17 September 2013

PERTEMUAN 1 : DASAR AKK



MATERI E-LEARNING DASAR-DASAR AKK 2013
Elearning kali ini akan membahas topik 1, selama 2 x 100 menit, mulai pukul 18.30 – 22.00 WIB.
TOPIK 1 : DASAR AKK
a. Pengertian administrasi :
Adanya kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang (2 orang  atau lebih) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
b. Isi administrasi
Perhatikan slide berikut ini :

Coba jelaskan  masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.

c. Unsur adminitrasi
Berikut ini akan dijelaskan unsur-unsur administrasi. Berikut ini unsur-unsur yang dimaksud:


Administrasi sendiri tanpa ada unsurnya tentu tidak bisa berjalan. Oleh karena itu supaya adminitrasi berjalan maka ada yang menggerakkannya. Unsur pertama adanya organisasi, artinya disana ada petugasnya/lembaganya/institusi. Unsur kedua adanya manajemen, artinya semua kegiatan harus adanya perencanaannya, siapa yang melaksanakan, aktivitasnya, controlnya, dan juga dievaluasi (POACE). Unsur berikutnya adalah kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pekerjaan kantor, dan tata hubungan/komunikasi. Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi, pada tempat tersedia.
  
d. Fungsi administrasi

Administrasi berfungsi sebagai planning (perencanaan), artinya bahwa dalam menyusun perencanaan memerlukan kegiatan administrasi, misalnya pengumpulan data, pengolahan data. Dengan demikian adminitrasi sangat diperlukan dalam kegiatan perencanaan. Demikian juga dalam melakukan pengorganisasian, dalam menjalankan aktivitas organisasi diperlukan administrasi, misalnya penetapan petugas yang akan mengerjakan sebuah pekerjaan, dan lain-lain.
Coba jelaskan  fungsi-fungsi yang lain, pada tempat tersedia,
BIROKRASI
a.      Pengertian birokrasi
Birokrasi berasal dari kata bureaucracy (bahasa inggris bureau + cracy), diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer.

Kamus Bahasa Indonesia : Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hirarki dan jenjang jabatan. Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya.
Ciri-ciri Birokrasi :
Adanya pelaksanaan prinsip-prinsip  organisasi dengan sepenuhnya
1. Adanya peraturan-peraturan yang benar-benar ditaati
2. Para pejabat terikat disiplin
3. Para pejabat diangkat berdasarkan syarat-syarat teknis yang dinyatakan
    melalui ujian dan ijazah
4. Adanya pemisahan yang tegas antara urusan dinas dengan urusan pribadi.
Prinsif Birokrasi: Organisasi mengikuti prinsip hirarki, operasi-operasinya terencana dengan baik, petugas yang ideal melakukan kerja  secara formalitas, pengangkatan pegawai atas dasar kualifikasi teknis dan tidak mudah terkena PHK yang sewewenang, dan birokrasi memiliki tingkat daya hasil yang tertinggi.
Jadi birokrasi adalah kegiatan reguler yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi dengan  dukungan distribusi tugas-tugas resmi  yang dipertanggung jawabkan secara  kokoh kepada atasannya secara berjenjang.
b. Birokrasi Indonesia
Birokrasi pemerintahan. Kegiatan administrasi yang dilakukan oleh institusi pemerintah. Perhatikan penjelasan berikut ini :

COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?





Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia, dengan klik  disini
c. Reformasi birokrasi
VISI
    Terwujudnya tata pemerintahan good gavernnance
MISI
Membangun, menata ulang, menyempurnakan, membina, menertibkan birokrasi pemerintahan, agar mampu,  komunikatif dalam menjalankan peranan dan fungsinya.

d. Target reformasi birokrasi
           


Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?

KEBIJAKAN
a.  Pengertian kebijakan dan kebijaksanaan
Kebijakan adalah rangkaian dan azas yang menjadi garis besar dan rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak (organisi / pemerintah), pernyataan cita-cita, tujuan, prinsip, atau maksud sebagai pedoman untuk menejemen dalam usaha mencapai tujuan tertentu.

Kebijaksanaan adalah kepandaian seseorang dalam menggunakan akal budinya (berdasarkan pengetahuan dan pengetahuannya), atau kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan (KBBII, 1991)
b.  Poltik kebijakan
Politik kebijakan adalah apapun pilihan pemerintah untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu di bidang kesehatan. Apabila pemerintah memilih untuk melakukan sesuatu, maka tentunya ada tujuan, begitupun apabila pemerintah memilih tidak melakukan sesuatu inipun merupakan kebijakan yang tentu ada tujuannya.

  c. Kebijakan publik
Kebijakan publik adalah kebijakan yang  dikembangkan oleh badan-badan dan pejabat pejabat  pemerintah.

Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan. Klik disini

Untuk mengikuti perkuliahan materi ke 2, silahkan klik disini

63 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kebijakan merupakan rangkayan yang mempunyai tujuan atau tindakan yang berorientasi untuk tujuan yang baik ,, kebijakan yang berifat baik dalam arti tindakan mengenai segala masalah tertentu,, atau bersifat negatif yang merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu,, sehingga yang tidak melakukan sesuatu ini juga merupakan bentuk kebijakan ...

    BalasHapus
  3. Fista Menjawab:
    a.Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi,pada tempat tersedia.
    Jadi administrasi adalah penyelenggaranya dan manajemen adalah orang yang menyelenggarakan kerja. Maka kombinasi dari keduanya adalah penyelengaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
    c.fungsi-fungsi administrasi yang lain,:,
    pengorganisasian (Organizing)
    Pengorganisasian ialah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, tanggungjawab dan wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatu kesatuan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.Definisi tersebut menunjukan bahwa pengorganisasian merupakan langkah pertama ke arah pelaksanaan rencana yang telah tersusun sebelumnya.
    d.COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah dalam birokrasi?
    Di dalam pendekatan institusional (kelembagaan), khususnya di dalam skema, tercantum 'lalu-lintas' administrasi negara dari eksekutif 'turun' ke Kebijakan Administrasi, lalu ke Administrasi dan yang terakhir ke pemilih. Artinya, setiap kebijakan setiap kebijakan negara yang yang diselenggarakan pihak eksekutif diterjemahkan ke dalam bentuk kebijakan administrasi negara, di mana pelaksanaan dari administrasi tersebut dilakukan oleh lembaga birokrasi. Kita mungkin mengenal badan-badan seperti Departemen, Kanwil, Kantor Kelurahan, Kantor Samsat, di mana kantor-kantor tersebut semua merupakan badan-badan birokrasi negara yang mengimplementasikan kebijakan negara dan bersifat langsung berhubungan dengan masyarakat
    e.berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Birokrasi yang seharusnya bekerja melayani dan berpihak kepada rakyat berkembang menjadi melayani penguasa dengan keberpihakan pada politik dan kekuasaan. Masyarakat selama ini masih berpandangan bahwa birokrasi (administrasi negara) sama dengan pemerintah, padahal keduanya berbeda dan tidak dapat disamakan. Birokrasi merupakan alat negara yang perlu memiliki aturan main sendiri dan didukung oleh perundang-undangan tersendiri, oleh karena itu korelasi antara birokrasi dan eksekutif harus diatur sedemikian rupa sehingga birokrasi menjadi sungguh-sungguh bekerja sebagai abdi negara dan bukan sebagai abdi kekuasaan.

    f.berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    pelaksanaan reformasi birokrasi diharapkan dapat: Mengurangi dan akhirnya menghilangkan setiap penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat di instansi yang bersangkutan; Menjadikan negara yang memiliki birokrasi yang bersih, mampu, dan melayani; Meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat; Meningkatkan mutu perumusan dan pelaksanaan kebijakan/program instansi; Meningkatkan efisiensi (biaya dan waktu) dalam pelaksanaan semua segi tugas organisasi; Menjadikan birokrasi Indonesia antisipatif, proaktif, dan efektif dalam menghadapi globalisasi dan dinamika perubahan lingkungan strategis
    g.Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatujuga merupakan bentuk kebijakan.
    Sebuah keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu termasuk kebijakan.. Kebijakan pada umumnya merupakan tindakan kolektif untuk memecahkan masalah sosial.
    Menurut Quade (1982) analisis kebijakan adalah suatu jenis penelaahan yang menghasilkan informasi sedemikian rupa yang dapat dijadikan dasar-dasar pertimbangan para pembuat kebijakan dalam memberikan penilaian-penilaian terhadap penerapan kebijakan sehingga diperoleh alternatif-alternatif perbaikannya. Kegiatan penganalisisan kebijakan dapat bersifat formal dan hati-hati yang melibatkan penelitian mendalam terhadap isu-isu atau masalah-masalah yang berkaitan dengan evaluasi suatu program yang telah dilaksanakan. Namun demikian, beberapa kegiatan analisis kebijakan dapat pula bersifat informal yang melibatkan tidak lebih dari sekadar kegiatan berfikir secara cermat dan hati-hati mengenai dampak-dampak diterapkannya suatu kebijakan.

    BalasHapus
  4. Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :
    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi, pada tempat tersedia.
    jawab
    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :
    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi, pada tempat tersedia.
    jawab
    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain, pada tempat tersedia,
    jawab
    Administrasi berfungsi sebagai organizing mengorganisasi sedemikian rupa kegiatan sehingga dalam pelaksanaan kesehtaan dan pengawasan kegiatan dapat berjalan sesuai program

    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?

    jawab : pembangunan tempat mck agar masyarakat dapat membudayakan hidup bersih dan sehat.

    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    jawab : birokrasi diindonesia masih sulit dan berbeli-belit sistem kegiatannya masih kurang tepat sasaran dll.

    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    jawab: tidak dapat ditentukan karena dilihat dari target reformasi sepertinya belum bisa terlaksana dikarnakan pada kenyataan sekarang ini masih banyak kasus korupsi dll yang bertentangan dengan dengan isi target reformasi.

    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    jawab:kebijakan publik yang diambil bisa bersifat positif dalam arti merupakan tindakan pemerintah mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu.

    BalasHapus
  5. 1. Soal :
    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas
    Jawaban :
    Administrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bekerjasama dengan adanya tujuan bersama.

    2. Soal :
    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi
    Jawaban :
    Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu yang Lain
    a. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Hukum :
    Ilmu hukum merupakan cabang dari ilmu pengetahuan, yang mempelajari norma-norma dan kaidah yang hidup di masyarakat. Kelangsungan hidup manusia yang teratur serta perkembangan yang dinamis dari administrasi hanya dapat dijami n kalau ia taat hukum. Jadi hubungan antara ilmu administrasi dengan ilmu hukum itu sangat erat.

    b. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Ekonomi:
    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dimana kebutuhan manusia itu tidak terbatas sedang alat pemuas itu terbatas. Dalam hal ini administrasi bergerak atas prinsip yang sama dengan Ekonomi, perbedaannya hanya pada obyeknya saja.

    c. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Politik:
    Ilmu politik mempelajari peraturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini administrasi adalah Policy Execution / kebijaksanaan. Jadi administrasi harus selalu melekatkan diri pada politik.

    d. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sejarah
    Ilmu sejarah mempelajari tentang waktu, yaitu mempelajari tindakan manusia pada masa lalu. Para ahli administrasi hanya akan berhasil melaksanakan tugasnya kalau mengetahui secara mendalam.

    e. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sosiologi
    Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan adminisrasi, karena sosiologi mempunyai tata masyarakat sedangkan administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.

    f. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Antropologi
    Antropologi adalah ilmu yang mempunyai tindak tanduk individu di dalam masyarakat. Administrasi mempelajari manusia yang melakukan kerjasama di dalam masyarakat. Jadi Antropologi dan administrasi mempunyai kesamaan obyek, hanya pendekatannya saja yang berbeda.
    g. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ethnologi
    Ethnologi adalah ilmu yang yang mempelajari sifat, kebudayaan, adat istiadat suatu bangsa. Sedangkan administrasi mempunyai manusia yang melakukan kegiatan usaha kerjasama di dalam masyarakat. Jadi administrasi perlu memahami mengenai sifat, kebudayaan dan adat istiadat tersebut.

    3. Soal :
    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain
    Jawaban :
    - Pelaksanaan (implementing) yang didalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,bimbingan, penggerakan dan pengawasan.
    - Penilaian (evaluation) yang didalamnya termasuk penyusunan laporan.

    4. Soal :
    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?
    Jawab :
    Pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial, budaya dsb

    5. Soal :
    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia masih belum dapat berjalan dengan baik karena disebabkan unsur birokrasi belum melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya dan biasanya banyak dipengaruhi oleh faktor uang.

    6. Soal :
    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik jika unsur birokrasi sudah melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya sesuai prosedur yang ada.

    7. Soal :
    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    Jawaban :
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  6. A. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    1. Kegiatan
    Suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain maupun dalam kelompok yang memiliki tujuan bersama.
    2. Kerja sama
    segala sesuatu yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
    3. Banyak (Beberapa)Orang
    Administrasi dapat berjalan apabila dilakukan oleh banyak/ beberapa orang.
    4. Adanya Tujuan bersama
    Administrasi dilakukan untuk mencapai tujuan yang sama yang telah disepakati bersama.

    B. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

    C. Fungsi Administrasi
    Misalnya sebagai Staff (bawahan) apabila memahami kegiatan
    administrasi dengan baik maka segala pekerjaan akan berjalan
    dengan mudah dan benar, dimana staff memiliki beban pekerjaan
    yang lebih besar dibandingkan atasannya, akan tetapi atasan
    memiliki beban tanggung jawab lebih besar dibandingkan bawahan.

    D. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah dalam Administrasi
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa
    pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak
    mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat
    terselesaiakn dengan baik.

    E. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik
    Reformasi Birokrasi Indonesia dapat berjalan dengan baik
    apabila:
    1. setiap individu yang berperan dalam Birokrasi bersih dari
    KKN serta menyadari tugas dan jabatannya.
    2. Mengutamakan kepentingan Masyarakat (umum) diatas
    kepentingan Pribadi.
    3. Mampu transparansi kepada semua pihak terutama dalam segi
    keuangan.
    4. Memiliki IMAN dan TAQWA.

    F. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Kebiajakan merupakan suatu tindakan seseorang untuk mencapai
    tujuan yang baik. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu
    kebijakan apabila tindakan ini tidak merugikan individu maupun
    kelompok.

    BalasHapus
  7. Menurut saya

    Pada dasarnya suatu kebijakan terbentuk dari kesepakatan bersama baik beberapa orang maupun suatu lembaga pemerintahan yang mana kebijakan tersebut diambil / ditetapkan demi tercapainya suatu tujuan. Meskipun dalam suatu bentuk kebijakan dapat berdampak positif maupun negatif bagi seseorang, kelompok, masyarakat dan negara.

    Tidak melakukan sesuatu pun dianggap dapat dikatan suatu kebijakan yang sifatnya situasional, hal tersebut dikarenakan selaku pihak pengambil kebijakan sudah mengetahui dampak yang akan ditimbulkan.

    dengan demikian pada intinya suatu kebijakan diambil / ditetapkan untuk mengatasi suatu permasalahan yang akan maupun sudah ada dimasyarakat.

