kesehatan belum sesuai  dengan harapan. Berikut ini konsep pelayanan yang dianggap mampu memberikan kepuasan pada pelanggan. 

Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan


Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut.

PROGRAM KESEHATAN
a.     
           Malasalah kesehatan. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Kesenjangan antara target dengan pencapaian.
b.      Program-program kesehatan. Banyak sekali program-pogram kesehatan yang telah diterapkan, akan tetapi masih banyak program yang tidak di manage dengan baik.
c.       Stabdar pelayanan kesehatan minimal,  adalah pelayanan yang harus diterima oleh pasien minimal telah memenuhi standar mutu pelayanan minimal/dasar. Banyak standar yang telah disusun tetapi tidak dilaksanakan dengan baik.
Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.
Untuk mengikuti materi selanjutnya klik disini

56 komentar:

  1. Ari Winarto
    1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  2. 1 paradigma health care adalah
    Paradigma berkembang sebagai hasil sintesa dalam kesadaran manusia terhadap informasi-informasi yang diperoleh baik dari pengalaman ataupun dari penelitian.
    Dalam perkembangan kebijaksanaan pembangunan kesehatan maka memasuki era reformasi untuk
    Indonesia baru telah terjadi perubahan pola pikirdan konsep dasar sdtrategispembangunan kesehatan dal;am bentuk paradigma sehat. Sebelumnya pembangunan kesehatan cenderung menggunakan paradigma sakit dengan menekankan upaya-upaya pengobatan (kuratif) terhadap masyarakat
    Indonesia.
    Perubahan paradigma kesehatan dan pengalaman kita dalam menangani masalah kesehatan di waktu yang lalu, memaksa kita untuk melihat kembali prioritas dn penekanan program dalam upaya meningkatkan kesehatan penduduk yang akan menjadi pelaku utama dan mempertahankan kesinambungan pembangunan.
    Untuk membentuk manusia
    Indonesia menjadi sumber daya manusia sehat-produktif-kreatif, kita harus berfikir dan agak berbeda dengan apa yang kita lakukan sekarang. Kita perlu re-orientasi dalam strategi dan pendekatan. Pembangunan penduduk yang sehat tiadk bias dilakukan melalui pengobatan yang sedikit saja.
    Perubahan paradigma dan re-orientasi mendasar yang perlu dilakukan adalah paradigma atau konsep yang semula menekankan pada penyembuhan penyakit berupa pengobatan dan meringankan beban penyakit diubah ke arah upaya peningkatan kesehatan dari sebagian besar masyarakat yang belum jatuh sakit agar bias lebih berkontribusi dalam pembangunan.
    2. konsep market segment adalah ; suatu pedoman atau aturan yg memang sudah ada untuk di kerjakan dan di patuhi oleh pekerja itu sendri
    3.kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran ,,belum di karenakan
    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KESEHATAN
    1). Ilmu pengetahuan dan teknologi baru
    Mengingkat perkembanga ilmu pengetahuan dan teknologi, maka akan diikuti oleh perkembangan pelayanan kesehatan untuk mengatasi masalah penyakit-penyakit yang sulit dapat digunakan penggunaan alat seperti leser, terapi penggunaan gen dan lain-lain.
    2). Nilai masyarakat
    Dengan beragamnya masyarakat, maka dapat menimbulkan pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan yang berbeda. Masyarakat yang sudah maju dengan pengetahuan yang tinggi, maka akan memiliki keasadaran yang lebih dalam pengunaan atau pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan, demikian juga sebaliknya.
    3). Aspek legal dan etik
    Dengan tingginya kesadaran masyarakat terhadap penggunaan atau pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan, maka akan semakin tinggi pula tuntutan hukum dan etik dalam pelayanan kesehatan, sehingga pelaku pemberi pelayanan kesehatan harus dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan secara professional dengan memperhatikan nilai-nilai hokum dan etika yang ada di masyarakat.
    4). Ekonomi
    Semakin tinggi ekonomi seseorang, pelayanan kesehatan akan lebih diperhatikan dan mudah dijangkau, begitu juga sebaliknya, keadaan ekonomi ini yang akan dapat mempengaruhi dalam system pelayanan kesehatan.
    5). Politik
    Kebijakan pemerintah melalui system politik yang ada akan semakin berpengaruh sekali dalam system pemberian pelayanan kesehatan. Kebijakan-kebijakan yang ada dapat memberikan pola dalam sistem pelayanan.
    contoh nya adalah pelayanan puskesmas yang berada jauh dari keramaian dan jauh dari pasar atau puskesmas yg berada di plosokan
    5.berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan adalah
    Pelayanan Kesehatan Bagi Penduduk Miskin

    BalasHapus
  3. 1. Coba Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut....
    Jawab : konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.
    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut....
    Jawab : konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat ketempat pelayanan kesehatan.
    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan......
    Jawab : paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.
    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya.....
    Jawab : kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Apakah Prilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya.........
    Jawab : pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun Rumah Sakit senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. Coba cari berbagai masalah, program, dan standart pelayanan kesehatan yang Saudara ketahui.....
    Jawab : pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit.

    BalasHapus
  4. HABIB NASUTION

    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut
    1. Healt Care adalah sebuah konsep dimana pelayanan kesehatan dilaksanakan secara holistic (menyeluruh) yang terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative. Dibandingkan dengan konsep medical care yang hanya menekankan pada aspek pengobatan atau kuratif konsep health care dinilai lebih baik dan lebih efektif.
    2. Investmen yaitu pelayanan kesehatan bukan berlangsung sesaat saja, akan tetapi akan terus berlangsung dan terus berkembang seiring dengan perubahan pola kesehatan. oleh karena itu masyarkat tidak bisa hanya sebagai konsumen, akan tetapi juga harus diarahkan ke kemandirian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    1. Market Segment adalah sebuah pola dimana strategi pelayanan kesehatan lebih ditujukan kepada kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Dibandingkan dengan focus kepada jenis penyakit, focus kepada kelompok dinilai lebih efektif karena dapat mengatasi lebih dari satu penyakit.
    2. Social function adalah pelayanan kesehatan yang diarahkan kepada jiwa social saat memberikan pelayanan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi untuk pemberi pelayanan.

    Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Menurut saya paradigma ini masih sangat jauh dari berhasil dikarenakan belum adanya keseriusan pemerintah dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan paradigm ini. Ketiga paradigma diatas masih relevan, akan tetapi perlu ditambah paradigma lain dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu hidup sehat. Misalkan dengan merapkan biaya pelayanan kesehatan yang terjangkau tetapi tetap bermutu.

    Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Sangat jauh dari pencapain, contohnya saja saat ini pelayanan kesehatan terkesan sangat mahal, sehingga timbul istilah orang miskin dilarang sakit. Masih banyak perilaku masyarakat yang jauh dari harapan seperti masyarakat yang tinggal dibantaran sungai masih saja membuang sampah ke sungai meskipun sudah ada aturan yang melarangnya.

    Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Belum, masih ada beberapa yang belum sesuai seperti, senyum yang tidak tulus, pelayanan yang tebang pilih, kurang ramah, membedakan antara kaya dengan jaminan pemerintah, dan masih ada pandangan yang terkesan tidak memperhatikan saat berbicara dengan pasien.

    Apa yang dimaksud hal-hal tersebut.
    Untuk mencapai TQM( Total Quality management) dengan baik harus dimulai dengan focus kepada pelanggan, mengutamakan kualitas, melakukan pendekatan ilmiah, memiliki komitmen jangka panjang, harus ada kerjasama tim yang baik, memiliki system yang berkesinambungan dan terus meningkatkan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan.

    Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.

    Masalah kesehatan sering terjadi terutama di daerah terpencil atau pedesaan. Masalah tersebut adalah tidak tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini sering membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan pengobatan. Hasilnya banyak penyakit yang sering terlambat tertangani. Banyak program pemerintah telah diregulasikan untuk menangani masalah tersebut. Contohnya melalui program dokter ptt dan bidan ptt. Faktanya saat ini banyak sekali para dokter yang ditugaskan enggan tinggal di daerah tersebut dengan alas an tidak betah karena tempatnya yang terpencil. Padahal standar pelayanan kesehatan yang ada adalah setiap daerah mempunyai pusat pelayanan kesehatan terpadu yaitu puskesmas. Dengan adanya puskesmas ini diharapkan dapat sebagai ujung tombak untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama. Yang terjadi saat ini puskesmas hanyalah sebatas nama tanpa memiliki fungsi seperti yang diharapkan.

    BalasHapus
  5. 1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut ?
    Baik bapak, saya akan mencoba menjawab, konsep healt care menitikberatkan kepada pelayanan kesehatan berdasarkan kepada metoda dan teknologi praktis, ilmiah, dan social yg dpt diterima oleh umum ( masyarakat, keluarga, dan individu ) melalui peran serta mereka sepenuhnya serta pihak terkait disekitarnya (stakeholder dan masyarakat umumnya) yang lebih menekankan pada aspek promotif dan preventif, selain kuratif dan rehabilitative.
    Sedangkan untuk konsep investment ialah bahwa paradigma pemeliharaan kesehatan sebagai investasi atau tabungan besar jangka panjang masyarakat pelaku konsep healt care.

    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    Dalam paradigma pemeliharaan kesehatan, konsep market segmen dikaitkan dengan proses pendefinisian dan pengelompokan besar homogen masalah paradigma pemeliharaan kesehatan menjadi jelas diidentifikasi segmen memiliki sejenis kebutuhan , keinginan , atau permintaan karakteristik paradigma tersebut yang tujuannya merancang suatu bauran pemasaran yang tepat yang sesuai dengan harapan dari pelanggan di segmen yang ditargetkan.
    Sedangkan pada konsep social function, berfokus pada cara-cara yang dipakai individu dalam bertingkahlaku agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemeliharaan kesehatannya dan dapat memenuhi seutuhnya.

    3. Apakah padigma ( lingkungan sehat, perilaku sehat dan pelayanan bermutu, adil dan merata ) ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Sejauh ini, menurut saya paradigm diatas belum berhasil, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya lingkungan masyarakat yang kumuh, serta perilaku pelayanan yang belum merata hingga lapisan bawah masyarakat.
    Menurut saya, sejauh ini masih relevan, yang terpenting bahwa adanya kesadaran berbagai pihak terkait terutama masyarakat dan stakeholder terkait pemberi kebijakan, dsb)
    4. Kebijakan dan visi negara yang harus dijalankan oleh semua departemen termasuk lembaga pemerintah non departemen, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Menurut saya, kebijakan itu belum sampai pada sasaran. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kawasan kawasan kumuh dengan contoh prilaku membuang sampah sembaragan, pemicu banjir

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Secara keseluruhan belum, hal ini tergambar dari masih banyaknyanya keluhan-keluhan pada tingkat pelayanan kesehatan. Senyum dsb menjadi suatu hal yang langka di lingkungan pemberi pelayanan bagi masyarakat, terutama pada tatanan pemberi pelayanan kesehatan.

    6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut. ( berfokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan system yang berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan)?
    Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.

    7. Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.
    Sebagai contoh masalah kesehatan penyakit Hepatitis pada bayi, diadakannya program Imunisasi dengan standar pelayanan kesehatan pemberian imunisasi anti-hepatitis atau combine pada neonatus yang baru lahir,

    BalasHapus
  6. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  7. 1. Yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen
    konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Pembangunan belum smua berhasil. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. selain itu, dalam paradigma sehat ini pengukuran derajat kesehatan masyarakat tidak semata-mata dilihat dari penurunan kesakitan/kematian (dengan memakai indicator negatif), tetapi lebih ditekankan pada pencapaian hasil peningkatan pada angka kesehatan (indicator Positif)
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Berikan komentar Saudara, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga banyaknya air terkontaminasi .
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  8. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut
    1. Healt Care adalah sebuah konsep dimana pelayanan kesehatan dilaksanakan secara holistic (menyeluruh) yang terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative. Dibandingkan dengan konsep medical care yang hanya menekankan pada aspek pengobatan atau kuratif konsep health care dinilai lebih baik dan lebih efektif.
    2. Investmen yaitu pelayanan kesehatan bukan berlangsung sesaat saja, akan tetapi akan terus berlangsung dan terus berkembang seiring dengan perubahan pola kesehatan. oleh karena itu masyarkat tidak bisa hanya sebagai konsumen, akan tetapi juga harus diarahkan ke kemandirian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    1. Market Segment adalah sebuah pola dimana strategi pelayanan kesehatan lebih ditujukan kepada kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Dibandingkan dengan focus kepada jenis penyakit, focus kepada kelompok dinilai lebih efektif karena dapat mengatasi lebih dari satu penyakit.
    2. Social function adalah pelayanan kesehatan yang diarahkan kepada jiwa social saat memberikan pelayanan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi untuk pemberi pelayanan.

    Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Menurut saya paradigma ini masih sangat jauh dari berhasil dikarenakan belum adanya keseriusan pemerintah dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan paradigm ini. Ketiga paradigma diatas masih relevan, akan tetapi perlu ditambah paradigma lain dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu hidup sehat. Misalkan dengan merapkan biaya pelayanan kesehatan yang terjangkau tetapi tetap bermutu.

    Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Sangat jauh dari pencapain, contohnya saja saat ini pelayanan kesehatan terkesan sangat mahal, sehingga timbul istilah orang miskin dilarang sakit. Masih banyak perilaku masyarakat yang jauh dari harapan seperti masyarakat yang tinggal dibantaran sungai masih saja membuang sampah ke sungai meskipun sudah ada aturan yang melarangnya.

    Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Belum, masih ada beberapa yang belum sesuai seperti, senyum yang tidak tulus, pelayanan yang tebang pilih, kurang ramah, membedakan antara kaya dengan jaminan pemerintah, dan masih ada pandangan yang terkesan tidak memperhatikan saat berbicara dengan pasien.

    Apa yang dimaksud hal-hal tersebut.
    Untuk mencapai TQM( Total Quality management) dengan baik harus dimulai dengan focus kepada pelanggan, mengutamakan kualitas, melakukan pendekatan ilmiah, memiliki komitmen jangka panjang, harus ada kerjasama tim yang baik, memiliki system yang berkesinambungan dan terus meningkatkan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan.

    Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.

    Masalah kesehatan sering terjadi terutama di daerah terpencil atau pedesaan. Masalah tersebut adalah tidak tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini sering membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan pengobatan. Hasilnya banyak penyakit yang sering terlambat tertangani. Banyak program pemerintah telah diregulasikan untuk menangani masalah tersebut. Contohnya melalui program dokter ptt dan bidan ptt. Faktanya saat ini banyak sekali para dokter yang ditugaskan enggan tinggal di daerah tersebut dengan alas an tidak betah karena tempatnya yang terpencil. Padahal standar pelayanan kesehatan yang ada adalah setiap daerah mempunyai pusat pelayanan kesehatan terpadu yaitu puskesmas. Dengan adanya puskesmas ini diharapkan dapat sebagai ujung tombak untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama. Yang terjadi saat ini puskesmas hanyalah sebatas nama tanpa memiliki fungsi seperti yang diharapkan.

    BalasHapus
  9. 1. Coba Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut?

    konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.

    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut?

    Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat ketempat pelayanan kesehatan.

    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan?
    Jawab : paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.

    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?

    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Apakah Prilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya >

    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun Rumah Sakit senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    6. Coba cari berbagai masalah, program, dan standart pelayanan kesehatan yang Saudara ketahui ?

    Pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  10. 1. Konsep atau paradigma health care yaitu suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih menekankan untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan dengan pelayanan kesehatan yang diberikan adalah esensial dan mengutamakan pada peningkatan serta kelestarian yang disertai percaya diri sendiri disertai partisipasi masyarakat dalam menentukan sesuatu tentang kesehatan.

    konsep investmen merupakan konsep pemeliharaan kesehatan sebagai investasi atau tabungan besar jangka panjang masyarakat

    2. Konsep market segment adalah konsep dengan pembagian dari keseluruhan masyarakat untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial yaitu setiap masyarakat saling memiliki ketergantungan atau peran serta dalam pemeliharaan kesehatan.

    3.paradigma indonesia sehat saat ini masih belum berhasil tapi masih relevan untuk dijadikan tolak ukur yang harus diusahan dan dicapai untuk memelihara dan meningkatkan sistem kesehatan di indonesia

    4.kebijakan negara yang harus dijalankan oleh semua departemen termasuk lembaga pemerintah non departemen sebenarnya sudah sampai pada masyarakat hanya saja belum mampu mengubah prilaku sehat masyarakat contohnya masyarakat yang enggan malakukan imunisasi bayi padahal mereka tahu iyu adalah program pemerintah untuk kesehatan bayi dan anak.

    5. perilaku pelayanan kesehatan seperti dalam SERVICE sudah banyak dilakukan di setiap institusi pelayanan kesehatan, tapi bukan menjadi dasar yang harus ada dalam pemberi pelayanan kesehatan tapi hanya menjadi aturan yang harus dilakukan dalam melakukan pekerjaan saja.

    6.berfokus pada pelanggan artinya mendahulukan pelanggan yang lebih membutuhkan dalam memberikan pelayanan kesehatan tanpa membedakan status. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    7. masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan contohnya adalah jaminan pelayanan kesehatan yang tidak merata dimana masyarakat yang kurang mampu tidak mendapat jaminan dari pemerintah serta pelayanan yang tidak maksimal bagi masyarakat kurang mampu.

    BalasHapus
  11. 1. Paradigma Sehat adalah cara pandang, pola pikir, atau model pembangunan kesehatan yang bersifat holistik
    • Melihat masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat lintas sektor
    • Upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan dan perlindungan kesehatan,
    • Bukan hanya panyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan

    2. segmentasi pasar (market segmentation) merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.segmentasi pasar (marketing segmentation) merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran (Marketing Target).
    Social Function adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas dan peranannya selama berinteraksi dalam situasi social tertentu berupa adanya rintangan dan hambatan dalam mewujudkan nilai dirinnya mencapai kebutuhan hidupnya.

    3. paradigma sehat di indonesia belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan vizi Indonesia Sehat 2015 adalah Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai olehpenduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk mengjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat yangsetinggi-tingginya di seluruh republik Indonesia

    4. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai kepada sasaran, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil atau didaerah pedalaman, mereka masih sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, karena sulitnya akses untuk menuju ke daerah tersebut sehingga butuh waktu yang lama bagi mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.
    Sedangkan perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat menimbulkan penyakit diare akibat tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah sembarangan.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Secara keseluruhan belum, hal ini tergambar dari masih banyaknya keluhan-keluhan pada tingkat pelayanan kesehatan. Senyum dsb menjadi suatu hal yang langka di lingkungan pemberi pelayanan bagi masyarakat, terutama pada tatanan pemberi pelayanan kesehatan.

    6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut. ( berfokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan system yang berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan)?
    Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.

    7. 7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.


    BalasHapus
  12. 1. Konsep atau paradigma health care and invesment merupakan sebuah proses yang berhubungan dengan pencegahan, perawatan, dan manajemen penyakit dan juga proses stabilisasi mental, fisik, dan rohani melalui pelayanan yang ditawarkan oleh organisasi, institusi, dan unit profesional kedokteran. healt care penekanannya kepada preventif dan promotif sedangkan invesmen lebih menekannya pada tahap panjangnya (sebagai investasi jangka panjang), seperti asuransi kesehatan .
    2.kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat. tetapi banyak faktor yang menyebabkan kebijakan ini tidak berjalan dengan baik.
    faktor yang mempengaruhi anatara lain:
    a. Usia klien
    Klien berusia dewasa dimungkinkan lebih sulit dilakukan modifikasi persepsi dan tingkah lakunya
    b. Jenis kelamin
    Jenis kelamin berkaitan dalam upaya pembentukan tingkah laku baru.
    cTingkat pendidikan.
    Pendidikan seseorang mempengaruhi cara pandangnya terhadap diri dan lingkungan, sehingga akan berbeda cara menyikapi proses berlangsungnya konseling pada klien yang berpendidikan tinggi dengan yang pendidikan rendah.
    d.Intelegensi
    Intelegensi pada prinsipnya mempengaruhi kemampuan penyesuaian diri dan cara pengambilan keputusan. Klien yang berintelegensi tinggi akan banyak berpartisipasi, lebih cepat, dan tepat dalam membuat suatu keputusan.
    e. Status sosial ekonomi.
    Status sosial ekonomi berpengaruh terhadap tingkah laku. Individu yang berasal dari keluarga dengan status ekonomi yang baik akan mempunyai sikap dan pandangan yang positif tentang masa depannya dibandingkan keluarga yang status ekonominya rendah.
    f. Sosial budaya
    Yang termasuk dalam sosial budaya adalah pandangan keagamaan dan kelompok etnis.
    3. Pada dasarnya segmentasi pasar (konsep segment market) merupakan suatu strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Dengan melaksana-kan segmentasi pasar, kegiatan pemasar-an di bidang kesehatan dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya tenaga kesehatan di bidang pemasaran dapat digunakan secara efektif dan efisien.
    Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi kesehatan/petugas kesehatan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
    4.paradigma indonesia sehat belum tercapai. Ada beberapa faktor penyebab indonesia sehat belum tercapai di antaranya pembangunan yang belum merata, buruknya infrastruktur, dan kualitas pelayanan kesehatan yang tidak sama antar provinsi.Contohnya, daerah-daerah yang hanya memiliki satu sarana Puskesmas dengan jarak yang jauh dan kondisi jalan yang buruk menyebabkan angka kematian ibu melahirkan tetap tinggi setiap tahunnya. Selain itu kondisi ini juga diperburuk dengan kurangnya tenaga kesehatan di daerah, terutama di daerah terpencil di Indonesia.contoh : merokok di temoat-tempat umum, membuang sampah di sungai, BAK dan BAB disungai/balong.
    5. pelayanan kesehatan kita belum sesuia dengan konsep diatas. salah satunya adalah masalah kenyamanan pasien akan kurangnya keramahan dan senyum sapa dari tenaga kesehatan yang sangat jauh dari konsep nyaman.
    6.Sesungguhnya yang menjadi produk dari organisasi pemerintahan adalah pelayanan yang berfokus pada masyarakat (publik service). Pelayanan tersebut diberikan untuk memenuhi hak masyarakat, baik itu merupakan layanan civil maupun layanan publik. Artinya kegiatan pelayanan pada dasarnya menyangkut pemenuhan suatu hak. Ia melekat pada setiap orang, baik secara pribadi maupun berkelompok (organisasi), dan dilakukan secara universal.
    7.berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan adalah
    masalah KEP. program yang bisa diberikan adalah penyuluhan dan pemberian makanan tambahan, monitoring dan evaluasi.standar pelayanan yang harus diberikan seperti penyuluhan yang di lakukan sebelum ,sesudah dan pada saat monitoring pasien. pemberian PMT dapat berupan susu, telor dan bahan lainnya yang diberika secara bertahap selam 3 bulan.


