24 Mei 2014

Dasar AKK_Pelayanan dan Paradigma




MATERI : MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN dan PARADIGMA PELANANAN KESEHATAN
a. Pengertian manajemen
George R. Terry dalam bukunya   “Principles of Management” menyampaikan pendapatnya : “manajemen adalah suatu proses yang membeda-bedakan atas ; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utilizing in each both science and art, and followed in order to accomplish predetermined objectives)

Berdasarkan beberapa pengertian manajemen di atas, dapat dikatakan bahwa manajemen memiliki beberapa ciri antara lain :
1)      Manajemen diarahkan untuk mencapai tujuan
2)      Manajemen sebagai proses; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan, pengarahan dan pengawasan
3)      Tersedia sumber daya;  manusia, material dan sumber lain
4)      Mendayagunakan atau menggerakkan sumber daya tersebut secara efisien dan efektif
5)      Terdapat orang yang menggerakkan sumber daya tersebut (manajer)
6)      Penerapan manajemen berdasarkan ilmu dan juga seni atau keahlian yang harus dimiliki oleh manajer

b. Pengertian manajemen pelayanan kesehatan

Pelayanan kesehatan yang diberikan adalah pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan keperawatan. Pelayanan yang dilakukan di Rumah sakit meliputi; gawat darurat, rawat jalan dan rawat inap, sedangkan di Pukesmas hanya pelayanan; gawat darurat (kearah pertolongan pertama) dan rawat jalan.
Sejalan dengan reformasi dibidang kesehatan melalui Paradigma Sehat, pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun di Puskesmas lebih difokuskan pada upaya promosi kesehatan (promotif) dan pencegahan (preventif) dengan tidak mengabaikan upaya kuratif-rehabilitatif.  Selain itu,  pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas bukan hanya kepada individu (pasen), tetapi juga keluarga dan masyarakat, sehingga pelayanan kesehatan yang dilakukan merupakan pelayanan kesehatan yang paripurna (komprehensif dan holistik).

PARADIGMA PELAYANAN KESEHATAN
aa.   Pengertian paradigma:


Pengertian….
Friedrichs (dalam Ritzer, 2003:6) mengungkapkan bahwa paradigma sebagai suatu pandangan mendasar dari suatu ilmu tentang apa yang menjadi pokok persoalan (subject matter) yang semestinya dipelajari.
 






Paradigma menurut penjelasan ini adalah suatu langkah yang bersifat fundamental yang harus dijalankan dalam mencapai tujuan yang diginkan. Paradigma kesehatan Indonesia semula yang bersifat tradisional menjadi progresif. Dengan paradigma ini diharapkan Indonesia sehat akan tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

bb. Konten (Perbedaan paradigma kesehatan sebagai berikut :


Medical care
Fragmented
Need (K)
Government
Fee for service
Centralized
Participation
Birocration
Health consumption
Health care
Integrated
Demand (P)
Private (community)
Pre payment
Decentralized
Partnership (kemitraan)
Wirausaha
Investment (long term)

 

Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep atau paradigma health care dan investmen dalam konsep tersebut. Selain Paradigma di atas juga masih ada beberapa yang penting untuk dikaji. Perhatikan slide berikut ini.


DISEASE
PUBLIC GOODS
SUBSIDY
SOCIAL FUNCTION
TOP DOWN
SHORT TERM
MARKET SEGMENT
PRIVAT GOODS
USER CHARGE
ECONOMIC FUNCTION (-SOCIAL)
BOTTOM UP
LONG TERM VISION
 

Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep market segment dan social function dalam konsep tersebut.

cc.   Paradigma Indonesia Sehat


PARADIGMA INDONESIA SEHAT
-          Lingkungan sehat
-          Perilaku sehat dan pelayanan kesehatan yang bermutu,
-          Adil dan merata
 

Lebih spesifik cita-cita kesehatan Indonesia dapat diperhatikan slide berikut ini.
Apakah padigma ini sudah berhasil? Dan apakah masih relevan?
Untuk mencapai cita-cita Indonesia sehat, berikut ini adalah kebijakan negara yang harus dijalankan oleh semua departemen termasuk lembaga pemerintah non departemen. Perhatikan visinya.


VISI ADALAH…….
  • Menggerakkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan
  • Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat
  • Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau, serta memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya
  • Program promosi kesehatan berorientasi pada proses pemberdayaan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, melalui peningkatan, pemeliharaan, dan perlindungan kesehatannya


Berikan komentar Saudara, apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran? Berikan contoh perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan harapan tersebut.
Selain hal-hal diatas, perilaku pelayanan kesehatan belum sesuai  dengan harapan. Berikut ini konsep pelayanan yang dianggap mampu memberikan kepuasan pada pelanggan. 