    BalasHapus
  8. FERRY DERMAWAN YMA FKM
    TAMBAHAN PAK

    Birokrasi Indonesia saat ini sangat-sangat belum sempurna. dimana masih banyak ditemukannya KKN baik Kelembagaan, Pejabat Daerah, serta legislatif. birokrasi di Indonesia juga belum mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan adanya PUNGLI oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Banyaknya penumpukan Petugas/ pejabat pemerintah sehingga pelayanan tidak dapat diberikan secara merata.

    BalasHapus
  9. A. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    Administrasi adalah Suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain maupun dalam kelompok yang memiliki tujuan bersama.

    B. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

    C. Fungsi Administrasi
    Pengorganisasian ialah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, tanggungjawab dan wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatu kesatuan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.Definisi tersebut menunjukan bahwa pengorganisasian merupakan langkah pertama ke arah pelaksanaan rencana yang telah tersusun sebelumnya

    D. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah dalam Administrasi
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat terselesaiakn dengan baik.

    E. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik

    Kalau melihat keadaan sekarang tidak dapat ditentukan dikarenakan pada kenyataan sekarang ini masih banyak kasus korupsi dll yang bertentangan dengan dengan isi target reformasi.

    F. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Tidak melakukan sesuatu pun dianggap dapat dikatan suatu kebijakan yang sifatnya situasional, hal tersebut dikarenakan selaku pihak pengambil kebijakan sudah mengetahui dampak yang akan ditimbulkan.

    BalasHapus
  10. menjelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :

    Administrasi merupakan kesepakatan kedua belahpihak atau lebih yg mempunyai tujuan dan maksud yang searah

    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses tindakan mencapai tujuan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan juga evaluasi

    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menentukan tujuan yang dicapai
    2. melaksanakan kegiatan yg akan dicapai
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :
    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi, pada tempat tersedia.
    jawab
    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain, pada tempat tersedia,
    jawab
    Administrasi berfungsi sebagai organizing mengorganisasi sedemikian rupa kegiatan sehingga dalam pelaksanaan kesehtaan dan pengawasan kegiatan dapat berjalan sesuai program

    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?

    jawab : pembangunan tempat mck agar masyarakat dapat membudayakan hidup bersih dan sehat.

    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    jawab : birokrasi diindonesia masih sulit dan berbeli-belit sistem kegiatannya masih kurang tepat sasaran dll.

    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    jawab: tidak dapat ditentukan karena dilihat dari target reformasi sepertinya belum bisa terlaksana dikarnakan pada kenyataan sekarang ini masih banyak kasus korupsi dll yang bertentangan dengan dengan isi target reformasi.

    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    jawab: merupaka kebijakan apabila tindakan tersebut telah dipertimbangkan secara baik dan sebuah mufakat bersama

    BalasHapus
  11. A. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    1. Kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. Penyelenggara itu sendiri bisa merupakan badan, instansi pemerintah, organisasi, orang pribadi, lembaga

    2.Kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama.

    3.Banyaknya orang adalah sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang atau lebih

    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    B. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Unsur-unsur tersebut memiliki hubungan yang sangat berkaitan satu sama lain. dimana masing-masing mempunyai peranan tersendiri dalam fungsinya sebagai unsur-unsur administrasi.
    Ketika salah satu unur tidak ada, maka kegiatan administrasi tidak dapat berjalan dengan baik. Sebagai contohnya unsur "Kepegawaian", jika unsur ini tidak ada bagaiman mungkin kegiatan administrasi dapat berjalan.

    C. Fungsi Administrasi
    saya ambil contoh fungsi Budgeting, kegiatan administrasi tak lepas dari fungsi Budgeting / pembiayaan, disini kita dapat melakukan kegiatan karna adanya pembiayaan, bahkan ketika kita berbicara tentang administrasi maka yang terlintas dalam benak kita adalah budgeting ini. Dalam administrasi kita dituntut untuk dapat mengatur/mengelola budget yang kita punya agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan efesien

    D. Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah dapat berupa pembangunan fisik dan non-fisik. Sejauh ini pembangunan yang yang telah dijalankan pemerintah cukup berjalan dengan baik, sebagai contoh kini pemerintah tengah giat melakukan pembangunan dalam bidang infrastruktur guna menunjang pembanguan ekonomi.

    E. Reformasi Birokrasi di Indonesia akan berjalan dengan baik ketika para birokrat memiliki jiwa pelayanan prima, mengedepankan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Selama ini birokrasi di Indonesia terkesan sangat rumit, itu terjadi bisa karena kualitas SDM dibirokrasi yang kurang memiliki kemampuan kompeten. Selain itu penghapusan praktek KKN dalam birokrasi harus ditegakan dengan tegas. ini merupakan point yang cukup penting untuk mewujudkan birokrasi yang baik.

    F. Tidak melakukan sesuatu merupakan suatu kebijakan, karna pada dasarnya kebijakan adalah sesuatu pilihan yang akan kita jalanankan. Memilih untuk tidak melakukan sesuatu adalah suatu pilihan yang mungkin dapat kita amabil, itu bagian dari kebijakan yang akan kita jalankan. Dan saya rasa ini sesuai dengan sebuah pepatah yang mengatakan "Memilih untuk tidak memilih adalah bagian dari pilihan"

    BalasHapus
  12. 1. Isi administrasi
    a. Kegiatan : adanya kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan
    b. Kerjasama : melakukan kerja secara bersama untuk mencapai tujuan
    c. Banyak (beberapa) orang : terdiri lebih dari 1 orang untuk mencapai tujuan yang sama
    d. Adanya tujuan bersama : memiliki tujuan yang sama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan

    2. Tata hubungan dalam administrasi yaitu Administrasi merupakan proses, organisasi merupakan wadah, sedangkan manajemen merupakan pelaksanaannya yang satu sama lainnya saling berhubungan dan saling berkaitan sehingga tujuan dapat tercapai.

    3. Selain planning,organising,staffing,directing,coordinating,reporting,budgeting, administrasi juga memiliki fungsi yang lain yaitu motivating (pengerakan), evaluating (evaluasi) dan controlling (kontrol).

    4. Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah yaitu pembangunan berkelanjutan.

    5. Birokrasi Indonesia tidak berjalan dengan baik, malah sebaliknya menciptakan suatu lingkungan yang tidak sehat,tidak fit sesuai dengan fungsinya, ambigu, KKN dan tidak transparan.

    6. Reformasi birokrasi Indonesia akan berjalan dengan baik ketika sistem/struktur telah berjalan baik sesuai dengan fungsinya, tujuan terarah dan jelas, tidak ada KKN dan lebih transparan, sehingga tercipta lingkungan yg sehat dan tidak saling merugikan.

    7. Tidak melakukan sesuatu merupakan bentuk kebijakan ialah ketika kita tidak mendukung/melakukan sesuatu hal yang dapat memperburuk suatu kondisi sehingga dapat memberikan hasil yang tidak menguntungkan.

    BalasHapus
  13. A.Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas
    Administrasi perusahaan memiliki ruang lingkup yang lebih luas daripada manajemen dan kepemimpinan. Kata administrasi berasal dari kata latin (Yunani ) yaitu ad + ministrare. Artinya adalah melayani, membantu atau memenuhi.
    Menurut pegertian di atas administrasi diartikan dalam pengertian secara luas yaitu sebagai manajemen yang mengatur keseluruhan jalannya perusahaan.

    B. Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi.
    Organisasi
    Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupa penyusunan suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan kerjasama dengan caramengelompokkan pekerjaan – pekerjaan yang harus dilakukan, membagi tugasdiantara para pejabat yang harus melaksanakan, menetapkan wewenang dantanggung jawab masing – masing, serta menyusun jalinan hubungan diantara para pejabatnya.Adalah sistem usaha kerjasama sekelompok orang yang terikat secara formal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
    sebelumnya

    C.COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah dalam birokrasi?
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat terselesaiakn dengan baik.

    D.berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Birokrasi adalah alat kekuasaan bagi yang menguasainya, dimana para pejabatnya secara bersama-sama berkepentingan dalam kontinuitasnya. Jadi birokrasi berarti pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dari meja ke meja. Max Weber memandang Birokrasi sebagai suatu istilah kolektif bagi suatu badan yang terdiri atas pejabat-pejabat atau sekelompok yang pasti dan jelas pekerjaannya serta pengaruhnya dapat dilihat pada semua macam organisasi.
    apa yang dilakukan banyak orang, birokrasi adalah tipe dari suatu organisasi untuk mencapai tugas-tugas administrasi besar dengan cara mengkoordinasi secara sistematis atau teratur pekerjaan dari banyak orang.

    E. berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Reforrnasi birokrasi yang di dalamnya juga rnencakup reforrnasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan rnengadopsi secara kritis pola rnanajernen sektor swasta. Hal ini terjadi karena organisasi swasta terbukti lebih baik dalarn rnernberikan pelayanan kepada pelanggannya karena lebih responsif terhadap tuntutan para pelanggan.
    F. Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.
    Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu.
    kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak [1]. Istilah ini dapat diterapkan pada pemerintahan, organisasi dan kelompok sektor swasta, serta individu. Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum.

    BalasHapus
  14. Administrasi merupakan kesepakatan kedua belahpihak atau lebih yg mempunyai tujuan dan maksud yang searah

    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses tindakan mencapai tujuan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan juga evaluasi

    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menentukan tujuan yang dicapai
    2. melaksanakan kegiatan yg akan dicapai
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :
    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi, pada tempat tersedia.
    jawab
    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain, pada tempat tersedia,
    jawab
    Administrasi berfungsi sebagai organizing mengorganisasi sedemikian rupa kegiatan sehingga dalam pelaksanaan kesehtaan dan pengawasan kegiatan dapat berjalan sesuai program

    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?

    jawab : pembangunan tempat mck agar masyarakat dapat membudayakan hidup bersih dan sehat.

    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    jawab : birokrasi diindonesia masih sulit dan berbeli-belit sistem kegiatannya masih kurang tepat sasaran dll.

    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    jawab: tidak dapat ditentukan karena dilihat dari target reformasi sepertinya belum bisa terlaksana dikarnakan pada kenyataan sekarang ini masih banyak kasus korupsi dll yang bertentangan dengan dengan isi target reformasi.

    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    jawab: merupaka kebijakan apabila tindakan tersebut telah dipertimbangkan secara baik dan sebuah mufakat bersama

    BalasHapus
  15. 1. kegiatan adalah suatu proses kegiatan dalam bidang usaha.
    2. kerjasama adalah suatu proses rangkaian untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja.
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang atau lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai suatu tujuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :
    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi, pada tempat tersedia.
    jawab
    administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.
    jawaban :
    masing2 apa yang di maksud dengan isi administrasi :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    BalasHapus
  18. 1.yang di maksud diatas merupakan kegiatan administrasi dan isi dari administrasi dimana disitu ada
    a. kegiatan:
    b. kerjasama
    c. banyak(beberapa orang)
    d. adanya tujuan bersama
    Jadi administrasi disini adalah seluruh proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya gunu dan berhasil guna
    2. Unsur-unsur yang dimaksut: Administrasi sendiri tanpa ada unsurnya tentu tidak bisa berjalan. Oleh karena itu supaya adminitrasi berjalan maka ada yang menggerakkannya. Unsur pertama adanya organisasi, artinya disana ada petugasnya/lembaganya/institusi. Unsur kedua adanya manajemen, artinya semua kegiatan harus adanya perencanaannya, siapa yang melaksanakan, aktivitasnya, controlnya, dan juga dievaluasi (POACE). Unsur berikutnya adalah kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pekerjaan kantor, dan tata hubungan/komunikasi.
    3. fungsi administrasi
    a. Planning
    b.organizing
    c. staffing
    d.directing
    e. coordinating
    f.reporting
    g.butgeting
    Administrasi berfungsi sebagai:
    - planning (perencanaan), artinya bahwa dalam menyusun perencanaan memerlukan kegiatan administrasi, misalnya pengumpulan data, pengolahan data. Dengan demikian adminitrasi sangat diperlukan dalam kegiatan perencanaan.
    -Demikian juga dalam melakukan pengorganisasian, dalam menjalankan aktivitas organisasi diperlukan administrasi, misalnya penetapan petugas yang akan mengerjakan sebuah pekerjaan, dan lain-lain.
    -staffing (kepegawaian) adalah aktifitas yang dilakukan yang meliputi,menentukan,memilih,menempatkan,dan membimbing personil
    -coordinating(koordinasi) merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan,percekcokan,kekosongan kegiatan,dengan jalan menghubungkan,menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan.
    -directing adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan ,saran,perintah-perintah,agar tugas dapat dilaksanakandengan baik dan benar-benar bertujuan yang telah di tetapkan semula.
    -reporting adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi
    -Budgetting adalah pungsi manajemen berupa pengiktisaran sistem anggaran keuangan.baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek,menengah,dan panjang.

    4.Pembangunan yang di sediakan pemerintah yaitu pembangunan infrastruktur
    Contohnya Pembangunan infrastruktur pemerintah kabupaten kubu raya seperti jalan dan jembatan peng hubung antar desa dan kecamatan menjadi kebutuhan dasar masyarakat.namun sayang pembangunan tersebut terkendala dengan minimnya anggaran yang disediakan pemerintah kubu raya

    5.komentar saya mengenai birokrasi indonesia di tengaha posisinya yang cukup stategis birokrasi indonesia sulit menghindari bebagai keritik yang hadir yaitu :
    -buruknya pelayanan publik
    -besarnya kebocoran anggaran negara
    -Rendahnya profesionalaisme dan kompetensi PNS
    Birokrasi dikenal enggan terhadap perubahan,eksklusif,kaku dan terlalu dominan,shg hampir seluruh msy membutuhkan sentuhan-sentuhan birokrasi
    -tingginya biaya yang di bebankan untuk pengurus hal tertentu baik yang berupa legal cost maupun ilegal cost,waktu tunggu lama,banyak pintu layanan yang harus di lewati dan tidak berprespektif pelanggan

    BalasHapus
  19. Soal 1 : Isi administrasi

    1. Kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan
    secara terus menerus,
    2. kerja sama adalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan
    secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut
    menjadi lebih ringan,
    3. Banyak(beberapa)Orang adalah lebih dari satu orang atau sekelompok orang dalam
    melakukan kegiatan atau pekerjaan untuk suatu maksud tertentu agar mencapai tujuan
    yang diharapkan,
    4. Tujuan bersama, merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan
    tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir
    tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus
    dicapai melalui prosedur, program, pola (network), kebijaksanaan (policy), strategi,
    anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan.

    Soal 2 : tata hubungan dalam administrasi

    Yang di maksud dengan Tata Hubungan/Komunikasi dalam Administrasi yaitu Penyampaian warta/message(pesan) dari satu orang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.