    BalasHapus
  13. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  14. 1. Primary Health Care ( PHC ) adalah : Pelayanan kesehatan pokok yang berdasarkan kepada metode dan teknologi praktis, ilmiah dan sosial yang dapat diterima secara umum baik oleh individu maupun keluarga dalam masyarakat melalui partisipasi mereka sepenuhnya, serta dengan biaya yang dapat terjangkau oleh masyarakat dan negara untuk memelihara setiap tingkat perkembangan mereka dalam semangat untuk hidup mandiri ( self reliance ) dan menentukan nasib sendiri ( self determination )
    Investasi kesehatan adalah memberikan atau menanam untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
    Investasi kesehatan juga bisa diartikan sebagai usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Artinya apapun yang dilakukan oleh seseorang atau masyarakat untuk tujuan memperoleh keuntungan dalam kehidupannya termasuk mendapatkan pelayanan atau derajat kesehatan yang lebih baik disebut sebagai investasi kesehatan. Contoh: Orang berinvestasi dalam pelayanan kesehatan adalah orang yang telah mengeluarkan dananya untuk memperoleh pelayanan kesehatan
    2. market segment dan social function
    Pasar terdiri dari banyak sekali konsumen yang berbeda dalam beberapa hal, misalnya keinginan, kamampuan keuangan, lokasi, sikap pembelian dan praktek-praktek pembeliannya. Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk menentukan perbedaan-perbedaan di antara pembeli, yang mungkin mengakibatkan preferensi (pemilihan) barang-barang yang mereka inginkan itu juga berbeda-beda. Disebabkan adanya perbedaan-perbedaan dalam daya beli (pendapatan), suku, agama, pendidikan, daerah dan sebagainya, maka pengusaha perlu membedakan kebutuhan-kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mengelompokkan pasar (market segmentation). Dan Penghargaan yang diberikan masyarakat kepada segala sesuatu yang baik, penting, luhur, pantas, dicita-citakan, dan memiliki daya guna fungsional bagi perkembangan dan kebaikan hidup bersama serta Sesuatu yang baik, dicita-citakan, dan dianggap penting oleh warga masyarakat.
    3. Belum, masih jauh dari kata berhasil, lingkungan sehat jarang sekali kita lihat, sangat sulit sekali kita menemukan lingkungan yang sehat di masyarakat begitu juga dengan perilaku sehat semntara pelayanan kesehatan yang bermutu masih jauh dari harapan, masih membeda-bedakan status social dan belum ditunjang sarana serta SDM yang memadai jadi sangat sulit untuk tercipta, sekarang masyarakat lebih dimanjakan dengan berbagai bantuan dan penggratisan biaya pengobatan, sehingga masyarakat enggan berusaha untuk mempunyai prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan menurut tidak relevan lagi masih harus diperbaiki.
    4. Belum ke sasasran menurut saya karena masih banyak masyarakat yg belum mengetahuinya dan masyarakat yg sudah mengetahui tidak melaksanakan dengan kesadaran, contoh : masyarakat belum mempunyai kesadaran untuk berperilaku sehat, ex : tidak mempunyai jamban sehat, merokok, membuang sampah sembarangan dll.

    BalasHapus
  15. 5. Belum Karena pelayanan pada umumnya masih sering berdasarkan status social, antara pemberi palayanan dengan penerima pelayanan belum terjalin komunikasi yg harmonis, terkadang pemberi pelayanan belum menerapkan peraturan yg berlaku, begitu juga dengan penerima pelayanan.
    6. Total quality management merupakan suatu konsep manajemen m,odern yang berusaha untuk merespons secara tepat terhadap setiap perubahan yang ada, baik yang didorong oleh kekuatan eksternal maupun internal. TQM lebih berfokus pada tujuan untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan memasok barang dan jasa yang memiliki kualitas setinggi mungkin. Kehadiran TQM sebagai paradigma baru menurut komitmen jangka panjang dan perubahan total atas paradigma manajemen tradisional. Perlunya perubahan total dikarenakan cara menjalankan bisnis dengan TQM berbeda sekali dengan cara tradisional. Perbedaan pokok adalah berupa karakteristik yang tercakup dalam unsur-unsur TQM, yang meliputi:
    • Fokus pada pelanggan eksternal dan internal, Memiliki obsesi tinggi terhadap kualitas, Pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, Adanya komitmen jangka panjang, Kerja sama tim, Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, Perbaikan proses secara berkesinambungan, Adanya pendidikan dan pelatihan karyawan yang bersifat bottom-up, Adanya kebebasan yang terkendali, Adanya kesatuan tujuan
    7. Masalah Pelayanan Kesehatan
    Pelayanan kesehatan yang bermutu akan menghasilkan derajat kesehatan optimal. Tercapainya pelayanan kesehatan yang sesuai standar membutuhkan syarat ketersediaan sumber daya dan prosedur pelayanan.
    Ketersediaan sumber daya yang akan menunjang perilaku sehat masyarakat untuk memanfaat pelayanan kesehatan baik negeri atau swasta membutuhkan prasyarat sumber daya manusia (petugas kesehatan yang profesional), sumber daya sarana dan prasarana (bangunan dan sarana pendukung) seta sumber daya dana (pembiayaan kesehatan).
    Saat ini masyarakat banyak menerima pelayanan kesehatan di bawah standar akibat kedua syarat di atas tidak dipenuhi. Keterbatasan ketenagaan di Indonesia yang terjadi karena kurangnya tenaga sesuai kompetensi atau tidak terdistribusi secara merata melahirkan petugas kesehatan yang memberikan pelayanan tidak sesuai kompetensinya. Kurangnya pengetahuan dan motif ekonomi sering menjadikan standar pelayanan belum dikerjakan secara maksimal. Masyarakat cenderung menerima kondisi tersebut karena ketidaktahuan dan keterpaksaan. Walaupun pemerintah telah banyak melakukan perbaikan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia baik melalui peraturan standar kompetensi tenaga kesehatan maupun program peningkatan kompetensi dan pemerataan distribusi tenaga kesehatan tetapi belum seluruh petugas kesehatan mendukung. Hal tersebut terkait perilaku sehat petugas kesehatan yang masih banyak menyimpang dari tujuan awal keberadaannya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan kuratif masih memimpin sedangkan aspek preventif dan promotif dalam pelayanan kesehatan belum dominan. Perilaku sehat masyarakat pun mengikuti saat paradigma sehat dikalahkan oleh perilaku sakit, yaitu memanfaatkan pelayanan kesehatan hanya pada saat sakit.

    BalasHapus
  16. Tri Afrinia menjawab :
    1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit ISPA, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang ISPA di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita ISPA standar pelayanan penyakit ISPA dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan bahaya ISPA, dan memberikan obat yang sesuai penyakit ISPA

    BalasHapus
  17. 1. Paradigma health care dan investmen merupakan paradigma sehat atau sering kita menyebutnya sebagai argumen pencegahan dan efisiensi. Argumentasi pencegahan melihat masalah penyakit dari sudut pandang waktu sehat. Pencegahan adalah keharusan. Karena penduduk memiliki pertimbangan yang berbeda-beda tentang pencegahan, maka pemerintah adalah leader dalam program pencegahan. Argumentasi ini dikuatkan oleh pertimbangan biaya. Pencegahan dipertahankan sebagai upaya lebih murah daripada pengobatan. Alasan ini kerap merupakan respon terhadap krisis biaya untuk pelayanan kesehatan.Pada tingkat kebijakan, paradigma sehat adalah penting bukan untuk mengurangi subsidi pelayanan kesehatan atau memindahkan prioritas pelayanan ke pencegahan penyakit.

    2. Yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function
    Market segment adalah :
    pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok dengan karekteristik umum. segmentasi pasar ini merupakan langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut akan di jadikan target pemasaran.

    Social Function adalah :
    kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas dan peranannya selama berinteraksi dalam situasi social tertentu berupa adanya rintangan dan hambatan dalam mewujudkan nilai dirinnya mencapai kebutuhan hidupnya.

    3. Apakah padigma sudah berhasil Dan apakah masih relevan?
    Menurut saya paradigma sehat di indonesia belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan visi Indonesia Sehat 2015 adalah Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk mengjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat yang setinggi-tingginya di seluruh republik Indonesia. Paradigma sehat masih sangat relevan untuk diwujudkan asalkan didukung sepenuhnya oleh semua lapisan mulai dari pengambil keputusan ( pemerintah) dan masyarakat selaku sasaran utamanya.

    Jawaban selanjutnya menyusul pak,tidak bisa dikirim dalam satu kali komentar.

    BalasHapus
  18. Lanjutan....

    4. apakah kebijakan telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut?

    Kebijakan tersebut belum sepenuhnya mencapai sasaran.
    Masih banyak masyarakat kita yang enggan berperilaku hidup bersih dan sehat (misalnya: membuang sampah sembarangan, tidak menjaga kebersihan lingkungan,Buang air besar sembarangan, melahirkan dibantu oleh dukun dll). Kemudian dilihat dari Pelayanan kesehatan, masih banyak masyarakat didaerah terpencil yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan, masih belum terjangkau oleh program promosi kesehatan. Kebijakan pemerintah juga saat ini masih didominasi oleh kegiatan Kuratif dan Rehabilitative sedangkan untuk kegiatan preventif dan promotif masih dianggap kegiatan yang belum penting.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti SERVICE : upaya pelayanan yang kita terapkan sudah semaksimal mungkin akan tetapi apabila ada kekurangan dibalik itu semua dikarenakan hanya oknum oknum tertentu yang menyebabkan prinsip tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Adapun penjelasannya yaitu :
    S: Senyum dalam memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat, akan membuat si pasien lebih merasa di perhatikan dan dihargai.
    E: Melakukan pelayanan secara prima akan berpengaruh baik terhadap hasil kerja yang akan dicapai.
    R: Jika setiap masyarakat dapat menjangkau rumah sakit/tempat pelayanan kesehatan lain atau sebaliknya maka jaminan kesehatan akan terwujud secara adil dan merata.
    V: Memandang setiap pelanggan sebagai pelanggan spesial akan mempengaruhi kualitas pelayanan menjadi lebih baik.
    I: Dengan pelayanan kesehatan yang baik maka pasien tidak akan segan untuk datang kembali.
    C: Suasana yang hangat/akrab menyebabkan kita dengan mudah mendapat informasi mengenai si pasien.
    E: Kontak mata karena dengan kontak mata si pasien akan merasa percaya dengan pelayanan kesehatan yang kita berikan karena mereka merasa di perhatikan.

    6. Yang dimaksud
    Pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan.
    Obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan.
    Pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan.
    Komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
    Kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi.
    Perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
    Pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan

    7. Berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saya ketahui :
    Masalah gizi buruk sering terjadi terutama di daerah yang memiliki tingkat ekonomi rendah. Masalah tersebut dapat dikarenakan oleh tidak terpenuhinya gizi yang seimbang bagi masyarakat. Hasilnya banyak masyarakat yang sering terkena gizi buruk. Banyak program pemerintah telah diregulasikan untuk menangani masalah tersebut. Contohnya melalui program pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI). Faktanya saat ini banyak sekali para masyarakat yang beranggapan bahwa mereka akan selalu diberi bantuan sehingga mereka akan merasa selalu ketergantungan terhadap pemerintah. Padahal standarnya adalah masyarakat harus memenuhi kecukupan gizinya sendiri dengan mengkonsumsi makanan yang yang sehat dan mengandung zat zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

    BalasHapus
  19. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang
    belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan
    penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare

    BalasHapus
  20. 1. Yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investment :

    Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kes masy. Konsep HC lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif, sedangkan konsep investment merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.

    2. Yang dimaksud dengan konsep market segment (segmen pasar) dan social function (fungsi sosial) :

    artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam yankes untuk diberikan pendidikan kes agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, sedangkan konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kes memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya, seperti membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat kepuskesmas.

    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan?
    paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutu pun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai.
    menurut saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara bijak dan serius oleh semua pihak terutama pemerintah (pemegang kebijakan) dan dinkes lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kwalitas SDM yang ada.

    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?
    Kebijakan ini sudah sampai ke masy hanya saja distribusinya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil (desa) yang belum dpt merasakan kebijakan tsb, kecuali diperkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya :
    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas ataupun RS, senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelayan masih harus diperhatikan dan diperbaiki lagi.

    6. Berbagai masalah, program, dan standar Yankes yang sy ketahui :

    Pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  21. 1. Paradigma Sehat adalah cara pandang, pola pikir, atau model pembangunan kesehatan yang bersifat holistik
    • Melihat masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat lintas sektor
    • Upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan dan perlindungan kesehatan,
    • Bukan hanya panyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan

    2. segmentasi pasar (market segmentation) merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.segmentasi pasar (marketing segmentation) merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran (Marketing Target).
    Social Function adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas dan peranannya selama berinteraksi dalam situasi social tertentu berupa adanya rintangan dan hambatan dalam mewujudkan nilai dirinnya mencapai kebutuhan hidupnya.