PERILAKU PELAYANAN
S --- Smile for everyone
E --- Execellece in everything we do
R --- Reacing out every guest with hospitality
V --- Viewing every guest as special
I --- In viting guest for return
C ---  Creating a warm atmosphere
E ---  Eye contact that shows we care
 

Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan


KEBERHASILAN TQM DITENTUKAN:
  • Berfokus pada pelanggan
  • Obsesi terhadap kualitas
  • Pendekatan ilmiah
  • Komitmen jangka panjang
  • Kerjasama tim terpadu TQM
  • Perbaikan sistem yang berkesinambungan
  • Pendidikan dan pelatihan
 

Berikan komentar apa yang dimaksud hal-hal tersebut.

PROGRAM KESEHATAN
a.       Malasalah kesehatan. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Kesenjangan antara target dengan pencapaian.
b.      Program-program kesehatan. Banyak sekali program-pogram kesehatan yang telah diterapkan, akan tetapi masih banyak program yang tidak di manage dengan baik.
c.       Stabdar pelayanan kesehatan minimal,  adalah pelayanan yang harus diterima oleh pasien minimal telah memenuhi standar mutu pelayanan minimal/dasar. Banyak standar yang telah disusun tetapi tidak dilaksanakan dengan baik.
Coba cari berbagai masalah, program, dan standar pelayanan kesehatan yang saudara ketahui.

17 komentar:

  1. Nama : Aulia Wulansari
    Npm : 13410001
    Hadir pak

    BalasHapus
  2. Tiyas ayu anggraini
    13410010
    Hadir

    BalasHapus
  3. saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Bapak
    1. Paradigma Health Care dan Investmen adalah cara pandang, pola pikir, atau model pembangunan kesehatan yang bersifat holistik. Cara pandang ini menekankan pada melihat masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat lintas sektor. Upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan dan perlindungan kesehatan, bukan hanya panyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan. Dengan diterapkannya paradigma ini, diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk bersikap mandiri dalam menjaga kesehatan mereka sendiri melalui kesadaran yang lebih tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif.

    2. Konsep Market Sagmen atau Segmentasi Pasar adalah pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum. Segmentasi pasar merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran. Yang dimaksud dengan target pemasaran adalah jenis konsumen yang dipilih merupakan tujuan pemasaran
    Sedangkan, Social Fungtion adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas dan peranannya selama berinteraksi dalam situasi social tertentu berupa adanya rintangan dan hambatan dalam mewujudkan nilai dirinnya mencapai kebutuhan hidupnya.

    3. Apakah Paradigma Indonesia sudah berhasil? dan apakah masih relevan? menurut saya Belum Cukup Berhasil karena masih banyak masyarakat yang belum merasakan kesejateraan kesehatan alias belum Adil dan Merata, Kemudian menurut saya Paradigma Indonesia Sehat ini masih dapat dikatakan relevan karena tidak ada masyarakat yang dirugikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. )K atas jawabannya. tolong baca terus agar memperolej pengetahuan lebih luas.

      Hapus
  4. Market segment adalah kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Segmen pasar yang ideal harus memenuhi semua kriteria berikut:
    •Suatu segmen harus dapat dibedakan dari segmen-segmen lainnya. Kebutuhan customer yang ada di dalam satu segmen harus sama.
    •Homogen. Customer di dalam satu segmen menunjukkan kebutuhan yang sama.
    •Customer di dalam satu segmen akan merespon suatu stimulus pasar dengan cara yang sama.
    •Customer di dalam satu segmen dapat ditembus dengan suatu intervensi pasar.
    Tujuan perusahaan melakukan segmentasi pasar adalah untuk mengelompokkan customer yang memiliki karakteristik, perilaku, dan kebutuhan yang sama, sehingga mereka akan ditawari produk dengan harga, metode distribusi, dan metode promosi yang berbeda antara segmen pasar yang satu dengan segmen pasar lainnya.

    Social Function mengacu pada cara yang dilakukan individu-individu atau kelompok dalam melaksanakan tugas kehidupan dan memenuhi kebutuhannya. Konsep ini pada intinya menunjuk pada “kapabilitas” (capabilities) individu, keluarga atau masyarakat dalam menjalankan peran-peran sosial di lingkungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK atas jawabannya. tolong baca terus agar memperolej pengetahuan lebih luas.

      Hapus
  5. 1. Konsep paradigma health care merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara promotif maupun preventif.
    Konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan dan dipersiapkan dari sekarang.

    2. Konsep market segment adalah segmen pasar yang artinya setiap individu yang dijadikan sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan advokasi/pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan memiliki sikap preventif dengan tujuan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    Konsep social function adl fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahn disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikan. Contohnya membantu tetangga yang sakit dengan membawa ke tempat pelayanan kesehatan.