    Soal 3 : Fungsi administrasi yang lain yaitu :

    1. Motivating ( Pengerakan) ialah kemampuan membujuk orang-orang mencapai tujuan
    tujuan yang telah di tetapkan dengan penuh semangat.
    2. Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana
    pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil
    sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian
    tujuan
    3.Controling adalah proses pengamatan pelaksanaan suatu kegiatan dan kebijakan untuk
    memastikan tercapainya tujuan dengan fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa
    antara tujuan yang ingin dicapai dalam system yang telah ditetapkan pada waktu yang
    tepat.

    Soal 4 Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah :

    Pembangunan yang berkelnjutan yang bertujuan mewujudnya masyarakat yang sejahtera,demokrasi dan berkeadilan.Peranan birokrasi dalam pembangunan,didukung kualitas penyelenggaraan Negara supaya terwujud pemerintah yang demokrasi,keadilan dan kepastian hukum,birokrasi yang bersih,efektif,efesien,akuntabel,dan melayani,serta terciptanya ketertiban dan keamanan.





    BalasHapus
  20. 6. komentar saya terhadap kapan repormasi birokrasi indonesia akan terlaksana dengan baik jika:
    -Terbentuknya birokrasi yang bersih (anti KKN,berlakunya prilaku korupsi)
    -efisien dan hemat dalam menggunakan SD terbatas (4M dan Time )
    -transper ,seluruh kebijakan dan aktivitasnya di ketahui masyarakat dan mereka dapat mengaksesnya
    -,melayani tidak minta dilayani
    -terdesentralisasi adanya kewenangan dalam pengambilan keputusan pada pimpinan unit kerja terdepan

    BalasHapus
  21. Birokrasi di indonesia dapat dilihat dari contoh Pemerintah yang telah mendelegasikan pemrosesan ke Pemda, namun belum dapat dilakukan secara optimal karena belum memadainya SDM, serta pembinaan dan sosialisasi masih sangat minim,

    BalasHapus
  22. 1. Soal :Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatasJawaban :Administrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bekerjasama dengan adanya tujuan bersama.

    2. Soal :Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasiJawaban :Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu yang Laina. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Hukum :Ilmu hukum merupakan cabang dari ilmu pengetahuan, yang mempelajari norma-norma dan kaidah yang hidup di masyarakat. Kelangsungan hidup manusia yang teratur serta perkembangan yang dinamis dari6 administrasi hanya dapat dijami n kalau ia taat hukum. Jadi hubungan antara ilmu administrasi dengan ilmu hukum itu sangat erat.b. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Ekonomi:Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dimana kebutuhan manusia itu tidak terbatas sedang alat pemuas itu terbatas. Dalam hal ini administrasi bergerak atas prinsip yang sama dengan Ekonomi, perbedaannya hanya pada obyeknya saja.c. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Politik:Ilmu politik mempelajari peraturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini administrasi adalah Policy Execution / kebijaksanaan. Jadi administrasi harus selalu melekatkan diri pada politik.d. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu SejarahIlmu sejarah mempelajari tentang waktu, yaitu mempelajari tindakan manusia pada masa lalu. Para ahli administrasi hanya akan berhasil melaksanakan tugasnya kalau mengetahui secara mendalam.e. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu SosiologiSosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan adminisrasi, karena sosiologi mempunyai tata masyarakat sedangkan administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.f. Hubungan Ilmu Administrasi dengan AntropologiAntropologi adalah ilmu yang mempunyai tindak tanduk individu di dalam masyarakat. Administrasi mempelajari manusia yang melakukan kerjasama di dalam masyarakat. Jadi Antropologi dan administrasi mempunyai kesamaan obyek, hanya pendekatannya saja yang berbeda.g. Hubungan Ilmu Administrasi dengan EthnologiEthnologi adalah ilmu yang yang mempelajari sifat, kebudayaan, adat istiadat suatu bangsa. Sedangkan administrasi mempunyai manusia yang melakukan kegiatan usaha kerjasama di dalam masyarakat. Jadi administrasi perlu memahami mengenai sifat, kebudayaan dan adat istiadat tersebut.

    3. Soal :Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lainJawaban :- Pelaksanaan (implementing) yang didalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,bimbingan, penggerakan dan pengawasan.- Penilaian (evaluation) yang didalamnya termasuk penyusunan laporan.


    4. Soal :COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?Jawab :Pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial, budaya dsb

    5. Soal :Berikan komentar mengenai birokrasi IndonesiaJawaban :Birokrasi di Indonesia masih belum dapat berjalan dengan baik karena disebabkan unsur birokrasi belum melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya dan biasanya banyak dipengaruhi oleh faktor uang.

    6. Soal :Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?Jawaban :Birokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik jika unsur birokrasi sudah melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya sesuai prosedur yang ada.

    7. Soal :Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakanJawaban :Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada t3ujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  23. A. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    1. Kegiatan
    Suatu pekerjaan yang dilakukan oleh individu dengan individu lainnya guna mencapai sebuah tujuan bersama
    2. Kerja sama
    merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan sebuah kelompok individu guna mencapai tujuan bersama.
    3. Banyak (Beberapa)Orang
    Agar Administrasi berjalan dengan baik maka diperlukan banyak/ beberapa orang.
    4. Adanya Tujuan bersama
    yang terpenting Administrasi harus memiliki tujuan bersama.

    B. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu yang Lain
    a. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Hukum :
    Ilmu hukum merupakan cabang dari ilmu pengetahuan, yang mempelajari norma-norma dan kaidah yang hidup di masyarakat. Kelangsungan hidup manusia yang teratur serta perkembangan yang dinamis dari administrasi hanya dapat dijami n kalau ia taat hukum.
    Jadi hubungan antara ilmu administrasi dengan ilmu hukum itu sangat erat.

    b. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Ekonomi:
    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dimana kebutuhan manusia itu tidak terbatas sedang alat pemuas itu terbatas. Dalam hal ini administrasi bergerak atas prinsip yang sama dengan Ekonomi, perbedaannya hanya pada obyeknya saja.

    c. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Politik:
    Ilmu politik mempelajari peraturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini administrasi adalah Policy Execution / kebijaksanaan. Jadi administrasi harus selalu melekatkan diri pada politik.

    d. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sejarah
    Ilmu sejarah mempelajari tentang waktu, yaitu mempelajari tindakan manusia pada masa lalu. Para ahli administrasi hanya akan berhasil melaksanakan tugasnya kalau mengetahui secara mendalam.

    e. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sosiologi
    Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan adminisrasi, karena sosiologi mempunyai tata masyarakat sedangkan administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.

    f. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Antropologi
    Antropologi adalah ilmu yang mempunyai tindak tanduk individu di dalam masyarakat. Administrasi mempelajari manusia yang melakukan kerjasama di dalam masyarakat. Jadi Antropologi dan administrasi mempunyai kesamaan obyek, hanya pendekatannya saja yang berbeda.
    g. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ethnologi
    Ethnologi adalah ilmu yang yang mempelajari sifat, kebudayaan, adat istiadat suatu bangsa. Sedangkan administrasi mempunyai manusia yang melakukan kegiatan usaha kerjasama di dalam masyarakat. Jadi administrasi perlu memahami mengenai sifat, kebudayaan dan adat istiadat tersebut.

    C. Fungsi-fungsi organik administrasi adalah sebagai berikut:

    Perencanaan (planning),
    Pengorganisasian (organizing),
    Pemberian motivasi (motivating),
    Pengawasan (controlling), dan
    Penilaian (evaluating).

    D. Pembangunan yang berupa pembangunan fasilitas segala sesuatu yang mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kehidupan.

    E. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik
    Sampai seluruh birokrasi dan masyarakat menyadarinya dan saling membantu serta membentuk Hubungan birokrasi dan masyarakat yang baik dan yang memiliki tujuan sama.

    F. Menurut saya tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan adalah hal yang dapat menyebabkan orang-orang disekitar kita malah makin kesulitan dan akan berdampak keadaan menjadi memburuk


    BalasHapus
  24. - Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas, pada lembar tersedia.

    Isi dari administrasi?
    1.Kegiatan adalah Proses dimana banyak orang melakukan pekerjaaan.
    2.Kerja sama adalah Melakukan pekerjaan pada sekelompok orang yang sedang melakukan proses nya kegiatan.
    3.Banyaknya orang adalah suatu kelompok orang yang jumblah terhitung lebih dari 5 orang bahkan lebih.
    Adanya tujuan yaitu proses kedepan untuk mencapai sesuatu hal yang diinginkan dan sukses.

    - Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

    - Fungsi Administrasi
    Misalnya sebagai Staff (bawahan) apabila memahami kegiatan
    administrasi dengan baik maka segala pekerjaan akan berjalan
    dengan mudah dan benar, dimana staff memiliki beban pekerjaan
    yang lebih besar dibandingkan atasannya, akan tetapi atasan
    memiliki beban tanggung jawab lebih besar dibandingkan bawahan.

    - Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah dalam Administrasi
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa
    pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak
    mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat
    terselesaiakn dengan baik.

    - Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik
    Reformasi Birokrasi Indonesia dapat berjalan dengan baik
    apabila:
    1. setiap individu yang berperan dalam Birokrasi bersih dari
    KKN serta menyadari tugas dan jabatannya.
    2. Mengutamakan kepentingan Masyarakat (umum) diatas
    kepentingan Pribadi.
    3. Mampu transparansi kepada semua pihak terutama dalam segi
    keuangan.
    4. Memiliki IMAN dan TAQWA.

    - Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Kebiajakan merupakan suatu tindakan seseorang untuk mencapai
    tujuan yang baik. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu
    kebijakan apabila tindakan ini tidak merugikan individu maupun
    kelompok.

    BalasHapus
  25. 1. Soal :
    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas
    Jawaban :
    Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu".
    Administrasi secara luas dapat disimpulkan pada dasarnya semua mengandung unsur pokok yang sama yaitu adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan kerjasama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
    2. Soal :
    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi
    Jawaban :
    Administrasi sebagai proses ada tiga macam:
    1.Proses pemikiran (proses administratif/manajerial).
    2. Proses teknis profesional (technical operation).
    3. Oroses pembantuan (auxiliary).
    Adapun komponen administrasi:
    1.Manajer (puncak, menengah dan bawah)
    2. Lini
    3. Staf (pembantu)
    Dalam kaitanya dengan administrasi sebagai sistem usaha kerja sama untuk tercapainya tujuan bersama akan selalu dijumpai ketiga kompenen tersebut. Setiap manajer di sini, baik manajer pada unit lini maupun unit staf mempunyai tugas mengendalikan semua sumber yang ada pada lingkup tanggung jawabnya termasuk mengendalikan seluruh kegiatan unit-unit yang menjadi tanggung jawabnya.

    3. Soal :
    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain
    Jawaban :
    - Pelaksanaan (implementing) yang didalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,bimbingan, penggerakan dan pengawasan.
    - Penilaian (evaluation) yang didalamnya termasuk penyusunan laporan.

    4. Soal :
    jelaskan pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?
    Jawab :
    Pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial, budaya, politik, hankam

    5. Soal :
    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia belum berjalan dengan baik dan trasparan. hal ini disebabkan unsur birokrasi belum melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya dan masih mengandung unsur KKN, unsur money politik di setiap bidang.

    6. Soal :
    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik jika semua unsur birokrasi dapat melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya secara transparan sesuai dengan UU dan prosedur yang ada.

    7. Soal :
    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    Jawaban :
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Tidak melakukan sesuatu pun dianggap dapat dikatan suatu kebijakan yang sifatnya situasional,dikarenakan pihak pengambil kebijakan sudah mengetahui dampak yang akan ditimbulkan.

    BalasHapus
  26. 7. pendapat saya tidak melakukan sesuatu juga merupakan kebijakan karen Kebijakan adalah rangkaian dan azas yang menjadi garis besar dan rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak (organisi / pemerintah), pernyataan cita-cita, tujuan, prinsip, atau maksud sebagai pedoman untuk menejemen dalam usaha mencapai tujuan tertentu.Apabila pemerintah memilih untuk melakukan sesuatu, maka tentunya ada tujuan, begitupun apabila pemerintah memilih tidak melakukan sesuatu inipun merupakan kebijakan yang tentu ada tujuannya.

    BalasHapus
  27. CITRA MEI LESTARI

    1.Kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. Penyelenggara keitan itu sendiri bisa merupakan badan, instansi pemerintah, organisasi, orang pribadi, lembaga, dll. Biasanya kegiatan dilaksanakan dengan berbagai alasan tertentu, mulai dari peringatan ulang tahun sebuah organisasi, kampanye sebuah partai politik, atau bahkan sosialisasi sebuah kebijakan pemerintah.

    2. kerjasama adalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan.Wujud dari kerjasama bisa merupakan kerja kelompok ataupun kerja yang mencakup skala luas misalnya kerjasama antar organisasi atau kerjasama antar negara (kerjasama internasional).Dengan menerapkan konsep kerjasama maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan yang berat atau membutuhkan kekuatan kelompok.

    3. Banyak (beberapa)orang yaitu sekelompok orang yang bekerjasama atau melakukan kegiatan agar mencapai tujuan yang di harapkan bersama.

    4. Adanya Tujuan bersama yaitu arah atau sasaran yang akan di capai suatu kegiatan yang telah di sepakati.

    Yang di maksud Tata hubungan komunikasi adalah : Hubungan masyarakat yang diistilahkan pula dengan “ Public Relation “ merupakan kegiatan usaha kerja sama untuk menciptakan hubungan baik dengan masyarakat atau pihak lain di sekitarnya agar mendapatkan dukungan secara sadar dan suka rela.

    Fungsi administrasi yang lain :
    1 Staffing :Praktek menemukan, mengevaluasi dan menetapkan suatu hubungan kerja dengan karyawan pada suatu projek dan memberhentikannya pada saat sudah tidak dibutuhkan. Sehingga pekerja yang ditetapkan sesuai dengan bidang dan ahlinya.

    2. Directing : Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

    3. Coordinating : bagaimana seluruh kepentingan dan tujuan organisasi disatukan dan diharmoniskan dengan sinkronisasi waktu serta tempat.

    4. Reporting : bagaimana menginformasikan pertanggungjawaban

    5. Budgeting : bagaimana merencanakan keuangan, pembiayaan, perhitungan uang keluar masuk serta pengawasan yang dilaksanakan.

    pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah ; Pembangunan yang terwujudnya masyarakat yang sejahtera,demokrasi dan berkeadilan.Peranan birokrasi dalam pembangunan,didukung kualitas penyelenggaraan Negara supaya terwujud pemerintah yang demokrasi,keadilan dan kepastian hukum,birokrasi yang bersih,efektif,efesien,akuntabel,dan melayani,serta terciptanya ketertiban dan keamanan.

    Kondisi Birokrasi Indonesia di warnai dengan praktek KKN dan penyalahgunaan wewenang,pelayanan publik belum seperti yang di harapkan masyarakat, kerjanya belum efektif,efesien dan akuntabel,akibatnya menimbulkan ketidakpuasan/ketidakpercayaan masyarakat,seharusnya memperlancar,malahan memperlambat proses pembangunan,menghambat dunia usaha dan daya saing nasional.