    3. paradigma sehat di indonesia belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan vizi Indonesia Sehat 2015 adalah Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai olehpenduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk mengjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat yangsetinggi-tingginya di seluruh republik Indonesia

    4. Menurut saya kebijakan tersebut belum sampai kepada sasaran, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil atau didaerah pedalaman, mereka masih sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, karena sulitnya akses untuk menuju ke daerah tersebut sehingga butuh waktu yang lama bagi mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.
    Sedangkan perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat menimbulkan penyakit diare akibat tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah sembarangan.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Secara keseluruhan belum, hal ini tergambar dari masih banyaknya keluhan-keluhan pada tingkat pelayanan kesehatan. Senyum dsb menjadi suatu hal yang langka di lingkungan pemberi pelayanan bagi masyarakat, terutama pada tatanan pemberi pelayanan kesehatan.

    6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut. ( berfokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan system yang berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan)?
    Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.

    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  22. Nanik Listiawati FKM

    1. Paradigma Sehat adalah cara pandang, pola pikir, atau model pembangunan kesehatan yang bersifat holistik yang melihat masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat lintas sektor, upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan dan perlindungan kesehatan, dan bukan hanya panyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan. Sedangkan konsep investmen adalah jangka panjang dalam program kesehatan yang harus di pikirkan dan direncanakan dari sekarang.
    2. yang dimaksud dengan konsep market segment segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial dalam setiap permasalahan yang ada disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya.
    3. padigma tersebut belum berhasil karena masih banyak lingkungan tempat tinggal masyarakat yang jauh dari lingkungan sehat dan menerpkan prilaku sehat dalam kehidupan sehari - hari, seperti masyarakat yang tinggal didaerah pinggiran sungai dan pinggiran rel kereta api. Mereka yang tinggal ditempat tersebut terlihat begitu kumuh dan jauh dari kesan sehat.
    4. kebijakan tersebut belum sampai pada sasaran karena belum meratanya tenaga kesehatan yang berada di suatu pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang berada di daerah terpencil dan perbatesan misalnya, disana masih banyak masyarakt yang kekurangan tenaga kesehatan untuk melakukan pelayanan begitu pula dengan fasilitas kesehatan yang ada. Contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut adalah masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan terutama disungai dan sungai tersebut juga digunakan untuk kegiatan sehari – hari seperti mandi, buang air besar, mencuci baju dan mencuci peralatan makan dan masak.
    5. perilaku pelayanan kita belum seperti perilaku pelayanan diatas, hal ini terlihat dari masih banyaknya tenaga kesehatan yang belum melayani pasien dengan ramah, sehingga membuat suasana tidak nyaman.
    6. Untuk mencapai keberhasilan TQM( Total Quality management) kita harus berfokus pada pelanggan dengan memperhatikan kualitas manajemen yang telah dibuat dalam jangka panjang dengan saling berkerja sama antar tim. TQM juga harus dibarengi dengan dengan peningkatan SDM yang ada yaitu melalui pelatihan dan pendidikan yang pada akhirnya melakukan perbaikan – perbaikan pada sistem yang dianggap masih kurang bermutu.
    7. Masalah kesehatan seperti tidak meratanya tenaga kesehatan yang ada terutama pada daerah terpencil dan daerah perbatasan. Program kesehatan contohnya adanya jampersal (jaminan persalinan) bagi calon ibu yang akan melahirkan. Dan Standar Pelayan Kesehatan seperti balita gizi buruk yang ditangani di sarana pelayanan kesehatan sesuai tatalaksana gizi buruk di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu.

    BalasHapus
  23. 1. Konsep atau paradigma health care adalah usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam
    pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu
    menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak
    daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah- daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing- masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem
    berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti
    penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  24. 1). Konsep atau paradigma health care adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.

    2). Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat ketempat pelayanan kesehatan.

    3). paradigma sehat di indonesia belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan visi Indonesia Sehat 2015 yaitu Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai olehpenduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk mengjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat yang setinggi-tingginya di seluruh Republik Indonesia.

    4). Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga banyaknya air terkontaminasi .

    5). Pelayanan kesehatan kita belum sesuai dengan konsep diatas. salah satunya adalah masalah kenyamanan pasien akan kurangnya keramahan dan senyum sapa dari tenaga kesehatan yang sangat jauh dari konsep nyaman.

    6). Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.
    7). Masalah kesehatan sering terjadi terutama di daerah terpencil atau pedesaan. Masalah tersebut adalah tidak tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini sering membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan pengobatan. Hasilnya banyak penyakit yang sering terlambat tertangani. Banyak program pemerintah telah diregulasikan untuk menangani masalah tersebut. Contohnya melalui program dokter ptt dan bidan ptt. Faktanya saat ini banyak sekali para dokter yang ditugaskan enggan tinggal di daerah tersebut dengan alas an tidak betah karena tempatnya yang terpencil. Padahal standar pelayanan kesehatan yang ada adalah setiap daerah mempunyai pusat pelayanan kesehatan terpadu yaitu puskesmas. Dengan adanya puskesmas ini diharapkan dapat sebagai ujung tombak untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama. Yang terjadi saat ini puskesmas hanyalah sebatas nama tanpa memiliki fungsi seperti yang diharapkan.




    BalasHapus
  25. - Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut
    1. Healt Care adalah sebuah konsep dimana pelayanan kesehatan dilaksanakan secara holistic (menyeluruh) yang terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative. Dibandingkan dengan konsep medical care yang hanya menekankan pada aspek pengobatan atau kuratif konsep health care dinilai lebih baik dan lebih efektif.
    2. Investmen yaitu pelayanan kesehatan bukan berlangsung sesaat saja, akan tetapi akan terus berlangsung dan terus berkembang seiring dengan perubahan pola kesehatan. oleh karena itu masyarkat tidak bisa hanya sebagai konsumen, akan tetapi juga harus diarahkan ke kemandirian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

    - Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    1. Market Segment adalah sebuah pola dimana strategi pelayanan kesehatan lebih ditujukan kepada kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Dibandingkan dengan focus kepada jenis penyakit, focus kepada kelompok dinilai lebih efektif karena dapat mengatasi lebih dari satu penyakit.
    2. Social function adalah pelayanan kesehatan yang diarahkan kepada jiwa social saat memberikan pelayanan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi untuk pemberi pelayanan.

    - Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan?
    Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.

    - Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?
    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    - Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Secara keseluruhan belum, hal ini tergambar dari masih banyaknya keluhan-keluhan pada tingkat pelayanan kesehatan. Senyum dsb menjadi suatu hal yang langka di lingkungan pemberi pelayanan bagi masyarakat, terutama pada tatanan pemberi pelayanan kesehatan.

    - Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut. ( berfokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan system yang berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan)?
    Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.

    - Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  26. M Halfani Solikhin:

    1. Konsep Healt care dan Investment
    - Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif.
    - konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment dan Sosial Function
    - Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    - konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya.
    3. Paradigma tersebut belum sepenuhnya berhasil namun telah ada sikap menerima dan mulai perlahan mengimplementasikan dari masyarakata mengenai paradigma tersebut dan dibeberapa tempat masyarakat sudah melaksanakannya dilingkungan tempat tinggal mereka.
    - Saya rasa masiah relevan karena hal tersebut merupakan keniscayaan bagi pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia.
    4. Saya rasa kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran (masyarakat) namun dibeberapa tempat masyarakat belum mengindahkan himbauan dari pemerintah karena faktor sosial budaya yang ada di masyarakat.
    Contoh: Masyarakat yang tinggal dibantaran kali cenderung membuang sampah di aliran sungai sehingga DAS menjadi tercemar dengan alasan sampah yang di buang di TPS telat diambil sehingga menimbulkan bau tak sedap.
    5. Perilaku pelayanan kesehatan kita belum seluruhnya sesuai dengan macam-macam perilaku pelayanan seperti diatas namun telah ada dibebrapa RS telah memberdayakan 5S (senyum, sapa, salam, santun, sopan) bahkan mereka menempelkan sebuah pin di baju mereka dengan tujuan mengingatkan tentang budaya tersebut.
    6. - berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan.
    - obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan.
    - pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan.
    - komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
    - kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi.
    - perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
    - pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan gigi anak usia sekolah, program yang dilakukan adalah penyuluhan tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut dan langsung mempraktekkannnya. Juga tersedianya UKS di sekolah.

    BalasHapus
  27. 1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut
    Jawab :
    Healt Care adalah sebuah konsep dimana pelayanan kesehatan dilaksanakan secara holistic (menyeluruh) yang terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative. Dibandingkan dengan konsep medical care yang hanya menekankan pada aspek pengobatan atau kuratif konsep health care dinilai lebih baik dan lebih efektif. Investmen yaitu pelayanan kesehatan bukan berlangsung sesaat saja, akan tetapi akan terus berlangsung dan terus berkembang seiring dengan perubahan pola kesehatan. oleh karena itu masyarkat tidak bisa hanya sebagai konsumen, akan tetapi juga harus diarahkan ke kemandirian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.
    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut
    Jawab :
    Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan?
    Jawab :
    paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.
    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Sangat jauh dari pencapain, contohnya saja saat ini pelayanan kesehatan terkesan sangat mahal, sehingga timbul istilah orang miskin dilarang sakit. Masih banyak perilaku masyarakat yang jauh dari harapan seperti masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai masih saja mck meskipun sudah ada larangannya.

    5. Apakah Prilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya
    Jawab :
    pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan Contohnya : dikarenakan dipelayanan kesehatan masih saja perilaku pelayanan kita kurang seperti bersikap ramah ,senyum dan bertutur kata baik, serta kadang pelayanan dibuat seolah-olah lambat dan tidak efektif
    6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut. ( berfokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan system yang berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan)?
    Jawab :
    Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.
    7. Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.
    Jawab :
    Masalah kesehatan seperti penyakit DBD, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang DBD di masyarakat terutama mengingat kebanyakan dimasyarakat yang rawan menderita DBD, standar pelayanan penyakit DBD

    BalasHapus
  28. a. Konsep atau paradigma health care dan investmen care :
    -Healt care : Cara pandang, pola pikir atau model pembangunan kesehatan yang melihat masalah kesehatan saling berkait dan mempengaruhi dengan banyak faktor yang bersifat lintas sektor, dan upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan dan perlindungan kesehatan, bukan hanya penyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan.Invesmen care : merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.misalnya : asuransi kesehatan
    b.Yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function
    Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    c. Apakah paradigma ini sudah berhasil(lingkungan sehat, perilaku sehat dan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata,? Dan apakah masih relevan?
    Menurut saya paradigma diatas belum berhasil karena dari ketiga hal diatas apabila kita lihat masih jauh dari harapan.misalnya di rumah sakit masih banyak kita jumpai sampah berserakan, masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya,bagi pasien miskin kadang kurang mendapatkan pelayanan yang baik. Menurut saya masih relevan
    d. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Menurut saya masih jauh dari pencapaian, misalnya saja orang masih sembarangan membuang sampah dijalan
    e.Apakah perilaku pelayanan kita sudah sesuai
    menurut saya perilaku pelayanan kita masih jauh dari yang diharapkan misalnya saja senyum, terkadang seorang petugas kesehatan sangat ketus kepada pasien.sehingga mereka merasa tidak nyaman berobat dengan petugas tersebut.
    f.Keberhasilan TQM artinya :
    berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    g. Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.
    Misalnya pemberian Vitamin A pada balita, pemberian Vit tersebut dapat kita berikan pada saat pelaksanaan Posyandu sambil memberikan penyuluhan tentang betapa pentingnya pemberian Vit.A pada balita, sehingga diharapkan anak-anak tidak mengalami gangguan pada penglihatannya

    BalasHapus
  29. NM. Trankko Negara, menjawab

    1. paradigma healt care merupakan pandangan mendasar yang melihat bahwasanya menjaga sehat sebelum terjadinya sakit merupakan hal yang utama. paradigma ini menekankan bahwa menjaga kesehatan atau merawat diri sebelum terjadinya penyakit lebih mudah dilakukan dibandingkan mencari kesembuhan setal sakit. paradigma healt care didamnya terdapat penjagaan kesehatan dengan rutin melakukan olahraga dan menjaga gaya hidup sehat. investment, disini diartikan bahwa menjaga diri dan kesehatan sebelum datangnya sakit bisa dilakukan dalam waktu yang rutin, dan evek terjaganya kesehatan adalah dalam waktu yang lama.