    3. Apakah paradigma sudah berhasil? Dan apakah masih relevan ? Menurut saya belum berhasil, masih banyak lingkungan yang kotor karena kurangnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Pelayanan kesehatan yang bermutu pun masih kurang memadai, apalagi didaerah terpencil yang letak geografisnya sulit untuk dijangkau.
    Menurut saya paradigma ini masih relevan dan harus ditanggapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi pelayanan SDM yang ada.

    4. Kebijakan diatas sebenarnya sudah sampai kemasyarakat akan tetapi belum maksimal (menyeluruh) apalagi didaerah padat penduduk.
    Contoh prilaku : masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, misalnya membuang sampah disungai dan dapat berakibat banjir.

    5. Masalah kesehatan sering terjadi terutama didaerah terpencil atau pedesaan, misalnya tidak tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Sehingga banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, tidak mendapat pengobatan dan banyak penyakit yang tidak ditangani.

    6. Program-program kesehatan misalnya posyandu denga pemberian Vitamin A pada balita. Dan pemberian penyuluhan dimasyarakat, akan tetapi banyak masyarakat yang menyepelekan dan tidak melakukan apa yang telah diinformasikan dalam penyuluhan, khususnya masalah kesehatan.

    7. Standar pelayanan kesehatan merupakan pelayanan yang dapat memuaskan sikap pemakai jasa pelayanan yang sesuai kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah diterapkan, sehingga pelayanan kesehatan dapat diterima dengan cukup baik oleh pasien dan pasien akan merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang telah diberikan.

    BalasHapus
  6. 1. Coba jelaskan apa yg dimaksud dengan konsep/paradigma health care dan investmen ?
    Konsep atau paradigma health care merupakan sebuah proses yang berhubungan dengan pencegahan, perawatan, dan manajemen penyakit dan juga proses stabilisasi mental, fisik, dan rohani melalui pelayanan yang ditawarkan oleh organisasi, institusi, dan unit profesional kedokteran. healt care penekanannya kepada preventif dan promotif sedangkan invesmen lebih menekannya pada tahap panjangnya (sebagai investasi jangka panjang), seperti asuransi kesehatan .
    2. Coba jelaskan apa yg dimaksud dengan konsep market segment dan social function ?
    Market Segment adalah sebuah pola dimana strategi pelayanan kesehatan lebih ditujukan kepada kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Dibandingkan dengan focus kepada jenis penyakit, focus kepada kelompok dinilai lebih efektif karena dapat mengatasi lebih dari satu penyakit. sedangkan Social function adalah pelayanan kesehatan yang diarahkan kepada jiwa sosial saat memberikan pelayanan tanpa memperdulikan adanya timbal balik ekonomi untuk pemberi pelayanan.
    3. Apakah Paradigma Indonesia sudah berhasil ? menurut saya Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Apakah kebijakan tersebut telah sampai pada sasaran, berikan contohnya ?
    Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Apakah perilaku pelayanan kita sudah seperti di atas? Jelaskan
    Menurut saya secara keseluruhan belum, hal ini tergambar dari masih banyaknya keluhan-keluhan pada tingkat pelayanan kesehatan. Senyum dsb menjadi suatu hal yang langka di lingkungan pemberi pelayanan bagi masyarakat, terutama pada tatanan pemberi pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  7. Echa Soleha
    13410002
    hadir pak

    BalasHapus
  8. Woro Astuti
    1. Konsep atau paradigma health care merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif. sedangkan konsep investmen merupakan program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.
    2. Konsep market segment adalah segmen pasar artinya individu-individu yang menjadi sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
    konsep sosial function adalah fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahan disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikannya sebagai contohnya membantu tetangga yang sakit karena demam dengan membawa ke Rumah sakit.
    3. Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.
    menerut pendapat saya paradigma ini masih relevan akan tetapi harus disikapi secara serius oleh semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan dinas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi peningkatan kualitas SDM yang ada.
    4. Kebijakan ini sudah sampai ke masyarakat hanya saja pemerataannya belum maksimal sehingga masih banyak didaerah-daerah terpencil yang belum sampai, baru di tempat-tempat tertentu saja khususnya perkotaan. contoh perilaku yang belum sesuai harapan masyarakat membuang sampah sembarangan di kali sehingga menyebabkan banjir.
    5. Pelayanan kesehatan kita masih belum seperti perilaku kesehatan yang diharapkan. sebagai contoh pada kenyataannya senyum merupakan sesuatu yang mahal sehingga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, keramahan atau attitude kita sebagai pelaksana masih harus diperhatikan dan diperbaiki.

    BalasHapus
  9. Paradigma Healt Care
    merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. konsep health care lebih kepada mencegah dan meningkatkan kesehatan atau promotif dan preventif.

    Investmen
    program jangka panjang yang harus dilakukan atau dipersiapkan dari sekarang contohnya mengikuti Asuransi Kesehatan yang ada untuk investasi jangka panjang.