    Reformasi birokrasi akan terlaksana jika pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bebas dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta masyarakat yang adi makmur dan sejahtera.


    tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan karena
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  28. *administrasi mempunyai penjelasan suatu kegiatan aktifitas yang dilakukan oleh seseorang atau lebih dalam melakukan interaksi dengan seseorang maupun dengan kelompok yang mempunyai suatu tujuan yang sama.

    * tata hubungan dalam administrasi mempunyai penjelasan sebuah bentuk komunikasi atau tata hubungan yang baik sehingga yang menjadi tujuan dari suatu administrasi itu bisa tercapai tanpa adanya konflik yang terjadi.

    * fungsi administrasi mempunyai penjelasan mencakup semua yang ada didalam suatu organisasi mulai dari sistem pengelompokan tugas, sarana prasarana, individu serta tanggung jawab dan wewenang yang berbeda beda sehingga terbentuklah suatu organisasi yang kompak dan berpengaruh pada tujuan yang akan dicapai.

    * pembangunan yang disediakan oleh pemerintah dalam administrasi mempunyai penjelasan pelayanan yang dilakukan oleh suatu instansi terkait atau yang biasa disebut pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat umum bersifat profesional. Profesional yang dimaksud adalah sesuai prosedur tanpa adanya kesan mempersulit ataupun menunda-nunda.

    * reformasi birokrasi indonesia dapat berjalan dengan baik jika adanya kesadaran seluruh oknum pemerintah khususnya pejabat tinggi akan tanggung jawab dan wewenangnya masing-masing.serta berkurangnya kasus korupsi di indonesia maka dapat dipastikan reformasi birokrasi di indonesia dapat berubah semakin membaik.

    *tidak melakukan apa-apa mempunyai arti suatu tindakan yang tidak mau merugikan orang lain dan menginginkan tujuan yang diharapkan akan tercapai.sehingga tindakan ini juga bisa disebut sebagai kebijakan.

    BalasHapus
  29. Lanjutan, tadi di klik yang soal ke 5 malah balik lagi dari awal pak....

    Soal 5 Komentar mengenai birokrasi Indonesia :

    Kondisi Birokrasi Indonesia di warnai dengan praktek KKN dan penyalahgunaan wewenang,pelayanan publik belum seperti yang di harapkan masyarakat, kerjanya belum efektif,efesien dan akuntabel,akibatnya menimbulkan ketidakpuasan/ketidakpercayaan masyarakat,seharusnya memperlancar,malahan memperlambat proses pembangunan,menghambat dunia usaha dan daya saing nasional.

    Soal 6 Reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik jika:

    Reformasi birokrasi dapat terlaksana dengn baik jika pemerintah mampu membasmi Korupsi,Kolusi dan Nepotisme, meningkatkan disiplin kerja, serta meningkatkan pelayanan publuk dengan baik dan bersungguh - sungguh sehinnga dapat terwujudnya negara yang sejahtra, makmur,dan maju yang berlandaskan pada pancasila dan undang - undang dasar 1945.

    Soal 7 Tidak melakukan sesuatu pakah merupakan suatu kebijakan :

    Menurut saya tidak melakukan sesuatu bukan merupakan bentuk kebijakan. Karena kebijakan pada umumnya merupakan tindakan kolektif untuk memecahkan masalah sosial jadi apabila kita tidak melakukan sesuatu tidak mungkin suatu masalah dapat terselesaikan.

    BalasHapus
  30. soal 1 :
    Administrasi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang (2 orang atau lebih) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
    isi administrasi :
    1 kegiatan, merupakan suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    2.kerjasama merupakan proses interaksi pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang, mengacu pada sekelompok orang yang jumlahnya minimal 2 orang atau lebih
    4.adanya tujuan yang telah disepakati yang akan dicapai bersama

    soal 2:
    Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi :
    tata hubungan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati, tata hubungan tersebut tidak lain adalah komunikasi, meliputi komunikasi internal maupun komunikasi eksternal, komunikasi internal merupakan komunikasi antar pegawai dalam suatu organisasi tersebut, dan komunikasi eksternal merupakan komunikasi antar sesama organisasi yang lain diluar organisasi yg ada. tata hubungan sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sehingga diharapkan semua pegawai bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien

    soal 3:
    fungsi-fungsi lain administrasi:
    directing (pemberian bimbingan),yang berarti dalam menjalankan tugasnya staf atau pegawai dibekali suatu informasi atau ilmu yang benar dengan melakukan pengarahan, pemberian bimbingan, selanjutnya fungsi yang lain adalah coordinating(pengkoordinasian),dimana di suatu organisasi ada yang namanya staf dengan adanya suatu pimpinan, sehingga untuk mencapai hasil yang telah disepakati dibutuhkan suatu koordinasi antar semua pegawai atau personil dalam suatu organisasi tersebut, fungsi selanjutnya adalah reporting (pelaporan),karena suatu hasil kerja tanpa ada pelaporan adalah sia sia karena tidak bisa untuk mengevaluasi apa yang telah dikerjakan, "tuliskan apa yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda tulis" dan yang terakhir adalah budgeting (penganggaran), pasti suatu organisasi dibutuhkan suatu dana yang akan digunakan atau dianggarkan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati

    soal 4:
    pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah :
    pemerintah indonesia telah melakukan pembangunan yang terstruktur dan terprogram yang meliputi segala bidang kehidupan masyarakat dan bangsa indonesia, diantaranya adalah pembangunan di bidang agama, sosial, budaya, kesehatan,olahraga, pemuda dan lain lain yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera

    soal 5 :
    komentar mengenai birokrasi Indonesia:
    birokrasi di indonesia belum berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat, harus dilakukan reformasi yang sebesar besarnya, karena selama ini birokrasi di indonesia ruwet, seolah olah dibuat ruwet dengan tujuan untuk melaksanakan korupsi, sehingga semua pake uang, tanpa uang semua lini birokrasi akan susah, karena didalamnya masih ada unsur korupsi, kolusi dan nepotisme

    soal 6:
    kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik:
    reformasi birokrasi indonesia akan terlaksana bila semua unsur dalam birokrasi di indonesia bisa melakukan pekerjaannya dengan rasa tanggung jawab dan tulus mau kerja tanpa ada maksud berbuat kecurangan, dan birokrasi di indonesia sangat ditenteukan oleh pemimpinnya, gubernur di suatu daerah sangat berperan penting dalam mewujudkan reformasi birokrasi, sebagai contoh adalah di provinsi DKI sudah mulai nampak reformasi birokrasi menuju birokrasi yang didambakan, karena harus dibutuhkan sosok pemimpin yang mau bekerja sesuai aturan dan tidak melakukan kecurangan untuk kepentingan pribadi maupun golongan

    soal 7:
    tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan:
    suatu kebijakan pasti ada tujuannya, tujuannya kalo di pemerintah pasti ada hubungannya dengan masyarakat, seandainya melakukan suatu tindakan atau membuat kebijakan tapi merugikan masyarakat atau orang lain, untuk apa tindakan atau kebijakan itu dibuat atau dilaksanakan,sehingga ada pepatah silent is gold, diam itu emas untuk suatu tujuan yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  31. Soal 1
    1. Kegiatan yang dimaksud yaitu suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus.

    2. kerjasama yaitu pekerjaan yang biasanya di kerjakan secara individu tapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi ringan.

    3. Banyak (beberapa)orang yaitu sekelompok orang untuk bekerjasama dalam menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan agar mencapai tujuan yang di harapkan bersama.

    4. Adanya Tujuan bersama yaitu arah atau sasaran yang akan di capai suatu kegiatan yang telah di sepakati bersama suatu kelompok (organisasi)tersebut.

    Soal 2
    Di dalam administrasi, agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik maka diperlukan Tata Hubungan yang baik antara beberapa bagian yang terkait di dalamnya.Bagian-bagian tersebut antara lain :

    1. Organisasi, merupakan wadah dimana usaha kerja sama itu diselenggarakan. Wewenang, tugas dan tanggung jawab menjadi kesatuan yang laras. Termasuk pula dalam proses mengorganisir atau membentuk organisasi ialah penentuan tujuan yang hendak dicapai.
    2. Manajemen, dapat dianggap sebagai suatu proses yang menggerakan kegiatan dalam administrasi itu sehingga tujuan yang telah dibentuk benar-benar tercapai.
    3. Kepegawaian, merupakan segi yang berkenaan dengan sumber tenaga manusia (working force) yang harus ada pada setiap usaha kerja sama. Penelaahan unsur ini menimbulkan sekelompok pengetahuan yang dicakup dengan nama administrsi kepegawaian (personel administration).
    4. Keuangan, merupakan segi pembiayaan (financing) dalam setiap administrasi. Dari sinilah timbul administrasi keuangan yang mencakup budgeting, accounting, auditing, serta tindakan-tindakan lainnya dalam bidang keuangan.
    5. Perlengkapan, merupakan segi melayani kebutuhan kebendaan dan kerumahtanggaan yang juga tentu ada dalam setiap usaha bersama. Pada bidang ini berkembanglah pengetahuan administrasi perlengkapan (supply administration).

    Semua bagian-bagian tersebut harus berjalan secara sinkron, agar apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai
    Soal 3
    Fungsi - fungsi lainya di dalam administrasi yaitu:
    1. Motivating ( Pengerakan) ialah kemampuan membujuk orang-orang mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan dengan penuh semangat.

    2. Evaluating ( Penilaian ) ialah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan.
    Soal 4
    Pembangunan yang di sediakan pemerintah adalah pembangunan yang mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Peranan birokrasi dalam pembangunan,didukung kualitas penyelenggaraan Negara supaya terwujud pemerintah yang demokrasi,keadilan dan kepastian hukum,birokrasi yang bersih,efektif,efesien,akuntabel,dan melayani,serta terciptanya ketertiban dan keamanan.

    Soal 5
    Birokrasi di indonesia : banyaknya keluhan tentang birokrasi di Indonesia pada umumnya bermuara pada penilaian bahwa birokrasi di Indonesia tidak netral. Dalam realita, yang ada di Indonesia saat ini adalah banyak praktek buruk yang terjadi di dalam birokrasi. Dalam prakteknya, muncul kesan yang menunjukkan seakan-akan para pejabat dibiarkan menggunakan kedudukannya di birokrasi untuk kepentingan diri dan kelompoknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hadirnya bentuk praktek birokrasi yang tidak efisien dan bertele-tele.
    Soal 6
    Birokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik jika unsur birokrasi sudah melaksanakan semua tanggung jawab sesuai juklak dan juknis yang ada.
    Soal 7
    Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  32. Maksud dari isi administrasi :
    1 kegiatan adalah suatu proses dalam usaha segala bidang.
    2.kerjasama adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)dalam mencapai suatu tujuan
    3. banyaknya orang adalah sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang atau lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    Administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    Administrasi berfungsi untuk mengorganisasi sedemikian rupa kegiatan sehingga dalam pelaksanaan kesehatan dan pengawasan kegiatan dapat berjalan sesuai program

    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?

    Pembangunan sarana air bersih agar kebutuhan air bersih masyarakat tercukupi baik dari segi kualitas dan kuantitas.

    Birokrasi di Indonesia masih sulit dan berbeli-belit sistem kegiatannya masih kurang tepat sasaran dan belum pernah mencapai terjadinya kesepakatan.

    Tidak dapat ditentukan karena dilihat dari target reformasi sepertinya belum bisa terlaksana dikarnakan pada kenyataan sekarang ini masih banyak kasus korupsi dll yang bertentangan dengan dengan isi target reformasi.

    Kebijakan publik yang diambil bisa bersifat positif dalam arti merupakan tindakan pemerintah mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu.

    BalasHapus
  33. HABIB NASUTION:

    Kegiatan adalah bahan dari program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran terukur pada suatu program.
    Kerjasama adalah Sebuah tindakan atau bekerja bersama untuk mencapai tujuan atau keuntungan bersama; bertindak bersama
    Tujuan bersama adalah suatu output atau hasil ahir yang disepakati dari suatu kegiatan untuk dicapai bersama.

    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi,
    Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dimana pelakunya sendiri adalah para pegawai yang ditunjang dengan sarana perlengkapan untuk melaksanakan pekerjaan yang telah disepakati dalam rangkain tata hubungan/komunikasi dimana antara satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan.

    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain,
    Staffing adalah salah satu fungsi manajemen yang melakukan penarikan, penyeleksian, pengembangan dan penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
    Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
    Coordinating adalah penyatuan, integrasi, sinkronisasi upaya anggota kelompok sehingga memberikan kesatuan tindakan dalam mengejar tujuan bersama
    Reporting atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi.
    Budgeting adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu / periode tertentu dimasa mendatang.

    Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah:
    Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Birokrasi yang berkembang di Indonesia saat ini, di satu sisi digambarkan sebagai organisasi yang tidak efisien, berbelit-belit, penganut slogan “kalau bisa dipersulit mengapa dipermudah?” Komposisi pegawai yang semakin membengkak, dan korup. Sebuah gambaran yang membuat kita tidak respect dan takut untuk berhubungan dengan birokrasi. Di sisi lain, birokrasi digambarkan sebagai sebuah organisasi dimana bisa meraih segalanya bagi siapa saja pemenang sebuah pemilihan, mulai dari uang, jabatan, dan kekuasaan. Dua gambaran yang kontradiktif, karena gambaran yang pertama disampaikan oleh masyarakat bawah dan gambaran kedua disampaikan oleh penguasa (elit).

    Kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Reformasi Birokrasi akan terlaksana dengan baik jika semua pihak berupaya untuk berkomitmen pada upaya-upaya mencegah dan mempercepat pemberantasan korupsi, secara berkelanjutan, dalam menciptakan tata pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa (good governance), pemerintah yang bersih (clean government), dan bebas KKN.

    Tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan contohnya:
    Kebijakan dalam bidang kesehatan Tujuan idealnya adalah agar rakyat sehat dan sejahtera, Kongretnya Pemerintah telah membuat kebijakan dg membangun lembaga Rumah Sakit (RSU) sebagai tempat pengobatan penyakit (kurativ) sedangkan Pukesmas idealnya berfungsi sebagai pencegahan (preventive),
    Hakekat kebijakan dan Fakta di masyarakat, adalah rakyat dibiarkan sakit dulu baru diobati, Konsekwensinya,:
    orang yang berobat (sakit) tidak semakin berkurang namun semakin bertambah, baik dipuskesmas maupun di RSU, yg terbanyak pasiennya adalah keluarga yg kurang mampu, dg kebiasaannya berobat setelah penyakitnya acut, masyarakat kecil hanya bisa mengeluh ketika penyakitnya berat dan pasrah karena tak berdaya, Kondisi semacam ini sudah berlangsung lama yang diketahui , dirasakan serta dijalani masyarakat.