    2. market segmen mengartikan bahwa yang menjadi objek atau sasaran dari paradigma ini ialah masyarakat umum yang kesemuanya perlu dijaga kesehatannya secara menyeluruh.
    social function ialah pandangan mendasar tentang fungsi sosial, yang mengartikan bahwa untuk mencapai kesehatan yang optimal perlu dijalankan pula peran atau fungsinya didalam lingkungan sosialnya secara baik.

    3. paradigma indonesia sehat menurut saya belum berjalan dengan optimal, belum tercapai apa yang diinginkan, sebai contoh disana disebutkan bahwa pelayanan kesehatan yang bermutu. dalam kenyataannya pelayanan kesehatan di indonesia terutama didaerah yang kurang terjanggkau oleh pembangunan ataupun yang baik pembangunannya, pelayannan kesehatn disana belum optimal dalam mutunya. masih banyak tinadakan yang tidak dilakukan sesuai prosedur yang diamanhkan.
    cita-cita paradigma indonesia dinilai relevan dengan kondisi saat ini, olehkarenanya paradigma ini masih menjadi perioritas pemerintah dalam hal ini kementrian kesehatan sebagai pelaksananyan didukung sektor lainnya.

    4. kebijakan tersebut belum bisa dikatakan sampai pada sasaran karena melihat kenyataanya pembangunan di indonesia belumlah berwawasan kesehatan, terlihat dari masyarakat di indonesia belum memahami betul apa itu sehat dan seberapa pentingnya sehat itu perlu dijaga. pembanguna fisik suatu kota kurang memperhatikan lingkungan sekitar yang terkena dampak buruk dari pembangunan tersebut.
    contoh prilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan visi tersebut seperti, perilaku hidup bersih dilingkungan umum tidak terjaga dengan membuang sampah tidak pada tempatnya.

    5. perilaku pelayannan kesehatan belum sempenuhnya sempurna seperti diatas dapat dilihat pada saat kita menjadi pengguna atau konsumen dari pelayanan kesehatan.

    6. berfokus pada pelanggan artinya, apa yang menjadi harapan dari pengguna layanan jasa diperhatikan dan dutamakan untuk dicapai. maka didalamnya akan terdapat persaingan untuk memberi pelayanan dengan sebaik baiknya, baik itu persaingan kualitas antar individu pemberi pelayanan atau antar instansi pemberi pelayanan.

    7. program penyakit tb paru yang kurang penjagaan terhadap pasiennya, kurangnya motifasi dari tenaga yankes dan keluarganya. perogarm gizi dan pemberian makana tambahan untuk balita yang tidak sampai kepada target.

    BalasHapus
  30. 1. Health Care adalah sebuah konsep pelayanan kesehatan dan promosi kesehatan dilaksanakan secara holistic (menyeluruh) yang terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative.
    Sedangkan invesment adalah sebuah konsep pelayanan kesehatan yang bersifat berlanjut dan terus berkembang.
    2. Market segment yaitu pembagian sebagian dari keseluruhan pelayanan kesehatan untuk suatu pelayanan kelompok-kelompok dengan karakteristik umum dengan tujuan ada keuntungan terhadap pihak-pihak tertentu yang saling bekerjasama.
    Sedangkan social function yaitu pelayanan kesehatan yang lebih ditujukan masyarakat pada umumnya tanpa ada kepentingan finansial supaya merata.
    3. Padigma tersebut belum berhasil serta belum cukup relevan.
    4. Belum sepenuhnya sampai sasaran,terlebih secara merata. contohnya yaitu pada daerah2 yang masih terisolasi pelayanan kesehatan yang disediakan masih sangat terbatas baik secara program maupun secara kualitas dan kuantitas SDM nya.
    5. Belum, karena kurangnya kesadaran serta pelatihan/pengembangan mutu dan kualitas terhadap SDM (pelayan kesehatan) terhadap perilaku pelayanan dengan moto "SERVICE".
    6. a. berfokus pada pelanggan : memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan dan memperkecil keuntungan pribadi
    b. pendekatan ilmiah : melakukan pendekatan secara ilmiah dalam memberikan pelayanan
    c. komitmen jangka panjang : tidak hanya sementara dalam memberikan pelayanan yang terbaik
    d. kerjasama tim terpadu TQM : melakukan pelayan dengan kerjasama dalam memberikan pelayan publik.
    e. perbaikan sistem yang berkesinambungan : terus melakukan pengkajian dan perbaikan sistem yang telah ada secara berlanjut/tidak berhenti.
    f. pendidikan dan pelatihan : untuk meningkatkan kualitas SDM
    7. Masalah : kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya rokok baik terhadap diri sendiri maupun untuk lingkungan disekitar
    Program : memberikan sanksi/denda serta sosialisasi untuk tidak merokok ditempat umum
    Standar pelayanan kesehatan : menyediakan poli TB paru.

    BalasHapus
  31. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.

    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.

    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.

    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  32. 1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut
    Pada intinya paradigma sehat memberikan perhatian utama terhadap kebijakan yang bersifat pencegahan dan promosi kesehatan, memberikan dukungan dan alokasi sumber daya untuk menjaga agar yang sehat tetap sehat namun tetap mengupayakan yang sakit segera sehat. Pada prinsipnya kebijakan tersebut menekankan pada masyarakat untuk mengutamakan kegiatan kesehatan dari pada mengobati penyakit. Telah dikembangkan pengertian tentang penyakit yang mempunyai konotasi biomedik dan sosio kultural.sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.

    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function
    konsep market segment adalah : merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan kesehatan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum. yaitu apa yang dibutuhkan masyarakat dan jenis pelayanan apa yang deberikan untuk kesehatan.
    Social function adalah :ara-cara yang dipakai oleh individu akan kolektivitas seperti keluarga dalam bertingkah laku agar dapat melaksanakan tugas-tugas kehidupannya serta dapat memenuhi kebutuhannya. Juga dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan yang dianggap penting dan pokok bagi penampilan beberapa peranan sosial tertentu yang harus dilaksanakan oleh setiap individu sebagai konsekuensi dari keanggotaannya dalam masyarakat. Penampilan dianggap efektif diantarannya jika suatu keluarga mampu melaksanakan tugas-tugasnya

    3. Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    menurut saya peradigma diatas belum sepenuhnya berhasil masih jauh dari harapan yaitu belum adanya kesadaran tentang lingkungan sehat dan berperilaku hidup sehat dari masyarakat dan belum meratanya sosialisasi pemerintah tentang kesehatan di kota maupun plosok desa. ketiga pradigma di atas masih belum sepenuhya relevan karna belum meratanya keadiln dan kesadaran tentang hidup sehat.

    Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?
    Kebijakan ini sudah sampai ke masy hanya saja distribusinya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil (desa) yang belum dpt merasakan kebijakan tsb, kecuali diperkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya :
    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas ataupun RS, senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelayan masih harus diperhatikan dan diperbaiki lagi.

    6. Berbagai masalah, program, dan standar Yankes yang sy ketahui :

    Pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  33. 1. Konsep atau paradigma health care adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.

    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.

    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.

    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    6. Berfokus pada pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  34. 1. konsep atau paradigma health care dan investmen yaitu Dipandang dari segi ekonomi melakukan investasi pada orang yang tidak atau belum sakit lebih “cost effective” daripada terhadap orang sakit karena investasi pada orang “sehat” dan orang ”tidak sakit” lebih dekat ke produktivitas ketimbang investasi pada orang sakit.Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.

    3. paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.

    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal contohnya anemia pada ibu hamil, kekurangan kalori dan protein pada bayi dan anak-anak, GAKY terutama didaerah endemic, kekurangan vitamin A pada anak, anemia pada kelompok mahasisiwa, anak-anak usia sekolah, masih tingginya angka BBLR, serta bagaimana mempertahankan dan meningkatkan cakupan imunisasi. Permasalahan tersebut harus ditayngani secarasungguh-sungguh karena dampaknya akan mempengaruhi kualitas bahan baku sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang.

    5. senyum untuk semua orang, keunggulan dalam segala sesuatu yang kita lakukan, menjangkau setiap tamu dengan keramahan, melihat setiap tamu sebagai khusus, mengundang tamu untuk kembali, menciptakan suasana yang hangat, kontak mata yang menunjukkan kita peduli, menurut saya masih jauh dari harapan, mungkin untuk swasta hal seperti ini telah dilaksanakan dari awal agar masyarakat percaya dan yakin akan pelayanan dan kemampuan mereka.

    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  37. 1.
    Konsep atau paradigma health care adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. Contohnya pelayanan kesehatan di puskesmas.
    Konsep investmen adalah program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang
    2. .
    Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    Contoh memberikan penyuluhan tentang bahaya DBD dan cara pencegahan DBD melalui iklan iklan di televisi
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya
    Contoh membantu tetangga yang sedang sakit dengan membawa ke Rumah sakit atau pelayanan kesehatan yang dekat
    3.
    Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Berikan komentar Saudara, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan.
    Contoh ,karna tidak adanya jamban warga sehingga menyebabkan warga buang air besar di kali sehingga mencemari air yang akan menimbulkan bau tidak sedap dan apa bila airnya di minumakan menyebabkan diare
    5.
    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut.
    a. Berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan.
    b. Obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan.
    c. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan.
    d. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
    e. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi.
    f. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
    g. pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.
    Masalah kesehatan seperti Demam Berdarah Dengue, Program Promkes yaitu petugas memberikan penyuluhan kesehatan tentang DBD di Pekon-Pekon terutama daerah yang terkena endemis DBD standar pelayanan kesehatan penyakit DBD dengan mengajurkan pasien banyak minum dan mempertahankan dayatahan tubuh agar kondisi tidak ngedrop dengan memasang infus,dan memberikan obat penurun panas
    Memantau trombosit dengan cek lab

    BalasHapus
  38. helga oktora, fkm

    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut
    1. Healt Care adalah sebuah konsep dimana pelayanan kesehatan dilaksanakan secara holistic (menyeluruh) yang terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative. Dibandingkan dengan konsep medical care yang hanya menekankan pada aspek pengobatan atau kuratif konsep health care dinilai lebih baik dan lebih efektif.
    2. Investmen yaitu pelayanan kesehatan bukan berlangsung sesaat saja, akan tetapi akan terus berlangsung dan terus berkembang seiring dengan perubahan pola kesehatan. oleh karena itu masyarkat tidak bisa hanya sebagai konsumen, akan tetapi juga harus diarahkan ke kemandirian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    1. Market Segment adalah sebuah pola dimana strategi pelayanan kesehatan lebih ditujukan kepada kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Dibandingkan dengan focus kepada jenis penyakit, focus kepada kelompok dinilai lebih efektif karena dapat mengatasi lebih dari satu penyakit.
    2. Social function adalah pelayanan kesehatan yang diarahkan kepada jiwa social saat memberikan pelayanan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi untuk pemberi pelayanan.

    Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Menurut saya paradigma ini masih sangat jauh dari berhasil dikarenakan belum adanya keseriusan pemerintah dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan paradigm ini. Ketiga paradigma diatas masih relevan, akan tetapi perlu ditambah paradigma lain dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu hidup sehat. Misalkan dengan merapkan biaya pelayanan kesehatan yang terjangkau tetapi tetap bermutu.

    Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Sangat jauh dari pencapain, contohnya saja saat ini pelayanan kesehatan terkesan sangat mahal, sehingga timbul istilah orang miskin dilarang sakit. Masih banyak perilaku masyarakat yang jauh dari harapan seperti masyarakat yang tinggal dibantaran sungai masih saja membuang sampah ke sungai meskipun sudah ada aturan yang melarangnya.

    Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Belum, masih ada beberapa yang belum sesuai seperti, senyum yang tidak tulus, pelayanan yang tebang pilih, kurang ramah, membedakan antara kaya dengan jaminan pemerintah, dan masih ada pandangan yang terkesan tidak memperhatikan saat berbicara dengan pasien.

    Apa yang dimaksud hal-hal tersebut.
    Untuk mencapai TQM( Total Quality management) dengan baik harus dimulai dengan focus kepada pelanggan, mengutamakan kualitas, melakukan pendekatan ilmiah, memiliki komitmen jangka panjang, harus ada kerjasama tim yang baik, memiliki system yang berkesinambungan dan terus meningkatkan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan.

    Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.

    Masalah kesehatan sering terjadi terutama di daerah terpencil atau pedesaan. Masalah tersebut adalah tidak tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini sering membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan pengobatan. Hasilnya banyak penyakit yang sering terlambat tertangani. Banyak program pemerintah telah diregulasikan untuk menangani masalah tersebut. Contohnya melalui program dokter ptt dan bidan ptt. Faktanya saat ini banyak sekali para dokter yang ditugaskan enggan tinggal di daerah tersebut dengan alas an tidak betah karena tempatnya yang terpencil. Padahal standar pelayanan kesehatan yang ada adalah setiap daerah mempunyai pusat pelayanan kesehatan terpadu yaitu puskesmas. Dengan adanya puskesmas ini diharapkan dapat sebagai ujung tombak untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama. Yang terjadi saat ini puskesmas hanyalah sebatas nama tanpa memiliki fungsi seperti yang diharapkan.

    BalasHapus
  39. RIA YUNITA, FKM

    1. Paradigma Health care merupakan suatu konsep dimana pada pelayanan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh lebih menekankan pada promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative, upaya pelayanan yang dinilai lebih baik dan lebih efektif. Paradigma Investmen merupakan Pelayanan Kesehatan yang berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, dalam hal mengikuti Asuransi Kesehatan untuk kedepan, dan harus dipersiapkan dari sekarang.

    2. Konsep market segmen, merupakan strategi pelayanan kesehatan dimana beberapa individu yang menjadi sasaran dalam melakukan pelayanan kesehatan diberikan pengetahuan tentang penyakit, agar individu-individu tersebut bisa mengetahui apa penyakit tersebut, bagaimana cara pengendaliannya, agar terhindar dari penyakit. Konsep Social, merupakan pelayanan kesehatan yang bersifat social pada saat melakukan pelayanan kesehatan tanpa mengharapkan imbalan dalam memberikan pelayanan.

    3. Menurut saya Paradigma Indonesia sehat belum semua berhasil, karena masih banyak terdapat lingkungan yang tidak sehat, masih banyak masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga sering terjadinya banjir dan membuat lingkungan tidak sehat, termasuk dalam perilaku tidak sehat dan dalam pelayanan kesehatan yang bermutu adil merata, masih banyak kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu, belum adil dan merata pada pemberian pelayanan kesehatan.

    4.Menurut saya, kebijakan tersebut belum mencapai sasaran, dikarenakan masyarakat di daerah terpencil, yang jauh dari perkotaan masih sulit dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, dikarenakan akses nya jauh dalam menempuh fasyankes, membutuhkan waktu yang lama, dan biaya yang cukup mahal, sehingga masyarakat tersebut sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal. Contohnya kurangnya kesadaran masyarakat dalm menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat),dalam hal membuang sampah sembarangan, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sehingga dapak yang ditimbulkan akan merugikan diri mereka sendiri dan mudah terserang penyakit.

    5.Secara keseluruhan perilaku pelayanan kesehatan kita belum seperti contoh diatas, hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak pelayanan kesehatan yang belum semua petugasnya menyadari bahwa “senyum,sapa” yang ikhlas dan ramah bisa menjadi sugesti pasien dalam langkah penyembuhan penyakit, sehingga hal-hal yang menjadi dasar tersebut harus ditata, diperhatikan dan diperbaiki, agar pasien yang berobat bisa menjadi puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

    6.Berfokus pada pelanggan, dimana pelanggan diposisikan sebagai raja, dengan memberikan pelayanan prima pada para pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas dalam menerima pelayanan kesehatan yang diberikan. Obsesi terhadap kualitas, dimana pelayanan kesehatan harus memiliki kualitas yang baik, bagus dalam memberikan pengaruh positif terhadap pasien. Pendekatan Ilmiah, dengan menggunakan dasar-dasar ilmiah, yang telah diuji sehingga pelayanan kesehatan dapat diberikan secara optimal. Komitmen Jangka Panjang, dimana konsisten dalam pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kerjasama, dimana setiap anggota atau tim didalamnya melaksanakan tupoksinya masing-masing dan saling berkoordinasi satu dengan yang lainnya. Perbaikan system berkesinambungan, dimana system yang telah ada harus dikontrol, diperhatikan, serta ditingkatkan untuk menjai lebih baik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pendidikan dan pelatihan, merupakan suatu pendukung dalam menjaga serta meningkatkan kualitas SDM yang ada.

    7.Masalah kesehatan yang masih terjadi seperti kecacingan, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang kecacingan di sekolah-sekolah terutama mengingat banyak di usia anak sekolah rawan menderita kecacingan, karena mereka belum dapat memahami arti pentingnya PHBS (perilaku bersih dan sehat), standar pelayanan kecacingan dengan pengecekan tiap 6 bulan sekali dan pemberian obat yang sesuai penyakit kecacingan.

    BalasHapus
  40. Eko Listiono FKM
    NPM 13410035

    01.
    Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.

    02.
    konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat ketempat pelayanan kesehatan.

    03.
    paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.

    04.
    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    05.
    pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun Rumah Sakit senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    06.
    Pelayanan kebidanan bermutu adalah pelayanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata pendtduk dan diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan. Kode etik dan standar pelayanan profesi, pada dasarnya merupakan kesepakatan di antara kalangan profesi sehingga wajib digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan setiap kegiatan profesi.
    Suatu pelayanan dikatakan bermutu jika penerapan semua persyaratan pelauanan kebidanan dapat memuaskan pasien. Ukuran pelayanan kebidanan yang bermutu adalah ketersediaan pelayanan kebidanan (acailable), kewajaran pelayanan kebidanan (appropriate), kesinambungan pelayanan kebidanan (continue), penerimaan jasa pelayanan kebidanan (acceptable), keterjangkauan pelayanan kebidanan (affordable), efisiensi pelayanan kebidanan (efficient), dan mutu pelayanan kebidanan (quality). Mutu pelayanan kebidanan berorientasi pada penerapan kode etik dan standar pelayanan kebidanan, serta kepuasan yang mengacu pada penerapan semua persyaratan pelayanan kebidanan. Tujuan akhir kedua dimensi mutu pelayanan kebidanan tersebut adalah kepuasan pasien yang dilayani bidan.

    BalasHapus
  41. . Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit ISPA, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang ISPA di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita ISPA standar pelayanan penyakit ISPA dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan bahaya ISPA, dan memberikan obat yang sesuai penyakit ISPA

    BalasHapus
  42. 1. Yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investment :

    Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kes masy. Konsep HC lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif, sedangkan konsep investment merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.

    2. Yang dimaksud dengan konsep market segment (segmen pasar) dan social function (fungsi sosial) :

    Market segment yaitu pembagian sebagian dari keseluruhan pelayanan kesehatan untuk suatu pelayanan kelompok-kelompok dengan karakteristik umum dengan tujuan ada keuntungan terhadap pihak-pihak tertentu yang saling bekerjasama.
    Sedangkan social function yaitu pelayanan kesehatan yang lebih ditujukan masyarakat pada umumnya tanpa ada kepentingan finansial supaya merata.

    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan?
    paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutu pun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai.
    menurut saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara bijak dan serius oleh semua pihak terutama pemerintah (pemegang kebijakan) dan dinkes lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kwalitas SDM yang ada.

    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?
    Sangat jauh dari pencapain, contohnya saja saat ini pelayanan kesehatan terkesan sangat mahal, sehingga timbul istilah orang miskin dilarang sakit. Masih banyak perilaku masyarakat yang jauh dari harapan seperti masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai masih saja mck meskipun sudah ada larangannya.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya :
    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas ataupun RS, senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelayan masih harus diperhatikan dan diperbaiki lagi.

    6. . berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    7. Masalah kesehatan seperti penyakit ISPA, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang ISPA di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita ISPA standar pelayanan penyakit ISPA dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan bahaya ISPA, dan memberikan obat yang sesuai penyakit ISPA

    BalasHapus
  43. konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut :
    merupakan suatu konsep dimana pada pelayanan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh lebih menekankan pada promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative, upaya pelayanan yang dinilai lebih baik dan lebih efektif. Paradigma Investmen merupakan Pelayanan Kesehatan yang berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, dalam hal mengikuti Asuransi Kesehatan untuk kedepan, dan harus dipersiapkan dari sekarang.

    konsep market segment (segmen pasar) dan social function (fungsi sosial) :
    merupakan strategi pelayanan kesehatan dimana beberapa individu yang menjadi sasaran dalam melakukan pelayanan kesehatan diberikan pengetahuan tentang penyakit, agar individu-individu tersebut bisa mengetahui apa penyakit tersebut, bagaimana cara pengendaliannya, agar terhindar dari penyakit. Konsep Social, merupakan pelayanan kesehatan yang bersifat social pada saat melakukan pelayanan kesehatan tanpa mengharapkan imbalan dalam memberikan pelayanan.

    Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada

    kebijakan tersebut belum mencapai sasaran, dikarenakan masyarakat di daerah terpencil, yang jauh dari perkotaan masih sulit dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, dikarenakan akses nya jauh dalam menempuh fasyankes, membutuhkan waktu yang lama, dan biaya yang cukup mahal, sehingga masyarakat tersebut sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal. Contohnya kurangnya kesadaran masyarakat dalm menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat),dalam hal membuang sampah sembarangan, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sehingga dapak yang ditimbulkan akan merugikan diri mereka sendiri dan mudah terserang penyakit.

    Secara keseluruhan perilaku pelayanan kesehatan kita belum seperti contoh diatas, hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak pelayanan kesehatan yang belum semua petugasnya menyadari bahwa “senyum,sapa” yang ikhlas dan ramah bisa menjadi sugesti pasien dalam langkah penyembuhan penyakit, sehingga hal-hal yang menjadi dasar tersebut harus ditata, diperhatikan dan diperbaiki, agar pasien yang berobat bisa menjadi puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

    berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan

    Masalah kesehatan yang masih terjadi seperti kecacingan, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang kecacingan di sekolah-sekolah terutama mengingat banyak di usia anak sekolah rawan menderita kecacingan, karena mereka belum dapat memahami arti pentingnya PHBS (perilaku bersih dan sehat), standar pelayanan kecacingan dengan pengecekan tiap 6 bulan sekali dan pemberian obat yang sesuai penyakit kecacingan.

    BalasHapus
  44. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.

    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.

    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.

    4. kebijakan tersebut belum bisa dikatakan sampai pada sasaran karena melihat kenyataanya pembangunan di indonesia belumlah berwawasan kesehatan, terlihat dari masyarakat di indonesia belum memahami betul apa itu sehat dan seberapa pentingnya sehat itu perlu dijaga. pembanguna fisik suatu kota kurang memperhatikan lingkungan sekitar yang terkena dampak buruk dari pembangunan tersebut.
    contoh prilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan visi tersebut seperti, perilaku hidup bersih dilingkungan umum tidak terjaga dengan membuang sampah tidak pada tempatnya.