    Market segment
    segmen pasar yang artinya setiap individu yang dijadikan sasaran dalam pelayanan kesehatan untuk diberikan advokasi/pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan dan memiliki sikap preventif dengan tujuan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

    Social function
    fungsi sosial artinya dalam setiap ada permasalahn disuatu keluarga disuatu tempat terkait masalah kesehatan memerlukan peran serta masyarakat lainnya untuk membantu menyelesaikan.

    apakah paradigma ini sudah berhasil?
    menurut saya Paradigma ini belum berhasil, lingkungan sehat masih kurang, karena kesadaran masyarakat akan lingkungan sehat masih kurang, pelayanan kesehatan yang bermutupun masih kurang mengingat masih banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai. adil dan merata merupakan harapan kita semua tetapi dalam kenyataannya masih banyak daerah pedesaan yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.

    kebijakan yang diberikan pemerintah belum menjangkau semua atau masyarakat keseluruhan karena jangkauan yang begitu luas dan tenaga kesehatan yang belum memadai.

    BalasHapus
  10. Nama : Hafiz Aziz
    NPM : 13410004
    Hadir..

    BalasHapus
  11. Paradigma Sehat adalah perubahan sikap dan orientasi dan pola fikir sebagai berikut :
    A.Berdasarkan pola pikir yang memandang kesehatan sebagai kebutuhan yang bersifat pasif, menjadi sesuatu yang bersifat aktif, yang mau tidak mau harus diupayakan, karena kesehatan merupakan keperluan dan bagaian dari HAM (kebutuhan/need dan keperluan/demand).
    B.Kesehatan bukan hanya sesuatu yang konsumtif, melainkan investasi, karena kesehatan menjamin adanya SDM yang produktif secara sosial dan ekonomi (kesehatan sebagai konsumtif dan investasi).
    C. Pada awalnya kesehatan hanya bersifat penanggulangan yang sifatnya jangka pendek, ke depan kesehatan adalah bagian dari pengembangan SDM yang berjangka panjang (jangka pendek/treatment, jangka panjang/pengembangan SDM).

    2.Segmen pasar atau market segments adalah kelompok orang atau kelompok organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik sehingga mereka juga memiliki kebutuhan produk dan jasa yang sama. Segmen pasar yang ideal harus memenuhi semua kriteria berikut:

    A.Suatu segmen harus dapat dibedakan dari segmen-segmen lainnya. Kebutuhan customer yang ada di dalam satu segmen harus sama.
    B.Homogen. Customer di dalam satu segmen menunjukkan kebutuhan yang sama.
    C.Customer di dalam satu segmen akan merespon suatu stimulus pasar dengan cara yang sama.
    D.Customer di dalam satu segmen dapat ditembus dengan suatu intervensi pasar.

    3.Social Function mengacu pada cara yang dilakukan individu-individu atau kelompok dalam melaksanakan tugas kehidupan dan memenuhi kebutuhannya. Konsep ini pada intinya menunjuk pada “kapabilitas” (capabilities) individu, keluarga atau masyarakat dalam menjalankan peran-peran sosial di lingkungannya.

    BalasHapus
  12. 1.erdasarkan pemahaman situasi dan adanya perubahan terhadap konsep sehat –sakit serta makin kayanya khasanah ilmu pengetahuan dan informasi tentang determinan kesehatan yang bersifat multifaktural, telah mendorong pembangunan kesehatan nasional kearah paradigma baru, yaitu pardigma sehat. Paradigma adalah pemikiran dasar sehat, berorientasi pada peningkatan dan perlindungan penduduk sehat dan bukan hanya penyembuhan orang sakit, sehingga kebijakan lebih ditekankan pada upaya promotif dan preventif dengan maksud melindungi dan meningkatkan orang sehat menjadi lebih sehat dan lebih produktif serta tidak jatuh sakit karena adanya upaya preventif. Sehingga perlu diupayakan semua policy pemerintah selalu berwawasan kesehatan.
    2.Segmen pasar adalah sub-set dari sebuah pasar yang terdiri dari orang atau organisasi dengan satu atau lebih karakteristik yang menyebabkan mereka untuk permintaan produk yang sama dan / atau jasa berdasarkan kualitas produk-produk seperti harga atau fungsi.
    3.Social Function adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas dan peranannya selama berinteraksi dalam situasi social tertentu berupa adanya rintangan dan hambatan dalam mewujudkan nilai dirinnya mencapai kebutuhan hidupnya.
    4.apakah paradigma ini sudah berhasil?
    menurut saya belum berhasil karena lingkungan kita masih banyak tercemar dan Perilaku sehat dan pelayanan kesehatan yang bermutu ini juga belum berhasil karena pelayanan kesehatan belum semuanya memadai dan masih banyak tenaga kesehatan yang kurang dibeberapa wilayah diindonesia.

    BalasHapus