    BalasHapus
  34. no 1.
    kegiatan; adalah suatu pekerjaan yang di kerjakan secara kerja sama.
    kerja sama; adalah pekerjaan yang di lakukan oleh 2 orang atau lebih,
    banyak(beberapa) orang ; jumlah orang yg mengerjakan pekerjaan tersebut
    adanya tujuan adalah dalam setiap kegiatan atau pekerjaan pastinyamemiliki titik fokus yaitu adanya tujuan.


    no 2.
    hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah sebagai berikut :
    1. Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen
    2. Melalui manajemen semua kegiatan di koordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
    3. Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau diluar organisasi (formal).
    4. Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.

    no.3
    fungsi Organizing (pengorganisasian)
    Pengorganisasian merupakan kegiatan dimana aktivitasnya berisi tentang menyusun dan membentuk hubungan kerja antar pribadi ataupun kelompok, sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam menempuh tujuan yang sudah ditetapkan.

    fungsi Staffing (kepegawaian)
    Fungsi yang ketiga adalah kepegawaian. Setara dengan fungsi-fungsi sebelumnya, kepegawaian mempunyai fungsi yang sangat penting dimana kepegawaian adalah pengisian sesuatu bidang atau unit dengan personal yang akan melaksanakan tugas kegiatannya.

    fungsi Directing (pengarahan)
    Suharsimi Arikunto memberikan definisi pengarahan sebagai penjelasan, petunjuk, serta pertimbangan dan bimbingan terhadap pra petugas yang terlibat, baik secara struktural maupun fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.

    fungsi Coordinating (pengkoordinasian)
    System koordinasi pada umumnya tidak efektif karena muncul system birokrasi, dan krisis ini akan terjadi jika organisasi menjadi terlalu besar dan rumit untuk dikelola. Akan tetapi, pada pokoknya penggoordinasian menurut The Liang Gie (1983: 216) merupakan rangkaian aktifitas yang menghubungkan, menyatu padukan dan menyalaraskan orang-orang dan pekerjaan.

    fungsi Budgeting (Penganggaran)
    Dianalogikan sebagai aspek penting dalam kebutuhan sehari-hari, dimana manusia membutuhkan makanan untuk melakukan kegiatan, begitulah pentingnya fungsi pembiayaan ini.
    Pembiayaan adalah kegiatan yang berisi tentang dana dan anggaran.

    fungsi reporting (Pergerakan)
    Penggerakan atau istilah pembimbingan menurut the Liang Gie merupakan aktifitas seorang manager dalam pemerintahan, menugaskan, menjuruskan, mengarahkan, dan menuntun karyawan atau personnel organisasi untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    no.4
    menurut saya pembangunan yang disediakan oleh pemerintah adala pembangun yang mempunyai arti dari suatu tindakan dan tidak merugikan bagi masyarakat serta dengan keadilan.

    no 5.
    menurut saya reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik jika suatu birokrasi tersebut di pergunakn dengan baik dan di lakuka secara adil maksudnya tidak hanya dengan rakyat yang kecil menggunakan birokrasi yang sulit tetapi para pejabat atau para atasan pun harus mengunakan birokrasi yang adi atau sama seperti yang lain serta para pemerintah pun memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.







    BalasHapus
  35. amin basri, menjawab :

    Coba jelaskan masing-masing apa yang
    dimaksud :
    1 kegiatan adlh suatu proses kegiatan
    bersama dalam suatu bidang.
    2.kerjasama adalah proses
    rangkaian kerja pada sekelompok orang yang bekerja bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dr orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang adlh sekelompok
    orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    4.adanya tujuan adalah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau
    memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai hsil (tujuan)

    hubungan dalam administrasi ada tiga
    unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

    pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?
    jawab : pembangunan saluran sumber air bersih agar masyarakat dapat hidup bersih dan sehat dgn adany sumber air bersih yg disediakan pemerintah.

    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    jawab : birokrasi di negara ini masih sulit dan tdk memihak pada masyarakat dan tujuanny masih tdk tepat sasaran.

    kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    jawab: saat kepentingan masyarakat lebih diprioeitaskan drpd kepentingan pribadi (egoisme), dan klompok2 tertentu.

    BalasHapus
  36. Ateng Asmudin
    kegiatan adalah bentuk proses tindakan perencanaan untuk mencapai tujuan
    kerjasama adalah bentuk interaksi dari sekelompok orang secara bersama untuk tujuan yang sama
    banyak orang adalah sekelompok orang yang dapat saling berinteraksi
    tujuan bersama adalah perencanaan dengan proses untuk yujuan yang sama

    Tata hubungan dalam administrasi:
    Administrasi merupakan proses, organisasi merupakan wadah, sedangkan manajemen merupakan pelaksanaannya yang satu sama lainnya saling berhubungan dan saling berkaitan sehingga tujuan dapat tercapai.

    fungsi administrasi:
    -staffing (pengadaan tenaga kerja)
    -directing (pemberian bimbingan)
    -coordinating (pengkoordinasian)
    -reporting (pelaporan)
    -budgeting (penganggaran)

    pembangunan yang disediakan oleh pemerintah
    -Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)
    -Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)
    -Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

    gambaran birokrasi di indonesia adalah:
    -Pejabat-pejabat disaring atas kinerja pribadi
    -Jabatan di pandang sebagai sumber kekuasaan atau kekayaan
    -Pejabat-pejabat mengontrol,baik fungsi politik ataupun administrative
    -Setiap tindakan diarahkan oleh hubungan pribadi dan politik

    reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik ketika para pejabat dalam setiap hirarki memiliki tujuan yang sama untuk kepentingan seluruh masyarakat tanpa memikirkan kepentingan pribadi, ketika masyarakat indonesia di luar pemegang birokrasi bersatu mengawasi dan mendukung jalannya birokrasi

    tidak mengambil kebijakan merupakan sebuah kebijakan ketika saat kita mengambil kebijakan justru akan berlawanan dengan tujuan awal bersama

    BalasHapus
  37. A. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    1. Kegiatan
    Suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain maupun dalam kelompok yang memiliki tujuan bersama.
    2. Kerja sama
    segala sesuatu yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
    3. Banyak (Beberapa)Orang
    Administrasi dapat berjalan apabila dilakukan oleh banyak/ beberapa orang.
    4. Adanya Tujuan bersama
    Administrasi dilakukan untuk mencapai tujuan yang sama yang telah disepakati bersama.

    B. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

    C. Fungsi Administrasi
    Misalnya sebagai Staff (bawahan) apabila memahami kegiatan
    administrasi dengan baik maka segala pekerjaan akan berjalan
    dengan mudah dan benar, dimana staff memiliki beban pekerjaan
    yang lebih besar dibandingkan atasannya, akan tetapi atasan
    memiliki beban tanggung jawab lebih besar dibandingkan bawahan.

    D. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah dalam Administrasi
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa
    pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak
    mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat
    terselesaiakn dengan baik.

    E. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik
    Reformasi Birokrasi Indonesia dapat berjalan dengan baik
    apabila:
    1. setiap individu yang berperan dalam Birokrasi bersih dari
    KKN serta menyadari tugas dan jabatannya.
    2. Mengutamakan kepentingan Masyarakat (umum) diatas
    kepentingan Pribadi.
    3. Mampu transparansi kepada semua pihak terutama dalam segi
    keuangan.
    4. Memiliki IMAN dan TAQWA.

    F. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Kebiajakan merupakan suatu tindakan seseorang untuk mencapai
    tujuan yang baik. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu
    kebijakan apabila tindakan ini tidak merugikan individu maupun
    kelompok.

    BalasHapus
  38. A. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    Administrasi adalah Suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain maupun dalam kelompok yang memiliki tujuan bersama.

    B. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

    C. Fungsi Administrasi
    Pengorganisasian ialah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, tanggungjawab dan wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatu kesatuan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.Definisi tersebut menunjukan bahwa pengorganisasian merupakan langkah pertama ke arah pelaksanaan rencana yang telah tersusun sebelumnya

    D. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah dalam Administrasi
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat terselesaiakn dengan baik.

    E. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik

    Kalau melihat keadaan sekarang tidak dapat ditentukan dikarenakan pada kenyataan sekarang ini masih banyak kasus korupsi dll yang bertentangan dengan dengan isi target reformasi.

    F. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Tidak melakukan sesuatu pun dianggap dapat dikatan suatu kebijakan yang sifatnya situasional, hal tersebut dikarenakan selaku pihak pengambil kebijakan sudah mengetahui dampak yang akan ditimbulkan.

    BalasHapus
  39. 1.Kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. Penyelenggara keitan itu sendiri bisa merupakan badan, instansi pemerintah, organisasi, orang pribadi, lembaga, dll. Biasanya kegiatan dilaksanakan dengan berbagai alasan tertentu, mulai dari peringatan ulang tahun sebuah organisasi, kampanye sebuah partai politik, atau bahkan sosialisasi sebuah kebijakan pemerintah.

    2. kerjasama adalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan.Wujud dari kerjasama bisa merupakan kerja kelompok ataupun kerja yang mencakup skala luas misalnya kerjasama antar organisasi atau kerjasama antar negara (kerjasama internasional).Dengan menerapkan konsep kerjasama maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan yang berat atau membutuhkan kekuatan kelompok.

    3. Banyak (beberapa)orang yaitu sekelompok orang yang bekerjasama atau melakukan kegiatan agar mencapai tujuan yang di harapkan bersama.

    4. Adanya Tujuan bersama yaitu arah atau sasaran yang akan di capai suatu kegiatan yang telah di sepakati.

    Yang di maksud Tata hubungan komunikasi adalah : Hubungan masyarakat yang diistilahkan pula dengan “ Public Relation “ merupakan kegiatan usaha kerja sama untuk menciptakan hubungan baik dengan masyarakat atau pihak lain di sekitarnya agar mendapatkan dukungan secara sadar dan suka rela.

    Fungsi administrasi yang lain :
    1 Staffing :Praktek menemukan, mengevaluasi dan menetapkan suatu hubungan kerja dengan karyawan pada suatu projek dan memberhentikannya pada saat sudah tidak dibutuhkan. Sehingga pekerja yang ditetapkan sesuai dengan bidang dan ahlinya.

    2. Directing : Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

    3. Coordinating : bagaimana seluruh kepentingan dan tujuan organisasi disatukan dan diharmoniskan dengan sinkronisasi waktu serta tempat.

    4. Reporting : bagaimana menginformasikan pertanggungjawaban

    5. Budgeting : bagaimana merencanakan keuangan, pembiayaan, perhitungan uang keluar masuk serta pengawasan yang dilaksanakan.

    pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah ; Pembangunan yang terwujudnya masyarakat yang sejahtera,demokrasi dan berkeadilan.Peranan birokrasi dalam pembangunan,didukung kualitas penyelenggaraan Negara supaya terwujud pemerintah yang demokrasi,keadilan dan kepastian hukum,birokrasi yang bersih,efektif,efesien,akuntabel,dan melayani,serta terciptanya ketertiban dan keamanan.

    Kondisi Birokrasi Indonesia di warnai dengan praktek KKN dan penyalahgunaan wewenang,pelayanan publik belum seperti yang di harapkan masyarakat, kerjanya belum efektif,efesien dan akuntabel,akibatnya menimbulkan ketidakpuasan/ketidakpercayaan masyarakat,seharusnya memperlancar,malahan memperlambat proses pembangunan,menghambat dunia usaha dan daya saing nasional.

    Reformasi birokrasi akan terlaksana jika pemerintah mampu menciptakan pemerintahan yang bebas dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta masyarakat yang adi makmur dan sejahtera.


    tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan karena
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  40. Nanik Listiawati FKM

    A. Ciri pokok atau isi dari administrasi, yaitu:
    1. Kegiatan yang runtut dalam suatu proses, artinya kegiatan administrasi berlangsung dalam tahapan-tahapan tertentu secara berkesinambungan.
    2. Kerja sama, artinya kegiatan adminstrasi hanya mungkin terjadi jika dua orang atau lebih bekerja sama
    3. Sekelompok orang, artinya kegiatan administrasi hanya mungkin terjadi jika dilakukan oleh lebih dari satu orang.
    4. Tujuan, artinya sesuatu yang diinginkan untuk dicapai melalui kegiatan kerja sama.

    B. Tata hubungan /Komunikasi dalam administrasi adalah proses yang menyampaikan warta dari seseorang kepada pihak lain dalam usaha kerja sama atau proses penyampaian informasi atau berita dari satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi dalam setiap bentuk adalah suatu proses yang hendak mempengaruhi sikap dan perbuatan orang-orang dalam struktur organisasi..

    C. Fungsi – Fungsi Lain Dalam administrasi
    2. Organizing (Pengorganisasian)
    Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujudnya suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
    3. Staffing (Pengadaan Tenaga Kerja)
    Adalah rangkaian kegiatan penataan yang berupa penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahaan informasi. Adalah suatu prsoses untuk merencanakan, mengembangkan dan memelihara potensi yang ada pada manusia untuk mencapai tujuan.
    4. Directing (Pemberian Bimbingan)
    Pembekalan atau pemberian bimbingan adalah salah satu unsur administrasi yang merupakan aktifitas yang menyangkut paut tentang peralatan yang dibutuhkan dalam suatu usaha karja sama atau organisasi, yang meliputi proses pengadaan, penyimpanan, sampai kepada penyingkiran barang-barang yang sudah tidak dipergunakan lagi.
    5. Coordinating (Pengkoordinasian)
    Adanya bermacam- macam tugas/pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang ,memerlukan adanya koordinasi dari seorang pemimpin. Adanya koordinasi yang baik dapat menghindarkan kemungkinan terjadinya persaingan yang tidak sehat atau kesimpang siuran dalam tindakan.
    6. Pelaporan
    Pelaporan sebagai fungsi administrasi adalah aktivitas untuk melaporkan dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam proses keseluruhan organisasi dalam mencapai hasil yang sesuai dengan rencana atau program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.
    7. Penganggaran
    Pembiayaan ini dapat diibarakan bensin bagi sebuah mobil atau motor. Mengingat pentingnya biaya bagi setiap organisasi ,tanpa biaya yang mencukupi tidak mungkin terjamin kelancaran jalannya suatu organisasi.

    BalasHapus

  41. D. Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah salah satunya adalah pembangunan di bidang kesehatan yaitu bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan agar semua lapisan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, leluasa dan murah. Dengan upaya tersebut diharapkan akan tercapai derajat kesehatan masyarakat yang baik. Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sudah banyak
    dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan memberikan penyuluhan kesehatan agar keluarga berperilaku hidup sehat, dan penyediaan fasilitas seperti Rumah Sakit, Puskesmas, BKIA, Posyandu, Toko Obat, Apotik, Tenaga Kesehatan seperti dokter, Bidan, Perawat dan paramedis.

    E. Komentar Saya mengenai Birokrasi Di Indonesia
    Birokrasi di Indonesia memegang peranan penting dalam perumusan, pelaksanaan, dan pengawasan berbagai kebijakan publik, serta dalam evaluasi kinerjanya. Dari gambaran di atas nyatalah, bahwa birokrasi di Indonesia memiliki peran yang cukup besar. Besarnya peran birokrasi tersebut akan turut menentukan keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program dan kebijakan pembangunan.Jika birokrasi buruk, upaya pembangunan akan dipastikan mengalami banyak hambatan. Sebaliknya, jika birokrasi bekerja secara baik, maka program-program pembangunan akan berjalan lebih lancar. Pada tataran ini, birokrasi menjadi salah satu prasyarat penting keberhasilan pembangunan.