    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    6. Berfokus pada pelanggan artinya dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat, hendaknya kita mengutamakan kepuasan dan memberikan pemecahan apa yang menjadi masalah di masyarakat, lebih mementingkan kualitas pelayanan daripada kuantitas pelayanan, dapat membuktikan secara ilmiah dalam tatanan pelayanan kesehatan, memegang teguh komitmen memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan secara berkesinambungan dan jangka panjang, mampu bekerjasama dan melakukan perbaikan kearah lebih baik secara berkelanjutan, serta selalu meng-upgrade ilmu pengetahuan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan.

    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  45. 1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut?

    Pada intinya paradigma sehat memberikan perhatian utama terhadap kebijakan yang bersifat pencegahan dan promosi kesehatan, memberikan dukungan dan alokasi sumber daya untuk menjaga agar yang sehat tetap sehat namun tetap mengupayakan yang sakit segera sehat. Pada prinsipnya kebijakan tersebut menekankan pada masyarakat untuk mengutamakan kegiatan kesehatan dari pada mengobati penyakit.

    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function?

    konsep market segment adalah : merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan kesehatan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum. yaitu apa yang dibutuhkan masyarakat dan jenis pelayanan apa yang deberikan untuk kesehatan.
    Social function adalah : Cara-cara yang dipakai oleh individu akan kolektivitas seperti keluarga dalam bertingkah laku agar dapat melaksanakan tugas-tugas kehidupannya serta dapat memenuhi kebutuhannya.

    3. Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?

    menurut saya peradigma diatas belum sepenuhnya berhasil masih jauh dari harapan yaitu belum adanya kesadaran tentang lingkungan sehat dan berperilaku hidup sehat dari masyarakat dan belum meratanya sosialisasi pemerintah tentang kesehatan di kota maupun plosok desa. ketiga pradigma di atas masih belum sepenuhya relevan karna belum meratanya keadiln dan kesadaran tentang hidup sehat.

    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?

    Kebijakan ini sudah sampai ke masy hanya saja distribusinya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil (desa) yang belum dpt merasakan kebijakan tsb, kecuali diperkotaan.
    contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya :

    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas ataupun RS, senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelayan masih harus diperhatikan dan diperbaiki lagi.

    6. Berbagai masalah, program, dan standar Yankes yang sy ketahui :

    Pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  46. 1. Coba Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut?

    konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.

    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut?

    Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat ketempat pelayanan kesehatan.

    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan?
    Jawab : paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.

    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?

    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.

    5. Apakah Prilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya >

    Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun Rumah Sakit senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    6. Coba cari berbagai masalah, program, dan standart pelayanan kesehatan yang Saudara ketahui ?

    Pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  47. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut ?
    Baik bapak, saya akan mencoba menjawab, konsep healt care menitikberatkan kepada pelayanan kesehatan berdasarkan kepada metoda dan teknologi praktis, ilmiah, dan social yg dpt diterima oleh umum ( masyarakat, keluarga, dan individu ) melalui peran serta mereka sepenuhnya serta pihak terkait disekitarnya (stakeholder dan masyarakat umumnya) yang lebih menekankan pada aspek promotif dan preventif, selain kuratif dan rehabilitative.
    Sedangkan untuk konsep investment ialah bahwa paradigma pemeliharaan kesehatan sebagai investasi atau tabungan besar jangka panjang masyarakat pelaku konsep healt care.
    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    1. Market Segment adalah sebuah pola dimana strategi pelayanan kesehatan lebih ditujukan kepada kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Dibandingkan dengan focus kepada jenis penyakit, focus kepada kelompok dinilai lebih efektif karena dapat mengatasi lebih dari satu penyakit.
    2. Social function adalah pelayanan kesehatan yang diarahkan kepada jiwa social saat memberikan pelayanan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi untuk pemberi pelayanan.
    Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Pembangunan belum smua berhasil. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. selain itu, dalam paradigma sehat ini pengukuran derajat kesehatan masyarakat tidak semata-mata dilihat dari penurunan kesakitan/kematian (dengan memakai indicator negatif), tetapi lebih ditekankan pada pencapaian hasil peningkatan pada angka kesehatan (indicator Positif)
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.

    Sangat jauh dari pencapain, contohnya saja saat ini pelayanan kesehatan terkesan sangat mahal, sehingga timbul istilah orang miskin dilarang sakit. Masih banyak perilaku masyarakat yang jauh dari harapan seperti masyarakat yang tinggal dibantaran sungai masih saja membuang sampah ke sungai meskipun sudah ada aturan yang melarangnya.

    BalasHapus
  48. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu pandangan seseorang yang memiliki dasar ilmu untuk mengkaji suatu konsep dalam kesehatan. sedangkan Investmen merupakan cara seseorang untuk menginveestasikan apa yang telah dimilikinya.
    2. Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. sedangkan Fungsi sosial merupakan pelayanan pertolongan profesional yang memiliki tugas pokok membantu orang ( mengatasierupakan masalah agar dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya).
    3. Menurut saya, paradigma ini belum berhasil karena masih kurangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. paradigma ini pun masih relevan, dan menurut saya untuk menyikapinya dengan cara bersama-sama semua kelompok tenaga kesehatan bersama pemegang kebijakan untuk meningkatkan kualitas SDM.
    4. Sudah ada kebijakan yang telah sampai pada masyarakat, contohnya seperti adanya Jampersal untuk ibu bersalin.
    5. Pelayanan Kesehatan kita belum seperti diatas, contohnya saja masih ada ibu-ibu bersalin yang secara normal yang kurang mampu melahirkan namun tidak memakai jampersal.
    6. Berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti Demam Berdarah, program yang dapat dilaksanakan seperti mengontrol keberadaan dan sedapat mungkin menghindari vektor nyamuk pembawa virus dengue (menguras bak mandi/penampungan air sekurang-kurangnya sekali seminggu, mengganti/menguras vas bunga dan tempat minum burung seminggu sekali, menutup dengan rapat tempat penampungan air, mengubur kaleng-kaleng bekas, aki bekas dan ban bekas di sekitar rumah, dan perbaikan desain rumah.) dapat juga dilakukan Pengasapan (fogging) dapat membunuh nyamuk dewasa, sedangkan pemberian bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air dapat membunuh jentik-jentik nyamuk. Selain itu dapat juga digunakan larvasida.

    BalasHapus
  49. 1. Coba Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut....
    Jawab : konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang.
    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut....
    Jawab : konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa berobat ketempat pelayanan kesehatan.
    3. Apakah paradigma sudah berhasil ? apakah masih relevan......
    Jawab : paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan. menurut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.
    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya.....
    Jawab : kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Apakah Prilaku pelayanan kita sudah seperti di atas ? berikan contohnya.........
    Jawab : pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan.
    Contohnya adalah pada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun Rumah Sakit senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. Coba cari berbagai masalah, program, dan standart pelayanan kesehatan yang Saudara ketahui.....
    Jawab : pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit.

    BalasHapus
  50. 1. jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut.
    a. konsep atau paradigma health care merupakan suatu upaya pelayanan kesehatan yang ada dimasyarakat dalam memberikan pelayanan untuk meningkatkan kesehatan, memelihara kesehatan, pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan kesehatan.
    b. Investmen merupakan suatu konsep dalam pelayanan kesehatan yang memiliki program untuk jangka panjang dan berkesinambungan yang sebaiknya dipersiapkan dari sekarang, contohnya : Asuransi kesehatan

    2. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.
    Konsep Market Segment merupakan suatu individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau pasar yang dibentuk dalam berkelompok dengan menggunakan karakteristik yang berbeda-beda dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan secara umum yang dilakukan dengan cara bekerja sama satu sama lain.
    Social function disini memiliki arti bahwa adanya peran masyarakat sebagai makhluk sosial dalam membantu masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya permasalahan terutama kesehatan.

    3. Apakah paradigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    Menurut saya paradigma ini belum terlaksanaan dengan sempurna, dimana masih banyak lingkungan yang tidak sehat yang dapat menjadi sumber penyakit (contoh : banyak sampah dilaut), serta belum adanya kesadaran penuh dari masyarakat untuk berperillaku hidup sehat. Pemerintah juga belum dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu karena belum tersedianya dana yang mencukupi untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat. Pelayanan Kesehatan juga belum bisa terlaksana dengan adil dan merata, dibeberapa daerah terpencil di indonesia masih banyak terdapat masyarakat yang sulit untuk merasakan pelayanan kesehatan.
    Menurut saya paradigma ini masih relevan apabila semua pihak bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada mayarakat dengan adil dan merata serta bermutu tinggi. serta masyarakat itu sendiri harus memiliki kesadaran untuk hidup sehat.

    Maaf pak 2 halaman gak cukup halaman nya>>

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4. apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
      Kebijakan tersebut belum sepenuhnya mencapai sasaran, contohnya untuk daerah nelayan dimana masih banyak para nelayan atau masyarakt yang membuang sampah dilaut atau sekitar pantai sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran laut dan kawasan kumuh.

      5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
      Jujur saja pelayanan kesehatan belum sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat, dimana para tenaga kesehatan masih banyak yang tidak bersikap baik dan ramah kepada pasien Hal ini justru terjadi di pelayanan kesehatan pemerintah.

      6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut.
      a. Berfokus pada pelanggan yaitu dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat semaksimal mungkin sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan.
      b. Obsesi terhadap kualitas
      Setiap tenaga kesehatan harus memiliki angan-angan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sangat baik.
      c. Pendekatan ilmiah
      Setiap tindakan yang dilakukan dalam memberi pelayanan harus berdasarkan disiplin ilmu yang dimiliki oleh tenaga kesehatan sehingga penyakit yang diderita diberi tindakan yang sesuai.
      d. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
      e. Kerjasama Tim Terpadu TQM
      Dalam memberikan pelayanan kesehatan harus terjalin kerja sama yang solid antara tenaga kesehatan yang satu dengan yang lain, tenaga kesehatan dengan masyarakat.
      f. Perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
      g. Pendidikan & pelatihan
      Pendidikan dan pelatihan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan sehingga memiliki pengetahuan yang tinggi untuk memberikan pelayanan dan pengobatan kepada masyarakat.

      7. Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui
      Salah satu contoh masalah dalam pelayanan yaitu program Jamkesta/ Jamkesmas. Dimana para masyarakat terkadang masih sulit untuk mendapatkan pengobatan gratis serta belum sepenuhnya semua jenis penyakit dapat ditanggung oleh program tersebut.

      Hapus
  51. 4. apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Kebijakan tersebut belum sepenuhnya mencapai sasaran, contohnya untuk daerah nelayan dimana masih banyak para nelayan atau masyarakt yang membuang sampah dilaut atau sekitar pantai sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran laut dan kawasan kumuh.

    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Jujur saja pelayanan kesehatan belum sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat, dimana para tenaga kesehatan masih banyak yang tidak bersikap baik dan ramah kepada pasien Hal ini justru terjadi di pelayanan kesehatan pemerintah.

    6. Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut.
    a. Berfokus pada pelanggan yaitu dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat semaksimal mungkin sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan.
    b. Obsesi terhadap kualitas
    Setiap tenaga kesehatan harus memiliki angan-angan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sangat baik.
    c. Pendekatan ilmiah
    Setiap tindakan yang dilakukan dalam memberi pelayanan harus berdasarkan disiplin ilmu yang dimiliki oleh tenaga kesehatan sehingga penyakit yang diderita diberi tindakan yang sesuai.
    d. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
    e. Kerjasama Tim Terpadu TQM
    Dalam memberikan pelayanan kesehatan harus terjalin kerja sama yang solid antara tenaga kesehatan yang satu dengan yang lain, tenaga kesehatan dengan masyarakat.
    f. Perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
    g. Pendidikan & pelatihan
    Pendidikan dan pelatihan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan sehingga memiliki pengetahuan yang tinggi untuk memberikan pelayanan dan pengobatan kepada masyarakat.