    F. Reformasi birokrasi yang di dalamnya juga mencakup reformasi di bidang pelayanan publik secara bertahap telah dilaksanakan namun hasilnya rnasih belum seperti yang diharapkan. Tuntutan akan pelayanan yang kondusif bagi terciptanya kesejahteraan rakyat rnasih terus diupayakan perbaikannya. Jadi menurut saya, reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik jika seluruh unsur pelaksana pemerintahan indonesia, baik itu pemerintah maupun masyarakat saling mendukung dan bekerjasama untuk terselenggaranya reformasi birokrasi dengan baik.

    G. Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak. Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum. Jika hukum dapat memaksakan atau melarang suatu perilaku, kebijakan hanya menjadi pedoman tindakan yang paling mungkin memperoleh hasil yang diinginkan. Jadi tidak melakukan sesuatu atau diam merupakan suatu kebijakan karena itu merujuk kepada keputusan seseorang yang akan dijadikan pedoman dalam hidupnya untuk memperoleh apa yang diinginkan.

    BalasHapus
  42. EFRIDAYATI

    *Penjelasan isi administrasi yaitu :
    a. Kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. Penyelenggara itu sendiri bisa merupakan badan, instansi pemerintah, organisasi, orang pribadi, lembaga.
    b. Kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang sama.
    c. Banyaknya orang adalah sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang atau lebih.
    d. Adanya tujuan bersama adalah perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materil, spiritual, untuk mencapai tujuan yang sama.

    *Penjelasan tata hubungan/komunikasi sebagai unsur administrasi.
    komunikasi dapat diterapkan hampir pada semua aktivitas kehidupan manusia, orang berinteraksi dengan sesamanya menggunakan komunikasi apabila pengertian komunikasi ini dikaitkan dengan administrasi, maka komunikasi administrasi adalah suatu proses penyempaian keterangan dari pengirim informasi kepada penerima informasi yang bertujuan agar tercipta proses kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

    *Fungsi Administrasi
    1. Planning (perencanaan)
    2. Organizing (pengorganisasian)
    3. Staffing (kepegawaian)
    kepegawaian mempunyai fungsi yang sangat penting dimana kepegawaian adalah pengisian sesuatu bidang atau unit dengan personal yang akan melaksanakan tugas kegiatannya.
    4. Directing (pengarahan)
    Pengarahan (directing) merupakan pengarahan yang diberikan kepada anggota organisasi, sehingga mereka menjadi karyawan yang berpengerahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan organisasi.
    5. Coordinating (pengkoordinasian)
    Pengkoordinasian merupakan rangkaian aktifitas yang menghubungkan, menyatu padukan dan menyalaraskan orang-orang dan pekerjaan.
    6. Reporting (pelaporan)
    7. Budgeting (Penganggaran)
    Pembiayaan adalah kegiatan yang berisi tentang dana dan anggaran.

    *Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah dapat berupa pembangunan fisik dan non-fisik. Sejauh ini pembangunan yang yang telah dijalankan pemerintah cukup berjalan dengan baik, sebagai contoh kini pemerintah tengah giat melakukan pembangunan dalam bidang infrastruktur guna menunjang pembanguan ekonomi.

    *Reformasi Birokrasi di Indonesia akan berjalan dengan baik ketika para birokrat beragama yang baik,memiliki SDM yang cukup, berjiwa kepemimpinan dengan mengedepankan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

    BalasHapus
  43. Kegiatan merupakan bahan dari program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran terukur pada suatu program.
    Kerjasama adalah Sebuah tindakan atau bekerja bersama untuk mencapai tujuan atau keuntungan bersama; bertindak bersama.

    fungsi Organizing (pengorganisasian)
    Pengorganisasian merupakan kegiatan dimana aktivitasnya berisi tentang menyusun dan membentuk hubungan kerja antar pribadi ataupun kelompok, sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam menempuh tujuan yang sudah ditetapkan.

    fungsi Staffing (kepegawaian)
    Fungsi yang ketiga adalah kepegawaian. Setara dengan fungsi-fungsi sebelumnya, kepegawaian mempunyai fungsi yang sangat penting dimana kepegawaian adalah pengisian sesuatu bidang atau unit dengan personal yang akan melaksanakan tugas kegiatannya.

    fungsi Directing (pengarahan)
    Suharsimi Arikunto memberikan definisi pengarahan sebagai penjelasan, petunjuk, serta pertimbangan dan bimbingan terhadap pra petugas yang terlibat, baik secara struktural maupun fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.

    fungsi Coordinating (pengkoordinasian)
    System koordinasi pada umumnya tidak efektif karena muncul system birokrasi, dan krisis ini akan terjadi jika organisasi menjadi terlalu besar dan rumit untuk dikelola. Akan tetapi, pada pokoknya penggoordinasian menurut The Liang Gie (1983: 216) merupakan rangkaian aktifitas yang menghubungkan, menyatu padukan dan menyalaraskan orang-orang dan pekerjaan.

    fungsi Budgeting (Penganggaran)
    Dianalogikan sebagai aspek penting dalam kebutuhan sehari-hari, dimana manusia membutuhkan makanan untuk melakukan kegiatan, begitulah pentingnya fungsi pembiayaan ini.
    Pembiayaan adalah kegiatan yang berisi tentang dana dan anggaran.

    fungsi reporting (Pergerakan)
    Penggerakan atau istilah pembimbingan menurut the Liang Gie merupakan aktifitas seorang manager dalam pemerintahan, menugaskan, menjuruskan, mengarahkan, dan menuntun karyawan atau personnel organisasi untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    birokrasi Indonesia: birokrasi diindonesaia belum berjalan dengan baik, tidak transparan adalah penyebabnya.

    tidak melakukan apa-apa merupkan suatu kebijakan, hal ini merupakan kebjikan tidak langsung.

    BalasHapus
  44. RIA YUNITA, FKM

    1.Administrasi adalah segala usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggara kebijaksanaan untuk mencapai tujuan bersama
    Kerjasama adalah sebuah system pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama
    Banyak (beberapa) orang adalah terdiri dari beberapa orang dalam mencapai tujuan yang sama
    Adanya tujuan bersama adalah memiliki maksud atau capaian yang sama dalam suatu pekerjaan yang diinginkan.

    2.Dari gambaran tentang unsur-unsur administrasi tersebut bahwa semua nya saling berkaitan satu sama lain tidak dapat dipisahkan dan sukar dibeda-bedakan. Karena organisasi merupakan wadah dimana segenap orang dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, sedangkan manajemen dimana aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas yang dimiliki untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan komunikasi adalah penyampaian pesan dari seseorang kpd orang lain untuk mencapai tujuan yang dimaksud, dan kepegawaian, keuangan serta perbekalan merupakan pendukung dari semuanya.

    3.Planning atau perencanaan merupakan langkah dalam menentukan dan merumuskan tujuan yang ingin dicapai, menentukan tahap-tahap atau tindakan yang akan dilakukan, dan merumuskan bagaimana masalah-masalah itu akan dipecahkan.

    Organizing bertujuan dalam membentuk hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan

    Staffing merupakan penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.

    Direccting berfungsi sebagai usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

    Coordinating berfungsi dalam melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

    Reporting berfungsi dalam penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
    Budgeting berfungsi sebagai sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang dalam pengukuran dan pencapaian target.

    Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah adalah dengan memberikan pelayanan gratis dalam bidang kesehatan, pada warga yang tidak mampu, sehingga warga yang tidak mampu berobat secara gratis.

    Birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik jika semua unsure birokrasi dapat melaksanakan sesuai tugas dan fungsi nya masing-masing, serta bertanggung jawab penuh dan terbuka terhadap tugas yang ia kerjakan.

    Tidak melakukan sesuatu merupakan bentuk kebijakan, suatu kebijakan selalu memiliki tujuan tertentu. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan yang tidak merugikan orang lain.

    BalasHapus
  45. NM. Trankko Negara menjawab:

    1. jelaskan isi administrasi :
    administrasi ialah sekelompok orang yang melakukan kegiatan bersama serta melakukan usaha-usaha bersama untuk mencapai tujuan tertentu yang diinginkan kelompok tersebut.

    2. Tata hubungan dalam Administrasi
    tata hubungan dalam administrasi erat kaitannya dengan keberhasilan tujuan yang diinginkan bersama. hubungan administrasi yang baik diwujudkan dalam terealisasinya pengorganisasian, sistem menejemen yang mengawasi, serta evaluasi (poace)yang baik. didukung dengan staf kepegawaian yang ahli dibidangnya serta didukung sistem keuangan yang memenuhi agar berjalan hubungan dalam administrasi yang diharapkan.

    3. Fungsi Administrasi
    koordinasi, administrasi berfingsi sebagai koordinasi ialah dalam mencapai tujuan bersama antara dua lembaga atau lebih maka dilakukan koordinasi yang didalamnya terdapat unsur-unsur administrasi tentang bagaimana cara berkoordinasi antar lembaga atau badan milik pemerintah, bagai mana mengkoordinir lembaga-lembaga tersebut dalam merumuskan kebijakan atau peraturan-peraturan serta menjalankan peraturan tersebut secara bersama, contohnya fungsi koordinasi yang dilakukan Badan Narkotika Nasional.

    4. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah
    pembangunan yang berkepanjangan dalam bidang kesehatan, pemerintah berupaya membangun kesehatan diaerah tertinggal, terpencil, dan bermasalah kesehatan dengan menugaskan tenaga kesehatan dengan kualifikasi dan keahlian yang diperlukan di daerah tersebut dalam jangka waktu tertentu. penugasan tersebut diberlakukan sebagai tindakan strategis pemerintah dalam bidang kesehatan untuk berupaya menjangkau dan membangun kesehatan daerah-daerah terluar dan perbatasan indonesia.

    5. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik

    reformasi birokrasi dapat tercapai dan berjalan baik apabila didukung oleh sistim administrasi yang baik dan jauh dari KKN

    6. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Hal ini bisa dikatakan suatu kebijakan, namun dalam hal ini harus ada batasan waktu sampai dimana kondisi 'diam' ini diberlakukan. karena dalam situasi tertentu, tidak melakukan apa-apa ini diharapkan membangun suatu kebijakan baru yang akan segera diberlakukan.

    BalasHapus
  46. EFRIDAYATI

    Menurut saya Birokrasi Indonesia saat ini jauh dari sempurna di warnai dengan praktek KKN , penyalahgunaan wewenang, tidak transparan, dan pelayanan yang kurang prima.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Ari Winarto
    1. isi administrasi adalah kegiatan, didalam kegiatan ada kerjasama, kerjasama tersebut terdiri dari banyak individu dan mempunyai tujuan bersama.
    2. Tata hubungan dalam administrasi merupakan sistem yang tersedia untuk membuat semua kegiatan menjadi tersusun rapi, terencana dan terkendali. untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang mampu menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Administrasi dimulai dengan sebuah perencanaan harus disusun kemudian pelaksanaan perencanaan dan setelah itu dievaluasi.
    3. setelah dilakukan perencanaan dan pengorganisasian selanjutnya adalah pelaksanaan. masing-masing petugas sudah tahu tugasnya masing2 dengan jelas kemudian bergerak untuk melakukan tindakan langsung dengan melakukan koordinasi yang baik antar individu yang bertugas, lalu melaporkan hasil yang didapat dalam evaluasi dan yang tidak kalah penting dibuat laporan biaya, karena semua kegiatan memerlukan dana.
    4. Pembangunan yang disediakan oleh pemerintah contohnya dibidang kesehatan. pemerintah membangun puskesmas, rumah sakit umum daerah, rumah sakit pusat rujukan. semuanya itu merupaknan pembangunan pemerintah dibidang kesehatan sekaligus memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk mengetahui sistem administrasi kesehatan yang ada di indonesia contohnya.
    5. Komentar mengenai sistem birokrasi di indonesia masih sangat kacau, terutama dalam pengorganisasian dan pelaksanaan. Bagaimana tidak kacau perencanaan yang buat oleh pemerintah belum mendapat dukungan sepenuhnya dari semua pihak. di indonesia unsur kepentingan masih mendominasi sehingga wajar saja apabila terjadi KKN.
    6. Kapan reformasi birokrasi di Indonesia akan terlaksana, jika ditanya kapan maka jawabanny tidak bisa dipastikan kapan, tetapi yang jelas untuk membuat birokrasi di indonesia menjadi baik diperlukan manusia-manusia yang memiliki akhlaq mulia, kompetensi dibidangnya dan manusia yang memiliki komitmen untuk melaksanakan peraturan yang ada.
    7. Kebijakan dan kebijaksanaan merupakan sesuatu yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan dalam sistem administrasi. termasuk tidak melakukan sesuatu pun termasuk kebijakan. kebijakan merupakan pilihan yang diambil dan memiliki resiko.

    BalasHapus
  49. Eko Listiono FKM

    1. Penjelasan isi administrasi yaitu :
    a. Kegiatan
    Adalah sSuatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain maupun dalam kelompok yang memiliki tujuan bersama.
    b. Kerja sama
    Adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi).
    c. Banyak (Beberapa)Orang
    Adalah sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih.
    d. Adanya Tujuan bersama
    Adalah dilakukan untuk mencapai tujuan yang sama yang telah disepakati bersama, meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan juga evaluasi

    2. Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi
    Dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.
    Administrasi sendiri tanpa ada unsurnya tentu tidak bisa berjalan. Oleh karena itu supaya adminitrasi berjalan maka ada yang menggerakkannya. Unsur pertama adanya organisasi, artinya disana ada petugasnya/lembaganya/institusi. Unsur kedua adanya manajemen, artinya semua kegiatan harus adanya perencanaannya, siapa yang melaksanakan, aktivitasnya, controlnya, dan juga dievaluasi (POACE). Unsur berikutnya adalah kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pekerjaan kantor, dan tata hubungan/komunikasi

    3. Fungsi Administrasi yang lain
    a. Organizing (organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
    b. Staffing
    Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
    c. Directing
    adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
    d. Coordinating
    Coordinating / koordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi
    e. Coordinating
    Coordinating / koordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi
    f. Budgeting (Penganggaran) :
    adalah proses penyusunan anggaran yang dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam memperoleh laba.
    4. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah pada dasarnya merupakan alat atau instrumen pemerintah dalam melaksanakan proses pemerintahan dan pembangunan serta pembinaan masyarakat..

    5. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik
    Reformasi Birokrasi Indonesia dapat berjalan dengan baik
    apabila:
    a. setiap individu yang berperan dalam Birokrasi bersih dari KKN serta menyadari tugas dan jabatannya.
    b. Mengutamakan kepentingan Masyarakat (umum) diatas kepentingan Pribadi dan golongan
    c. Mampu menciptakan transparansi kepada semua pihak dari asal-usulnya sampai kepada pemanfaatannya.
    d. Individu pelaksana birokrasi memiliki keberanian untuk berkata “tidak” terhadap segala unsur KKN

    F. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Kebiajakan merupakan suatu tindakan seseorang untuk mencapai tujuan yang baik. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan apabila tindakan ini tidak merugikan orang lain, baik individu maupun kelompok

    BalasHapus
  50. 1. Soal :
    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas
    Jawaban :
    Administrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bekerjasama dengan adanya tujuan bersama.

    2. Soal :
    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi
    Jawaban :
    Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu yang Lain
    a. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Hukum :
    Ilmu hukum merupakan cabang dari ilmu pengetahuan, yang mempelajari norma-norma dan kaidah yang hidup di masyarakat. Kelangsungan hidup manusia yang teratur serta perkembangan yang dinamis dari administrasi hanya dapat dijami n kalau ia taat hukum. Jadi hubungan antara ilmu administrasi dengan ilmu hukum itu sangat erat.

    b. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Ekonomi:
    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dimana kebutuhan manusia itu tidak terbatas sedang alat pemuas itu terbatas. Dalam hal ini administrasi bergerak atas prinsip yang sama dengan Ekonomi, perbedaannya hanya pada obyeknya saja.

    c. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Politik:
    Ilmu politik mempelajari peraturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini administrasi adalah Policy Execution / kebijaksanaan. Jadi administrasi harus selalu melekatkan diri pada politik.

    d. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sejarah
    Ilmu sejarah mempelajari tentang waktu, yaitu mempelajari tindakan manusia pada masa lalu. Para ahli administrasi hanya akan berhasil melaksanakan tugasnya kalau mengetahui secara mendalam.

    e. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sosiologi
    Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan adminisrasi, karena sosiologi mempunyai tata masyarakat sedangkan administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.

    f. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Antropologi
    Antropologi adalah ilmu yang mempunyai tindak tanduk individu di dalam masyarakat. Administrasi mempelajari manusia yang melakukan kerjasama di dalam masyarakat. Jadi Antropologi dan administrasi mempunyai kesamaan obyek, hanya pendekatannya saja yang berbeda.
    g. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ethnologi
    Ethnologi adalah ilmu yang yang mempelajari sifat, kebudayaan, adat istiadat suatu bangsa. Sedangkan administrasi mempunyai manusia yang melakukan kegiatan usaha kerjasama di dalam masyarakat. Jadi administrasi perlu memahami mengenai sifat, kebudayaan dan adat istiadat tersebut.

    3. Soal :
    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain
    Jawaban :
    - Pelaksanaan (implementing) yang didalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,bimbingan, penggerakan dan pengawasan.
    - Penilaian (evaluation) yang didalamnya termasuk penyusunan laporan.

    4. Soal :
    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?
    Jawab :
    Pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial, budaya dsb

    5. Soal :
    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia masih belum dapat berjalan dengan baik karena disebabkan unsur birokrasi belum melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya dan biasanya banyak dipengaruhi oleh faktor uang.

    6. Soal :
    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik jika unsur birokrasi sudah melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya sesuai prosedur yang ada.

    7. Soal :
    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    Jawaban :
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  51. 1.Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas :
    a. kegiatan adlh suatu proses kegiatan bersama dalam bidang kesehatan
    b. kerjasama adalah suatu proses rangkaian pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    c. banyaknya orang adlh sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih
    d. adanya tujuan adalah yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal maupun materiil, spiritual, untuk mencapai tujuan

    2.Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan/ komunikasi dalam administrasi,
    Komunikasi adalah proses yang menyampaikan warta dari seseorang kepada pihak lain dalam usaha kerja sama. Pengertian komunikasi menurut beberapa ahli yaitu:
    - Lexicographer, komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan.
    - Websters New Colligiate Dictionary, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui system lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

    3. Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain
    a. Bimbingan (direction) berarti memelihara, menjaga dan
    memajukan organisasi melalui setiap personel, baik secara struktural
    maupun fungsional agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari usaha
    mencapai tujuan.
    b. koordinasi adalah aktivitas membawa orang-orang,material, pikiran-pikiran, teknik-teknik dan tujuan-tujuan ke dalam
    hubungan yang harmonis dan produktif dalam mencapai suatu tujuan

    4. Pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah dalam Administrasi :
    Pembangungan yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu berupa pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat bersifat tidak mempersulit sehingga semua permasalahan masyarakat dapat terselesaiakn dengan baik.

    5. birokrasi di Indonesia saat ini sudah mengalami kemunduran dan kehancuran moral karena sudah tidak mengindahkan hokum, undang-undang, hak dan kewajiban, dan terlebih lagi sudah tidak takut lagi akan tuhannya.

    6. kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    presiden harus ada didepan dalam mereformasi birokrasi pemerintahan, perlu dibangun strategi-strategi sebagai pendongkrak utama perubahan birokrasi (kerjasama kementrian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, KPK dan juga Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembagunan/UKP4) dan dukungan kelompok politik didalam mereformasi birokrasi dengan mendahulukan kepentingan negara diatas kepentingan kelompoknya.

    7.Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan:
    Tidak melakukan sesuatu pun dianggap dapat dikatan suatu kebijakan yang sifatnya situasional, hal tersebut dikarenakan selaku pihak pengambil kebijakan sudah mengetahui dampak yang akan ditimbulkan.

    BalasHapus
  52. EFRIDAYATI

    Kebijakan (policy) adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seseorang pelaku atau kelompok politik dalam usaha memilih tujuan – tujuan dan cara – cara untuk mencapai tujuan – tujuan itu. Dasar pemikirannya adalah bahwa masyarakat memiliki beberapa tujuan bersama yang ingin dicapai secara bersama pula. Oleh karena itu diperlukan rencana yang mengikat dan dirumuskan sebagai kebijakan oleh pihak yang berwenang.Maka melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu merupakan kebijakan jika hal tersebut telah disepakati oleh pihak berwenang guna kepentingan bersama. Salah satu contohnya ketika pemerintah tidak menaikkan pajak yang dianggap sebagai sebuah kebijakan publik juga.

    BalasHapus
  53. A.PENGERTIAN
    .Kegiatan adalah bagian dari program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran terukur pada suatu program
    Pengertian kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama
    Dalam gambar tersebut terdapat beberapa/empat orang yang sedang melakukan kegiatan
    Adanya tujuan bersama yang berarti mereka mempunyai satu/beberapa tujuan yang ingin dicapai.bukan tujuan pribadi atau individu
    B.PENJELASAN TENTANG TATA HUBUNGAN DALAM ADMINISTRASI
    Artinya bahwa dalam melakukan kegiatan administrasi diperlukan hubungan /komunikasi antara pegawai dengan menggunakan keuangan dan perlengkapan kantor sehingga mereka mempunyai pandangan yang sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan
    C.FUNGSI-FUNGSI ADMINISTRASI:
    a. sebagai pedoman kerja
    b. sebagai alat pengkoordinasian kerja
    c. sebagai alat pengawasan kerja/tolok ukur.
    d.sebagai informasi dan koordinasi

    D.JADI PEMBANGUNAN YANG DISEDIAKAN OLEH PEMERINTAH adalah pembangunan yang jelas.contohnya pembangunan daerah terpencil,harus jelas siapa yang bertanggung jawab,siapa pelaksana apa tujuan dari pembangunan daerah terpencil tersebut,ada berapa orang yang terlibat
    E.BIROKRASI DI INDONESIA
    Menurut saya birokrasi yang ada diindonesia masih berbelit-belit.seakan akan membuat yang mudah menjadi susah karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.
    F. KAPAN REFORMASI BIROKRASI INDONESIA AKAN TERLAKSANA DENGAN BAIK
    Menurut saya reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik apabila aturan-aturan main dalam birokrasi kita jalankan dengan baik,serta oknum –oknum yang terlibat didalamnya bertanggung jawab terhadap tugasnya.menghilangkan penyalahgunaan tugas dan jabatan sehingga masyarakat terpenuhi haknya.
    G. KOMENTAR TENTANG TIDAK MELAKUKAN SESUATU JUGA MERUPAKAN BENTUK KEBIJAKAN
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.


    BalasHapus
  54. M Halfani Solikhin:
    1. Jelaskan mengenai isi administrasi:
    Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama. Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
    • Administrasi yaitu ada kerjasama, dilakukan lebih dari satu orang, mempunyai tujuan,wadah,serta resources.
    • Administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
    • Administrasi adalah perencanaan,pengendalian,dan pengorganisasian pekerjaan,perkantoran serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    2. Tata hubungan dalam Aministrasi:
    - Hubungan administrasi dengan organisasi adalah kesatuan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan. Penerapannya adalah administrasi yang merupakan proses sedangkan organisasi adalah wadah. Administrasi menekankan kepada proses kegiatan pengkoordinasian orang-orang yang berkerjasama, alat-alat dan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan. Organisasi adalah wadah atau suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab.
    - Hubungan Administrasi kesehatan dan manajemen yaitu administrasi kesehatan ialah proses kegiatan pengkoordinasasian orang-orang yang berkerja sama dalam bidang kesehatan, alat-alat medis dan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan. Administrasi dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan,pengawasan dan penilaian.
    3. Fungsi-fungsi lain:
    Telah disebutkan bahwa melaksanakan semua fungsi administrasi sama artinya dengan melaksanakan semua fungsi administrasi dengan pengertian seperti ini menjadi jelas bahwa kegiatan utama yang dilakukan pada aministrasi itu sendiri mulai dari fungsi perncanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan fungsi pengawasan (Terry). Pekerjaan administrasi bukan sekedar mengetik, mengagenda dan ataupun menyimpan arsip surat menyurat (office work) yang merupakan pekerjaan pokok seorang usaha.( Azwar Azrul,1993)
    4. Pembangunan yang disediakan pemerintah:
    Pembangunan disegala bidang dengan tujuan diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat salah satu pembangunan yang disediakan pemerintah dalam bidang kesehatan yaitu terbitnya Jaminan Kesehatan Nasional dalam UU no 40/2004.
    5. Birokrasi Indonesia:
    kekuasaan di Indonesia selalu bergulir dari waktu-ke waktu, bergerak antara eksekutif dan parlemen serta peran kekuatan bersenjata yang ikut mewarnai kekuasaan para pelaku hampir tidak mengalami perubahan yakni berputar antara partai politik yang satu kepada partai politik yang lain. Sementara kepentingan publik tidak pernah merasakan keterwakilan dalam siklus kekuasaan ini, keperwakilan melalui partai politik yang seharusnya sebagai mewakili kepentingan publik hanya mengenalnya pada saat-sat ketika akan diadakan pemilu belaka dan seterusnya kepentingan publik akan terlupakan kembali dengan kekuasaan ego partikular dan elite pimpinan partai politik semata.
    6. Kapan birokrasi indonesia akan berjalan dengan baik:
    Efektivitas berbagai metode dalam menegakkan akuntabilitas publik terdapat faktor yang menentukan antara lain dengan adanya derajat transparansi penerimaan yang dapat diukur dari peran media massa dalam memberikan informasi kepada publik meliputi anggaran, akuntansi publik, dan laporan audit. Tanpa akses terhadap beragai informasi tersebut, masyarakat tidak akan sepenuhnya menyadari apa yang telah dilakukan dan tidak pernah dilakukan bagi kepentingan publik serta pendidikan pemahaman hak-hak sipil yang diberikan kepada para warga negara agar mengetahui hak dan kewajibannya serta kesiapannya untuk menjalankan.
    7. tidak meakukan sesuatu merupakan suatu kebijakan:
    tidak melakukan sesuatu merupakan suatu kebijakan karena mungkin saja pemerintah mempunyai alasan tertentu yang menyebabkan kebijakan tersebut tidak atau belum disetujui oleh pengambil kebijakan.

    BalasHapus
  55. Khusnul Chotimah FKM:

    Administrasi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang (2 orang atau lebih) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
    isi administrasi :
    1 kegiatan, merupakan suatu proses kegiatan bersama
    2.kerjasama merupakan proses interaksi pada sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendayagunakan sumber-sumber daya, fasilitas, ide-ide dan orang-orang yang tergabung dalam unit kerja (organisasi)
    3. banyaknya orang, lebih dari 2 orang.
    4. Tujuan bersama yaitu adanya tujuan disepakati yang akan dicapai bersama

    Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi :
    tata hubungan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati, tata hubungan tersebut tidak lain adalah komunikasi, meliputi komunikasi internal maupun komunikasi eksternal, komunikasi internal merupakan komunikasi antar pegawai dalam suatu organisasi tersebut, dan komunikasi eksternal merupakan komunikasi antar sesama organisasi yang lain diluar organisasi yg ada. tata hubungan sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sehingga diharapkan semua pegawai bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien

    fungsi-fungsi lain administrasi:
    directing (pemberian bimbingan),yang berarti dalam menjalankan tugasnya staf atau pegawai dibekali suatu informasi atau ilmu yang benar dengan melakukan pengarahan, pemberian bimbingan, selanjutnya fungsi yang lain adalah coordinating(pengkoordinasian),dimana di suatu organisasi ada yang namanya staf dengan adanya suatu pimpinan, sehingga untuk mencapai hasil yang telah disepakati dibutuhkan suatu koordinasi antar semua pegawai atau personil dalam suatu organisasi tersebut, fungsi selanjutnya adalah reporting (pelaporan),karena suatu hasil kerja tanpa ada pelaporan adalah sia sia karena tidak bisa untuk mengevaluasi apa yang telah dikerjakan, "tuliskan apa yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda tulis" dan yang terakhir adalah budgeting (penganggaran), pasti suatu organisasi dibutuhkan suatu dana yang akan digunakan atau dianggarkan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati

    pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah :
    Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

    komentar mengenai birokrasi Indonesia:
    Ada kesan menakutkan dengan birokrasi di indonesia, sehingga menculah slogan “kalo bisa dipersulit, mengapa harus dipermudah”. Slogan ini bukan muncul begitu saja tetapi berdasarkan adanya sikap ketidakpercayaan masyarakat terhadap para pelaku birokrat . Sehingga lebih baik tidak sama sekali dari pada harus terlibat masalah

    kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik:
    reformasi birokrasi indonesia akan terlaksana bila semua unsur dalam birokrasi di indonesia bisa melakukan pekerjaannya dengan rasa tanggung jawab dan tulus mau kerja tanpa ada maksud berbuat kecurangan, dan birokrasi di indonesia sangat ditenteukan oleh pemimpinnya, gubernur di suatu daerah sangat berperan penting dalam mewujudkan reformasi birokrasi.

    tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan:
    Ada kalanya suatu kebijakan telah dibuat, tetapi banyak dari kalangan masyarakat yang melanggarnya. Diamnya pemerintah bukannya karena tidak bisa berbuat sesuatu, melainkan ada pertimbangan lain yang lebih penting sehingga lebih baik untuk mendiamkannya sementara waktu. Contoh para pernghuni dibantaran sungai ciliwung, yang secara kebijakan itu telah melanggar, tetapi pemerintah masih mendiamkan sambil mencari solusi yang terbaik.