    7. Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui
    Salah satu contoh masalah dalam pelayanan yaitu program Jamkesta/ Jamkesmas. Dimana para masyarakat terkadang masih sulit untuk mendapatkan pengobatan gratis serta belum sepenuhnya semua jenis penyakit dapat ditanggung oleh program tersebut.

    BalasHapus
  52. 1.Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut ?
    •Dari konsep diatas dapat diartikan bahwa paradigma health care adalah memberikan perhatian utama terhadap kebijakan yang bersifat pencegahan dan promosi kesehatan, memberikan dukungan dan alokasi sumber daya untuk menjaga agar yang sehat tetap sehat namun tetap mengupayakan yang sakit segera sehat. Pada prinsipnya kebijakan tersebut menekankan pada masyarakat untuk mengutamakan kegiatan kesehatan dari pada mengobati penyakit baik itu penyakit biomedik maupun sosio cultural.
    •Sedangkan paradigma investment menunjukkan adanya pertumbuhan yang logis, dinamis dan optimis serta perluasan ekspansi yang bertalian dengan keadaan yang harus dibangun agar tercapainya kemajuan di masa yang akan dating dalam bidang kesehatan masyarakat. Pembangunan tidak hanya bersifat kuantitatif tetapi juga kualitatif (manusia seutuhnya) yang didalamnya terdapat proses perubahan yang terus menerus menuju kemajuan dan perbaikan ke arah tujuan yang dicita-citakan.

    2.Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut ?
    •Menurut saya dari konsep diatas mengandung pengertian bahwa konsep market segment adalah konsep yang strateginya menitikberatkan kepada pelayanan kesehatan yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat dengan meminimalisasi biaya. Sehingga tujuannya adalah seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang efisien.
    •Sedangkan social function adalah suatu system pelayanan kesehatan yang yang lebih menitikberatkan kepada peran sosial. Sebagai contoh seseorang yang memiliki jiwa sosial bersedia mengantar seorang ibu bersalin dengan pathologi yang harus segera dirujuk ke Rumah sakit dikarenakan mobil ambulance puskesmas yang berada jauh dari perkotaan itu sedang dalam perbaikan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi maupun lainnya.

    3.Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
    -Menurut saya dari ketiga paradigma diatas belum sepenuhnya berhasil, sebagai contoh :
    •pada masyarakat, masih banyak sekelompok masyarakat yang tinggal suatu tempat di sekitar pembuangan limbah suatu perusahaan / pabrik. Sehingga kesehatan mereka rentan mengalami gangguan yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat itu.
    •Pada pelayanan kesehatan, masih banyak kesenjangan yang terjadi di suatu tempat. Dimana pelayanan kesehatan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki status sosial menengah ke atas dengan yang menengah kebawah itu sangatlah berbeda. Sehingga pelayanan kesehatan yang bermutu serta adil dan merata itu masih sangatlah jauh dari yang dicita-citakan.
    -Dari ketiga paradigma tersebut masih relevan, dan sebaiknya demi terwujudnya paradigma ini perlu adanya planning atau rencana dalam pembuatan sebuah perusahaan / pabrik untuk menentukan letak yang strategis dalam pembuangan kotoran limbah, yang harus jauh dari tempat pemukiman masyarakat sehingga tidak mengganggu kenyamanan hidup serta kesehatan dari masyarakat yang tinggal disekitar lingkungan pabrik tersebut.
    -Bagi pelayanan kesehatan, sebaiknya memberikan biaya yang lebih terjangkau dalam pelayanan kesehatan ini khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Serta menerima pasien yang mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah dengan baik. Sehingga seluruh masyarakat baik itu kalangan menengah keatas ataupun kebawah,semuanya mendapatkan pelayanan yang sama.



    BalasHapus
  53. 4.Berikan komentar Saudara, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
    Menurut saya, dari beberapa kebijakan tersebut ada yang belum sampai pada sasaran, misalnya pada point membangun kemandirian masyarakat dalam meningkatkan kesehatan di masyarakat itu sendiri maupun lingkungannya. Sebagai contoh :
    •mereka belum mempunyai kesadaran sendiri untuk menerapkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, sehingga masih banyak terjadinya banjir di kota-kota besar yang secara tidak langsung menyebabkan lingkungan yang tidak sehat. Terutama bagi kesehatan masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini sebaiknya diberikannya informasi kepada masyarakat bahwa kesehatan masyarakat maupun lingkungan itu bukan sepenuhnya menjadi tugas dan tanggung jawab tenaga kesehatan tetapi masyarakat juga mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan itu sendiri. Sehingga masyarakat memiliki pengetahuan serta kesadaran bahwa mereka juga harus ikut berpartisipasi dalam mewujudkan kesehatan di Indonesia khususnya di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

    5.Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Perilaku tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan belum sesuai dengan perilaku diatas.
    Khususnya pada rumah sakit pemerintah yang melayani seluruh masyarakat umum. Baik yang menggunakan biaya sendiri maupun yang ditanggung oleh jaminan kesehatan yang dilaksanakan pemerintah. Banyak sekali komplen masyarakat yang mengeluhkan bahwa seluruh tenaga kesehatan tidak bersikap ramah kepada pasien maupun keluarga pasien. Jarang sekali senyuman yang didapat pasien jika para perawat sedang melakukan tindakan medis, sehingga pasien menjadi segan untuk bertanya tentang perkembangan kondisinya.

    6.Maksud dari point-point diatas adalah :
    -fokus pada pelanggan adalah memperlakukan pasien secara baik dan ramah serta memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar dari pelayanan kesehatan sehingga pasien merasa puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan.
    -obsesi terhadap kualitas adalah memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan professional sehingga kualitas pelayanan kesehatan yang kita diberikan dapat berpengaruh dalam keberhasilan TQM.
    -pendekatan ilmiah adalah memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan metode-metode ilmiah dan langkah-langkah tindakan yang sesuai dengan prosedur sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
    -komitmen jangka panjang adalah konsistensi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.
    -kerjasama adalah kesepakatan yang dilakukan tim medis yang memiliki kemampuan sesuai basic nya masing-masing dan saling melakukan koordinasi dalam pelayanan kesehatan.
    -perbaikan sistem berkesinambungan adalah pemeliharaan seluruh sistem yang ada diinstansi kesehatan secara rutin sehingga memenuhi standar nasional yang dapat berpengaruh dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
    -pendidikan & pelatihan adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan dalam melakukan tindakan medis ke masyarakat maupun untuk masyarakat agar mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan bagi kehidupannya.

    7.Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.
    * Contoh masalah kesehatan misalnya penyakit TBC, Program yang dapat dilakukan oleh petugas kesehatan adalah melakukan pengobatan jangka panjang, biasanya selama 6-9 bulan dengan standar pelayanan kesehatan yang dilakukan dengan memberikan paling sedikit 3 macam obat yang sesuai dengan dosisnya serta dengan memberitahu pasien tentang efek samping yang akan timbul selama masa pengobatan dilakukan. Untuk itu petugas kesehatan perlu melakukan pemantauan kepada penderita TBC selama masa pengobatan .

    BalasHapus
  54. 1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.
    6. berfokus pd pelanggan artinya pelanggan diposisikan seperti raja sehingga mereka puas dengan pelayanan. obsesi terhadap kualitas artinya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan. pendekatan ilmiah artinya menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam memberikan pelayanan sehingga dapat dipertanggung jawabkan. komitmen jangka panjang artinya konsistensi yang dipertahankan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. kerjasama artinya setiap anggota dari tim memiliki peran masing-masing dan saling koordinasi. perbaikan sistem berkesinambungan artinya sistem yang digunakan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. dan pendidikan & pelatihan merupakan pendukung agar kualitas SDM dapat meningkat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
    7. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang diare di sekolah-sekolah terutama mengingat kebanyakan anak usia sekolah yang rawan menderita diare, standar pelayanan penyakit diare dengan memberikan pertolongan pertama di puskesmas seperti memperhatikan resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit, dan memberikan obat yang sesuai penyakit diare.

    BalasHapus
  55. 1. Paradigma Health care merupakan suatu konsep dimana pada pelayanan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh lebih menekankan pada promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative, upaya pelayanan yang dinilai lebih baik dan lebih efektif. Paradigma Investmen merupakan Pelayanan Kesehatan yang berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, dalam hal mengikuti Asuransi Kesehatan untuk kedepan, dan harus dipersiapkan dari sekarang.

    2. Konsep market segmen, merupakan strategi pelayanan kesehatan dimana beberapa individu yang menjadi sasaran dalam melakukan pelayanan kesehatan diberikan pengetahuan tentang penyakit, agar individu-individu tersebut bisa mengetahui apa penyakit tersebut, bagaimana cara pengendaliannya, agar terhindar dari penyakit. Konsep Social, merupakan pelayanan kesehatan yang bersifat social pada saat melakukan pelayanan kesehatan tanpa mengharapkan imbalan dalam memberikan pelayanan.

    3. Menurut saya Paradigma Indonesia sehat belum semua berhasil, karena masih banyak terdapat lingkungan yang tidak sehat, masih banyak masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga sering terjadinya banjir dan membuat lingkungan tidak sehat, termasuk dalam perilaku tidak sehat dan dalam pelayanan kesehatan yang bermutu adil merata, masih banyak kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu, belum adil dan merata pada pemberian pelayanan kesehatan.

    4.Menurut saya, kebijakan tersebut belum mencapai sasaran, dikarenakan masyarakat di daerah terpencil, yang jauh dari perkotaan masih sulit dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, dikarenakan akses nya jauh dalam menempuh fasyankes, membutuhkan waktu yang lama, dan biaya yang cukup mahal, sehingga masyarakat tersebut sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal. Contohnya kurangnya kesadaran masyarakat dalm menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat),dalam hal membuang sampah sembarangan, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sehingga dapak yang ditimbulkan akan merugikan diri mereka sendiri dan mudah terserang penyakit.

    5.Secara keseluruhan perilaku pelayanan kesehatan kita belum seperti contoh diatas, hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak pelayanan kesehatan yang belum semua petugasnya menyadari bahwa “senyum,sapa” yang ikhlas dan ramah bisa menjadi sugesti pasien dalam langkah penyembuhan penyakit, sehingga hal-hal yang menjadi dasar tersebut harus ditata, diperhatikan dan diperbaiki, agar pasien yang berobat bisa menjadi puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

    6.Berfokus pada pelanggan, dimana pelanggan diposisikan sebagai raja, dengan memberikan pelayanan prima pada para pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas dalam menerima pelayanan kesehatan yang diberikan. Obsesi terhadap kualitas, dimana pelayanan kesehatan harus memiliki kualitas yang baik, bagus dalam memberikan pengaruh positif terhadap pasien. Pendekatan Ilmiah, dengan menggunakan dasar-dasar ilmiah, yang telah diuji sehingga pelayanan kesehatan dapat diberikan secara optimal. Komitmen Jangka Panjang, dimana konsisten dalam pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kerjasama, dimana setiap anggota atau tim didalamnya melaksanakan tupoksinya masing-masing dan saling berkoordinasi satu dengan yang lainnya. Perbaikan system berkesinambungan, dimana system yang telah ada harus dikontrol, diperhatikan, serta ditingkatkan untuk menjai lebih baik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pendidikan dan pelatihan, merupakan suatu pendukung dalam menjaga serta meningkatkan kualitas SDM yang ada.

    7.Masalah kesehatan yang masih terjadi seperti kecacingan, program yang dapat dilaksanakan seperti penyuluhan kesehatan tentang kecacingan di sekolah-sekolah terutama mengingat banyak di usia anak sekolah rawan menderita kecacingan, karena mereka belum dapat memahami arti pentingnya PHBS (perilaku bersih dan sehat), standar pelayanan kecacingan dengan pengecekan tiap 6 bulan sekali dan pemberian obat yang sesuai penyakit kecacingan.

    BalasHapus