    BalasHapus
  56. 1.Penjelasan isi administrasi:
    a. Kegiatan Adalah program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran terukur pada suatu program
    b. Kerja sama Adalah suatu usaha antara orang perorangan atau kelompok manusia diantara kedua belah pihak untuk tujuan bersama sehingga mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.
    c. Banyak (Beberapa)Orang Adalah sekelompok orang yang jumlahnya 2 orang ataw lebih.
    d. Adanya Tujuan bersama Adalah dilakukan untuk mencapai tujuan yang sama yang telah disepakati bersama, meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pembinaan juga evaluasi

    2.Tata hubungan dalam administrasi merupakan sistem yang tersedia untuk membuat semua kegiatan menjadi tersusun rapi, terencana dan terkendali. untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang mampu menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Administrasi dimulai dengan sebuah perencanaan harus disusun kemudian pelaksanaan perencanaan dan setelah itu dievaluasi.

    3.Planning atau perencanaan merupakan langkah dalam menentukan dan merumuskan tujuan yang ingin dicapai, menentukan tahap-tahap atau tindakan yang akan dilakukan, dan merumuskan bagaimana masalah-masalah itu akan dipecahkan.

    Organizing bertujuan dalam membentuk hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan

    Staffing merupakan penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.

    Direccting berfungsi sebagai usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

    Coordinating berfungsi dalam melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

    Reporting berfungsi dalam penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
    Budgeting berfungsi sebagai sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang dalam pengukuran dan pencapaian target.

    4. pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah :
    pemerintah indonesia telah melakukan pembangunan yang terstruktur dan terprogram yang meliputi segala bidang kehidupan masyarakat dan bangsa indonesia, diantaranya adalah pembangunan di bidang agama, sosial, budaya, kesehatan,olahraga, pemuda dan lain lain yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera.

    5. Kapan reformasi Birokrasi Indonesia Berjalan Baik
    Reformasi Birokrasi Indonesia dapat berjalan dengan baik
    apabila:
    a. setiap individu yang berperan dalam Birokrasi bersih dari KKN serta menyadari tugas dan jabatannya.
    b. Mengutamakan kepentingan Masyarakat (umum) diatas kepentingan Pribadi dan golongan
    c. Mampu menciptakan transparansi kepada semua pihak dari asal-usulnya sampai kepada pemanfaatannya.
    d. Individu pelaksana birokrasi memiliki keberanian untuk berkata “tidak” terhadap segala unsur KKN

    Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan
    Kebiajakan merupakan suatu tindakan seseorang untuk mencapai tujuan yang baik. Tidak melakukan apa-apa merupakan suatu kebijakan apabila tindakan ini tidak merugikan orang lain, baik individu maupun kelompok.

    BalasHapus
  57. Soal 1 :
    1. Kegiatan adalah bagian dari program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran terukur pada suatu program.
    2. Kerjasama adalah sebuah sistem pekerjaan yang di kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama agar pekerjaan tersebut menjadi ringan.
    3. Banyak (beberapa) orang adalah sekumpulan orang dalam suatu badan/organisasi yang mengerjakan sesuatu untuk tercapainya suatu tujuan.
    4. Adanya tujuan bersama adalah melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

    Soal 2 :
    Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi : dalam pelaksanaan Administrasi harus memiliki tata hubungan/ komunikasi yang baik sehingga tujuan dalam administrasi bisa terwujud, apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan konflik.

    Soal 3 :
    Fungsi planning : Administrasi dan manajemen selalu diawali dengan fungsi perencanaan atau planning. Dalam tahap perencanaan ini administrator berkegiatan untuk merumuskan, memilih, dan menetapkan apa saja aktifitas-aktifitas sumber daya yang akan dilaksanakan dan mungkin yang akan digunakan di masa datang untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

    Soal 4 :
    Pembangunan yang di sediakan pemerintah salah satunya berupa pembangunan sarana transportasi lalulintas seperti jalan tol agar dapat mengurangi tingkat kemacetan pada lalulintas khuhusnya untuk kendaraan bermotor.

    Soal 5 :
    kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Jawaban :
    - setiap individu yang berperan dalam Birokrasi bersih dari
    KKN serta menyadari tugas dan jabatannya.
    - Mengutamakan kepentingan Masyarakat (umum) diatas
    kepentingan Pribadi.
    - Mampu bersikap transparans kepada semua pihak terutama dalam segi
    keuangan

    Soal 6 :
    Tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.
    Kebiajakan merupakan suatu tindakan untuk mencapai tujuan yang baik. Tidak melakukan sesuatu juga merupakan suatu kebijakan apabila tindakan tersebut tidak merugikan pihak lain/kelompok.

    BalasHapus
  58. DESNITA ADELINA, FKM:

    Administrasi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang (2 orang atau lebih) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
    isi administrasi :
    a. kegiatan, merupakan suatu proses kegiatan bersama dalam mencapai tujuan bersama
    b. kerjasama merupakan Sebuah tindakan atau bekerja bersama untuk mencapai tujuan atau keuntungan bersama; bertindak bersama
    c. banyaknya orang, lebih dari 2 orang.
    d. Tujuan bersama yaitu adanya tujuan disepakati yang akan dicapai bersama

    Penjelasan Tata hubungan dalam Administrasi :
    tata hubungan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati, tata hubungan tersebut tidak lain adalah komunikasi, meliputi komunikasi internal maupun komunikasi eksternal, komunikasi internal merupakan komunikasi antar pegawai dalam suatu organisasi tersebut, dan komunikasi eksternal merupakan komunikasi antar sesama organisasi yang lain diluar organisasi yg ada. tata hubungan sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sehingga diharapkan semua pegawai bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien

    fungsi-fungsi lain administrasi:
    Staffing adalah salah satu fungsi manajemen yang melakukan penarikan, penyeleksian, pengembangan dan penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
    Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
    Coordinating adalah penyatuan, integrasi, sinkronisasi upaya anggota kelompok sehingga memberikan kesatuan tindakan dalam mengejar tujuan bersama
    Reporting atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi.
    Budgeting adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu / periode tertentu dimasa mendatang.


    pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah :
    Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

    komentar mengenai birokrasi Indonesia:
    Birokrasi di indonesia masih jauh dari apa yang diharapkan oleh masyarakat. Kesan adanya keruwetan menjadi alasan masyarakat lebih baik tidak terlibat birokrasi dari pada harus terkena masalah. Meskipun disatu sisi adakalanya birokrasi harus dijalani karena menjadi suatu syarat dalam pencapain tujuan.

    kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik:
    reformasi birokrasi indonesia akan terlaksana apabila semua piha telah berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai integritas, kejujuran, adil, kerjasama dalam rangka bersama mencegah dan memberantas korupsi, kolusi dan nepoteisme yang masih sering ada dalam rangkain birokrasi di indonesia.

    tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan:
    kebijakan publik yang diambil bisa bersifat positif dalam arti merupakan tindakan pemerintah mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu. Contoh tarik ulur kebijakan kenaikan BBM yang belum lama ini.

    BalasHapus
  59. Jawaban I
    1.Kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus.
    2.Kerjasama adalah interaksi sosial antar individu atau kelompok yang secara bersama-sama mewujudkan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.
    3.Banyak(beberapa)orang adalah sekumpulan orang yang jumlahnya lebih dari dua orang.
    4.Tujuan bersama adalah bentuk kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

    Jawaban II
    Tata hubungan dalam administrasi adalah metode yang tersedia untuk membuat semua kegiatan secara ergonomis, terencana dan terkendali.

    Jawaban III
    Menurut teori yang dikemukakan oleh Henry Fayol, ada beberapa fungsi administrasi yaitu :
    planning (perencanaan)
    organizing (pengorganisasian)
    commanding (pemberian komando)
    coordinating (pengkoordinasian)
    controlling (pengawasan)

    Jawaban IV
    Pembangunan gedung-gedung sekolah dasar di beberapa daerah di Indonesia

    Jawaban V
    Reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik saat target reformasi sudah tercapai.

    BalasHapus
  60. Lanjutan
    Jawaban VI
    Birokrasi Indonesia adalah suatu sistem kontrol dalam organisasi yang dirancang berdasarkan aturan-aturan yang rasional dan sistematis, dan bertujuan untuk mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas kerja individu dalam rangka penyelesaian tugas-tugas administrasi berskala besar.

    Jawaban VII
    Tidak melakukan sesuatu, bukanlah suatu kebijakan karena hal tersebut tidak meringankan suatu tugas seseorang yang yang berhubungan dengan aspek kebijakan

    BalasHapus
  61. 1. Soal :
    Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas
    Jawaban :
    Administrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bekerjasama dengan adanya tujuan bersama.

    2. Soal :
    Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi
    Jawaban :
    Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu yang Lain
    a. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Hukum :
    Ilmu hukum merupakan cabang dari ilmu pengetahuan, yang mempelajari norma-norma dan kaidah yang hidup di masyarakat. Kelangsungan hidup manusia yang teratur serta perkembangan yang dinamis dari administrasi hanya dapat dijami n kalau ia taat hukum. Jadi hubungan antara ilmu administrasi dengan ilmu hukum itu sangat erat.

    b. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Ekonomi:
    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dimana kebutuhan manusia itu tidak terbatas sedang alat pemuas itu terbatas. Dalam hal ini administrasi bergerak atas prinsip yang sama dengan Ekonomi, perbedaannya hanya pada obyeknya saja.

    c. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Politik:
    Ilmu politik mempelajari peraturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini administrasi adalah Policy Execution / kebijaksanaan. Jadi administrasi harus selalu melekatkan diri pada politik.

    d. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sejarah
    Ilmu sejarah mempelajari tentang waktu, yaitu mempelajari tindakan manusia pada masa lalu. Para ahli administrasi hanya akan berhasil melaksanakan tugasnya kalau mengetahui secara mendalam.

    e. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sosiologi
    Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan adminisrasi, karena sosiologi mempunyai tata masyarakat sedangkan administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.

    f. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Antropologi
    Antropologi adalah ilmu yang mempunyai tindak tanduk individu di dalam masyarakat. Administrasi mempelajari manusia yang melakukan kerjasama di dalam masyarakat. Jadi Antropologi dan administrasi mempunyai kesamaan obyek, hanya pendekatannya saja yang berbeda.
    g. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ethnologi
    Ethnologi adalah ilmu yang yang mempelajari sifat, kebudayaan, adat istiadat suatu bangsa. Sedangkan administrasi mempunyai manusia yang melakukan kegiatan usaha kerjasama di dalam masyarakat. Jadi administrasi perlu memahami mengenai sifat, kebudayaan dan adat istiadat tersebut.

    3. Soal :
    Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain
    Jawaban :
    - Pelaksanaan (implementing) yang didalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,bimbingan, penggerakan dan pengawasan.
    - Penilaian (evaluation) yang didalamnya termasuk penyusunan laporan.

    4. Soal :
    COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?
    Jawab :
    Pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial, budaya dsb

    5. Soal :
    Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia masih belum dapat berjalan dengan baik karena disebabkan unsur birokrasi belum melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya dan biasanya banyak dipengaruhi oleh faktor uang.

    6. Soal :
    Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Jawaban :
    Birokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik jika unsur birokrasi sudah melaksanakan sepenuhnya tanggung jawabnya sesuai prosedur yang ada.

    7. Soal :
    Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    Jawaban :
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan.

    BalasHapus
  62. 1. Coba jelaskan masing-masing apa yang dimaksud diatas!
    Jawab:
    Administrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bekerjasama dengan adanya tujuan bersama.

    2. Coba jelaskan lebih mendalam mengenai tata hubungan dalam administrasi
    Jawab:
    a. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Hukum :
    Ilmu hukum merupakan cabang dari ilmu pengetahuan, yang mempelajari norma-norma dan kaidah yang hidup di masyarakat. Kelangsungan hidup manusia yang teratur serta perkembangan yang dinamis dari administrasi hanya dapat dijami n kalau ia taat hukum. Jadi hubungan antara ilmu administrasi dengan ilmu hukum itu sangat erat.

    b. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Ekonomi:
    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dimana kebutuhan manusia itu tidak terbatas sedang alat pemuas itu terbatas. Dalam hal ini administrasi bergerak atas prinsip yang sama dengan Ekonomi, perbedaannya hanya pada obyeknya saja.

    c. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Politik:
    Ilmu politik mempelajari peraturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini administrasi adalah Policy Execution / kebijaksanaan. Jadi administrasi harus selalu melekatkan diri pada politik.

    d. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sejarah
    Ilmu sejarah mempelajari tentang waktu, yaitu mempelajari tindakan manusia pada masa lalu. Para ahli administrasi hanya akan berhasil melaksanakan tugasnya kalau mengetahui secara mendalam.

    e. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu Sosiologi
    Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan adminisrasi, karena sosiologi mempunyai tata masyarakat sedangkan administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.

    f. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Antropologi
    Antropologi adalah ilmu yang mempunyai tindak tanduk individu di dalam masyarakat. Administrasi mempelajari manusia yang melakukan kerjasama di dalam masyarakat. Jadi Antropologi dan administrasi mempunyai kesamaan obyek, hanya pendekatannya saja yang berbeda.
    g. Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ethnologi
    Ethnologi adalah ilmu yang yang mempelajari sifat, kebudayaan, adat istiadat suatu bangsa. Sedangkan administrasi mempunyai manusia yang melakukan kegiatan usaha kerjasama di dalam masyarakat. Jadi administrasi perlu memahami mengenai sifat, kebudayaan dan adat istiadat tersebut.

    3. Coba jelaskan fungsi-fungsi yang lain
    Jawab :
    a. Pelaksanaan (implementing) yang didalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,bimbingan, penggerakan dan pengawasan.
    b. Penilaian (evaluation) yang didalamnya termasuk penyusunan laporan.

    4. COBA JELASKAN pembangunan seperti apa yang disediakan oleh pemerintah?
    Jawab :
    Pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial, budaya dsb

    5. Berikan komentar mengenai birokrasi Indonesia
    Jawab :
    Birokrasi di Indonesia terkesan bertele tele, dikarenakan banyak sekali tahapan yang harus dilewati untuk mengurus sesuatu hal, seperti untuk mengurus jamkesmas, harus ada pengantar dari puskesmas, padahal pasien berobat atau dirawat di rumah sakit

    6. Berikan komentar Saudara, kapan reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dengan baik?
    Jawab :
    Reformasi Birokrasi di Indonesia menuju tahap yang lebih baik, dengan adanya reformasi birokrasi para birokrat tidak hanya dinilai dari segi kedisiplinan saja, akan tetapi dinilai juga secara kualitas kinerjanya. Hal ini sudah dapat dilihat dari beberapa kementrian atau lembaga yang menerima tunjangan kinerja atau remunerasi

    7. Coba berikan pendapat Saudara pada tempat tersedia, tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan
    Jawaban :
    Kebijakan selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorietasi pada tujuan (dalam hal yang baik). Kebijakan bersifat positif dalam arti merupakan tindakan mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalam arti merupakan keputusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sehingga tidak melakukan sesuatu juga merupakan bentuk kebijakan

    BalasHapus